Asuransi Risiko Politik

Lindungi Bisnis Anda: Pentingnya Asuransi Risiko Politik (Political Risks)

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Seperti biasa, blog ini berfokus pada manajemen risiko dan asuransi; Kali ini, kita akan membahas risiko politik dan asuransi. 

Di dunia yang serba cepat saat ini, bisnis menghadapi beberapa risiko politik yang dapat mengancam operasi, investasi, dan profitabilitas mereka. Risiko politik timbul dari ketegangan geopolitik, perubahan kebijakan pemerintah, dan ketidakstabilan politik. Risiko yang tidak dapat diprediksi ini dapat terjadi secara tiba-tiba, membuatnya sulit untuk dikelola. Itu sebabnya perusahaan harus memasukkan risiko politik dalam strategi manajemen risiko mereka.

Risiko politik dapat secara signifikan mempengaruhi kinerja keuangan dan reputasi perusahaan. Perubahan kebijakan pemerintah dapat menyebabkan peningkatan regulasi, pajak yang lebih tinggi, atau berkurangnya akses pasar, yang dapat mengurangi profitabilitas perusahaan. 

Ketidakstabilan politik dan konflik dapat mengganggu rantai pasokan, merusak properti, dan membahayakan karyawan, merusak reputasi perusahaan dan kehilangan kepercayaan konsumen. Kedua, risiko politik tidak dapat diprediksi dan dapat muncul tiba-tiba, membuatnya sulit untuk dikelola. 

Perusahaan yang gagal mengantisipasi dan mempersiapkan risiko politik dapat menghadapi kerugian finansial atau kewajiban hukum yang signifikan. Perusahaan dapat mengidentifikasi potensi dengan memasukkan risiko politik dalam strategi manajemen risiko mereka.

 

ASURANSI POLITIK 

Asuransi risiko politik adalah jenis asuransi khusus yang dirancang untuk melindungi bisnis dari kerugian yang disebabkan oleh ketidakstabilan atau peristiwa politik. 

Jenis asuransi ini menjadi semakin penting di dunia global saat ini, di mana risiko politik seperti perang, terorisme, pengambilalihan, dan ketidaksesuaian mata uang meningkat. Risiko politik dapat berdampak pada bisnis dalam beberapa cara, termasuk mengganggu rantai pasokan, menyebabkan kerusakan atau kerugian properti, dan memengaruhi keuntungan.

Kebutuhan akan asuransi risiko politik telah menjadi sangat akut bagi perusahaan yang beroperasi di pasar negara berkembang, di mana ketidakstabilan politik dan ketidakpastian saling terkait. Di pasar ini, bisnis mungkin menghadapi risiko seperti tindakan pemerintah yang sewenang-wenang, kerusuhan sipil, dan nasionalisasi aset. 

Tanpa asuransi, risiko-risiko ini dapat menjadi tantangan untuk dikelola dan mengancam kelangsungan hidup bisnis. Asuransi risiko politik dapat membantu perusahaan mengelola risiko ini dan terus beroperasi bahkan dalam menghadapi gejolak politik.

Untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik, silakan baca ilustrasi berikut.

“Sekali waktu, sebuah perusahaan manufaktur kecil bernama GreenTech telah berjalan dengan baik selama bertahun-tahun. Mereka memiliki basis pelanggan yang solid, rantai pasokan yang baik, dan tenaga kerja yang berdedikasi. Namun, CEO GreenTech, Tom, tahu bahwa bisnis mereka rentan terhadap risiko politik. 

Mereka beroperasi di negara dengan sejarah ketidakstabilan, dan Tom khawatir operasi mereka dapat terganggu oleh kerusuhan sipil atau tindakan pemerintah.

Tom memutuskan untuk mengeksplorasi opsi asuransi risiko politik, dan setelah melakukan penelitian, dia menyadari bahwa itulah yang dibutuhkan perusahaannya. Dia menghubungi broker asuransi dan memulai proses mendapatkan pertanggungan.

Beberapa bulan kemudian, krisis politik besar melanda negara itu, dan banyak bisnis terpaksa tutup. Namun, karena GreenTech memiliki asuransi risiko politik, mereka dapat terus beroperasi bahkan di tengah gejolak. Asuransi menanggung kerugian akibat kerusakan properti, gangguan bisnis, dan bahkan biaya evakuasi karyawan jika perlu.

Berkat asuransi, GreenTech dapat mengatasi badai dan keluar lebih kuat di sisi lain. Tom bersyukur bahwa dia telah memutuskan untuk mendapatkan asuransi risiko politik, dan dia tahu bahwa itu adalah investasi yang bijaksana untuk masa depan perusahaannya.”

