Asuransi Pencurian

Ini dia Hal-hal yang Anda Perlu Ketahui Mengenai Asuransi Pencurian dan Pembongkaran

Liga Asuransi – Belakangan ini, tak jarang kasus pencurian terjadi di sekitar kita. Hal ini kerap terjadi seiring dengan menurunnya aktivitas ekonomi akibat pandemi COVID-19, Sebagaimana yang kita ketahui, pencurian merupakan tindakan kejahatan yang terjadi di masyarakat dengan salah satu targetnya berupa bangunan, seperti rumah, kantor, atau tempat umum lainnya. Dilansir dari Lampost.com pada bulan Juni lalu, angka kriminalitas di Tanah Air meningkat hingga 38.5% dengan total pada 5.876 kasus pada minggu ke-24 di tahun 2020 yang bertambah 1.632 kasus dari minggu sebelumnya.

Dengan maraknya kasus kriminal termasuk pencurian yang terus terjadi tentunya menimbulkan keresahan bagi warga masyarakat khususnya bagi mereka yang memiliki aset berharga. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi, saat ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa  asuransi pencurian yang siap menanggung risiko tersebut. 

Theft and Burglary Insurance atau asuransi pencurian adalah jenis polis asuransi yang mengganti kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh hilangnya harta benda yang diasuransikan dan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, stok barang, furniture, dll karena pembobolan rumah atau pencurian. Jika seseorang memasuki properti Anda dengan cara yang melanggar hukum untuk melakukan kejahatan yang melibatkan pencurian dan kekerasan, hal itu disebut sebagai perampokan. Polis asuransi pencurian menawarkan kompensasi atas kehilangan dan kerusakan akibat upaya perampokan di tempat Anda. Asuransi pencurian juga menanggung kerusakan fiskal serta kerusakan properti yang timbul dari:

  • Penyusup yang masuk secara paksa ke dalam tempat yang diasuransikan
  • Pencurian paksa atau pencurian properti dengan lokasi kantor atau bangunan rumah

Untuk memanfaatkannya, Anda perlu memberi tahu perusahaan asuransi tentang insiden tersebut dan juga memberitahu pihak berwenang sebelum mengajukan klaim. Asuransi pencurian terkadang juga disebut sebagai asuransi kejahatan. Pencurian dan perampokan sering digunakan secara bergantian. Namun terdapat persamaan diantara keduanya. Pencurian dan Perampokan adalah kejahatan properti dan, biasanya melibatkan: 

  • Mengambil barang milik seseorang 
  • Masuk secara ilegal ke dalam properti seseorang dengan tujuan mencuri atau melakukan kejahatan. 
  • Melibatkan upaya paksa atau kekerasan untuk mencuri barang seseorang.

Sedangkan perampokan adalah masuknya seseorang ke dalam rumah orang lain secara melawan hukum dengan tujuan untuk melakukan pencurian / kejahatan. Berbeda dengan pencurian yang tidak mengharuskan korban berada di tempat kejadian. Biasanya, perusahaan asuransi menawarkan asuransi pembobolan rumah bersama dengan polis asuransi lainnya seperti Asuransi rumah, Asuransi perjalanan, dan Asuransi properti pribadi  Sebelum memulai klaim Anda, perusahaan asuransi memerlukan bukti kepemilikan barang yang diasuransikan sebelum pembobolan. Ini diperlukan untuk mengautentikasi klaim dan untuk menghindari klaim palsu.

Untuk kelompok dan organisasi bisnis, asuransi pencurian sama pentingnya dengan asuransi kebakaran, karena menawarkan kompensasi atas kerugian atau kerusakan setelah upaya perampokan atau upaya membobol rumah. Polis asuransi pencurian menawarkan berbagai jenis pilihan pertanggungan. Berikut beberapa jenis utama polis asuransi pencurian:

  • Money Insurance
  • Lokasi Bisnis Polis 
  • Tempat Tinggal Pribadi 
  • Perhiasan dan Polis Berharga 
  • Semua Risiko Kebijakan

Hal Apa yang Tercakup dalam Polis Asuransi Pencurian?  

Perlindungan asuransi pencurian untuk tempat bisnis biasanya menawarkan perlindungan untuk pencurian dan pembobolan rumah di tempat yang diasuransikan. Perlindungan tidak diberikan untuk upaya pencurian tanpa kekerasan dan paksa. Demikian pula dengan polis asuransi pembobolan yang dikeluarkan untuk perlindungan tempat tinggal dari pencurian, pembobolan, dan pengrusakan rumah. Demikian juga, itu sebagai ganti rugi atas hilangnya barang berharga dan Perhiasan karena upaya paksa membobol rumah atau perampokan.

Perlindungan Asuransi Perampokan Uang Saat Transit

Dengan varian polis asuransi pencurian ini, Anda bisa mendapatkan perlindungan untuk perampokan, perampokan, pembobolan rumah, dan penodongan.

