Asuransi Kendaraan Bermotor

Berikut Hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Asuransi Kendaraan Bermotor

Liga Asuransi – Kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan mutlak pada saat ini. Kendaraan yang berfungsi sebagai sarana transportasi masyarakat adalah salah satu faktor penting yang mendukung mobilisasi/pergerakan kehidupan manusia. Tanpa kendaraan atau transportasi aktivitas kehidupan manusia akan menjadi lebih lambat dan sulit untuk berkembang. Kendaraan pribadi sangat menguntungkan bagi banyak masyarakat terutama dalam hal mobilitas yang tinggi dan untuk menghemat waktu serta masyarakat menilai lebih leluasa untuk melakukan aktivitas sosialnya dengan bebas.

Kemudahan yang ditawarkan kendaraan bermotor ini lah kita dapat bekerja secara lebih produktif dan efisien. Selain itu, Kendaraan pribadi juga dapat meminimalisir interaksi dengan orang lain sehingga penerapan social distancing bisa diterapkan dan kemungkinan penularan virus berkurang. Karena jumlah orang yang naik kendaraan dibatasi  dua atau tiga orang saja. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan bagi kita dalam memilih opsi transportasi untuk keluar rumah di masa pandemi COVID-19 jika perlu.

Namun, dalam bepergian menggunakan kendaraan bermotor tentu selalu ada resiko yang mengancam anda sewaktu-waktu kita baik itu kecelakaan ringan maupun berat. Risiko kecelakaan ini meningkat sejalan dengan meningkatnya pengguna kendaraan bermotor setiap tahunnya. Berdasarkan data kecelakaan kendaraan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada tahun 2019, terdapat 107.500 kasus atau meningkat sebanyak 3% dari tahun sebelumnya.

Dengan melihat besarnya kemungkinan risiko ini, tentu anda membutuhkan jaminan yang dapat menjamin kondisi kendaraan anda agar terhindar dari segala bentuk risiko yang merugikan.

Polis asuransi kendaraan bermotor menawarkan perlindungan kepada kendaraan yang diasuransikan terhadap kerugian finansial akibat kecelakaan atau kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan lain.

Asuransi motor adalah polis asuransi yang melindungi pemegang polis jika terjadi kerugian finansial – akibat kecelakaan atau kerusakan lain – yang ditanggung oleh kendaraan yang diasuransikan. Polis asuransi kendaraan bermotor yang komprehensif mencakup kerusakan pada properti pihak ketiga dan pihak ketiga bersama dengan kompensasi atas kerugian sendiri juga.

 

Seberapa penting asuransi kendaraan bermotor?

Menurut Bagian 146 dari Undang-Undang Kendaraan Bermotor 1988, Anda harus membeli asuransi kendaraan sebelum membawa kendaraan Anda ke jalan raya. Jika Anda tidak ingin membeli paket asuransi yang komprehensif, mendapatkan pertanggungan polis pihak ketiga adalah jumlah minimum yang wajib Anda peroleh untuk kendaraan Anda.

 

Apa yang tercakup oleh polis?

Dengan polis asuransi kendaraan bermotor, Anda biasanya akan dilindungi dari hal-hal berikut:

  • Kerusakan dan kerugian, akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, petir, tanah longsor, angin topan, dll.
  • Kerusakan yang diakibatkan oleh campur tangan manusia, termasuk perampokan, pencurian, kerusuhan, pemogokan, atau aktivitas lain yang muncul dari niat jahat.
  • Kewajiban hukum pihak ketiga yang disebabkan oleh kerusakan (baik cedera tubuh maupun kematian) yang disebabkan oleh pihak ketiga serta kerugian finansial pada properti pihak ketiga.

Jenis Perlindungan Asuransi Mobil

  • Kerusakan panel bodi mobil: Bagian dari pertanggungan tanggung jawab Anda yang membayar tagihan medis jika Anda telah melukai seseorang dalam suatu kecelakaan
  • Tanggung jawab kerusakan properti: Bagian lain dari pertanggungan tanggung jawab, mencakup biaya kerusakan properti yang Anda sebabkan dalam suatu kecelakaan
  • Perlindungan cedera pribadi: Menanggung biaya medis untuk Anda atau penumpang Anda setelah kecelakaan
  • Pengendara yang tidak diasuransikan / kurang diasuransikan: Menanggung biaya jika Anda mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi dengan sedikit atau tanpa asuransi mobil
  • Komprehensif: Meliputi kerusakan pada mobil Anda yang terjadi saat Anda tidak sedang mengemudi
  • Tabrakan: Melindungi kerusakan mobil Anda setelah kecelakaan mobil, tidak peduli siapa yang bersalah

Berapa jumlah yang ditanggung?

Biasanya, kendaraan diasuransikan dengan Insured Declared Value (IDV) tetap. Dengan kata lain, IDV adalah nilai kendaraan Anda saat ini di pasar. IDV lebih tinggi untuk kendaraan baru dan seiring dengan waktu depresiasi.

 

Faktor yang mempengaruhi premi asuransi kendaraan bermotor

Memahami beberapa faktor utama yang mempengaruhi premi asuransi kendaraan dapat membuat Anda mengambil keputusan yang tepat:

  1. Jenis penutup

Polis asuransi komprehensif yang mencakup kendaraan yang diasuransikan serta pihak ketiga akan memberikan premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pihak ketiga.

