Industri Pembangkit Listrik

Mengapa Operation and Maintenance Pembangkit Listrik penting untuk Asuransi?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Semoga bisnis Anda menjadi lebih baik sekarang. Kali ini kita akan membahas tentang Manajemen Risiko dan Asuransi Pembangkit Listrik.

Seperti yang kita semua tahu bahwa risiko melekat pada semua bisnis, tetapi pembangkit listrik menghadapi bahaya unik yang membutuhkan perlindungan yang tepat. Asuransi properti dan korban kecelakaan mungkin tidak cukup; kerusakan peralatan, gangguan bisnis, transfer risiko cuaca, dan pertanggungan dunia maya hanyalah beberapa contoh asuransi yang mungkin juga layak dipertimbangkan. Jaminan yang tepat bisa berarti perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

Sebagai informasi bahwa perusahaan asuransi yang berspesialisasi dalam polis asuransi pembangkit listrik memiliki persyaratan khusus. Mereka sering memiliki pemahaman unik tentang sistem dan komponen yang dipasang di fasilitas, dan mereka mengenali bahaya yang dihadapi oleh teknologi yang digunakan. 

Sebagian besar broker asuransi pembangkit listrik yang mengunjungi lokasi pembangkit bukan hanya tenaga penjualan, tetapi seringkali insinyur penuh dengan pengetahuan dan pengalaman untuk membuat rekomendasi yang berharga. Mereka mengunjungi banyak fasilitas berbeda dan memiliki database yang penuh dengan informasi klaim, memungkinkan mereka untuk berbagi praktik terbaik dan menangkap hal-hal kecil yang dapat menyebabkan masalah besar.

Memahami Operasi dan Pemeliharaan (O&M)

Operasi & Pemeliharaan (O&M berarti fungsi, tugas, dan tenaga kerja yang terkait dengan operasi sehari-hari dan perbaikan normal, penggantian suku cadang dan komponen struktural, dan kegiatan lain yang diperlukan untuk melestarikan aset sehingga terus memberikan layanan yang dapat diterima dan mencapai masa pakai yang diharapkan.

Asuransi dapat menjadi strategi mitigasi risiko yang penting untuk pembangkit listrik. Laporan ini berisi informasi mengenai hubungan antara utilitas listrik dan perusahaan asuransi, termasuk bagaimana industri ini beroperasi dan mengurangi risiko mereka. 

Produk asuransi menawarkan mitigasi berupa properti, korban, tanggung jawab, atau pertanggungan siber. Perusahaan utilitas listrik membayar premi kepada perusahaan asuransi di muka yang mengamankan pertanggungan mereka jika terjadi bencana atau gangguan produksi. Hubungan antara risiko yang dihadapi perusahaan utilitas listrik dan produk asuransi yang ditawarkan kepada mereka diperiksa melalui penelitian latar belakang dan dengan melakukan wawancara.

Bencana alam, serangan teroris dan dunia maya, dan masalah terkait air termasuk kekeringan dan banjir terus berubah risiko yang menyebabkan industri asuransi beradaptasi dengan peristiwa yang jarang terjadi namun berpotensi bencana.

Sektor ketenagalistrikan menghadapi risiko tersebut dengan bentuk pembangkit listrik yang sudah mapan termasuk gas alam, batubara, nuklir, plta, angin, surya, dan lain-lain. Bentuk-bentuk baru teknologi pembangkit energi membawa risiko baru bagi industri asuransi untuk diasuransikan. 

Bagaimana perusahaan pembangkit listrik mengelola risiko:

  1. Perusahaan sering berinvestasi dalam beberapa produk asuransi untuk melindungi dari semua risiko yang dihasilkan dengan peningkatan pembangkit listrik gas alam
  2. Portofolio pembangkitan banyak perusahaan menunjukkan penurunan tenaga listrik pembangkit listrik pembangkit batubara
  3. Risiko yang terkait dengan utilitas listrik bervariasi menurut wilayah. Terorisme cuaca dan lokasi geografis (termasuk dunia maya).
  4. Risiko terbesar yang dihadapi oleh sebagian besar jenis perusahaan utilitas listrik adalah bencana alam dan

Kebutuhan Pengoperasian dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik 

Keandalan unit pembangkit listrik adalah salah satu parameter kinerja terpenting yang mencerminkan kualitas dan standar. 

Perhatian dan upaya besar yang ditujukan untuk meningkatkan keandalan dan kualitas tenaga listrik merupakan indikasi implikasi ekonomi bagi industri listrik. 

Ketersediaan dan keandalan turbin mencerminkan perilaku di tempat, termasuk efek perubahan dalam kebijakan pemeliharaan sistem tambahan. Dengan mengidentifikasi efek kegagalan komponen pada sistem yang dianalisis, berdasarkan klasifikasi efek kegagalan, kebijakan pemeliharaan dapat dirumuskan untuk mengurangi probabilitas kemunculannya.

Tujuan yang lebih baik dan target spesifik diperlukan untuk pembangkit listrik untuk meningkatkan sistem manajemen pemeliharaan dan produktivitas. Ini harus didasarkan pada paradigma pemeliharaan baru yang akan meningkatkan kontrol pemeliharaan dan kegiatan teknis lainnya. 

Para manajer harus merumuskan strategi yang bijaksana, membuat keputusan, dan memantau kemajuan terhadap rencana dengan mengumpulkan, mengambil, dan menganalisis data.

