InsurTech

Apakah Kita Sudah Siap Jika WFH Diperpanjang?

Liga Asuransi – Pandemi Covid-19 tanpa terasa sudah berjalan selama kurang lebih 4 bulan. Kondisi yang awalnya dipandang tidak normal ini akhirnya membawa ke kondisi New Normal yang membuat semua hal yang kita kerjakan juga mau tidak mau harus ikut berubah. Mungkin ini yang disebut sebuah evolusi untuk menuju ke tatanan baru, dan akhirnya yang mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru inilah yang akan sukses. Hal tersebut tentunya juga sangat berpengaruh dalam tatanan kerja di dunia asuransi, termasuk juga sebagai broker asuransi yang sebelumnya sudah merasa nyaman dengan pola kerja sebelumnya.

Dengan adanya pandemi ini, akhirnya muncul istilah baru dalam penyesuaian budaya kerja baru yaitu Work From Home. Merupakan suatu kebijakan dari perusahaan yang memperbolehkan para pegawainya untuk bekerja dari rumah. Para pegawai boleh membawa pekerjaan dari kantor untuk dikerjakan di rumah, dan memberikan laporan pekerjaan secara online. Semua pekerjaan akhirnya dilakukan dengan basis online.

Ada beberapa keuntungan dengan dilakukannya Work From Home ini yang diantaranya adalah:

  1. Tidak ada kemacetan lalulintas setiap pagi dan sore.

Dengan tren bekerja dari rumah sehingga tidak perlu lagi berangkat ke kantor dan hal itu sangat mengurangi kepadatan lalulintas khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung. Sehingga biaya transportasi karyawan tentunya juga akan lebih hemat.

  1. Coordination meeting bisa dilakukan secara online

Meskipun anggota tim kerja berada di rumah masing-masing, bukan alasan untuk sulit berkoordinasi antar anggota tim kerja. Sekarang sudah ada beberapa teknologi baru yang bisa digunakan sebagai platform meeting secara online seperti Zoom dan Google Meet. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa ikut meeting karena macet di jalan.

Coordination meeting antar cabang pun juga semakin mudah, dan dengan biaya yang jauh lebih murah. Karena tidak ada lagi biaya tiket perjalanan, dan hotel.

  1. Lebih produktif dalam bekerja

Jika dikatakan karyawan menjadi lebih produktif dalam masa WFH ini, itu bisa dibenarkan. Karyawan menjadi lebih rileks dalam bekerja, pekerjaan benar-benar tertuju pada target yang harus dicapai, bukan jam kerja yang harus ditepati. Karyawan menjadi lebih kreatif karena lebih nyaman bekerja dirumah.

Baca Juga :   Perkembangan Insurtech yang Sangat Cepat Akankah Mengganggu Industri Asuransi?

 

Jika WFH Diperpanjang, Siapkah Kita?

Mungkin masih banyak keuntungan yang diperoleh ketika WFH yang belum disebutkan disini, tapi dalam artikel ini, kami tidak berfokus pada keuntungan atau kelebihan dari WFH itu sendiri tapi bagaimana jika WFH ini diperpanjang atau bahkan menjadi permanen, Siapkah Kita?

Work From Home sebenarnya pantas dan cocok jika diterapkan pada pekerjaan di dunia broker asuransi, dan memang benar kami merasakan beberapa keuntungan yang disebutkan di atas. Tapi yang tidak bisa kita tinggalkan adalah pengalaman untuk bertemu tatap muka dengan tim, atau klien, terlebih ketika ada klaim dari klien. Broker asuransi harus melakukan survey kejadian, sehingga bisa diketahui lebih objektif penyebab dari kecelakan yang mendasari klaim tersebut. Survey tersebut akan sangat sulit jika hanya dilakukan secara online misalkan dengan video call.

Meeting koordinasi antar karyawan kadang juga perlu dilakukan secara offline juga, karena bagaimanapun juga kita ini adalah mahkluk sosial yang tidak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain.

Maka itu, ada beberapa perusahaan yang akhirnya memberikan jadwal karyawan untuk bekerja di kantor. Misalkan seorang karyawan hanya bekerja di kantor setiap hari Selasa dan Jumat saja.

New Normal ini mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru, from offline to online. Dan sebagai broker asuransi, L&G pun sudah menerapkan hal ini juga sebagai bentuk komitmen untuk selalu bisa melayani para klien nya dengan maksimal dengan menyiapkan beberapa tools yang membantu L&G dalam bekerja, dan juga membantu mengedukasi para klien atau calon klien, sehingga klien akan lebih mudah memahami jenis asuransi yang dibutuhkan sesuai dengan jenis industrinya. Sehingga tidak ada alasan lagi PSBB, L&G bisa menangani permintaan dan klaim asuransi dengan maksimal, dan anda cukup melanjutkan bekerja dari rumah.

L&G Insurance Broker Siap untuk berubah. Anda?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top