Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal – November Minggu Ke 4

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, bagaimana kabar Anda dan Bisnis Anda? Semoga dalam keadaan baik dan bisnis Anda pun berjalan baik dan semakin maju. Tanpa kita sadari sudah banyak berbagai peristiwa yang telah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia

Pada artikel ini, kami akan memberikan kepada Anda 7 Pilihan peristiwa dari dalam Negeri. Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

  1. Gempa Cianjur, 252 Orang Meninggal & Ratusan Luka-Luka

Jakarta, Detik.com – Pemkab Cianjur meng-update data korban gempa magnitudo 5,6. Pemkab Cianjur mengunggah data korban meninggal saat ini sebanyak 252 orang.

Hal itu disampaikan melalui akun resmi media sosial @diskominfocianjur. Pemkab Cianjur mengunggah infografis soal data korban dan kerusakan setelah diguncang gempa M 5,6 pada Senin (21/11/2022) kemarin.

Informasi yang disampaikan lewat infografis itu menjabarkan korban meninggal dunia gempa Cianjur saat ini sebanyak 252 orang. Kemudian, korban gempa yang masih dalam pencarian sebanyak 31 orang.

Adapun korban luka-luka mencapai 377 orang dan sebanyak 7.060 warga mengungsi.

Dalam infografis itu, sumber data tertulis berasal dari BPBD Cianjur.

“Pendataan saat ini masih terus berlangsung… Mohon doanya untuk Cianjur,” demikian keterangan dalam unggahan tersebut, seperti dilihat, Selasa (22/11/2022).

Selain data korban, Pemkab Cianjur menyampaikan 10 lokasi terdampak gempa, yakni Cianjur, Karang Tengah, Warungkondang, Cilaku, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Sukaluyu, Sukaresmi, dan Pacet.

Sementara itu, kerugian material yang terdata BPBD Cianjur, yakni 2.834 rumah rusak, 5 tempat ibadah rusak, 13 fasilitas pendidikan rusak, 10 kantor dan gedung rusak, 5 faskes rusak, satu kios rusak, dua jembatan terdampak, dan dua titik jalan terdampak.

Source : https://news.detik.com/berita/d-6420188/pemkab-cianjur-unggah-data-korban-gempa-252-orang-meninggal-377-luka

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Gempa Bumi
  • Asuransi Property All Risk
  • Dan lainnya

 

  1. 36 Orang Tewas dalam Kebakaran Pabrik di China

Beijing – Kebakaran terjadi di sebuah pabrik di wilayah China bagian tengah. Sedikitnya 36 orang tewas dan dua orang lainnya hilang akibat kebakaran tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (22/11/2022), laporan kantor berita Xinhua menyebut kebakaran melanda sebuah pabrik milik Kaixinda Trading Co., Ltd. yang ada di kota Anyang, Provinsi Henan pada Senin (21/11) sore waktu setempat. Laporan soal kebakaran pertama diterima pukul 16.22 waktu setempat.

“Setelah menerima peringatan, detasemen pemadam kebakaran wilayah setempat segera mengerahkan pasukan ke lokasi kejadian,” demikian laporan televisi pemerintah China CCTV dengan mengutip otoritas setempat.

“Keamanan publik, respons darurat, pemerintah kota, dan unit pasokan listrik bergegas ke lokasi kejadian pada saat bersamaan untuk melakukan penanganan darurat dan upaya penyelamatan,” imbuh laporan CCTV.

Disebutkan juga bahwa api telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Penyebab kebakaran ini belum diketahui secara jelas. Namun otoritas setempat mengumumkan penangkapan ‘sejumlah tersangka kriminal’ terkait kebakaran itu, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Rekaman dari lokasi kejadian yang dibagikan media pemerintah menunjukkan kepulan asap hitam pekat membubung ke angkasa dari lokasi kebakaran, dengan sedikitnya dua truk pemadam berada dalam posisi untuk memadamkan kebakaran.

CCTV juga melaporkan bahwa selain 36 orang tewas, sebanyak dua orang lainnya dilarikan ke rumah sakit setempat akibat luka-luka yang mereka alami. Dijelaskan bahwa luka-luka itu tidak mengancam nyawa mereka.

Insiden di kawasan industri cukup sering terjadi di China, yang biasanya disebabkan oleh standar keselamatan yang lemah dan korupsi di kalangan para pejabat yang ditugaskan menegakkan standar keselamatan itu.

