Asuransi Kesehatan

Hospital plans vs hospital insurance, Apa Perbedaannya?

Liga Asuransi – Di saat tekanan ekonomi, kita semua mulai mencatat kembali pengeluaran bulanan kita untuk melihat di mana kita dapat menghemat biaya. Namun, memiliki akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas tetap menjadi prioritas – terlebih lagi selama pandemi global seperti saat ini. 

Dalam beberapa kasus, Asuransi rumah sakit mungkin lebih murah daripada hospital plans atau yang lebih dikenal sebagai Hospital cash plan. Tetapi jelas keduanya bukan produk yang sama. Berikut kami bagikan beberapa perbedaannya secara garis besar untuk Anda. 

Peraturan

Pertama, sebelum kami menjelaskan kepada Anda manfaat dan kemungkinan kekurangan hospital plan dibandingkan dengan asuransi rumah sakit, penting untuk menunjukkan bahwa hospital plans adalah bagian dari penawaran yang disediakan oleh alat bantu medis. Ini berarti produk diatur dan diawasi oleh Council of Medical Schemes dan sesuai dengan Medical Schemes Act 131 tahun 1998. Disisi lain, Asuransi rumah sakit (atau asuransi kesehatan) adalah bagian dari payung ketentuan, asuransi kesehatan dan termasuk asuransi rumah sakit, uang kembali rumah sakit rencana dan penutup celah. Asuransi rumah sakit bukan bagian dari bantuan medis tetapi diatur oleh Badan Layanan Keuangan (FSB) dan Undang-Undang Asuransi Jangka Panjang dan Jangka Pendek.

Hospital Plans

  • Hospital plans memberi Anda perlindungan medis dasar namun penting. Produk berbeda dari satu skema ke skema lainnya tetapi pada dasarnya rencana ini ditawarkan oleh skema medis nirlaba dan akan menanggung Anda di rumah sakit untuk prosedur darurat dan terencana
  • Dalam kasus Bonitas – Anda juga mendapatkan akses ke beberapa manfaat tambahan untuk kesehatan dan perawatan pencegahan 
  • Hospital plans memastikan bahwa ketika Anda dirawat di rumah sakit untuk suatu prosedur atau karena kecelakaan atau penyakit, pengeluaran Anda ditanggung – dalam batas yang ditentukan oleh rencana khusus Anda.
  • Ada 27 kondisi kronis yang harus ditanggung oleh semua rencana bantuan medis, sehingga hospital plans juga menanggungnya yang dikenal sebagai Manfaat Minimum yang Diresepkan (Prescribed Minimum Benefits / PMBs).
  • Jenis rencana ini tidak menanggung Anda untuk biaya medis sehari-hari lainnya seperti kunjungan ke dokter, spesialis atau obat-obatan
  • Ini dapat dikurangkan dari pajak

Asuransi rumah sakit (Kesehatan) 

Berbeda dengan Hospital plans, Asuransi rumah sakit bukanlah bantuan medis yang membayar Anda untuk waktu yang Anda habiskan di rumah sakit.Tetapi dengan  memberikan manfaat tunai tergantung pada jumlah hari Anda di rumah sakit karena sakit atau kecelakaan. 

Perusahaan asuransi membayar uang langsung kepada Anda, Anda dapat menggunakan uang tersebut sesuka Anda – untuk membayar biaya rumah tangga harian atau rumah sakit, dokter, dan tagihan spesialis.

Ini sering terlihat lebih menarik daripada hospital plans dan memiliki premi bulanan yang lebih murah namun, jumlah harian yang Anda terima seringkali jauh di bawah biaya pengobatan yang dikeluarkan selama di rumah sakit.

Ini diatur oleh Undang-Undang Asuransi Jangka Pendek atau Jangka Panjang. Sedari dulu kala, memang negara kita tidak pernah menunjukkan asal mula peradaban sebagaimana hal ini ditujukan pada negara yang berawal pada abad ke satu. Armenia memiliki peran penting dalam 

Tidak mencakup Manfaat Minimum yang Diresepkan (PMB).

