Asuransi Kerusuhan

Perlindungan Terhadap Kerusuhan Sipil: Pentingnya Jaminan Asuransi Rsmd Dan Rscc

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

Seperti biasa, blog ini fokus membahas manajemen risiko dan asuransi. Kali ini, kita akan membahas risiko Riot Strikes, Malicious Damage, dan Civil Commotion. 

Sebagai broker asuransi senior, sejalan dengan kondisi politik di Indonesia saat ini yang agak panas karena pemilihan umum perwakilan parlemen dan pemilihan presiden yang akan diadakan dalam beberapa bulan ke depan; Jadi, dalam artikel hari ini, kami akan fokus pada risiko sosial.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan ini dengan teman-teman Anda sehingga mereka dapat memahami seperti Anda. 

 

MENGAPA JAMINAN RSCC dan RSMD DIBUTUHKAN?

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat peningkatan kerusuhan sipil di seluruh dunia, dengan protes, kerusuhan, dan bentuk-bentuk keributan sipil lainnya menjadi lebih sering dan penuh kekerasan. Peristiwa ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi bisnis dan pemilik properti, dengan kerusakan properti, pencurian, dan gangguan bisnis semua risiko potensial. 

Akibatnya, perusahaan harus memperhatikan perlindungan asuransi mereka, terutama mengenai asuransi Riot Strike Malicious Damage (RSMD) dan Civil Commotion (RSCC).

Perlindungan asuransi RSMD dan RSCC melindungi dari kerugian akibat kerusuhan, pemogokan, kerusakan berbahaya, dan keributan sipil, termasuk kerusakan properti, vandalisme, pencurian, dan kerugian gangguan bisnis. Namun, cakupan ini biasanya tidak termasuk dalam polis asuransi properti standar dan harus ditambahkan secara eksplisit sebagai dukungan atau kebijakan terpisah.

Dengan kerusuhan sipil yang meningkat, lebih penting dari sebelumnya bagi perusahaan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan opsi asuransi mereka dengan hati-hati dan untuk memastikan mereka dilindungi secara memadai terhadap potensi risiko. Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat cakupan asuransi Riot Strike Malicious Damage dan Civil Commotion dan mengeksplorasi mengapa perusahaan perlu memperhatikan jenis perlindungan asuransi yang penting ini.

Perlindungan asuransi RSMDCC biasanya mencakup kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, pemogokan, dan keributan sipil, seperti kerusakan properti, vandalisme, dan pencurian. Pertanggungan ini juga dapat melindungi terhadap kerugian gangguan bisnis akibat peristiwa ini, seperti kehilangan pendapatan dan biaya tambahan yang dikeluarkan selama penutupan bisnis karena kerusakan.

Indonesia adalah negara yang telah mengalami kerusuhan sipil dan ketidakstabilan politik dalam beberapa tahun terakhir. Protes dan demonstrasi skala besar tidak jarang terjadi, dan selalu ada risiko peristiwa ini berubah menjadi kekerasan dan menyebabkan kerusakan pada properti dan bisnis.

Pada 2019, misalnya, protes pecah secara nasional sebagai tanggapan atas usulan perubahan hukum pidana Indonesia. Protes-protes ini dengan cepat berubah menjadi kekerasan, dengan bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi yang mengakibatkan kerusakan pada bangunan, kendaraan, dan properti lainnya.

Baru-baru ini, pada tahun 2020, Indonesia menyaksikan protes dan kerusuhan sipil yang meluas setelah disahkannya undang-undang ketenagakerjaan yang kontroversial. Sekali lagi, peristiwa ini merusak properti, termasuk bisnis dan gedung-gedung pemerintah.

Bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia, potensi risiko kerusuhan sipil dan ketidakstabilan politik tidak dapat diabaikan. Sementara cakupan asuransi RSMD dan RSCC dapat melindungi terhadap risiko-risiko ini, penting untuk meninjau syarat dan ketentuan polis dengan hati-hati dan memastikan bahwa pertanggungan memadai untuk risiko spesifik yang dihadapi bisnis.

 

PENGERTIAN RSCC dan RSMD 

Riot, Strike, and Civil Commotion (RSCC)

Asuransi RSCC mencakup kerusakan pada properti bisnis akibat kerusuhan, pemogokan, dan keributan sipil lainnya. Jenis cakupan ini sangat penting untuk bisnis di daerah yang rawan kerusuhan sipil, seperti kota-kota dengan sejarah protes dan demonstrasi.

Riot, Strike, and Malicious Damage (RSMD) 

Asuransi RSMD, di sisi lain, mencakup kerusakan akibat kerusuhan, pemogokan, dan tindakan kerusakan jahat, seperti vandalisme, pembakaran, dan penjarahan. Jenis pertanggungan ini seperti RSCC tetapi mencakup pertanggungan untuk tindakan kerusakan yang disengaja.

