Risk Recommendation

7 Jenis Asuransi Penting untuk Tambang Batu bara

Liga Asuransi – Industri tambang batu bara adalah satu andalan pendapatan devisa bagi Indonesia. Hingga saat ini Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai cadangan batu bara terbesar di dunia. 

Proses penambangan batu baru sederhana, dimulai dari pencarian lokasi yang mengandung cadangan batubara, melakukan exploitasi, explorasi dan pengangkutan tanah dan batu baru. 

Akan tetapi dari segi risiko, tambang baru termasuk berisiko tinggi. Untuk itu diperlukan manajemen resiko dan jaminan asuransi tambang batu bara yang terbaik. 

Yang menjadi penyebab tambang batu bara beresiko tinggi antara lain karena lokasinya yang terletak di tempat yang sulit seperti di daerah perbukitan, gunung, lembah dan tempat terpencil lain yang tidak mempunyai akses jalan yang memadai. Penyebab lain adalah penggunaan alat tambang dengan ukuran besar yang rawan akan terjadinya kecelakaan. 

Untuk mengatasi resiko tersebut diperlukan program  asuransi yang mempunyai jaminan luas, didukung oleh perusahaan asuransi yang kuat serta adanya dukungan dari perusahaan broker asuransi yang berpengalaman luas di bidang mining risks. 

Berdasarkan pengalaman kami selama lebih dari 30 tahun di dalam menangani asuransi untuk industri tambang batu baru, berikut kami sampaikan rekomendasi kami untuk jenis asuransi yang diperlukan untuk industri tambang batu bara: 

  1. Public Liability Insurance

Asuransi Public Liability atau tanggung jawab hukum adalah jaminan asuransi atas tuntutan hukum dari masyarakat kepada perusahaan akibat dari kesalahan dan kelalaian yang menyebabkan terjadinya kerusakan harta benda milik masyarakat atau cidera badan atau meninggal dunia. Misalnya, akibat kegiatan penambangan terjadi tanah longsor yang menimpa rumah penduduk. 

  1. Property All Risks

Jaminan asuransi segala resiko (all risks) atas segala aset dan properti milik perusahaan yang ada di kawasan tambang seperti bangunan kantor, workshop, asrama, bedeng, gudang, belt conveyors, stocks of spare parts, stock of coal dan lain-lain.  Resiko yang bisa terjadi antara lain kebakaran, ledakan, terkena alat berat, banjir, tanah longsor, pencurian dan pembongkaran. 

  1. Heavy Equipment Insurance 

Alat berat adalah alat produksi yang paling penting di bidang tambang batu bara. Sayangnya alat ini pula yang mempunyai resiko paling tinggi karena ia bekerja di tempat yang berbahaya. Kecelakaan yang paling sering terjadi adalah terguling, terbalik, tabrakan dengan sesama alat berat, terbakar, terkenal tanah longsor, terendam banjir dan lain-lain. Polis asuransi Heavy Equipment Insurance dapat memberikan jaminan asuransi dalam bentuk All Risks. Yang masuk ke dalam kategori alat berat adalah excavator, wheel loader, dump truck dan lain-lain

  1. Construction Plant and Equipment

Untuk perusahaan tambang yang mempunyai fasilitas crushing plant (pengolahan batu bara), belt conveyor, sarana angkat di pelabuhan seperti crane, generator set, mobil crane dan lain-lain. Jaminan asuransi yang sesuai untuk fasilitas ini adalah Construction Plant and Equipment Insurance. 

  1. Marine Cargo Insurance – Sea and Land Transit
Baca Juga :   Ini Dia 7 Resiko Pengusaha Ritel di Pusat Perbelanjaan - Mall

Ada beberapa resiko pengangkutan yang dihadapi oleh perusahaan tambang. Pertama pengangkutan alat berat dan sarana lainnya ke lokasi tambang (mine site). Selama dalam perjalanan darat, perjalanan laut (naik kapal LCT, tongkang) melalui laut dan sungai. Kedua, pengangkutan batubara dari mulut tambang ke stockpile dengan menggunakan dump truck. Resiko yang bisa terjadi antara lain batu bara tertumpah karena truck terbalik, batu bara terbakar karena truck mengalami kebakaran. Selanjutnya pengangkutan batubara dari stockpile ke mother vessel atau langsung ke pelabuhan tujuan. Resiko yang bisa terjadi ketika saat bongkar/muat dan selama dalam perjalanan di sungai atau di laut. Kecelakaan yang bisa terjadi kapal terbalik, tabrakan, terbakar dan penjarahan.

  1. Personal Accident and Health Insurance

Pekerja tambang menghadapi resiko kerja yang tinggi. Mereka berada di lokasi dengan kondisi alam yang berat, panas, hujan, tanah berlumpur dan jauh dari fasilitas kehidupan yang memadai. Berada di antara mesin-mesin dan alat berat yang senantiasa bergerak. Lengah sedikit, nyawa menjadi taruhannya.  Oleh karena itu diperlukan jaminan asuransi untuk melindungi diri akibat kecelakaan, sakit dan meninggal dunia.  

  1. Motor Vehicle Insurance

Asuransi kendaraan bermotor untuk kendaraan yang dapat digunakan di jalan umum seperti, light truck, pick up, jeep, sedan, sepeda motor dan lain-lain. Kendaraan ini juga rawan terhadap terjadinya kecelakaan karena digunakan di lokasi tambang. 

Menurut pengalaman kami, kecelakaan  yang paling sering terjadi adalah pada alat berat. Selain frekuensi kecelakaan yang tinggi, nilai kerugian untuk setiap kecelakaan juga tinggi. 

Oleh karena itu, cara yang paling tepat untuk mengatur jaminan asuransi tambang batu bara adalah dengan menggunakan jasa perusahaan broker asuransi. Broker asuransi yang akan merancang program asuransi dengan jaminan yang maksimal, mencari perusahaan asuransi yang mempunyai kemampuan besar, menegosiasikan untuk mendapatkan premi asuransi yang paling kompetitif. 

Namun tugas broker asuransi yang paling penting adalah membantu menyelesaikan klaim asuransi dengan perusahaan asuransi sejak dari terjadinya kecelakaan hingga pembayaran klaim. Broker asuransi mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan klaim dengan nilai maksimal dan dengan waktu yang lebih cepat karena broker asuransi mempunyai pengetahuan tentang seluk-beluk jaminan asuransi, mempunyai akses kepada para pengambil keputusan di perusahaan asuransi. 

Untuk perlindungan bisnis, hubungi broker asuransi Anda sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top