Perlindungan Asuransi Pencurian untuk Tempat Bisnis Rumah

bisnis dapat membeli jenis polis asuransi pencurian ini untuk menutupi kerugian atau kerusakan yang disebabkan barang dalam kepercayaan, perlengkapan, atau persediaan dalam perdagangan, mesin dan alat lain seperti mesin tik, komputer, kalkulator, dll. Ini juga menawarkan perlindungan terhadap properti serupa lainnya, catatan mata uang, dan uang tunai yang terkunci di brankas. Ini juga mencakup kehilangan atau kerusakan pada bagian mana pun dari tempat yang diasuransikan dan isinya setelah upaya pencurian. Ini juga mengkompensasi stock-in-trade dan barang-barang dengan nilai penuh atau atas dasar kerugian pertama. Dalam polis asuransi kerugian perampokan pertama, kerugian atau kerusakan yang disebabkan properti hanya ditanggung satu kali dan hingga jumlah tertentu. Secara umum, kebijakan seperti ini lebih disukai untuk komoditas curah. Jumlah kompensasi sama dengan nilai penuh komoditas misalnya 10 sampai 12 persen dari nilai penuh.

Perlindungan Asuransi Pencurian untuk Cash-in-Safe 

Jika pencurian melibatkan pencurian uang tunai yang disimpan di brankas anti-pencuri. Kompensasi akan diberikan jika pemegang polis menyimpan uang tunai dengan cara yang aman dan terjamin. Klausul berikut berlaku untuk pertanggungan yang diberikan: Jika kunci duplikat dari brankas dirampas dengan cara kekerasan oleh pencuri, maka kompensasi akan diberikan untuk jumlah uang tunai yang dicuri. Klaim akan diterima jika brankas atau lemari dibuka paksa oleh pencuri. Paksaan tidak selalu berlaku untuk seseorang atau individu, tetapi dapat juga berlaku untuk properti. Anda juga dapat mencatat uang tunai yang disimpan di brankas. Ini akan memungkinkan perusahaan asuransi menawarkan kompensasi seperti yang disebutkan dalam catatan. Perlindungan untuk Perhiasan dan Barang Berharga Tersedia sebagai penutup tambahan atau Anda dapat membeli sebagai penutup terpisah untuk mendapatkan perlindungan dari upaya mencuri barang berharga di tempat Anda seperti piring, jam tangan, perhiasan, ornamen, dll. Jenis polis ini juga menanggung kerugian atau kerusakan yang disebabkan karena kecelakaan yang melibatkan perampokan, pencurian, dan kebakaran dll. Tergantung pada perusahaan asuransi Anda dapat memperpanjang pertanggungan untuk kerusuhan dan perlindungan striker, yang merupakan pengecualian umum di bawah semua polis asuransi pencurian.

Apa yang Tidak Dicakup dalam Polis Asuransi Pencurian?

Ini yang perlu Anda ketahui tentang batasannya yang mungkin berbeda dari satu perusahaan asuransi ke lainnya. Tetapi secara keseluruhan, ini adalah beberapa pengecualian umum dan setiap klaim yang timbul karena alasan tersebut akan ditolak oleh perusahaan asuransi: Kerugian atau kerusakan akibat perang, permusuhan, invasi, perang saudara, tindakan musuh asing, pemberontakan, kerusuhan, revolusi militer atau kekuasaan yang dirampas, pemberontakan, gempa bumi kerusuhan sipil, atau goncangan alam lainnya Kerugian atau kerusakan yang terjadi saat memperbaiki atau merenovasi properti yang diasuransikan Pertanggungan disediakan dalam batas geografis yang ditentukan sebagaimana disebutkan dalam polis. 

  • Jika salah satu anggota keluarga atau karyawan atau staf bisnis ditemukan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan.
  • Klaim yang timbul karena kehilangan atau kerusakan yang melibatkan obligasi, tagihan, akta, uang tunai, perbendaharaan, cek, koleksi materai, uang kertas , sekuritas untuk uang, buku rekening, manuskrip, dokumen dari semua jenis medali, dan koin, kecuali ada perlindungan khusus. 
  • Perampokan yang terjadi selama kondisi perang, invasi, tindakan musuh asing, dll.
  • Jika kerusakan properti melibatkan penggunaan senjata nuklir, bom, dll. 
  • Jika itu terjadi karena nasionalisasi dan penyitaan oleh otoritas pemerintah 
  • Klaim yang timbul karena kerugian atau kerusakan konsekuensial tidak memenuhi syarat untuk diklaim 
  • Setiap kerugian atau kerusakan yang diakibatkan karena hingga pemogokan, kerusuhan, sipil, huru-hara dll. 

Perampokan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Yang dapat Anda lakukan adalah mengambil tindakan pencegahan seperti asuransi pencurian untuk mendapatkan setidaknya kompensasi atas kerusakan yang terjadi. Anda dapat memilih rencana asuransi pencurian untuk rumah hunian atau kantor Anda dan mencari perlindungan yang Anda inginkan.

Kesimpulan 

Polis asuransi pencurian utamanya dirancang untuk melindungi aset dan barang-barang berharga Anda dari risiko pencurian yang melibatkan upaya kekerasan atau upaya paksa untuk mencuri. Pencurian dan Perampokan dapat menimbulkan ancaman serius bagi keselamatan dan keamanan rumah, kantor , tempat lain Anda. Jika Anda tidak bisa meninggalkan rumah tanpa pengawasan untuk waktu yang lama, di sinilah rencana asuransi pencurian akan membantu Anda menikmati ketenangan pikiran saat Anda jauh dari rumah atau kantor.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi pencurian dan perampokan terbaik, gunakan broker asuransi yang berpengalaman. Broker asuransi bertanggung jawab atas penyelesaian klaim asuransi pencurian dan pembongkaran jika terjadi. Hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga! 

Source: https://www.policybazaar.com/corporate-insurance/articles/what-is-burglary-insurance/

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top