Asuransi Perhiasan

7 Hal yang perlu Anda ketahui tentang Asuransi Perhiasan Permata dan Batu Mulia

Liga Asuransi Berlian adalah  batu permata yang paling berharga di dunia. Berlian adalah intan yang diasah dengan sangat berhati-hati hingga menghasilkan  kemilau yang sangat indah cahayanya. Berlian hanya akan tergores dengan berlian yang lain.

Benda-benda berharga yang masuk ke dalam kategori perhiasan dan batu mulia antara lain adalah cincin pertunangan (Engagement Rings), perhiasan berlian (Jewellery), jam tangan (Watch), cincin berlian (Diamond Ring), Safe Deposit Box Antique, benda seni (Fine Arts), tas mewah (Had Bags), sepeda (Bicycle}, camera, alat musik (musical instruments)

Selain dipakai sebagai perhiasan, benda-benda diatas juga bisa juga diwariskan, bahkan untuk investasi. Berlian berasal dari batu paling keras di bumi terkubur dalam jarak lebih kurang 100 km. Saat masih berada di dalam perut bumi, bentuknya masih berupa bebatuan keras yang terbentuk dari karbon. Berlian adalah benda yang sangat langka.

Semakin langka dan semakin indah sebuah berlian, maka semakin tinggi nilainya. Keunikan dan keindahan sebuah berlian didasarkan pada penilaian yang dikenal sebagai empat C: Color, Clarity, Carat dan Cut (warna, kejernihan, karat dan potongan).

Karena berlian dan perhiasan batu mulia lainnya harganya sangat tinggi oleh karena itu resiko yang dihadapi oleh pemiliknya juga tinggi. Resiko utama yang dihadapi antara lain adalah pencurian, pembongkaran, perampokan. Selain itu ada juga resiko akibat pecah, rusak, hilang, penipuan, terbakar, hanyut dan banyak sekali resiko lainnya.

Salah satu solusi untuk mengatasi resiko tersebut adalah dengan mengasuransikan batu mulia tersebut. Tapi sayangnya karena resikonya terlalu tinggi, tidak banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang bisa memberikan jaminan asuransi untuk perhiasan. Untuk itu anda memerlukan bantuan dari perusahaan broker asuransi yang mempunyai akses ke perusahaan asuransi di luar negeri yang mempunyai kemampuan untuk menjamin resiko tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berlian, perhiasan lainnya serta hal-hal yang berkaitan dengan, bahaya, resiko dan asuransi berikut ini kami tuliskan berapa fakta yang perlu anda perhatikan:

  1. Berlian sebagai alat investasi

Keunggulan berlian dibanding sebagai sarana  investasi, pada saat yang bersamaan berlian juga bisa dipakai sebagai aksesoris yang mampu mengangkat harga diri pemiliknya. Selain itu berlian juga memiliki nilai jual dengan keuntungan yang stabil. Pergerakan harga berlian memang tidak sedinamis produk invetasi lainnya. Keunggulan berlian adalah berlian mudah dibawa-bawa dan investasi untuk kecantikan.

  1. Berlian sebagai perhiasan

Berlian selalu menjadi primadona dari seluruh aksesoris dan perhiasan yang ada. Meskipun perhiasan yang bertahtakan intan berlian ini memiliki harga tinggi. Biasanya orang memilih jenis perhiasan yang memiliki berlian karena banyak hal, antara lain bentuk batu intan atau berlian yang cantik dan menarik dan meningkatkan gengsi seseorang.

  1. Berlian sebagai koleksi

Berlian sebagai perhiasan juga berfungsi untuk meningkatkan prestise. Mereka yang memiliki berlian seperti jenis benda koleksi mewah lainnya menunjukkan kelas masyarakat khusus dan eksklusif. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya.

  1. Berlian menunjukkan status sosial

Pemakai berlian menunjukkan kelas sosial mereka. Harga beli berlian yang sangat tinggi membuat tidak sembarang orang dapat memilikinya. Walaupun tidak semuanya, banyak juga yang menggunakan berlian untuk menunjukkan status sosial mereka, dan menjadi ajang pamer kekayaan serta kemampuan. Untuk meningkatkan gengsi, pamor dan prestige dan membuat orang menjadi lebih dihormati karena memiliki status sosial yang tinggi.

