Life & Health

13 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Asuransi Kesehatan Karyawan (Employee Benefits)

Liga Asuransi – Ketika artikel ini kami tulis sudah enam bulan lamanya kita berada di dalam suasana ketakutan akibat merebaknya wabah virus corona yang dikenal dengan sebutan COVID-19. Lebih dari 20 juta orang terjangkit dan  lebih dari 700 ribu orang yang sudah meninggal akibat keganasan virus ini. Hingga hari ini masih belum ada perusahaan -perusahaan  bahwa wabah ini akan segera berakhir. 

Sudah ada berita yang menggembirakan datang dari beberapa negara seperti dari China, Rusia dan juga dari Indonesia sendiri mengenai telah ditemukan vaksin penawar wabah corona ini dan siap diproduksi dan dipasarkan. Tapi kapan waktunya vaksin akan mulai dijual, masih belum ada kepastian. Mudah-mudahan tersedia dalam waktu dekat ini.

Dengan melihat betapa menakutkannya wabah COVID-19 ini kita benar-benar telah disadarkan bahwa kesehatan itu sangat tinggi harganya. Bersyukurlah dengan kesehatan yang Tuhan berikan kepada kita saat ini. Bayangkan hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan seseorang yang terjangkit virus bisa meninggal dunia. Jika selamat biaya yang dikeluarkan untuk perawatannya sangat besar. Jika perawatannya dengan menggunakan semua peralatan yang diperlukan bisa mencapai Rp. 300 juta/orang. 

Tapi masalah kesehatan bukan hanya COVID-19. Ada pula sakit biasa seperti diare, typus, demam berdarah, demam, flu dan lain-lain. Selain itu ada juga sakit kritis seperti sakit jantung koroner, kanker, stroke, tumor ganas dan lain-lain. 

Semua penyakit  itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika tidak mempunyai dana yang cukup maka ada kemungkinan si penderita akan menanggung rasa sakit berkepanjangan yang menyebabkan ia kehilangan pekerjaan, usaha dan tentunya penghasilan untuk keluarganya dan berakhir dengan kematian.

Untuk mengatasi masalah kesehatan tindakan yang paling penting adalah usaha kita dalam menjaga kesehatan. Mengatur gaya hidup yang baik, pola makan, meningkatkan keselamatan kerja, berolahraga secara teratur, perawatan tubuh, kesehatan mental, menjaga kebersihan lingkungan hidup dan banyak hal-hal penting lainnya yang bisa lakukan demi menjaga kesehatan kita agar selalu prima. 

Salah satu usaha untuk mengurangi dampak ekonomi dari masalah gangguan kesehatan secara keseluruhan adalah dengan memiliki program asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan adalah jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi yang berfungsi untuk membayar biaya medis, biaya operasi, tindakan bedah dan biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi. 

Kali ini kami akan membahas lebih jauh tentang program asuransi kesehatan karyawan

Karyawan adalah aset perusahaan lan perusahaan untuk menjalankan bisnis, meningkatkan produktivitas dan memberikan keuntungan kepada perusahaan. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk bertanggung jawab atas keselamatan kesehatan karyawannya. Bukan hanya itu bahkan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan peraturan bahwa setiap perusahaan pemberi kerja wajib menyediakan fasilitas asuransi kesehatan kepada seluruh karyawannya. 

Untuk memberikan gambaran tentang asuransi kesehatan karyawan berikut kami tuliskan beberapa hal yang perlu Perusahaan  ketahui:

  1. Karyawan Aset Penting Perusahaan

Karyawan merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Produktivitas karyawan dapat terganggu jika kesehatannya terganggu. 

  1. Biaya perawatan kesehatan semakin tinggi 

Dengan adanya peningkatan biaya kesehatan setiap tahun, menyebabkan beban masyarakat semakin meningkat pula. Pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan program asuransi kesehatan. 

  1. Pencegahan Penyakit

Beberapa asuransi kesehatan ada juga yang menawarkan fasilitas pencegahan penyakit seperti imunisasi, pemeriksaan penyakit kanker, tumor, pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker. 

  1. Fasilitas Perawatan Kesehatan 

Program asuransi kesehatan antara lain adalah rawat inap, rawat jalan, dan pemberian obat-obatan. Jika diperlukan jaminan juga bisa memberikan manfaat lebih seperti kesehatan gigi, kesehatan mata, dan imunisasi serta biaya melahirkan.

  1. Membantu Mengatur Keuangan

Dengan menggunakan program asuransi kesehatan, dapat membantu Perusahaan  mengatur keuangan perusahaan. Banyak  perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangannya sendiri. Dengan adanya asuransi kesehatan dapat membantu Perusahaan  mengatur keuangan dengan membuat anggaran premi asuransi secara berkala.

