Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal Maret 2023 – Minggu Ke 3

Liga Asuransi – Para pembaca setia, semoga bisnis Anda berjalan lancar dan maju. 

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan silahkan bagikan informasi ini ke rekan-rekan Anda, agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

 

Kapal Pengangkut BBM Pertamina Terbakar, Tiga ABK Dilaporkan Tewas

Jakarta, CNN Indonesia — Sebanyak tiga anak buah kapal (ABK) Kapal MT Christin pengangkut BBM Pertamina yang mengalami kebakaran di perairan Kota Mataram, NTB, dilaporkan tewas.

Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Dady Sukmawan mengatakan beberapa ABK lainnya sudah dievakusi ke Pantai Ampenan, Kota Mataram.

“Informasi yang saya terima ada tiga anak buah kapal yang meninggal dunia. Sebagian lagi sudah dievakuasi ke Pantai Ampenan. Total ada 17 anak buah kapal,” kata Dady dikutip dari Antara, Minggu (26/3).

Ia belum mendapat informasi penyebab pasti kapal tiba-tiba terbakar ketika sedang mengantri untuk bongkar muat BBM ke Depo Pertamina Ampenan.

Kapal pengangkut BBM Pertamina itu terbakar di perairan yang tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan Kota Mataram, NTB, sekitar pukul 15.30 WITA.

“Kami mendapat laporan dari salah seorang warga bernama Dady Sukmawan yang kebetulan lagi di rumah orang tuanya di Kampung Bugis Ampenan yang dekat dengan lokasi kejadian,” kata Humas Kantor SAR Mataram I Gusti Lanang Wiswananda.

Personel Kantor SAR Mataram sudah meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penyelamatan.

Hingga saat ini api masih terlihat menyala. Kapal juga sudah menjauh dari Depo Pertamina Ampenan untuk menghindari ledakan karena di sekitarnya juga ada perahu-perahu nelayan.

Source: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230326153947-20-929509/kapal-pengangkut-bbm-pertamina-terbakar-tiga-abk-dilaporkan-tewas

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Marine Hull
  • Asuransi Protection Indemnity
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Machinery Breakdown

 

Kebakaran di Pasar Manggis Hanguskan 8 Rumah, 41 Orang Mengungsi

JAKARTA, KOMPAS.com – Permukiman padat di Jalan Menteng Rawa Jelawe RT 010 RW 004, Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, terbakar pada Senin (27/3/2023) malam.

Perwira Piket Gulkarmat Jakarta Selatan, Sartono, mengatakan setidanya ada delapan rumah hangus terbakar dalam insiden itu. Menurut Sartono, kebakaran itu menyebabkan sembilan kartu keluarga (KK) atau 41 orang harus mengungsi. 

Area seluas 500 meter persegi itu terbakar diduga berasal kompor gas. Saat Sedang Padamkan Api “Warga melihat api dari rumah bapak Mustar lalu merembet ke sekitarnya. Warga kemudian melapor ke pihak damkar Sektor Setiabudi,” kata Sartono, dilansir dari TribunJakarta.com, Senin (27/3/2023). 

Pihak Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan sektor Setiabudi menerima laporan dari warga sekitar pukul 18.04 WIB. Sebanyak 70 petugas gulkarmat dengan 16 unit dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Api berhasil dijinakkan hingga dinyatakan padam sekitar pukul 20.19 WIB.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/03/28/08203591/kebakaran-di-pasar-manggis-hanguskan-8-rumah-41-orang-mengungsi

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Third Party Liability
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Kendaraan Bermotor

 

Mobil Travel Tabrak Truk Sawit di OKU Sumsel, 3 Penumpang Tewas

KOMPAS.com- Kecelakaan maut antara mobil travel jenis Mitsubishi Fuso L300 dengan truk pengangkut sawit terjadi di Jalan Raya Desa Kurup, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. 

Akibatnya, tiga penumpang mobil travel tewas di tempat dan enam orang mengalami luka parah sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit. Ketiga korban tewas adalah Ayu Brillian (18), Rani Anita binti Saiful (22) dan Karmila (23) yang semuanya tercatat sebagai warga Kabupaten OKU. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Kasat Lantas Polres) OKU AKP Dwi Kartika Astuti mengatakan, kejadian itu berlangsung pada Minggu (26/3/2023). Semula, mobil travel minibus dengan plat nomor BG 1609 ZF yang dikemudikan Dedi Eko (43) datang dari arah Lubuk Batang hendak menuju ke kota Prabumulih. 

Sementara, dari arah berlawanan datang mobil truk pengangkut sawit yang dikemudikan oleh Radiansyah. Ketika berada di posisi jalan menikung, mobil truk itu keluar jalur karena melaju dengan kecepatan tinggi sehingga, mobil travel yang membawa 12 penumpang itu pun terkejut dan menabrak sisi kiri truk. 