  1. Letak geografis
Baca Juga :   Akankah Premi Asuransi Harta Benda dan Kendaraan Bermotor Mendominasi Premi Asuransi Umum?

Daerah tempat tinggal Anda adalah salah satu penentu penting dari premi asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Misalnya, jika Anda adalah penduduk kota metropolitan di negara tersebut, kemungkinan vandalisme dan kecelakaan akan lebih banyak dibandingkan dengan kota kategori 2 dan kategori 3 yang lebih kecil. Hal ini menyebabkan penyedia asuransi menetapkan kenaikan premi pada polis asuransi kendaraan Anda.

  1. Fitur keamanan yang terpasang

Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan fitur keselamatan tambahan, seperti perangkat anti-pencurian, kantung udara, sistem pelacakan GPS, fitur pengereman alarm dan anti-lock, perusahaan asuransi mempertimbangkan upaya Anda untuk mengamankan mobil Anda dan menetapkan potongan harga (baca yang terjangkau) premi yang sesuai.

  1. Modifikasi tambahan

Setelah memasang gadget mahal – seperti velg, rel atap, dan sejenisnya – di kendaraan Anda, kemungkinan besar Anda akan melihat peningkatan premi. Jika Anda juga menginginkan perlindungan untuk fitur-fitur ini, Anda disarankan untuk memasangnya di dealer mobil terkait pada saat pembelian.

  1. Bonus Tanpa Klaim

Bonus Tanpa Klaim (NCB) adalah hadiah yang berhak Anda terima jika Anda mengemudi secara bertanggung jawab sepanjang tahun dan tidak mengajukan ganti rugi. Selain itu, sebaiknya jangan mengajukan klaim jika terjadi kerusakan ringan atau memperbaiki kaca depan yang rusak, misalnya.

Asuransi motor memberi Anda ketenangan pikiran karena Anda tahu Anda memiliki dukungan finansial jika terjadi kerusakan yang diderita oleh kendaraan Anda jika terjadi insiden yang tidak diinginkan.

 

Apa yang tidak ditanggung oleh asuransi kendaraan bermotor?

Perlindungan asuransi mobil Anda akan dijabarkan secara menyeluruh dan dijelaskan dalam polis Anda. Kebijakan tersebut akan memberitahu Anda jenis kecelakaan dan kerusakan apa yang dicakup dan apa yang tidak. Situasi berikut tidak ditanggung oleh asuransi kendaraan:

  1. Perbaikan rutin. Perbaikan akibat keausan biasa tidak ditanggung oleh asuransi mobil. Kerusakan yang disebabkan oleh niat jahat atau selama kecelakaan dilindungi.
  2. Orang lain yang mengemudikan mobil. Hanya orang yang disebutkan dalam polis asuransi mobil – tertanggung – yang ditanggung. Jika Anda tinggal di negara bagian di mana asuransi mobil diwajibkan oleh undang-undang, Anda dapat menghadapi tuntutan pidana karena mengizinkan seseorang mengemudikan mobil Anda tanpa asuransi.
  3. Ridesharing. Beberapa polis mungkin berbeda, tetapi polis asuransi mobil Anda mungkin mengecualikan klaim atas kerusakan yang disebabkan saat mengemudi untuk mendapatkan tarif. Untuk itu, Anda memerlukan asuransi transportasi online.
  4. Kerusakan yang melebihi batas tanggung jawab Anda. Saat Anda membeli asuransi mobil, Anda akan diizinkan untuk memilih berapa banyak pertanggungan yang Anda dapatkan di setiap komponen. Pada halaman deklarasi polis, sebuah lembar yang terlampir pada polis, pertanggungan Anda di setiap komponen akan menjadi batas kewajibannya, yang berarti bahwa perusahaan asuransi mobil tidak berkewajiban untuk membayar lebih dari jumlah tersebut.
  5. Mobil eksotis dan performa. Mobil eksotis, performa, dan vintage yang sangat mahal untuk diganti atau diperbaiki umumnya tidak tercakup dalam polis asuransi mobil. Tanyakan kepada perusahaan asuransi Anda untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan perlindungan untuk Lamborghini Anda, tetapi Anda mungkin harus berbelanja di perusahaan asuransi khusus dan mendapatkan polis terpisah sepenuhnya.

Dengan melihat uraian diatas dapat dilihat bahwa potensi asuransi kendaraan bermotor di Indonesia sangat besar. Oleh karena itu, penting untuk Mulai dari membangkitkan kesadaran dari pemilik kendaraan  akan tingginya tingkat resiko yang dialami. sosialisasi, pengarahan dan bimbingan juga sangat penting untuk memanfaatkan jaminan asuransi sebagai solusi untuk menanggulangi kerugian yang terjadi.

Salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi kendaraan bermotor adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman.

Broker asuransi yang akan membantu mengumpulkan data, mengolah dan membuat analisa dan statistik sehingga bisa dibuat program asuransi yang dapat memberikan manfaat maksimal kepada pemilik dan operator serta mendatangkan keuntungan bagi perusahaan asuransi.

Untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut segera hubungi broker asuransi terkemuka di Indonesia .

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga mendapatkan informasi seperti Anda.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top