Ulas Berita

7 Pilihan Kecelakaan Minggu Ini – Oktober Minggu pertama

top Accident

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, kita sudah memasuki minggu pertama di bulan Oktober 2022 ini, sudah banyak peristiwa Kecelakaan serius dan beberapa tragedi fatal yang sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Kami akan memberikan kepada Anda 7 peristiwa kecelakaan di minggu ini. Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik dalam berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja. 

  1. Tabrak Truk Molen, Kaki Sopir Mobil Bak di Pulogadung Terjepit

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG – Kecelakaan hari ini di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur mengakibatkan korban luka.

Dalam kecelakaan pada Selasa (4/10/2022) pukul 03.27 WIB tersebut Usep, pengemudi mobil bak berpelat F 8382 HK terluka hingga bagian kakinya terjepit di dashboard kendaraan.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kecelakaan bermula ketika mobil bak dari arah Cawang ke Tanjung Priok.

“Saat di lokasi TKP lampu merah Pramuka depan kantor Sudin Damkar Jakarta Timur unit pickup hilang kendali,” kata Gatot di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (4/10/2022).

Akibat kehilangan kendali itu, dalam kecepatan kencang mobil bak dinaiki Usep bersama kernetnya yang bernama Njen itu menghantam truk molen melaju di depannya.

Di saat bersamaan dari arah belakang melaju mobil Avanza yang menabrak bagian belakang mobil bak dikemudikan Usep, sehingga kendaraan korban dalam posisi terhimpit.

“Akibat kecelakaan kaki pengemudi pickup terjepit dasboard. Kernetnya kemudian melapor ke kita meminta bantuan evakuasi kaki pengemudi yang terjepit dan langsung kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Gatot menuturkan sebanyak dua unit light rescue, unit ambulans, berikut delapan personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dikerahkan dalam evakuasi.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Usep yang terjepit di bagian dashboard mobil.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Usep yang terjepit di bagian dashboard mobil, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Selasa (4/10/2022)

Secara perlahan personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menarik bagian depan kendaraan yang ringsek agar kaki Usep dapat dievakuasi.

“Kita mulai evakuasi pukul 03.34 WIB, selesai pukul 04.00 WIB. Alhamdulillah kaki korban dapat dievakuasi dari bagian dashboard kendaraan dan langsung diberikan penanganan medis,” tuturnya.

Source : https://jakarta.tribunnews.com/2022/10/04/kecelakaan-hari-ini-di-jakarta-tabrak-truk-molen-kaki-sopir-mobil-bak-di-pulogadung-terjepit

 

  1. Beban Berlebih-Patah As, Truk Tergelincir Picu Kemacetan di Karangasem

Karangasem – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Amlapura-Denpasar, Banjar Dinas Pengalon, Desa Antiga Kelod, Manggis, Karangasem, Senin (3/10/2022).

Diduga mengalami patah as, sebuah truk dengan nomor polisi DK 8284 FN yang dikemudikan oleh I Putu Wahana Prayoga (23) asal Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung tergelincir dan memicu kemacetan.

Kelian Banjar Dinas Pengalon I Made Widia mengatakan truk tergelincir diduga karena mengalami patah as akibat beban muatan berlebihan. Truktergelincir ke arah kiri hingga hampir terguling.

“Arus lalu lintas sempat mengalami sedikit kemacetan, tapi saat ini sudah kembali normal,” kata Widia, Senin (3/10/2022).

Berdasarkan informasi, kronologi kecelakan tunggal berawal saat truk datang dari arah Denpasar dengan tujuan Nusa Penida dengan membawa bahan bangunan seperti semen, triplek, dan kayu.

Saat tiba di lokasi kejadian, tiba-tiba as truk tersebut patah sehingga truk tersebut tergelincir ke arah kiri jalan. Akibat tergelincir, muatan truk berisi material bangunan tercecer ke jalan.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Bahan bangunan yang sempat tercecer juga masih bisa diselamatkan dan saat ini truk tersebut sudah bisa dievakuasi.

Source :  https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-6327360/beban-berlebih-patah-as-truk-tergelincir-picu-kemacetan-di-karangasem.