Akibatnya, mobil travel itu langsung mengalami ringsek di bagian sebelah kanan dan berputar usai ditabrak. “Posisi mobil travel tersebut sempat terputar ketika ditabrak. Ada 12 penumpang di dalam mobil termasuk sopir, tiga di antaranya tewas karena luka parah, enam masih dirawat dan dua lagi tidak mengalami luka. Sopir kedua mobil juga selamat,” kata Dwi, Senin (27/3/2023). 

Dwi menjelaskan, kedua unit mobil yang mengalami insiden kecelakaan tersebut saat ini telah dibawa ke Polres OKU untuk dilakukan penyelidikan.   Sementara, sopir truk dan travel juga diperiksa untuk dimintai keterangan. Petugas pun sempat kesulitan mengevakuasi korban para penumpang travel karena sebagian terjepit oleh bodi mobil. 

“Untuk korban yang meninggal kemarin jenazahnya sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan,” ujarnya. Dari hasil pemeriksaan, penyebab kecelakaan tersebut diduga karena sopir truk pengangkut sawit yang hilang kendali. Akibatnya, mobil tersebut keluar jalur dan dihantam langsung oleh sopir travel. “Untuk sekarang sopirnya masih kita periksa,” jelas Dwi.

Source : https://regional.kompas.com/read/2023/03/27/141045778/mobil-travel-tabrak-truk-sawit-di-oku-sumsel-3-penumpang-tewas?page=all#page2

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi property All Risk
  • Asuransi third Party Liability
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi kendaraan Bermotor

 

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Letusan Capai 800 Meter

Jakarta, CNN Indonesia — Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada Selasa (28/3) pagi sekitar pukul 04.12 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat tinggi kolom letusan mencapai 800 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Selasa, 28 Maret 2023, pukul 04:12 WIB,” tulis akun Twitter PVMBG.

Dalam laporannya, PVMBG menyebut erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 145 detik.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut,” jelasnya.

Masyarakat diminta tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Source: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230328061023-20-930094/gunung-anak-krakatau-erupsi-letusan-capai-800-meter

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi gempa bumi / asuransi bencana alam
  • Asuransi property all risk
  • Asuransi pertanian
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Jiwa

 

Sungai Rokan Kanan Meluap, BPBD Evakuasi Warga Rokan Hulu

JAKARTA – Sebanyak empat wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, Riau terendam banjir pada Selasa (21/3). Banjir terjadi pasca meluapnya debit air Sungai Rokan Kanan ke permukiman warga. 

Adapun wilayah terdampak merujuk laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Selasa (21/3) pukul 19.30 WIB. Antara lain Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Koto Tinggi dan Kelurahan Pasir Pengairan yang berada di wilayah Kecamatan Rambah terdampak banjir. 

Data sementara yang berhasil dikumpulkan, 999 Kepala Keluarga dan 999 unit rumah warga terendam banjir dengan ketinggian muka air antara 70 hingga 150 sentimeter. Selain itu dua fasilitas ibadah dan beberapa segmen jalan pun ikut terendam. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu bersama tim gabungan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pendataan, penanganan dan evakuasi korban terdampak. Beberapa perahu karet diterjunkan untuk mempermudah pergerakan masyarakat. 

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, wilayah Rokan Hulu pada Rabu (22/3) akan mengalami cuaca cerah berawan hingga hujan ringan. Sementara itu Kamis (23/3) akan terjadi hujan dengan itensitas sedang hingga lebat. 

Menanggapi adanya potensi hujan lebat pada wilayah tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan misalnya penguatan tanggul menggunakan sand bag disekitar daerah aliran sungai untuk mengurangi luapan debit air. 

Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di sepadan sungai agar membentuk tim penanganan bencana tingkat desa, memantau informasi cuaca dan debit air sungai secara aktual untuk mengurangi potensi risiko ketika terjadi banjir.

Source : https://bnpb.go.id/berita/sungai-rokan-kanan-meluap-bpbd-evakuasi-warga-rokan-hulu 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi gempa bumi / asuransi bencana alam
  • Asuransi property all risk
  • Asuransi kendaraan bermotor
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Jiwa

 

3 Kecelakaan Kapal Beruntun di Mentawai, 6 Selamat – 9 Hilang

Mentawai – Basarnas Mentawai melaporkan, terjadi tiga kecelakaan kapal di daerah itu akibat cuaca buruk yang melanda dalam dua hari terakhir. Hingga hari ini, tim masih mencari 9 orang, termasuk seorang WNA berkebangsaan Spanyol bernama Laura (32 tahun)

“Ada tiga kejadian (kecelakaan) kapal. Secara total, ada 15 penumpang. Saat ini masih kita cari 9 orang lagi, karena yang enam sudah berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,” kata Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal saat dikonfirmasi detikSumut, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Akmal, ketiga peristiwa kecelakaan tersebut dialami oleh kapal nelayan dan kapal kargo.

