Asuransi Liability

Apa itu public liability insurance?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Kini semakin sering kita mendengar kata public liability, padahal sebelumnya kata ini jarang sekali kita dengar.Kenapa?

Sebagai broker asuransi atau konsultan asuransi yang banyak menangani klien-klien yang memerlukan jaminan asuransi Public Liability kami sering sekali diminta penjelasan tentang jaminan yang dapat diberikan oleh jenis asuransi yang satu ini. 

Public Liability adalah kata yang ada kaitannya dengan masalah hukum atau “legal” atau dengan peraturan pemerintah resmi yang berlaku di suatu negara. Semakin tinggi kesadaran orang tentang masalah hukum maka semakin tinggi pula resiko yang dihadapi oleh masyarakat tentang tanggung jawab hukum dari kesalahan dan kelalaian yang dilakukannya.

Public Liability Insurance adalah jaminan asuransi atas tuntutan dari pihak ketiga (orang lain)kepada perusahaan atau Anda pribadi akibat dari kesalahan dan kelalaian yang Anda lakukan yang menyebabkan cidera badan, cacat, meninggal dunia atau kerusakan barang milik orang lain.

Sebagai contoh, seorang tamu hotel terpeleset ketika ia berjalan di lantai hotel yang licin yang menyebabkan tamu tersebut luka berat sehingga harus di rawat di rumah sakit. Pemilik dan pengelola hotel dituntut oleh sang tamu akibat dari kecelakaan tersebut. Setelah dilakukan pembuktian dan ternyata pihak hotel terbukti lalai dalam memberikan peringatan kepada tamunya, akhirnya pihak hotel harus bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan tuntutan lain yang diajukan oleh sang tamu.

Contoh lain misalnya, sebuah mobil mewah yang sedang diparkir di sebuah gedung kemudian mobil itu mengalami kerusakan parah akibat tertimpa bagian atap gedung yang terlepas. Pemilik kendaraan menuntut pengelola gedung parkir dan terbukti pengelola gedung parkir bersalah dan harus mengganti biaya perbaikan kendaraan yang rusak.

Salah satu kasus third party liability insurance yang lebih besar pernah terjadi di Indonesia beberapa tahun lalu di salah satu gedung perkantoran di Jakarta. Tiba-tiba balkon gedung tersebut ambruk dan menimpa beberapa orang yang sedang berada di bawahnya dan juga orang-orang yang berada di atas balkon jatuh setinggi 4 meter. Banyak yang cedera, patah, dan beberapa orang meninggal dunia. 

Itulah beberapa contoh kecelakaan yang mempunyai potensi untuk terjadinya tuntutan dari pihak ketiga kepada perusahaan atau Anda. 

Jadi polis asuransi public liability diperlukan untuk melindungi dari dan perusahaan dari tuntutan dari orang lain yang disebabkan oleh kesalahan dan kelalaian Anda.

Untuk memahami jaminan asuransi Public Liability Insurance, berikut beberapa penjelasannya:

  • Apa resiko yang dijamin? 

Polis asuransi  Public Liability insurance atau Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga memberikan jaminan kepada tertanggung atas kecelakaan yang terjadi kepada pihak ketiga (orang lain). Bisa berupa kecelakaan yang serius, seperti seseorang terluka karena tersandung salah satu peralatan yang Anda pasang atau bisa juga kejadian yang  sederhana seperti Anda secara tidak sengaja menumpahkan kopi di laptop klien ketika sedang rapat.

Coffee in white cup spilling in slow motion or movement on the table with documentation in the morning working day. The danger, security, safety, safeness, protection concepts. shooting for a second before an unpleasant event

  • Siapa yang membutuhkan asuransi Public Liability?

Pada dasarnya setiap usaha atau bisnis maupun perorangan mempunyai potensi untuk menghadapi tuntutan/klaim kompensasi akibat kesalahan dan kelalaian, sehingga setiap bisnis seharusnya perlu mempunyai perlindungan asuransi ini. 

Bahkan jika Anda menjalankan usaha kecil sekalipun, misalnya Anda adalah punya usaha dan berdagang yang dijalankan dari rumah, dan bisa jadi Anda akan dituntut oleh klien Anda karena jasa yang Anda berikan menyebabkan kecelakaan yang merugikan mereka. Mereka menuntut Anda. Nah jika Anda mempunyai polis asuransi Public Liability bisnis Anda akan terlindungi dari pengeluaran biaya besar yang tidak terduga.  

Contoh lain, jika Anda adalah pedagang pengecer yang mengadakan pameran di sebuah acara dan Anda tanpa sengaja merusak lantai gedung, saat mendorong troli pakaian Anda ke seberang ruangan dan Anda menabrak orang yang menyebabkan orang itu terjatuh. Atau Anda adalah seorang pengusaha katering dan Anda secara tidak sengaja menuangkan sup panas kepada salah seorang tamu penting itu, mereka terluka dan perlu di rawat di rumah sakit. Anda dituntut, dan ketika Anda dituntut maka polis asuransi Public Liability Insurance bisa bertanggung jawab dan mengganti tuntutan dari pihak ketiga itu. 

