Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-3 November

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu ketiga di bulan November 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Kebakaran Menghantam Puluhan Penginapan di Emte Highland Resort Ciwidey, Kerugian Mencapai Rp 1 Miliar

Puluhan penginapan di Emte Highland Resort, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dilaporkan mengalami insiden kebakaran yang mengakibatkan kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Kepala Seksi Pemadam Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, M Saepuloh, menyatakan bahwa kebakaran di Emte Highland Resort terjadi pada Senin (13/11/2023). “Objek yang terkena dampak adalah tempat wisata dan sejumlah penginapan,” ujarnya ketika dikonfirmasi pada Senin.

Mendapat laporan, petugas pemadam kebakaran segera merespons kejadian tersebut. Saepuloh menjelaskan bahwa 17 personel dengan empat unit kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Dari pendataan awal, kebakaran melibatkan 13 tempat penginapan eksekutif, empat ruangan keluarga, enam ruangan standar, dan satu aula. Luas area yang terkena dampak diperkirakan mencapai 1.015 meter persegi, dengan perkiraan kerugian mencapai sekitar satu miliar rupiah. Meskipun terjadi kebakaran, berhasil menyelamatkan sekitar 60 unit bangunan.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun dugaan sementara menunjukkan bahwa api mungkin berasal dari korsleting arus listrik. “Dugaan sementara menunjukkan sumber api berasal dari korsleting listrik,” ungkap Saepuloh.

Insiden ini menandai sebuah tragedi di Emte Highland Resort, dan petugas damkar terus berjuang untuk memadamkan api serta mengidentifikasi akar penyebab kebakaran.

Source: https://rejabar.republika.co.id/berita/s42zml432/kebakaran-di-emte-highland-resort-ciwidey-kerugian-ditaksir-sekitar-rp-1-m 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Bisnis

 

Kecelakaan di Jembatan Pakem Giriwoyo Wonogiri, Mobil Boks Pakan Ternak Terjun ke Jurang

Senin (13/11/2023) sore, Jembatan Pakem Giriwoyo Wonogiri menjadi saksi peristiwa kecelakaan yang melibatkan sebuah mobil boks pakan ternak. Insiden ini menimbulkan kekawatiran karena mobil tersebut terguling dan jatuh ke jurang pinggir jalan.

Menurut Kasihumas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, kecelakaan terjadi di sisi selatan Jembatan Pakem. Kejadian ini melibatkan sebuah truk Mitsubishi nomor polisi AD 9831 BG yang dikemudikan oleh TR (30), warga Desa Temboro Kecamatan Karangtengah Wonogiri, dan sebuah Toyota Avanza nomor pelat AD 1596 BX yang dikemudikan oleh RN (29), warga Kecamatan Pasar Kliwon Solo.

Pada pukul 16.10 WIB, mobil Avanza berhenti mendadak setelah kendaraan di depannya berhenti secara tiba-tiba. Kondisi ini membuat sopir truk tidak memiliki waktu cukup untuk menginjak rem karena beban berat yang diangkut. Dalam upaya menghindari tabrakan, sopir truk banting kemudi ke kiri. Namun, di sebelah kiri jalan terdapat jurang setinggi satu meter, sehingga truk terguling ke halaman rumah warga bersama muatan pakan ayam.

Sebelum terguling, truk menyenggol bemper dan lampu sein mobil Avanza, menyebabkan kerusakan pada kendaraan tersebut. Kasus ini mengakibatkan kenek truk mengalami luka ringan. Kejadian ini menjadi pelajaran akan pentingnya kehati-hatian di jalan raya dan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat. Penyebab pasti kecelakaan masih diselidiki lebih lanjut.