 

APA SITUASI YANG DIANGGAP SEBAGAI RISIKO POLITIK?

Risiko politik adalah peristiwa atau keadaan yang berkaitan dengan politik atau ketidakstabilan politik yang dapat memengaruhi bisnis, investasi, atau kegiatan ekonomi. Risiko ini dapat timbul dari berbagai sumber, termasuk tindakan pemerintah, kerusuhan sipil, terorisme, perang, atau bencana alam yang diperburuk oleh ketidakstabilan politik.

Beberapa contoh risiko politik yang mungkin dihadapi bisnis meliputi:

  1. Pengambilalihan atau penyitaan aset oleh pemerintah
  2. Inconvertibility mata uang atau pembatasan valuta asing
  3. Kekerasan politik, termasuk terorisme, perang, atau kerusuhan sipil.
  4. Nasionalisasi industri atau infrastruktur utama
  5. Perubahan kebijakan atau peraturan pemerintah yang berdampak pada operasi bisnis.
  6. Pelanggaran kontrak oleh pemerintah atau entitas pemerintah
  7. Ketidakstabilan politik, termasuk perubahan kepemimpinan atau perubahan rezim.
  8. Embargo, sanksi, atau pembatasan perdagangan yang diberlakukan oleh pemerintah asing.

Risiko-risiko ini dapat memiliki konsekuensi parah bagi bisnis, mulai dari gangguan rantai pasokan dan kerusakan properti hingga hilangnya pendapatan dan bahkan kebangkrutan. Itulah sebabnya asuransi risiko politik telah menjadi alat penting bagi perusahaan untuk mengelola risiko ini dan melindungi diri dari dampak potensial ketidakstabilan politik.

 

CONTOH KASUS RISIKO POLITIK

  • Pada tahun 2014, pemerintah Rusia mengambil alih perusahaan minyak Rusia Yukos, yang menyebabkan keruntuhan perusahaan dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi investor.
  • Selama Musim Semi Arab pada tahun 2011, banyak perusahaan yang beroperasi di Timur Tengah menghadapi gangguan bisnis dan kerusakan properti karena kerusuhan sipil dan ketidakstabilan politik.
  • Pada tahun 2010, pemerintah Islandia memberlakukan kontrol modal yang membatasi pergerakan mata uang, menyebabkan kerugian yang signifikan bagi investor asing.
  • Pada tahun 2008, pemerintah Argentina menasionalisasi maskapai penerbangan terbesar di negara itu, Aerolineas Argentinas, menyebabkan kerugian bagi investor asing.
  • Pada tahun 1991, runtuhnya Uni Soviet menyebabkan gangguan signifikan pada banyak perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, termasuk bisnis Barat yang telah berinvestasi di negara tersebut.
  • Pada tahun 1979, Revolusi Iran menyebabkan nasionalisasi industri minyak negara itu, menyebabkan kerugian yang signifikan bagi investor asing.
  • Pada tahun 1960, pemerintah Kuba mengambil alih aset banyak perusahaan asing yang beroperasi di negara itu, termasuk bisnis Amerika seperti ExxonMobil dan Coca-Cola.
  • Contoh-contoh ini menggambarkan bagaimana risiko politik dapat berdampak signifikan terhadap bisnis dan investor. Asuransi risiko politik dapat membantu perusahaan mengurangi risiko ini dan melindungi diri dari potensi kerugian.

 

BAGAIMANA ASURANSI RISIKO POLITIK DAPAT MEMBANTU PERUSAHAAN?

Asuransi risiko politik dapat membantu perusahaan mengelola risiko beroperasi di lingkungan yang tidak stabil secara politik dan melindungi diri dari potensi kerugian finansial.

Asuransi risiko politik dapat membantu perusahaan dalam beberapa cara:

  • Perlindungan terhadap kerugian finansial

Asuransi risiko politik dapat menutupi kerugian akibat peristiwa seperti pengambilalihan, nasionalisasi, ketidaksesuaian mata uang, dan kekerasan politik. Perlindungan ini dapat membantu perusahaan mengurangi dampak finansial dari risiko politik dan menghindari kebangkrutan.

  • Kelangsungan bisnis

Asuransi risiko politik dapat membantu perusahaan menjaga kelangsungan bisnis dalam ketidakstabilan politik. Misalnya, jika operasi perusahaan terganggu karena kerusuhan sipil, asuransi dapat menutupi biaya relokasi karyawan atau menyiapkan rantai pasokan alternatif.