 

  1. Tragedi Bocah Terlindah Bus di Kawasan Pantai Drini Gunungkidul

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Seorang bocah berumur 6 tahun meninggal dunia setelah terlindas bus pariwisata pada Sabtu (01/10/2022).

Kecelakaan (laka) ini terjadi di sekitaran Pantai Drini, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul.

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto mengatakan peristiwa ini terjadi tengah hari, persisnya di wilayah Kalurahan Banjarejo.

“Korban meninggal dunia berinisial RPA (6), asal Tanjungsari,” jelasnya pada Minggu (02/10/2022).

Menurut Suryanto, bus pariwisata yang terlibat laka dikendarai oleh DK (45).

Saat itu, bus dengan nomor polisi AD 1411 CU baru saja hendak keluar dari kawasan Pantai Drini.

DK kemudian bermaksud memarkirkan bus tersebut sejenak di kiri jalan. Ia menyetir ke arah kanan kemudian berjalan mundur ke belakang. “Saat itu RPA berada di samping kanan bus, tengah berjalan kaki,” ungkap Suryanto.

Namun posisi RPA saat itu tidak terlihat oleh DK dari sisi kemudi alias masuk blind spot. Lantaran tak terlihat, DK pun terus mundur hingga akhirnya mengenai RPA. Akibatnya, RPA langsung tertabrak hingga jatuh dan terlindas.

Menurut Suryanto, RPA langsung meninggal seketika setelah terlindas bus. “Korban meninggal dunia dengan luka berat di bagian kepala,” katanya.

Kejadian ini pun kini ditangani oleh Unit Lakalantas Polres Gunungkidul. Bus yang terlibat laka kini sudah diamankan, berikut dokumen kepemilikannya untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan dugaan sementara penyebab laka adalah kelalaian DK sebagai pengemudi. Ia dinilai kurang berhati-hati saat hendak memarkirkan bus. “Yang bersangkutan tidak memperhatikan keselamatan pejalan kaki di sekitarnya sehingga menyebabkan laka,” jelasnya.

Source :  https://jogja.tribunnews.com/2022/10/02/tragedi-bocah-terlindah-bus-di-kawasan-pantai-drini-gunungkidul?page=2

 

  1. Truk Bawa Kardus Terbalik di Tol Japek Km 13 Arah Jakarta, Lalin Macet

Jakarta – Sebuah truk muatan kardus terbalik di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Kilometer (Km) 13. Lalu lintas macet parah.
“Kepadatannya dari Cibitung sudah ada kepadatan sampai Bekasi Timur. Selepas Bekasi Timur ada kepadatan kembali sampai Km 13. Setelah Km 13 lancar untuk arah Jakarta,” ujar petugas call center Jasa Marga ketika dihubungi Sabtu (1/10/2022) pukul 17.22 WIB.

Truk tersebut mengalami kecelakaan pukul 15.00 WIB. Truk tersebut bermuatan kardus.
“(Truk mengalami kecelakaan di) Km 13,” tuturnya.

Posisi truk sempat terbalik di lajur tengah. Hal itu membuat lalu lintas hingga Km 22 menuju Jakarta tersendat.

Petugas mengerahkan alat berat berupa crane untuk mengangkut truk tersebut dan menepikannya di bahu jalan.

“(Truk) sudah dipinggirkan jam 17.24 WIB. Semua lajur sudah terbuka tapi (kepadatan) imbas penguraian saja,” lanjutnya.

Source : https://news.detik.com/berita/d-6323362/truk-bawa-kardus-terbalik-di-tol-japek-km-13-arah-jakarta-lalin-macet

 

  1. Malam Kelam di Kanjuruhan: 4 Fakta di Balik Tragedi Kanjuruhan

TEMPO.CO, Malang -Pagar tribun Stadion Kanjuruhan, Malang menjadi saksi bisu ketika ratusan penonton meninggal dan luka-luka akibat kebrutalan aparat keamanan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam BRI Liga 1 dan dikenal sebagai Tragedi Kanjuruhan. 