Source: https://joglosemarnews.com/2023/11/kecelakaan-di-jembatan-pakem-giriwoyo-wonogiri-truk-boks-pakan-ternak-terjun-ke-jurang/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Cargo
  4. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Aksi Perampokan Konter Ponsel di Tarakan Heboh di Media Sosial, Pelaku Berhasil Membawa Kabur Uang Senilai Rp 30 juta

Pada Selasa (7/11) lalu, sebuah perampokan brutal menggegerkan Tarakan, di mana pelaku berhasil membawa kabur uang senilai Rp 30 juta dari sebuah konter ponsel di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Sebengkok. Kejadian ini mencuat menjadi viral di media sosial karena terekam jelas oleh kamera CCTV di tempat tersebut.

Kejadian tragis itu terjadi sekitar pukul 20.30 Wita, ketika pelaku tiba-tiba muncul di konter ponsel dan dengan cepat mengancam penjaga konter menggunakan senjata tajam. Dalam aksinya yang singkat namun menggemparkan, pelaku berhasil mengambil semua uang yang tersimpan di kasir.

Pemilik konter, Sukri, yang merupakan pemilik konter Efata, menyatakan bahwa uang yang dicuri merupakan hasil pendapatan selama sehari penuh. Pihaknya telah segera melaporkan insiden ini ke Polres Tarakan, berharap agar pelaku segera dapat ditangkap dan diadili. Sukri juga mengungkapkan bahwa ini bukan kali pertama serangan semacam ini terjadi, dan pihaknya telah menjadi korban serupa di konter lainnya.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona, menjelaskan bahwa pihak kepolisian telah menerima laporan dari pemilik konter Efata. Dari rekaman CCTV yang ada, terlihat bahwa pelaku menggunakan helm biru dan masker, menyulitkan identifikasi wajahnya. Namun, meskipun detail wajah tidak terlihat, polisi yakin bahwa pelaku dapat diidentifikasi berdasarkan postur tubuh dan ciri-ciri fisik lainnya.

Meski kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya, Kapolres masih belum dapat memastikan apakah pelaku yang sama terlibat. Modus operandi yang digunakan pelaku kali ini nampaknya serupa dengan kejadian sebelumnya, dan pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan mendalam. Dalam upaya mengungkap kasus ini, kendala muncul akibat kualitas buram hasil rekaman CCTV dan kekurangan saksi pendukung.

Situasi ini menunjukkan tantangan yang dihadapi pihak berwajib dalam mengungkap tindak kriminal di era teknologi. Dengan harapan bahwa pelaku dapat segera ditangkap, masyarakat dan pemilik usaha di Tarakan diingatkan untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan terhadap potensi tindak kriminal serupa.

Source: https://radartarakan.jawapos.com/daerah/tarakan/11/11/2023/aksi-perampokan-konter-terjadi-lagi-di-tarakan-uang-30-juta-raib/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Bisnis
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Gudang Barang Antik Terbakar di Pekalongan Barat, Disebabkan Oleh Pembakaran Sampah 

Kisah dramatis terjadi di Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, ketika sebuah gudang yang digunakan untuk menyimpan barang-barang antik terbuat dari kayu dilalap habis oleh si jago merah. Gudang yang dimiliki oleh Haji Fauzi Hidayat (43), seorang warga Kauman, Kota Pekalongan, menjadi pusat perhatian ketika kebakaran melanda tanpa meninggalkan korban jiwa.

Peristiwa ini terjadi di tengah-tengah permukiman padat penduduk, menciptakan kepanikan sejenak di antara warga sekitar. Meskipun begitu, petugas pemadam kebakaran Kota Pekalongan tampil sigap dan berhasil menahan laju api dengan menurunkan tiga armada damkar.

Muhammad Iwan, seorang saksi warga, menceritakan awal mula kebakaran. Api diduga berasal dari belakang gudang dan dengan cepat merambat ke tumpukan kayu, menyebabkan kebakaran semakin membesar. Iwan menduga bahwa percikan api awalnya berasal dari pembakaran sampah.

