InsurTech

7 Fakta menarik dari Work From Home (WFH)

Liga Asuransi – Terkadang ada kondisi yang membuat kita harus membatasi kontak fisik yang disebabkan oleh datangnya bencana alam atau wabah penyakit, atau hal yang di luar kendali manusia lainnya. Hal inilah yang membuat sebagian besar perusahaan mengikuti kebijakan pemerintah untuk melakukan WFH. 

Di industri asuransi termasuk broker asuransi, WFH saat ini juga menjadi trending. Banyak perusahaan asuransi besar termasuk reasuransi melanjutkan WFH yang dimulai sejak 3 bulan lalu meskipun kantor mereka sudah dibuka. 

Lantas apa itu WFH? Sesuai dengan namanya, WFH atau Work From Home adalah singkatan bekerja dari rumah atau bekerja di rumah. Singkatan ini sering digunakan jika pekerja melakukan pekerjaan jarak jauh dan komunikasi digital untuk memberi tahu kolega bahwa seseorang bekerja dari rumah pada hari tertentu atau untuk sementara waktu agar dapat mengurangi risiko pada kesehatan dan keselamatan.

Meskipun sempat menuai kontra, kegiatan Work From Home tentunya juga memiliki beberapa kelebihan seperti yang dilansir oleh qwords.com yang diantaranya: 

1. Biaya operasional perusahaan menurun

Kelebihan dari penerapan work from home yang pertama adalah biaya operasional perusahaan menjadi menurun. Perusahaan tidak perlu menyediakan komputer, tempat kerja, internet, listrik dan makan siang untuk pekerja. Ini bisa menambah pundi-pundi pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan work from home.

2. Lebih fleksibel

Waktu Lebih Fleksibel

Dalam bekerja, work from home lebih fleksibel terutama saat bosan bekerja. Anda bisa pindah dari meja kerja menuju ruang tamu, teras, taman, kamar atau ruangan lain di rumah yang nyaman untuk bekerja. Selain fleksibel masalah tempat bekerja, dalam hal waktu work from home juga fleksibel bisa disesuaikan. Yang terpenting saat bekerja dari rumah karyawan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

3. Produktivitas meningkat

Statistik dari website emailanalytics.com menjelaskan bahwa 77% pekerja work from home produktivitas kerjanya meningkat. ini terjadi karena tingkat stres bekerja semakin berkurang sehingga produktivitas kerja bertambah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan stres seperti macet di jalan, pekerjaan yang menumpuk, masalah teman kerja dan masalah-masalah lain yang sering ditemui pada kantor yang menyebabkan kurangnya semangat kerja.

4. Kepuasan kerja meningkat

Tingkat stres yang menurun membuat kepuasan bekerja semakin meningkat. Ketika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan lebih baik dan lebih cepat, tentu ini akan meningkatkan kepuasan kerja sehingga karyawan menjadi loyal terhadap perusahaan.

Baca Juga :   Bagaimana Internet of Things membentuk kembali model bisnis dalam asuransi, Dari Risk Transfer menjadi Risk Prevention

5. Work life balance meningkat

Work life balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja dari rumah Anda bisa lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan sekitar sehingga life balance terpenuhi. Keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan ini bisa tercapai saat dirinya memiliki produktivitas kerja yang baik sehingga bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan porsinya masing-masing.

6. Terhindar dari gangguan lingkungan kerja

Pernahkan Anda memiliki teman kerja dalam satu kantor yang toxic, mengganggu atau sering membuat masalah? Pastinya di setiap kantor ada orang seperti itu. Nah orang-orang seperti ini sangat mengganggu dalam hal produktivitas kerja. Belum lagi gangguan lain yang ada di kantor yang banyak mempengaruhi dalam hal mood bekerja dan produktivitas. Berbeda dengan ketika Anda bekerja dari rumah yang suasana lebih nyaman, tenang dan kondusif sehingga lebih fokus dalam bekerja. 

7. Dukungan teknologi Video Conference

Awalnya perusahaan khawatir dengan adanya WFH perusahaan akan kehilangan meeting face-face yang selama ini menjadi momen yang sangat penting untuk peningkatan kinerja. Ternyata ketakutan itu terjawab dengan adanya teknologi Video Conference (Vcon). Setiap karyawan tetap dapat bertatap muka di dalam satu layar secara bersamaan. Berdiskusi secara terbuka antara satu dengan yang lainnya. Wajah dan ekspresi bahasa tubuh terlihat nyata. Alhasil, meeting via vcon ternyata lebih efektif dan lebih hemat waktu.  

Dalam penerapan work from home, perusahaan perlu melakukan evaluasi berkala, apalagi perusahaan baru menerapkan WFH pertama kali. Berikan kepada para pekerja tentang tips meningkatkan produktivitas saat work from home agar hasilnya tidak berbeda saat kerja on site di kantor. Beberapa perusahaan yang menerapkan working from home, hasilnya malah lebih bagus dibandingkan dengan kerja on site di kantor. Nah ini bisa menjadi evaluasi setiap perusahaan tentang kelebihan dan kekurangan saat menerapkan sistem work from home.

WFH adalah cara kerja di new normal. Produktivitas kerja tetap terjaga, hemat biaya, hemat waktu dan kesejahteraan karyawan meningkat. Mulailah WFH sekarang juga!

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berakhir pekan!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top