Kebakaran di kota Anyang ini terjadi setelah ledakan dilaporkan mengguncang sebuah pabrik kimia di Taiyuen, Provinsi Shanxi pada Senin (21/11) waktu setempat.

Sementara pada Juni lalu, sedikitnya satu orang tewas dan satu orang lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan di pabrik kimia di Shanghai. Tahun lalu, ledakan gas di kota Shiyan menewaskan sedikitnya 25 orang dan memicu kerusakan parah pada sejumlah bangunan setempat.

Source:  https://news.detik.com/internasional/d-6419365/36-orang-tewas-dalam-kebakaran-pabrik-di-china.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Dan lainnya

 

  1. Truk Angkut 30 Ton Hebel Tabrak Pembatas Jalan-Terguling di Tabanan

Tabanan – Sebuah truk bermuatan 30 ton hebel atau bata ringan mengalami kecelakaan tunggal di jalur Denpasar-Gilimanuk, Banjar Yeh Bakung, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Bali pada Senin (21/11/2022).

Kecelakaan tunggal yang persisnya terjadi di jembatan Yeh Bakung sekitar pukul 08.30 Wita itu mengakibatkan truk berplat L 81071 KF itu terguling usai menabrak pembatas jalan.

“Dari penuturan sopirnya, kecelakaan itu terjadi akibat rem truk yang mendadak tidak berfungsi atau blong,” jelas Kasi Humas Polres Tabanan, Iptu Nyoman Subagia.

Ia menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sopir truk yang diketahui atas nama Ponimin (57) dari Probolinggo, Jawa Timur, hanya mengalami luka ringan.

Begitu juga dengan kernetnya, Dedy Tri Buwono (28) dari Situbondo, Jawa Timur. “Sopirnya dan kernetnya cuma luka ringan. Kernetnya itu mengalami luka lecet di pipi dan kaki kiri,” imbuh Subagia.

Semula, sambung Subagia, truk itu dalam perjalanan dari Probolinggo menuju Denpasar dengan mengangkut sekitar 30 ton hebel atau bata ringan.

Namun saat memasuki lokasi kejadian, laju truk justru tidak terkendali. Ponimin gagal mengatur kecepatan truknya akibat pedal remnya tidak berfungsi.

Truk itu kemudian menabrak pembatas jalan hingga akhirnya terguling. Hebel yang diangkut truk sebagiannya berhamburan dan pecah.

“Kalau kerugian materinya belum bisa dipastikan. Saat ini sedang dilakukan evakuasi. Untuk sementara, arus lalu lintas diatur dengan sistem buka tutup untuk mencegah penumpukan kendaraan,” pungkas Subagia.

Source: https://www.detik.com/bali/berita/d-6417773/truk-angkut-30-ton-hebel-tabrak-pembatas-jalan-terguling-di-tabanan.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Pengiriman Barang
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Truk
  • Dan lainnya

 

  1. KMP Mutiara Timur I yang Terbakar Dinyatakan Tenggelam, Ratusan Kendaraan Ikut Hanyut 

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Setelah mengalami insiden kebakaran, pada Rabu (16/11/2022), KMP Mutiara Timur I dinyatakan tenggelam.

Tenggelamnya kapal jurusan Banyuwangi ke Lombok itu, membawa kurang lebih 115 unit kendaraan penumpang ke dasar laut.

Menurut Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, KMP Mutiara Timur I tenggelam di titik lokasi kebakaran pada pukul 15.45 WITA.

Dijelaskan, titik koordinat tenggelamnya KMP Mutiara Timur I itu berada di 08⁰ 20′ 24″ S dan 115⁰ 41′ 42″ T.

“Tenggelam di sekitar lokasi kebakaran. Pukul 16.45 WITA dinyatakan tenggelam,” kata Ansori, Jumat (18/11/2022).

Berbeda dengan Lanal, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai menyatakan posisi tenggelamnya Mutiara Timur I bukan di lokasi awal terbakar, melainkan sudah berada di Selat Lombok.

Hal itu disebabkan mesin kapal dimatikan sesaat setelah terjadi kebakaran. Hingga akhirnya kapal itu terombang-ambing terbawa arus ke Selat Lombok.

“Untuk penyebab pastinya kenapa bisa tenggelam saya kurang tahu, tapi yang jelas tadi sore sudah tenggelam,” kata Kepala KSOP Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin.