  1. Mengurangi Risiko Kerugian

Jika Perusahaan  atau anggota keluarga karyawannya sakit secara tiba-tiba dan Perusahaan  tidak mempunyai uang yang cukup maka perusahaan  akan mengalami kesulitan. Tapi jika perusahaan sudah memiliki polis asuransi kesehatan maka perusahaan  akan lebih tenang karena perusahaan  tinggal menghubungi rumah sakit atau pergi ke rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.Karyawan  tinggi menunjukkan kartu asuransi kesehatan dan setelah itu karyawan langsung mendapatkan pelayanan. Tanpa khawatir seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan selama masa pengobatan sepanjang fasilitas yang digunakan sesuai dengan program yang diambil oleh perusahaan.

  1. Fasilitas Intensive Care Unit (ICU)
Baca Juga :   8 perbedaan antara asuransi Syariah dan Konvensional

Asuransi Kesehatan juga bisa memberikan manfaat penggantian biaya Intensive Care Unit (ICU), dan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil, selama Peserta Yang Diasuransikan menjalani perawatan di rumah sakit.

  1. Pembayaran Premi Asuransi 

Perusahaan biasanya menyediakan paket asuransi untuk karyawannya sebagai bentuk jaminan perlindungan. Cara pembayaran premi  tergantung dari kebijaksanaan perusahaan, ada yang dibayar seluruhnya oleh perusahaan, ada pula yang dipotong dari pemberi kerja tetapi seringkali juga dikurangkan dari gaji karyawan. 

  1. Rawat Inap (in patient)

Yang dimaksud dengan rawat inap (inpatient treatment), adalah perawatan yang dilakukan di rumah sakit atau klinik sesuai dengan ketentuan polis asuransi. Perawatan di rumah sendiri tidak termasuk ke dalam kategori rawat inap. 

  1. Rawat Jalan (outpatient)

Rawat jalan (outpatient treatment), biaya perawatan yang dicakup adalah diagnosis medis, pengecekan lab, dan lain-lain, yang tak mengharuskan tertanggung opname di rumah sakit.

  1. Bagaimana memilih perusahaan dan program asuransi kesehatan ?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan. Pertama, riwayat kesehatan. Pelajari riwayat kesehatan karyawan  dan keluarga. Misalnya, apakah ada penyakit bawaan, risiko penyakit keturunan degeneratif, dan lain-lain. Jika ada riwayat atau potensi penyakit kritis, maka pilih asuransi yang mencakup perlindungan terhadap penyakit kritis.

Kedua, risiko pekerjaan. Jika Perusahaan  memiliki pekerjaan berisiko, misalnya selalu melakukan perjalanan, atau berada di tempat dengan risiko tinggi, tak ada salahnya juga menambah manfaat asuransi dengan asuransi kecelakaan diri atau personal accident.

Ketiga, bentuk jaminan asuransi. Perusahaan  bisa memilih paket asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan tak hanya untuk karyawan  sendiri, tetapi juga keluarga (istri dan anak-anak) atau orangtua. Pilih asuransi yang sesuai untuk jaminan yang ingin didapatkan dan mereka yang ingin diberikan perlindungan

  1. Memberikan Rasa Tenang

Manfaat asuransi kesehatan yang pertama adalah terciptanya rasa tenang dalam jika perusahaan memegang polis asuransi. Karena, perusahaan sudah memiliki perlindungan jaminan kesehatan yang dapat memanfaatkannya kapan saja. 

  1. Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Yang Layak

Salah keistimewaan dari asuransi kesehatan adalah perusahaan dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai. Tentunya, pelayanan tersebut disesuaikan dengan jumlah premi yang perusahaan bayar. 

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa jaminan asuransi kesehatan merupakan program yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan untuk melindungi karyawan dan melindungi perusahaan dari kerugian yang besar yang di luar kemampuan perusahaan. 

Untuk mendapatkan program jaminan asuransi yang paling cocok dengan kondisi perusahaan tidaklah mudah. Selain itu perusahaan juga perlu memilih perusahaan asuransi mana yang paling baik. Ada puluhan perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan, akan tetapi perusahaan hanya memerlukan satu perusahaan saja. Perusahaan asuransi cermat memilih yang terbaik, jika gagal akan menyebabkan kekecewaan bagi karyawan dan perusahaan.

Cara terbaik untuk memilih perusahaan asuransi adalah dengan memanfaatkan perusahaan broker asuransi atau sering juga disebut perusahaan pialang asuransi. Mereka adalah ahli asuransi yang tugasnya adalah membantu nasabah untuk mendapatkan jaminan asuransi yang tepat untuk nasabahnya. Broker asuransi yang bernegosiasi dengan banyak perusahaan asuransi. 

Broker asuransi juga membantu penyelesaian klaim termasuk administrasi klaim asuransi kesehatan yang banyak dan rumit.

Untuk program asuransi kesehatan perusahaan anda hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga!

Jika anda tertarik dengan artikel ini silahkan di share kepada rekan-rekan anda agar mereka juga paham tentang asuransi kesehatan karyawan seperti anda. Jika anda punya ide dan pendapat silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Instagram: @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top