Asuransi RSCC dan RSMD dapat membantu melindungi bisnis dari kerugian tak terduga yang disebabkan oleh kerusuhan sipil atau tindakan jahat. Sangat penting bagi pemilik bisnis untuk meninjau kebijakan asuransi mereka dengan hati-hati untuk memastikan mereka memiliki cakupan yang mereka butuhkan untuk melindungi properti dan aset mereka.

 

DEFINISI DARI RIOT, STRIKE, MALICIOUS DAMAGE, CIVIL COMMOTION 

Riot

Kerusuhan umumnya didefinisikan sebagai gangguan kekerasan atau keributan yang disebabkan oleh sekelompok orang di tempat umum, sering kali melibatkan kekerasan, vandalisme, atau perusakan properti. 

Kerusuhan dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk kerusuhan politik atau sosial, ketidakpuasan ekonomi, karena acara olahraga, atau pertemuan publik lainnya yang berubah menjadi kekerasan. Definisi hukum yang tepat dari kerusuhan dapat bervariasi menurut yurisdiksi. Namun, umumnya melibatkan individu yang terlibat dalam perilaku kekerasan yang mengancam keselamatan dan keamanan publik.

Strike

In the insurance industry, a strike typically refers to a work stoppage or labor dispute involving karyawan dan majikan mereka. Secara khusus, asuransi pemogokan adalah jenis pertanggungan yang dapat melindungi bisnis terhadap kerugian finansial akibat pemogokan buruh, seperti kehilangan pendapatan atau biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menjaga operasi tetap berjalan selama pemogokan.

Asuransi mogok sering dibeli oleh bisnis yang sangat bergantung pada pekerja yang berserikat, seperti produsen atau perusahaan transportasi, dan ingin melindungi diri dari potensi dampak finansial dari penghentian kerja.

Penting untuk dicatat bahwa cakupan spesifik dan ketentuan polis asuransi mogok kerja dapat bervariasi dan mungkin bergantung pada faktor-faktor seperti durasi teguran, ukuran bisnis, dan sifat industri. Pemilik bisnis yang tertarik untuk membeli asuransi mogok harus hati-hati meninjau persyaratan kebijakan dan berkonsultasi dengan penyedia asuransi mereka untuk memastikan mereka memiliki cakupan yang diperlukan.

Civil Commotion

Keributan sipil adalah istilah luas untuk menggambarkan gangguan publik atau kerusuhan kekerasan yang melibatkan individu dan mengancam ketertiban dan keamanan publik. Keributan sipil dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk kerusuhan, protes, pawai, dan demonstrasi.

Dalam konteks asuransi, keributan sipil biasanya merupakan bahaya yang tercakup dalam polis asuransi properti komersial dan mengacu pada kerusakan properti akibat gangguan publik yang kejam. Misalnya, properti bisnis rusak atau hancur selama kerusuhan. Dalam hal ini, pemilik mungkin dapat mengajukan klaim atas kerusakan berdasarkan polis asuransi properti komersial mereka dengan cakupan untuk keributan sipil.

Definisi keributan sipil dapat bervariasi menurut kebijakan dan yurisdiksi. Namun, umumnya mengacu pada individu yang terlibat dalam perilaku kekerasan yang mengancam keselamatan publik dan menyebabkan kerusakan properti.

Civil commotion with political motives

Apakah polis asuransi mencakup keributan sipil terkait dengan motif politik tergantung pada ketentuan kebijakan khusus dan hukum dan peraturan di yurisdiksi tempat polis dikeluarkan.

Kebijakan asuransi properti komersial kadang-kadang mengecualikan pertanggungan untuk kerusakan dari keributan sipil terkait dengan motif politik atau kerusuhan. Misalnya, beberapa kebijakan mungkin secara tegas mengecualikan cakupan untuk kerusakan yang disebabkan oleh tindakan terorisme atau perang, yang dapat dikaitkan dengan alasan politik.

Namun, kebijakan lain dapat mencakup keributan sipil terlepas dari motivasi yang mendasari di balik kerusuhan. Dalam beberapa kasus, kebijakan juga dapat menawarkan perlindungan opsional untuk kerusakan akibat tindakan terorisme atau kekerasan bermotif politik lainnya.

Pada akhirnya, cakupan pasti yang tersedia akan tergantung pada syarat dan ketentuan kebijakan, jadi penting bagi pemilik bisnis untuk meninjau polis asuransi mereka dengan cermat dan berkonsultasi dengan penyedia asuransi mereka untuk memahami opsi cakupan mereka untuk keributan sipil terkait dengan motif politik atau bentuk lain dari kerusuhan kekerasan.