Sementara itu data awal KSOP Pelabuhan Tanjungwangi, KM Mutiara Timur I berangkat dari Pelabuhan Tanjungwangi ke Gili Mas membawa 236 penumpang dan 115 kendaraan. Di antaranya 68 unit truk besar, 27 unit truk jenis tronton, 16 unit kendaraan truk kecil, 2 mobil jenis sedan dan MPV, serta 2 sepeda motor di dalam kapal tersebut.

Namun hingga saat ini belum ada pernyataan, baik dari TNI AL, otoritas pelabuhan Padangbai Bali maupun otoritas pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi terkait evakuasi kendaraan milik penumpang.

Hanya proses evakuasi terhadap 236 penumpang, yang kemudian direvisi menjadi 237 penumpang, serta 25 kru kapal.

Maka dari itu 115 kendaraan yang diangkut oleh KMP Mutiara Timur I tersebut ikut tenggelam ke dasar laut Bali.

Source: https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/153652278/kmp-mutiara-timur-i-yang-terbakar-dinyatakan-tenggelam-ratusan-kendaraan.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Protection and Indemnity
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Kebakaran
  • Dan lainnya

 

  1. Masuk ke Mesin Penghancur Batu, Warga Serang Tewas Mengenaskan

Serang – Warga Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang, Banten, berinisial AS (31) tewas mengenaskan di pabrik PT Rexcon di Cikande. Korban diduga mengalami kecelakaan hingga tewas masuk ke mesin penghancur batu.

“Benar ada kejadian laka kerja, korban inisial AS warga Kecamatan Bandung,” kata Kasi Humas Polres Seang Iptu Dedi Jumhaedi saat dikonfirmasi wartawan, Serang, Rabu (16/11/2022).

Kecelakaan terjadi pada Selasa (15/11) pukul 08.00 WIB kemarin. Informasi dari penyidik Satreskrim, korban disebut masuk ke mesin penghancur saat membenarkan mesin.

“Jadi katanya lagi ngebenerin mesin, terus mesin nyala dan korban masuk terus kegiling,” ujarnya.

Tim Reskrim, ujarnya, masih mengumpulkan keterangan lengkap dari pihak perusahaan. Oleh TKP sudah dilakukan begitu mendapatkan informasi ada korban kecelakaan saat kerja.

Source:  https://news.detik.com/berita/d-6409542/masuk-ke-mesin-penghancur-batu-warga-serang-tewas-mengenaskan.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Machinery Breakdown
  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

 

  1. Pesawat Tabrak Truk Pemadam Kebakaran Saat Lepas Landas, Maskapai: Tak Minta Jasanya

LIMA, KOMPAS.com – Sebuah pesawat menabrak truk pemadam kebakaran saat lepas landas di bandara tersibuk Peru, mengakibatkan kematian dua petugasnya.

Pesawat Latam Airlines dilaporkan menabrak truk pemadam kebakaran pada pukul 15:30 waktu setempat pada Jumat (18/11/2022) atau 03.30 WIB Sabtu (19/11/2022) di Bandara Internasional Jorge Chávez di ibu kota, Lima sebagaimana dilansir BBC.

Unggahan video yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat yang meluncur di landasan dengan percikan api di bawahnya.

Asap hitam kemudian menyelimuti badan pesawat saat berhenti. “Tidak ada penumpang atau awak pesawat yang tewas,” menurut maskapai itu di Twitter.

Namun, Direktur Eksekutif Lembaga Rumah Sakit EsSalud melaporkan seorang petugas pemadam kebakaran berusia 31 tahun berada dalam kondisi kritis.

Kementerian Kesehatan Peru menambahkan bahwa 20 penumpang sedang dirawat karena cedera – dua di antaranya diyakini serius.

Masih belum jelas mengapa truk pemadam kebakaran memasuki landasan pacu saat pesawat tujuan kota Juliaca di selatan Peru tersebut lepas landas.

Selama konferensi pers, CEO Latam Manuel Van Oordt mengatakan penerbangan itu sudah diizinkan untuk lepas landas. “Kami tidak tahu mengapa (truk pemadam kebakaran) ada di sana,” katanya. “Kami tidak meminta jasa mereka.”

Kantor kejaksaan mengatakan sedang menyelidiki insiden itu sebagai potensi pembunuhan, menurut kantor berita Reuters.