“Saya pada saat itu baru tiba di rumah, lalu merasa ada banyak debu sisa pembakaran beterbangan, lalu saya naik ke lantai atas dan melihat api sudah berkobar,” jelasnya.

Keberuntungan muncul ketika petugas pemadam kebakaran langsung mengatasi api secepat mungkin, mencegahnya merembet ke permukiman lain. Kebakaran yang terjadi sejak pukul 17.30 WIB berhasil dipadamkan dan proses pendinginan dilakukan pada pukul 18.30 WIB.

Kapolsek Pekalongan Barat, Kompol Siwanto, menyatakan bahwa penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan. Meskipun gudang dalam kondisi kosong saat kejadian, pemiliknya mengindikasikan adanya penjaga yang seharusnya berada di dalam.

“Iya benar, ada kebakaran berupa gudang barang antik, kayu-kayu yang terbakar, kerugian masih kita dalami termasuk penyebab kebakaran. Kebakaran tidak ada korban jiwa. Kata pemiliknya, sebenarnya ada penjaga yang tinggal di dalam situ, namun tadi dalam kondisi kosong. Nanti kita mintai keterangan,” ujar Siwanto.

Kisah kebakaran di gudang barang antik ini menjadi pelajaran akan pentingnya kewaspadaan dan koordinasi antara warga dan petugas pemadam kebakaran dalam menghadapi situasi darurat.

Source: https://www.detik.com/jateng/berita/d-7034983/gudang-penyimpanan-barang-antik-di-pekalongan-ludes-terbakar 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Barang Berharga
  3. Asuransi Kebakaran
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Kecelakaan Angkot di Tapanuli Tengah, Sopir Meninggal Dunia, Puluhan Penumpang Luka-luka

Sebuah kisah tragis menyelimuti Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, ketika dua mobil penumpang bertabrakan, meninggalkan seorang sopir tewas dan belasan penumpang lainnya mengalami luka-luka. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Sibolga-Padang Sidimpuan, Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, pagi kemarin.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Tapteng, Ipda Junior Hutabarat, kecelakaan itu melibatkan angkot 45 dengan nomor polisi BB 1761 MD dan mobil L300 BB 1275 RL. Sayangnya, sopir angkot 45, Badiara Pandiangan (59), dinyatakan tewas dalam kecelakaan tersebut.

Ipda Junior menjelaskan bahwa peristiwa tragis ini dimulai ketika mobil L300 yang dikemudikan Aril Ritonga (20) melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Sibolga menuju Padang Sidimpuan. Saat mencapai lokasi kejadian, mobil tersebut keluar jalur terlalu ke kanan dan bertabrakan dengan angkot 45 yang datang dari arah berlawanan.

“Sopir angkot 45 meninggal dunia,” ungkap Ipda Junior pada Minggu (12/11/2023).

Akibat kecelakaan, 16 penumpang dari kedua mobil tersebut mengalami luka-luka dan dilarikan ke RSUD Pandan untuk mendapatkan perawatan medis. Sepuluh penumpang angkot 45 dan enam penumpang beserta sopir L300 dirawat di rumah sakit setempat.

Pihak kepolisian, dalam upaya penyelidikan, telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan tersebut. Saat ini, kedua mobil yang terlibat dalam insiden tersebut telah diamankan di Satlantas Polres Tapteng untuk proses pemeriksaan kasus lebih lanjut.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-7032180/2-mobil-penumpang-tabrakan-di-tapteng-1-tewas-belasan-luka-luka 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Jiwa
  5. Asuransi Tanggung Jawab Publik


Jemaah Umrah Jambi Terlantar di Jeddah karena Pemilik Travel Tak Bertanggung Jawab

Sebanyak 42 jemaah umrah asal Jambi mengalami kisah yang memilukan saat mereka terlantar di Jeddah, Arab Saudi, akibat kelalaian pemilik travel perjalanan ibadah umrah PT Miftah Safari Internusa (MSI). Para jemaah tersebut diduga ditelantarkan karena pemilik PT MSI tidak bertanggung jawab membelikan tiket kepulangan, padahal seluruh biaya perjalanan jamaah dari Jambi sudah disetorkan kepada pemilik PT MSI.