Kecelakaan pertama dialami kapal barang yang hendak menuju Pei-pei dengan penumpang 7 orang. Namun di antara pulau Sipora dan pulau Siberut, yakni di selat Bunga Laut, boat dihantam badai dan terombang ambing. Kejadian itu dilaporkan ke Kantor Sar Mentawai, pada Jumat (24/03/2023) pukul 16.30 WIB.

“Setelah dilakukan pencarian hingga Jumat malam, tiga dari tujuh awak kapal tersebut berhasil ditemukan petugas SAR gabungan dalam kondisi terombang ambing di tengah laut. Empat lainnya masih belum ditemukan,” jelas Akmal.

Mereka yang dicari tersebut adalah Inpa (22), Jandi (23), Delfira (20), dan Andira (21) yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

“Disaat tim gabungan masih mencari penumpang kapal kargo tersebut, masuk lagi laporan bahwa sebuah kapal nelayan juga karam pukul 7 kurang 15 menit. Kapal nelayan asal Tuapejat tersebut mencari ikan di kepulauan Sipora. Namun, ketika mau kembali kapal tersebut karam di perairan Berimanua. Beruntung ketiganya selamat meski ditemukan dalam kondisi juga terombang ambing ditengah lautan,” urai Akmal.

Sedangkan kecelakaan kapal yang ketiga dialami sebuah kapal nelayan yang memiliki awak lima orang. Berdasarkan laporan masuk Jumat malam pukul 21.30 WIB, kapal tersebut hilang kontak antara pulau Sipora dengan Siberut, Kecamatan Sipora Utara Mentawai sejak pukul 7 malam.

Kapal yang dilaporkan hilang kontak tersebut berangkat dari Tuapejat menuju Malilimok Pulau Shadow dengan penumpang lima orang. Namun sampai pukul 19.00 WIB belum juga sampai di tujuan dan kapal dihubungi tidak tersambung lagi.

Lima penumpang kapal jenis Longboat dengan merek lambung ‘Shadow Mentawai’ yang memiliki panjang 10 meter itu, adalah Rahmat (36), Ade (32), Ario (21), Aria (21) dan WN Spanyol Bernama Laura (32).

Sejak kejadian hingga saat ini, kondisi laut di Mentawai masih sangat tinggi. Gelombang laut mencapai ketinggian tiga meter lebih dengan kecepatan angin antara 2 hingga 15 knot.

Source : https://www.detik.com/sumut/berita/d-6637843/3-kecelakaan-kapal-beruntun-di-mentawai-6-selamat-9-hilang

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi gempa bumi / asuransi bencana alam
  • Asuransi property all risk
  • Asuransi kendaraan bermotor
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Jiwa

 

Truk Gandeng Terguling di Jalan Solo-Yogyakarta Wilayah Klaten, Diduga Sopir Mengantuk

Klaten, tvOnenews.com – Sebuah truk gandeng terguling di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, tepatnya wilayah Desa Karang, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (22/3/2023). 

Akibat kecelakaan ini seluruh muatan truk berupa minuman di bak pertama tumpah berserakan. Sementara untuk bak kedua masih aman tidak terguling. 

Informasi yang dihimpun, truk dengan nomor polisi AG 9218 US yang dikemudikan Prasetyo Nugroho (26) warga Tulungagung, Jawa Timur ini melaju dari arah Solo menuju arah Yogyakarta. 

Menjelang kejadian, truk tiba-tiba berjalan ke kiri lalu oleng dan terguling pada bagian bak pertama hingga menyebabkan muatan berupa minuman tumpah. Sedangkan bak kedua masih aman.  

Kapos Pam 03 Sat Lantas Polres Klaten, Aipda Eko Setyo Haryono, mengatakan, peristiwa kecelakaan tunggal ini terjadi sekitar antara pukul 04.00 – 05.00 WIB. Kecelakaan diduga karena sopir mengantuk. 

“Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan material saja. Selanjutnya truk dievakuasi menggunakan mobil derek,” ujarnya.  Sopir truk, Prasetyo Nugroho, mengatakan, saat kejadian dirinya hanya seorang diri. Truk dari Pasuruan, Jawa Timur dan hendak menuju Yogyakarta.

“Saya sendirian. Posisi saya kaya orang tidur. Tahu-tahu truk ambruk,” ujarnya.

Source: https://www.tvonenews.com/daerah/jateng/109182-truk-gandeng-terguling-di-jalan-solo-yogyakarta-wilayah-klaten-diduga-sopir-mengantuk?page=2 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi alat berat
  • Asuransi third party liability
  • Asuransi Kendaraan

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
Hello
Indonesia's insurance experts await.
Contact Us NOW!
or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Call for quick, competitive, and pleasant solutions today!
Contact Us NOW!
Indonesia's insurance experts await.
Hello
Call for quick, competitive, and pleasant solutions today!