Lima Airport Partners (LAP), yang mengoperasikan Bandara Jorge Chavez, telah menangguhkan penerbangan hingga Sabtu (19/11/2022) sore di bandara.

Penerbangan internasional yang seharusnya mendarat di sana telah dialihkan ke Colombia, Panama, dan berbagai kota di Peru termasuk Iquitos, Pisco, dan Arequipa.

Dalam sebuah pernyataan, LAP menambahkan: “Saat ini kami sedang mencari dan menyelidiki semua faktor yang diperlukan yang dapat menentukan penyebab semua ini.”

“Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada kerabat Ángel Torres dan Nicolas Santa Gadea, petugas pemadam kebakaran pemberani yang tewas dalam kecelakaan itu,” tulisnya di Twitter. “Pikiran dan doa saya bersama mereka. Saya berdoa untuk kesembuhan yang terluka.”

Source: https://www.kompas.com/global/read/2022/11/19/153200770/pesawat-tabrak-truk-pemadam-kebakaran-saat-lepas-landas-maskapai–tak?page=2.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Airport Liability
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

 

  1. Jembatan Penghubung Desa di Tasikmalaya Ambruk, 1 Pengendara Motor Hilang, 2 Korban Selamat 

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Jembatan di jalan perkampungan yang menguhubungkan Desa Cibalong dan Parung di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, amblas tak bersisa akibat longsor, Senin (14/11/2022) malam.

3 Kendaraan motor yang ditumpangi 3 orang laki-laki saat melintasi jembatan itu jatuh ke sungai di bawahnya. 2 korban atas nama Ripa Ramdani (15) dan Yayan (40) ditemukan selamat meski terkubur longsoran usai Tim BPBD Tasikmalaya, SAR Bandung dan Petugas Kepolisian serta TNI dibantu warga melakukan pencarian.

Sementara seorang pengendara motor lainnya, Eli (38), warga Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya masih belum ditemukan usai tim gabungan menyisir sungai sekitar 100 meter di lokasi kejadian sampai pada Selasa (15/11/2022) pagi.

Sampai pagi ini, tim gabungan penyelamat masih mencari korban hilang yang diduga tertimbun longsoran tanah di lokasi kejadian yang sempat dihentikan sementara akibat terkendala penerangan.

“Pagi ini tim melakukan pencarian kembali korban yang masih belum ditemukan. Saat dini hari tadi, pencarian sempat diberhentikan terlebih dahulu akibat terkendala penerangan.

Di lokasi gelap dan arus air sungai masih besar,” jelas Aam Muharam, salah seorang Analis Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tasikmalaya di lokasi kejadian, Selasa (15/11/2022) pagi.

Aam menuturkan, kejadian bermula saat hujan deras tak henti-hentinya sejak sore hari melanda lokasi kejadian dan sekitarnya.

Sesuai keterangan para saksi warga setempat, lanjut Aam, masing-masing korban manaiki 3 motor yang berjalan bersamaan melewati jembatan amblas tersebut. Ketiganya ikut amblas saat jembatan itu tergerus longsoran tanah pinggir sungai akibat arus air di bawahnya sangat deras.

Warga pun sempat melakukan pertolongan pertama, namun arus air yang deras menyebabkan kesulitan mengevakuasi korban.

“Sampai akhirnya tim BPBD, Basarnas, Kepolisian dan TNI tiba di lokasi kejadian usai menerima laporan warga setempat.

Saat dicari, kami baru menemukan 2 korban selamat meski tertimbun longsor. Sementara, seorang korban lagi masih belum ditemukan sampai pagi ini,” tambah dia. Sementara itu, Petugas Basarnas Bandung, Bagus, mengaku pihaknya mengalami kesulitan saat mencari korban pada malam hari karena arus air sungai deras dan minimnya penerangan.

Namun, pihaknya pun sudah malanjutkan pencarian korban hilang pada pagi ini dengan terus menyusur sungai dan longsoran tanah. “Kalau semalam penerangan ya, kita hentikan sebentar. Kita lanjutkan mulai pagi ini,” pungkasnya.

Source: https://bandung.kompas.com/read/2022/11/15/085005778/jembatan-penghubung-desa-di-tasikmalaya-ambruk-1-pengendara-motor-hilang-2?page=2.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.


MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!