Untuk mengurangi waktu henti dan mencapai kemampuan produksi yang tinggi, tujuannya adalah untuk menemukan cara untuk meningkatkan keandalan peralatan dan memperpanjang masa pakai peralatan melalui pemeliharaan yang hemat biaya. 

Untuk mencapai ini, harus beralih dari mode pemeliharaan reaktif tradisional ke filosofi pemeliharaan dan manajemen proaktif. Harus ada proses pemeliharaan yang sepenuhnya menangani mode operasi Total Quality Maintenance (TQM) dan Total Productive Maintenance (TPM).

Perubahan tersebut membutuhkan pergeseran total ke pendekatan Total Planned Quality Maintenance (TPQM), yang merupakan filosofi pemeliharaan dan manajemen yang menganjurkan perencanaan semua pemeliharaan (yaitu, preventif, prediktif, dan korektif), serta kontrol kualitas dalam operasi pemeliharaan.

Evaluasi keandalan pembangkit listrik termal dihitung dengan bantuan indikator kinerja utama (KPI). 

Dapat dilihat dari analisis bahwa indikator kinerja utama bulan tertentu adalah yang tertinggi antara lain dalam hal efisiensi pembangkitan persentase, faktor ketersediaan persentase, pembangkitan rata-rata, dan energi yang dihasilkan, dan ini terjadi setelah shutdown di bulan lain sehingga rutinitas pemeliharaan tahunan dapat dilakukan. 

 Pembangkit Listrik Tenaga Gas Alam

Gas alam telah terbukti menjadi sumber pembangkit listrik yang andal. Risiko penting yang dihadapi industri gas alam adalah kemampuan untuk memenuhi permintaan selama waktu puncak dalam setahun. 

Istilah risiko mengacu pada pengaruh negatif dari suatu peristiwa atau tindakan pada prosedur yang direncanakan. Ini dapat mencakup prosedur bisnis seperti prosedur produksi atau bahkan prosedur teknis seperti pembakaran dalam turbin gas dan operabilitasnya.

Risiko dapat menghasilkan masalah keselamatan yang sangat serius, terutama dalam konteks prosedur teknis. Hal ini juga dapat mengakibatkan tingkat kerusakan ekonomi yang sangat tinggi. Ini menjadi jelas menggunakan contoh teknik kedirgantaraan. 

Risiko dan kerusakan yang diakibatkannya dapat mengakibatkan bahaya bagi kehidupan dan anggota tubuh tetapi juga mengakibatkan konsekuensi finansial yang cukup besar. Akibatnya, dan karena komposisi dunia industri kita yang selalu kompleks dengan standar teknisnya yang tinggi, manajemen risiko menjadi sangat diperlukan. 

Semakin awal (misalnya selama pengembangan produk) risiko diakui dan dikurangi, semakin sukses suatu produk atau prosedur.

Turbin Gas 

Turbin gas, juga disebut turbin pembakaran, adalah mesin putar yang mengekstraksi energi dari aliran gas pembakaran. Ini memiliki kompresor hulu yang digabungkan ke turbin hilir, dan ruang bakar di antaranya. Turbin gas juga dapat merujuk hanya pada komponen turbin.

Energi ditambahkan ke aliran gas di combustor, di mana bahan bakar dicampur dengan udara dan dinyalakan. Di lingkungan bertekanan tinggi dari combustor, pembakaran bahan bakar meningkatkan suhu. Produk pembakaran dipaksa masuk ke bagian turbin. 

Di sana, kecepatan tinggi dan volume aliran gas diarahkan melalui nosel di atas bilah turbin, memutar turbin yang menggerakkan kompresor dan, untuk beberapa turbin, menggerakkan output mekanisnya. Energi yang diberikan kepada turbin berasal dari pengurangan suhu gas buang.

Energi diekstraksi dalam bentuk daya poros, udara terkompresi, dan daya dorong, dalam kombinasi apa pun, dan digunakan untuk memberi daya pada pesawat terbang, kereta api, kapal, generator, dan bahkan tangki.

Operasi dan Pemeliharaan Siklus Pembangkit Listrik Tenaga Uap 

Uap adalah fluida kerja yang paling umum digunakan dalam siklus daya uap karena banyak karakteristik yang diinginkan, seperti biaya rendah, ketersediaan, dan entalpi penguapan. 

Cairan kerja lain yang digunakan termasuk natrium, kalium, dan merkuri untuk aplikasi suhu tinggi. Pembangkit listrik tenaga uap biasa disebut sebagai pembangkit batu bara, pembangkit nuklir, atau pembangkit gas alam, tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan untuk memasok panas ke uap. Tetapi uap melewati siklus dasar yang sama di semuanya.

Bagaimana cara mengatur asuransi untuk Pembangkit Listrik?

Pembangkit listrik dianggap berisiko tinggi, sudah banyak sekali kecelakaan yang terjadi sebagian besar kecelakaan kerusakan mesin akibat operasi. Oleh karena itu, tidak banyak perusahaan asuransi yang tertarik untuk memberikan perlindungan asuransi.

Cara terbaik untuk mengatur pertanggungan asuransi untuk pembangkit listrik adalah dengan menggunakan layanan broker asuransi. Broker asuransi akan melakukan survei manajemen risiko untuk memahami kondisi risiko aktual pabrik. Kemudian asuransi akan memberikan rekomendasi risiko untuk perbaikan dan pada saat yang sama broker asuransi memberikan informasi underwriting yang adil dan memadai bagi asuransi untuk menerima risiko.

Salah satu broker asuransi di Indonesia yang memiliki pengalaman luas di pembangkit listrik asuransi adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

Sources:


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!