Malicious Damage

Kerusakan berbahaya, dalam konteks asuransi, umumnya mengacu pada kerusakan yang disengaja atau disengaja yang disebabkan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap properti orang lain. Kerusakan berbahaya dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk vandalisme, grafiti, pembakaran, dan pencurian.

Misalnya, misalkan seseorang dengan sengaja membakar properti bisnis, menyebabkan kerusakan pada bangunan dan isinya. Dalam hal ini, pemilik properti mungkin dapat mengajukan klaim atas kerusakan berdasarkan polis asuransi properti komersial mereka dengan cakupan untuk kerusakan berbahaya.

Definisi yang tepat dari kerusakan berbahaya dapat bervariasi menurut kebijakan dan yurisdiksi, tetapi umumnya mengacu pada kerusakan yang disebabkan oleh tindakan yang disengaja dan berbahaya, bukan kerusakan yang tidak disengaja. Penting bagi pemegang polis untuk meninjau polis asuransi mereka dengan cermat dan memahami cakupan dan pengecualian spesifik yang terkait dengan kerusakan berbahaya dan persyaratan untuk mengajukan klaim jika terjadi kerusakan tersebut.

 

KASUS RSCC DAN RSMD DI INDONESIA 

Indonesia has experienced civil unrest and political demonstrations in recent years, particularly in the ibu kota Jakarta. Menanggapi peristiwa ini, banyak bisnis telah mencari perlindungan asuransi untuk RSMD dan RSCC untuk melindungi terhadap kerusakan properti atau kerugian dari keributan sipil, pemogokan, dan jenis kerusuhan lainnya.

Perusahaan asuransi di Indonesia biasanya menawarkan cakupan RSMD dan RSCC sebagai bagian dari polis asuransi properti komersial dan juga dapat memberikan kebijakan mandiri untuk cakupan ini. 

Syarat, ketentuan, dan pengecualian kebijakan ini dapat bervariasi antara penyedia dan kebijakan, jadi penting untuk meninjau dokumen kebijakan dengan cermat dan mengajukan pertanyaan kepada penyedia asuransi Anda untuk memastikan Anda memiliki cakupan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Mengalami kerusakan atau kerugian properti akibat kerusuhan sipil, pemogokan, atau jenis kerusuhan lainnya. Anda mungkin dapat mengajukan klaim berdasarkan polis asuransi RSMD atau RSCC Anda untuk menerima kompensasi atas kerugian Anda. 

Namun, proses dan persyaratan klaim spesifik dapat bervariasi menurut penyedia dan kebijakan, jadi bekerja sama dengan penyedia asuransi Anda penting untuk memahami prosesnya dan memastikan pengalaman klaim yang lancar.

 

MENGAPA PERUSAHAAN MEMBUTUHKAN BROKER ASURANSI UNTUK CAKUPAN ASURANSI RSCC DAN RSMD?

Perusahaan mengandalkan broker asuransi untuk mengatur polis asuransi RSMD (Riot, Strike, and Malicious Damage) dan RSCC (Riot, Strike, Civil Commotion) mereka karena beberapa alasan:

Keahlian dan Pengetahuan

Broker asuransi memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam asuransi dan manajemen risiko, termasuk cakupan dan kebijakan khusus yang terkait dengan RSMD dan RSCC. Mereka dapat membantu perusahaan menavigasi pasar asuransi yang kompleks dan memastikan bahwa mereka memiliki jangkauan yang tepat untuk kebutuhan spesifik mereka.

Akses ke Beberapa Penyedia Asuransi

Broker asuransi biasanya bekerja dengan beberapa penyedia asuransi dan dapat menawarkan berbagai opsi pertanggungan dari perusahaan asuransi yang berbeda. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membandingkan dan memilih kebijakan dan tarif terbaik untuk kebutuhan mereka.

Penilaian dan Mitigasi Risiko

Pialang asuransi dapat membantu perusahaan mengidentifikasi potensi risiko dan eksposur yang terkait dengan keributan sipil, pemogokan, dan jenis kerusuhan lainnya dan merekomendasikan strategi mitigasi risiko dan solusi asuransi untuk membantu mengelola risiko tersebut.

Dukungan Klaim

Jika terjadi kerugian, pialang asuransi dapat membantu perusahaan mengajukan klaim dan mengadvokasi atas nama mereka dengan perusahaan asuransi untuk memastikan proses klaim yang adil dan tepat waktu.

Bekerja dengan broker asuransi dapat membantu perusahaan menghemat waktu dan sumber daya sambil memastikan mereka memiliki cakupan yang tepat untuk melindungi terhadap kerugian finansial dan kerusakan akibat keributan sipil, pemogokan, dan jenis kerusuhan lainnya.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Brokers.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012