  1. Resiko-resiko yang dapat terjadi pada perhiasan berharga

Untuk perhiasan, ada faktor usia dimana harga perhiasan bisa turun sesuai dengan perhitungan harga resmi yang biasa dijadikan patokan. Meski berlian salah satu zat alami terkeras yang ditemukan di bumi, ternyata mereka dapat juga dengan mudah rusak akibat jatuh dan berbenturan, terutama jika bentuknya tidak biasa seperti semula misalnya  jika berlian berbentuk pasangan. Setelah kecelakaan, batu dapat jatuh dari cincin dan perlu perbaikan di toko ahli perhiasan khusus dan itu perlu biaya tinggi.

  1. Pencurian dan Perampokan

Saat mengenakan cincin Anda, Anda menghadapi resiko untuk mengalami pencurian atas cincin Anda. Barang perhiasan adalah barang yang paling diincari oleh pencuri dan kemungkinan besar akan bisa tercuri. Polis asuransi perhiasan akan melindungi Anda dari pencurian jika terjadi klaim. Untuk perlindungan ketika tidak sedang dipakai sebaiknya anda menyimpannya di dalam brankas di rumah anda.  Seiring waktu, batu dalam cincin dapat lepas dan jika jatuh, mudah hilang, terutama yang lebih kecil yang mungkin terdapat di bahu atau dipasang di pita cincin.

  1. Resiko Di Seluruh Dunia

Karena pemilik perhiasan paling sering bepergian ke berbagai negara, ada potensi akan terjadinya resiko kehilangan, pencurian dan perampokkan di negara tujuan. Untuk itu perlu jaminan asuransi yang bisa memberikan jaminan di mana pun di dunia dan tidak memiliki batasan negara dan tidak perlu memberi tahu tentang rencana perjalanan Anda. Anda dapat melakukan perjalanan sesering yang Anda suka.

 

Polis asuransi cincin berlian dan perhiasannya lainnya dapat diterbitkan sebagai polis asuransi yang berdiri sendiri, seperti untuk cincin pertunangan atau cincin keabadian tapi hanya bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tertentu saja.

Polis asuransi perhiasan dirancang khusus untuk menjamin item yang paling Anda hargai. Polis asuransi yang memberikan perlindungan asuransi yang luas, dengan beberapa batasan atau ketentuan, khusus untuk untuk cincin berlian yang sering dipakai terus menerus.

Polis asuransi perhiasan yang bagus dapat menjamin resiko  di seluruh dunia, ini merupakan bentuk perlindungan kepemilikan pribadi yang Anda butuhkan. Memberikan semua perlindungan yang Anda harapkan di dalam polis asuransi yang dirancang untuk menjamin barang-barang berharga seperti; kerusakan tidak disengaja, pencurian dan kehilangan. Saat menangani klaim dan mengganti barang.

Untuk asuransi cincin berlian yang bernilai sangat tinggi, perusahaan asuransi kan akan mempertimbangkan dengan melihat setiap kasus berdasarkan manfaatnya, banyak perusahaan asuransi yang memiliki pertimbangan khusus untuk penilaian yang jauh di atas harga rata-rata.

Berapa nilai cincin Anda ? Penilaian biasanya diberikan berdasarkan harga cincin baru tetapi Anda harus mencari memberbaharui harganya setidaknya sekali setiap beberapa tahun.Untuk mengatasi adanya kerugian akibat kehilangan atau kerusakan item, penting untuk melakukan penilaian yang akurat agar perusahaan asuransi dapat mengganti item tersebut sesuai dengan untuk Anda.

Demikian penjelasan kami tentang asuransi perhiasan.

Saat ini banyak orang Indonesia yang memiliki perhiasan dalam berbagai bentuk. Menurut salah seorang rekan asuransi asal Singapura, menurut hasil survey bahwa orang Indonesia termasuk yang paling banyak memilik perhiasan mahal dalam berbagai bentuk. Tapi sayangnya mereka belum memanfaatkan jaminan asuransi sebagai alternative perlindungan atas asset berharga tinggi itu.

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi perhiasan memang tidak mudah, Anda memerlukan bantuan dari sebuah perusahaan broker asuransi yang berpengalaman dan mempunyai akses ke berbagai perusahaan asuransi di Indonesia dan di luar negeri untuk memberikan perlindungan asuransi.

Untuk ketenangan dan kenyaman Anda, segera hubungi perusahaan broker asuransi andalan Anda!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Kenapa Broker Asuransi sering juga disebut sebagai Advocate asuransi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top