Usai pertandingan pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022, aparat keamanan berkali-kali menembakkan gas air mata ke arah tribun yang diisi oleh banyak suporter Arema FC usai puluhan penonton merangsek masuk lapangan stadion Kanjuruhan. Akibat hal tersebut, banyak suporter Arema FC yang sesak napas karena terkena efek gas air mata dan banyak dari mereka yang terinjak-injak akibat kepanikan dan pengejaran aparat.

Fakta-fakta Tragedi Kanjuruhan

Duka Kelam Sepak Bola

Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 menjadi duka yang mendalam bagi dunia sepak bola. Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyampaikan belasungkawa untuk para korban Tragedi Kanjuruhan. Dalam lanjutan La Liga Spanyol, sebelum memulai laga dilakukan mengheningkan cipta selama 1 menit untuk mengenang Tragedi Kanjuruhan.

Selain itu, banyak klub sepak bola nasional yang menyatakan belasungkawa atas apa yang terjadi di Kanjuruhan. Bahkan, di Kantor Pusat FIFA, bendera-bendera anggota FIFA dikibarkan setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa terhadap apa yang terjadi di Kanjuruhan.

Seratusan Orang Meregang Nyawa

Kepolisian melalui Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa ada 125 korban jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan. Namun, rilis dari pihak kepolisian ini masih terus diverifikasi kebenarannya oleh banyak pihak karena dalam berbagai informasi yang beredar ada lebih dari 150 korban jiwa akibat Tragedi Kanjuruhan.

Dugaan Pelanggaran HAM

Komnas HAM, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Amnesty International, dan Komisi untuk Orang Hilang dan korban Tindak Kekerasan (Kontras) mendorong supaya ada investigasi secara independen dengan dugaan adanya pelanggaran HAM dalam Tragedi Kanjuruhan.

Dugaan pelanggaran HAM ini disinyalir karena aparat keamanan melanggar aturan yang dibuat oleh FIFA dalam FIFA Stadium Safety and Security yang menyatakan bahwa gas air mata dilarang untuk digunakan di dalam stadion. 

“Kami akan mendalami terkait penggunaan gas air mata dalam Tragedi Kanjuruhan,” kata Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam.

Selain itu, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengecam pengunaan gas air mata oleh aparat di dalam stadion.

“Padahal dalam regulasi yang dikeluarkan oleh FIFA, gas air mata dilarang untuk digunakan di dalam stadion,” kata Usman Hamid.

Aksi Solidaritas

Tragedi Kanjuruhan memucnulkan banyak aksi solidaritas dari berbagai elemen masyarakat di banyak daerah, seperti Malang, Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Bandar Lampung, dan berbagai daerah lainnya menggelar aksi solidaritas.

Dalam acara solidaritas tersebut, banyak elemen masyarakat yang menuntut supaya Tragedi Kanjuruhan diusut secara tuntas dan orang-orang yang terlibat di dalamnya dapat diadili secara adil karena telah menghilangkan ratusan nyawa dan luka-luka dalam satu waktu.

 

  1. Kecelakaan Kerja di Pabrik Kertas Wonogiri, 1 Pekerja Tewas

Evakuasi korban kecelakaan kerja di PT Paper Prima Indonesia (PPI) Wonogiri, Senin (3/10/2022). Foto: dok. Kades Wonokerto.

Wonogiri – Kecelakaan kerja terjadi di PT Paper Prima Indonesia (PPI) yang beralamat di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri Kota, Wonogiri. Akibatnya salah seorang pekerja asal Kabupaten Karanganyar tewas.

“Benar ada kecelakaan kerja di sana (PT PPI), tadi sekitar pukul 05.45 WIB. Korban meninggal,” kata Kades Wonokerto, Suyanto, Senin (3/10/2022).

Suyanto mengatakan pekerja yang meninggal dalam kecelakaan kerja itu adalah Sumingkir (52) warga Matesih, Karanganyar. Setelah mendapat kabar kecelakaan itu, Suyanto dan sejumlah jajaran mendatangi lokasi kejadian.

Kecelakaan kerja itu, kata Suyanto, bermula saat korban akan menyambung kertas yang putus. Namun, tangan korban tersangkut. Kemudian korban terjatuh dari lantai dua dan meninggal dunia.