Tanpa adanya jaminan asuransi Public Liability, untuk menyelesaikan tuntutan klaim  dan tuntutan lain seperti itu dapat menghabiskan biaya ratusan dan hingga miliar rupiah. Jadi, public liability insurance penting untuk memastikan bahwa Anda terlindungi.

Berikut ini beberapa jenis asuransi yang seharusnya mempunyai jaminan asuransi Public Liability:

  1. Hotel, apartment, bungalows, residences, villas, cottages, restaurants, coffee shops, coffee clubs dan lain-lain
  2. Office buildings, Shopping mall, supermarket, stores, exhibition hall, sport facilities, entertainment centers, dan lain-lain
  3. Public utilities, power plants, water system, oil and gas facilities, dan lain-lain
  4. Industrial plants, industrial complex, manufactures, factory, assembling plants, workshop, warehouse, storage facility dan lain-lain
  • Mengapa Anda memerlukan Public Liability Insurance untuk bisnis Anda?

Saat kecelakaan terjadi, Anda dituntut oleh si korban untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi secepat mungkin. Anda tidak ingin bertengkar dan berargumen yang dapat menghabiskan waktu dengan orang lain (pihak ketiga) untuk membuktikan siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Jika anda sudah punya asuransi Anda cukup mengatakan “jika terbukti saya yang melakukan kesalahan, saya punya polis asuransi yang bisa menjamin dan mengganti kerusakan tersebut”. Setelah itu Anda menghubungi broker asuransi Anda sambil meneruskan pekerjaan rutin Anda. Selanjutnya broker asuransi yang akan memprosesnya dengan perusahaan asuransi. 

  • Apakah Asuransi Public Liability ini jaminan wajib? 

Sampai saat ini menurut hukum yang ada di Indonesia sepertinya belum ada peraturan yang mewajibkan setiap pengusaha harus mempunyai jaminan asuransi Public Liability Insurance, ini berbeda dengan di negara-negara maju. Tapi, di dalam kontrak-kontrak antara perusahaan (corporate to corporate) kini hampir selalu ada pasal-pasal tentang kewajiban mempunyai jaminan asuransi termasuk Public Liability Insurance. 

  • Berapa biaya asuransi pertanggungjawaban publik?

Setiap bisnis berbeda, jadi tidak ada harga yang standar untuk asuransi tanggung jawab hukum. kewajiban publik. Jumlah yang Anda bayarkan akan bergantung pada banyak faktor, seperti sifat bisnis Anda, riwayat klaim Anda, dan tingkat pertanggungan yang Anda butuhkan. 

Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya biaya premi asuransi Public Liability antara lain adalah:

  • Jenis usaha
  • Volume usaha (turnover)
  • Jumlah pengunjung
  • Lokasi 
  • Pengalaman sudah berapa lama berusaha 
  • Jumlah karyawan
  • Pengalaman klaim sebelumnya
  • Besarnya uang pertanggungan (limit of liability)

Secara umum angkanya berkisar dari USD 250 sampai ratusan ribu dollar tergantung dengan kompleksitas dari resiko yang dijamin. Untuk pastinya mintalah pendapat broker asuransi anda untuk setiap jaminan public liability insurance yang Anda perlukan. 

  • Apa bukti dari jaminan Public Liability?

Jika Anda mengikuti atau mengadakan pameran di sebuah ruang pamer atau bekerja di lokasi bangunan yang bernilai tinggi, terkadang Anda akan diminta untuk memberikan bukti bahwa Anda mempunyai polis asuransi public liability, untuk memastikan bahwa Anda pertanggung jawab atas kesalahan dan kelalaian yang dapat merugikan mereka.

Jika Anda sudah mempunyai polis asuransi Public Liability Insurance maka Anda tinggal memberikan salinan (fotocopy) polis Anda sebagai bukti. Atau Anda juga bisa meminta broker asuransi Anda untuk membuat surat keterangan atau meminta certificate of insurance dari perusahaan asuransi. 

  • Bagaimana Anda mendapatkan asuransi Public Liability?

Untuk mendapatkan jaminan asuransi Public Insurance yang terbaik adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi atau konsultan asuransi yang berpengalaman. Terus terang, di Indonesia jaminan asuransi Public Liability masih merupakan produk asuransi khusus dan tidak semua perusahaan asuransi mempunyai produk asuransi yang satu ini. 

Broker asuransi sebagai konsultan asuransi resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertugas untuk membantu Anda untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik. Selalu gunakan jasa broker asuransi.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang mempunyai pengalaman luas dalam bidang Public Liability insurance adalah L&G Insurance Broker. Hubungi L&G sekarang juga!

Baca Juga :   7 hal yang mempengaruhi Biaya Premi Asuransi Director and Officers atau D&O

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top