  • Perlindungan investasi

Asuransi risiko politik dapat memberikan keamanan bagi investor asing terhadap risiko yang terkait dengan investasi di pasar negara berkembang. Ini dapat membantu mendorong investasi di pasar-pasar ini dan mendukung pembangunan ekonomi.

  • Penilaian risiko

Penyedia asuransi risiko politik sering memiliki keahlian dalam penilaian risiko politik, yang dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengurangi potensi risiko sebelum menjadi masalah.

  • Akses ke pembiayaan

Beberapa pemberi pinjaman memerlukan asuransi risiko politik sebagai syarat untuk pembiayaan di negara-negara dengan risiko politik yang tinggi. Dengan mendapatkan asuransi, perusahaan dapat mengakses pendanaan yang mungkin tidak tersedia.

 

MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR-FAKTOR BAGI PERUSAHAAN ASURANSI UNTUK MENERIMA RISIKO POLITIK

Ketika mempertimbangkan apakah akan menerima risiko politik, perusahaan asuransi biasanya akan melihat berbagai faktor, termasuk:

  • Risiko negara

Perusahaan asuransi akan menilai tingkat risiko keseluruhan negara tempat perusahaan beroperasi atau berinvestasi. Ini akan mencakup stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, lingkungan hukum dan peraturan, dan stabilitas sosial.

  • Sektor industri

 Sektor industri yang berbeda mungkin menghadapi risiko politik yang berbeda. Misalnya, perusahaan yang beroperasi di industri minyak dan gas mungkin menghadapi risiko pengambilalihan atau nasionalisasi yang lebih signifikan daripada perusahaan di sektor teknologi.

  • Risiko khusus perusahaan

Perusahaan asuransi juga akan mempertimbangkan risiko spesifik yang dihadapi perusahaan, seperti lokasi operasinya, sifat bisnisnya, dan paparannya terhadap kontrak atau peraturan pemerintah.

  • Praktik manajemen risiko

Perusahaan asuransi akan menilai praktik manajemen risiko perusahaan, termasuk kebijakan dan prosedurnya untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko politik.

  • Kekuatan finansial

Perusahaan asuransi akan menilai kekuatan keuangan perusahaan, termasuk kelayakan kredit dan kemampuannya untuk membayar premi dan deductible.

Berdasarkan faktor-faktor ini, perusahaan asuransi akan menentukan apakah akan menerima risiko politik dan tingkat pertanggungan apa yang ditawarkan. Premi yang dibebankan akan didasarkan pada tingkat risiko, dengan perusahaan atau negara berisiko tinggi umumnya membayar premi yang lebih tinggi.

 

MENGAPA PERUSAHAAN MEMBUTUHKAN BROKER ASURANSI UNTUK ASURANSI MEREKA?

Perusahaan membutuhkan bantuan broker asuransi untuk mengatur asuransi risiko politik karena beberapa alasan:

  • Pengetahuan dan keahlian khusus

Broker asuransi memiliki pengetahuan dan keahlian khusus di pasar asuransi risiko politik. Mereka dapat membantu perusahaan menavigasi lanskap kebijakan, pengecualian, dan opsi cakupan yang kompleks dan memberi saran tentang opsi terbaik untuk kebutuhan spesifik perusahaan.

  • Akses ke pasar

Pialang asuransi telah menjalin hubungan dengan penyedia asuransi yang menawarkan asuransi risiko politik. Ini dapat memberi perusahaan akses ke opsi yang lebih luas dan membantu broker menegosiasikan persyaratan dan harga yang lebih baik atas nama klien mereka.

  • Cakupan yang disesuaikan

Broker asuransi dapat membantu perusahaan menyesuaikan cakupan mereka untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Ini mungkin termasuk menyesuaikan cakupan dengan risiko negara tertentu, sektor industri, atau risiko khusus perusahaan.

  • Dukungan klaim

Jika terjadi klaim, broker asuransi dapat memberikan dukungan dan panduan yang berharga kepada perusahaan. Mereka dapat membantu perusahaan menavigasi proses klaim, memberikan bantuan dalam mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan, dan membantu memastikan bahwa klaim diproses secara efisien.

  • Hemat waktu

Proses mengatur asuransi risiko politik dapat memakan waktu dan kompleks. Broker asuransi dapat membantu perusahaan menghemat waktu dengan menangani banyak pekerjaan dalam mendapatkan penawaran, menegosiasikan persyaratan, dan mengatur cakupan.

Bantuan broker asuransi dapat membantu perusahaan mendapatkan tingkat cakupan yang tepat untuk eksposur risiko politik spesifik mereka dan memberikan dukungan berharga di seluruh siklus hidup kebijakan, mulai dari penempatan awal hingga manajemen klaim.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012