“Mesinnya di lantai dua. Korban jatuh ke lantai satu. Kami bersama petugas dari puskesmas dan kepolisian mengevakuasi korban kemudian dibawa ke rumah sakit. Korban dibawa ke rumah duka dan dimakamkan. Keluarga menerima dan mengikhlaskan. Perusahaan juga memberikan bantuan,” ungkap dia.

Diketahui, pada April lalu juga terjadi kecelakaan kerja di pabrik kertas tersebut. Korban juga meninggal dunia atas kejadian saat itu.

Menanggapi hal itu, Suyanto menyatakan sudah ada evaluasi dari perusahaan setelah kejadian pertama atau pada April lalu. Yaitu, perusahaan memberi pengaman tambahan. Terkait kejadian yang kedua kali ini, Suyanto selaku pemangku wilayah akan melakukan evaluasi bersama perusahaan.

“Kami tadi sudah ketemu manajemen, akan dievaluasi bersama agar peristiwa seperti ini tidak terulang kembali. Sudah ada pengaman (tapi kecelakaan) bisa terjadi lagi, apa karena fisik pekerja atau apa nanti diselidiki sekaligus mencari antisipasinya,” kata Suyanto.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, HRD PT Paper Prima Indonesia Heru Pranoto mengaku masih menunggu pemeriksaan dari kepolisian.

Source: https://www.detik.com/jateng/berita/d-6327020/kecelakaan-kerja-di-pabrik-kertas-wonogiri-1-pekerja-tewas.

 

  1. Tersambar Petir, Tangki Berisi Solar di Pelabuhan Pelindo Banten Terbakar

Cilegon – Tangki berisi solar di kawasan Pelabuhan Pelindo Banten terbakar. Kebakaran diduga akibat sambaran petir.

Peristiwa kebakaran ini terjadi saat hujan disertai petir di wilayah Ciwandan, Kota Cilegon, pada Sabtu (1/10/2022), sekitar pukul 23.00 WIB. Pasca-suara petir, terdengar suara ledakan yang berasal dari tangki di stasiun pengisian milik PT Taruna Bina Sarana.

“Ada saksi yang mendengar suara petir dan letusan kemudian langsung keluar ruangan dan saksi melihat satu tangki sudah dalam keadaan terbakar. Kebakaran satu tangki storage isi solar di PT Taruna Bina Sarana Kawasan Linc Terminal yang Berada di dalam area Pelabuhan PT Pelindo Ciwandan,” kata Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro melalui keterangan tertulis Minggu (2/10).

Kobaran api dari tangki disebut sempat menghebohkan warga sekitar pelabuhan khususnya di Kecamatan Ciwandan. Petugas pemadam kebakaran Cilegon lantas mengerahkan 5 mobil pemadam dan 1 mobil milik PT Pelindo.

“Dilakukan pemadaman oleh Damkar PT Pelindo sebanyak 1 unit dan 5 unit Damkar Kota Cilegon dan telah dilakukan evakuasi terhadap karyawan yang berada di dalam area,” ujarnya.

Polisi juga sempat mengimbau kepada warga sekitar agar tak mendekati lokasi kejadian. Eko mengatakan aliran listrik di lokasi kejadian sempat dimatikan guna mengantisipasi kebakaran tangki lain.

“Warga sekitar kita imbau untuk menjauh dari lokasi kejadian dan telah dilakukan rekayasa lalu lintas dan pemadaman listrik oleh PLN dan perusahaan guna mengantisipasi terjadinya ledakan terhadap storage lainnya,” ujarnya.

Eko menambahkan, arus lalu lintas di jalan raya Cilegon-Anyer sempat ditutup demi keamanan. Penutupan dari simpang Jalan Lingkar Selatan arah Anyer dan sebaliknya.

“Pukul 03.00 WIB, api berhasil dipadamkan dengan campuran air dan foam, untuk kerugian sementara belum bisa ditaksir, kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa,” katanya.

Source:  https://news.detik.com/berita/d-6324220/tersambar-petir-tangki-berisi-solar-di-pelabuhan-pelindo-banten-terbakar.

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.


MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!