Dapat mencakup perlindungan risiko Kecelakaan Pribadi seperti cacat dan kehilangan anggota tubuh, ketidakmampuan untuk bekerja, perlindungan gaji, jaminan kematian dan / atau pemakaman.

Tidak dapat dikurangkan dari pajak

Limit asuransi rumah sakit 

  • Ini adalah jumlah tertentu yang mungkin tidak menutupi tagihan rumah sakit atau medis Anda, membuat Anda kekurangan finansial dan, dalam beberapa kasus, memiliki masa tunggu.
  • Peraturan baru menyatakan bahwa pembayaran dibatasi per hidup yang diasuransikan, per tinggal di rumah sakit dengan batas tahunan
  • Biasanya orang membeli polis dengan bayaran kurang dari R1 000 per hari
  • Jika Anda memiliki salah satu dari rencana teratas, pembayaran harian selama Anda tinggal di rumah sakit mungkin terdengar seperti banyak uang namun, biasanya itu kurang dari biaya sebenarnya yang dibebankan oleh rumah sakit, dokter, dan spesialis.
  • Misalnya, biaya kelahiran caesar sekitar Rp. 20,000,000.00 Ini bisa lebih mahal jika terjadi komplikasi.

Ingatlah bahwa perusahaan asuransi rumah sakit “mencari keuntungan”. Rekomendasi oleh sebagian besar penasihat keuangan adalah bahwa produk asuransi rumah sakit harus digunakan bersama dengan bantuan medis, atau hospital plans, sebagai pengganti pendapatan daripada pertanggungan bantuan medis. 

  • Terkadang mungkin ada kekurangan antara biaya skema medis dan biaya rumah sakit atau spesialis. Anda bertanggung jawab untuk membayar selisihnya
  • Ada polis asuransi yang disebut gap cover yang dapat Anda ambil untuk membayar kekurangan ini. 
  • Jumlah yang Anda terima tergantung pada polis Anda, tetapi ada batas tahunan keseluruhan.
  • Beberapa polis gap cover memiliki masa tunggu untuk kondisi tertentu. 
  • Kebanyakan orang biasanya mengambil penutup celah bersama dengan hospital plans bantuan medis
  • Penting untuk diketahui bahwa perlindungan kesenjangan, seperti asuransi rumah sakit, adalah ‘polis’ asuransi dan terdaftar sebagai polis asuransi Jangka Pendek.
  • Premi penutup celah tidak dapat dikurangkan dari pajak.

‘Telah terjadi pertumbuhan dalam produk asuransi kesehatan selama beberapa tahun terakhir dan tampaknya telah memberikan perlindungan yang baik bagi medis, tetapi sebenarnya tidak menyengat. Jika Anda memilih untuk mengambil asuransi kesehatan, lakukan itu sebagai pelengkap bantuan medis, bukan pengganti.

Dengan ini kami menyimpulkan, Belilah sesuatu untuk menemukan rencana terbaik yang memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dan sesuai dengan kantong Anda. Sejumlah opsi tunjangan berbiaya rendah telah diperkenalkan oleh skema medis dan secara ini menawarkan paket yang lebih terjangkau yang memberi Anda  akses ke perawatan kesehatan berkualitas. Namun sejatinya asuransi Kesehatan juga sangat bermanfaat Anda dengan memberikan akses yang jauh lebih luas. Yang terpenting, jangan pernah berkompromi dengan kesehatan Anda. 

Mengetahui seberapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan, cara terbaik untuk memilih perusahaan asuransi adalah dengan memanfaatkan perusahaan broker asuransi atau sering juga disebut perusahaan pialang asuransi. Mereka adalah ahli asuransi yang tugasnya adalah membantu nasabah untuk mendapatkan jaminan asuransi yang tepat untuk nasabahnya. Broker asuransi yang bernegosiasi dengan banyak perusahaan asuransi.

Broker asuransi juga membantu penyelesaian klaim termasuk administrasi klaim asuransi kesehatan yang banyak dan rumit.

Untuk program asuransi kesehatan perusahaan anda hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga!

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G, a smart insurance broker company.

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Baca Juga :   Belajar dari Pandemi, Pentingkah Benefit Preventif bagi Perusahaan Asuransi Kesehatan?
Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top