Ketidakjelasan ini sudah terasa sejak keberangkatan umrah pada 22 Oktober 2023. Pada 20 Oktober, agen MSI Jambi belum menerima kejelasan keberangkatan menuju Arab Saudi.

“Habis hampir Rp 400 juta saya. Jadi, setelah saya mendesak pemilik, akhirnya dia memberikan dana Rp 70 juta untuk membeli tiket, dia berjanji akan bertanggung jawab untuk tiket kepulangan kami dan mengganti dana saya untuk keberangkatan,” ungkapnya.

Selama di Arab Saudi, semua jemaah dapat beribadah dengan lancar dan mendapatkan layanan akomodasi, transportasi, dan konsumsi seperti yang diharapkan di Mekkah maupun Madinah.

Melihat jamaah yang terlalu lama menunggu, agen MSI Jambi, Habib, kemudian membelikan tiket kepulangan jamaah menggunakan dana pribadinya lagi. Sebanyak 27 jamaah sudah dipesankan tiket penerbangan Jeddah-Jakarta, sementara untuk 15 jemaah lainnya, Habib masih berupaya melakukan pembelian tiket.

Kondisi ini mengundang perhatian KJRI Jeddah, yang berjanji untuk berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi untuk menyediakan tiket kepulangan jemaah. Sementara pemilik PT MSI, ketika dikonfirmasi, tidak memberikan jawaban atau tanggapan terhadap situasi yang dialami oleh para jemaah.

Source: https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7027548/tak-dibelikan-tiket-pulang-42-jemaah-umrah-asal-jambi-telantar-di-arab-saudi 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Perjalanan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

 

Kecelakaan Kerja di Halmahera Selatan, Karyawan Alami Kehilangan Tangan dalam Insiden Mesin Pembersih

Kejadian tragis mengguncang Halmahera Selatan pada malam Sabtu (11/11/2023) ketika seorang karyawan perusahaan mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan kehilangan tangan. Karyawan bernama Laode Muhammad Masrian, asal Sulawesi Tenggara, menjadi korban dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 21.30 WIT.

Plt Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan, Soadri Ingratubun, mengkonfirmasi kejadian tersebut, menyebutkan bahwa korban saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Labuha, desa Marabose, Kecamatan Bacan.

“Pihak perusahaan telah mengambil langkah cepat, dan yang bersangkutan sudah dalam perawatan medis,” ungkap Soadri pada Selasa (14/11/2023).

Menurut keterangan Soadri, kecelakaan terjadi ketika korban sedang membersihkan ore nikel yang tersangkut di Pulley Conveyor. Saat itu, tangan kanan korban yang dilindungi sarung tangan terlilit dan tertarik pada Roler Pulley Conveyor, menyebabkan kehilangan tangan.

“Saat bekerja, korban membersihkan ore nikel dengan tangan kanan yang lengkap dengan sarungnya. Tiba-tiba sarung tangan itu terlilit dan mengakibatkan tangan korban tertarik pada Roler Pulley Conveyor tersebut,” terang Soadri.

Soadri memastikan bahwa pihaknya akan mengawal hak-hak korban, termasuk biaya perawatan di RSUD Labuha. Ia juga mengekspresikan harapannya agar kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang.

“Saat ini pihak perusahaan melakukan pendampingan terhadap korban di RSUD. Dan kita tetap melakukan pengawalan atas hak-haknya dia,” pungkas Soadri.

Source:  https://ternate.tribunnews.com/2023/11/14/seorang-karyawan-perusahan-di-halmahera-selatan-alami-kecelakaan-kerja-korban-sedang-dirawat 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Perusahaan
  4. Asuransi Perlindungan Hukum

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

 

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012