InsurTech

7 Tren Teknologi yang Bisa Digunakan di Dalam Industri Asuransi

Liga AsuransiThank God It’s Friday, it’s time for Insurtech. Penggunaaan teknologi di dalam industri asuransi saat ini kian pesat berkembang. Keinginan untuk mempermudah dan mempersingkat proses asuransi juga semakin baik. Mendapatkan penawaran asuransi bisa semudah mengklik tombol, mengelola pertanggungan dapat dilakukan menggunakan mobile application, dan kartu asuransi lama kelamaan hanya akan menjadi masa lalu.

Penerapan teknologi di dalam asuransi lebih siap dan semakin matang di tahun 2020. Beberapa dari teknologi ini sudah digunakan oleh di dalam para pelaku industri asuransi, baik perusahaan asuransi, maupun broker asuransi.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, baik perusahaan asuransi maupun broker asuransi harus lebih kreatif supaya bisa memenangkan kompetisi yang saat ini lebih ketat, oleh karena itu perusahaan asuransi mulai mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa teknologi berikut:

  1. Predictive Analytics

Predictive Analytics digunakan oleh banyak perusahaan asuransi untuk mengumpulkan berbagai data guna memahami dan memprediksi perilaku pelanggan.

Perusahaan asuransi dapat menggunakan Predictive Analytics untuk:

  • Penetapan harga dan pemilihan risiko
  • Mengidentifikasi pelanggan yang berisiko mengalami pembatalan
  • Mengidentifikasi risiko penipuan
  • Klaim triage, atau pengelompokan klaim sesuai berat ringannya kejadian.
  • Mengidentifikasi klaim
  • Mengantisipasi tren
  1. Artificial Intelligent (AI)

Konsumen ingin mendapatkan perlakuan yang khusus, karena mereka merasa sangat dihargai. Hal ini bisa terjadi karena produk asuransi bisa bersifat sangat personal. Dengan menggunakan AI akan memberikan perusahaan asuransi kemampuan yang unik ini. Perusahaan asuransi bisa memperlakukan nasabah dengan lebih personal, dan tentunya pelayanan bisa semakin cepat.

Dengan AI, perusahaan asuransi dapat mepercepat proses klaim. AI juga memungkinkan perusahaan asuransi mengakses data lebih cepat, dan memotong elemen manusia sehinggan bisa mendapatkan laporan yang lebih akurat dalam periode waktu yang lebih singkat. AI dan Predictive Analytics menjadi semakin populer diterapkan dalam memproses pengajuan klaim.

  1. Machine Learning

Tren teknologi asuransi pada 2020 yang sangat bervariasi akan memungkinkan terjadinya tumpang tindih berbagai teknologi, semuanya atas nama peningkatan akurasi. Menurut Forbes, “Machine learning secara teknis adalah cabang dari AI, tetapi lebih spesifik. Machine learning dibuat berdasar gagasan bahwa adanya mesin untuk memproses data dan mampu belajar sendiri, tanpa pengawasan yang terus menerus.”

Machine learning tidak hanya dapat meningkatkan pemrosesan klaim, tetapi juga dapat mengotomatiskannya. Jika file dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui cloud, file tersebut dapat dianalisis menggunakan algoritma yang telah diprogram sebelumnya, sehingga meningkatkan kecepatan dan akurasi pemrosesan. Tinjauan otomatis ini dapat berdampak lebih dari sekadar klaim – ini dapat digunakan untuk administrasi kebijakan dan penilaian risiko.

  1. IoT

Dengan berkembangnya teknologi yang kini digunakan oleh nasabah, mulai dari yang paling umum yaitu smart phone, kemudian bisa juga smart home system, dan beberapa peralatan lainnya yang terhubung dengan internet, menjadi sangat memungkinkan untuk melakukan pengiriman data.

Baca Juga :   InsurTech – The New Normal

Dengan IoT biaya yang dikeluarkan perusahaan asuransi untuk mengirimkan laporan, atau menerima proses klaim dari yang sebelumnya tertulis dan dibutuhkan biaya kertas, dan pengiriman berkas menjadi ditiadakan, dan diganti dalam bentuk digital. Dan itu tentunya bisa memangkas biaya, dan bisa dikembalikan kepada nasabah dalam bentuk pengurangan biaya polis.

  1. Social Media

Media sosial dan perannya dalam industri asuransi berkembang melampaui strategi pemasaran dan teknologi iklan yang canggih. Menambang data di media sosial meningkatkan penilaian risiko untuk perusahaan asuransi, memperkuat kemampuan deteksi penipuan, dan memungkinkan pengalaman pelanggan yang sama sekali baru.

Teknologi asuransi juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menyelidiki penipuan. Penanggung dapat melihat aktivitas sosial dari tertanggung dan membandingkannya dengan catatan klaim, mencari perbedaan apa pun.

  1. Telematika

Telematika merupak sistem komunikasi jarak jauh yang dapat mengirimkan informasi baik satu arah atau dua arah. Penggunaan telematika di dalam asuransi kendaraan/mobil sangat bisa diterapkan. Mobil yang berasuransi akan dilengkapi dengan perangkat pemantauan ynag digunakan untuk mengukur berbagai indikator seperti data tentang kecepatan, lokasi, kecelakaan, dan lainnya. Semua data tersebut dapat diolah sebagai kebijakan untuk menentukan besar premi dan juga membantu dalam proses klaim jika terjadi kecelakaan.

Manfaat telematika sangat banyak bagi perusahaan asuransi dan tertanggung. Telematika dalam asuransi bisa digunakan untuk:

  • Mendorong orang untuk mengemudi dengan lebih baik.
  • Biaya klaim yang lebih rendah untuk perusahaan asuransi
  • mengubah hubungan operator ke pelanggan dari reaktif menjadi proaktif
  1. Chatbots

Chatbots atau Robot Chat, merupakan teknologi yang bisa menjawab pertanyaan melalui media chat, tanpa melibatkan orang dalam menjawab pertanyaan nasabah tersebut.

Menurut beberapa perkiraan, pada tahun 2025, 95% dari semua interaksi pelanggan akan didukung oleh chatbots.

Memanfaatkan AI dan machine learning, chatbot dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mulus, lebih cepat, bisa melayani 24 jam, menghemat waktu semua orang dalam perusahaan – dan pada akhirnya menghemat uang perusahaan asuransi. Bot dapat memandu pelanggan melalui aplikasi kebijakan atau proses klaim, dengan menggunakan intervensi manusia untuk kasus yang lebih kompleks.

Sebagai broker dan konsultan asuransi kami menyarankan agar semua pihak terutama pimpinan perusahan untuk selalu memperhatikan aspek manajemen risiko dan asuransi. Pastikan setiap polis asuransi dalam kondisi aktif dengan jaminan maksimal.

Selalu menggunakan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman dan terdaftar resmi yang di OJK.

Untuk perlindungan aset anda segera hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga!

Jika anda tertarik dengan tulisan ini, silahkan di share kepada rekan-rekan anda agar mereka juga paham seperti anda.

Jika Anda ingin memberikan komentar silahkan tulis di kolom di bawah ini.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top