Asuransi Pertambangan

Apa Jenis Risiko dan Asuransi untuk Tambang Bauksit?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Semoga bisnis Anda berjalan lancar di tahun 2023 dan tumbuh dan maju sesuai rencana. 

Manajemen risiko merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik usaha. Namun sayangnya, tidak semua pengusaha memberikan perhatian khusus pada hal ini. 

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kami melihat hampir setiap hari, kecelakaan terjadi di berbagai jenis industri, termasuk pertambangan. Kecelakaan terjadi di pabrik atau perusahaan dengan program manajemen risiko yang baik.

Berdasarkan pengalaman kami, pernyataan “Risiko dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan terhadap siapa saja” adalah benar. 

Ketika kecelakaan terjadi, nilai kerugiannya bisa sangat besar, hingga satu juta dolar. Jauh lebih besar dari yang mereka harapkan. 

Di sinilah peran pertanggungan asuransi sangat penting. Asuransi dapat membantu mengatasi kesulitan keuangan yang tiba-tiba timbul akibat  kecelakaan sehingga perusahaan dapat menyelesaikan masalah tersebut dan kembali beroperasi seperti sebelum kecelakaan sesegera mungkin.

Seperti artikel sebelumnya, kali ini kami ingin membahas manajemen risiko dan asuransi di industri bauksit, salah satu sumber daya mineral yang menjadi ekspor utama Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda sehingga mereka mengerti seperti Anda. 

Potensi Bauksit Indonesia

Seperti diketahui, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kepulauan Riau (DESDM tahun 2011) mencatat jumlah perusahaan tambang bauksit yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) di wilayah ini sebanyak 32 perusahaan.

Ada 3 IUP di Karimun, 12 IUP di Tanjung Pinang, Bintan, 9 IUP, dan dua perusahaan berada di perbatasan kabupaten. Total luas wilayah yang dikuasai pemegang IUP diperkirakan mencapai 34.993 ha; Sebanyak 1,64% wilayah berada di Karimun, Lingga (93,36%), Tanjung Pinang (1,61%), Bintan (2,33%) dan 1,06% berada di perbatasan kedua wilayah tersebut. 

Jumlah sumber daya bauksit di Kepulauan Riau diperkirakan mencapai 180,97 juta ton; daerah yang masih menyimpan sumber daya bauksit terbesar adalah Kabupaten Lingga, dengan sisanya 168,96 juta ton yang tersebar di empat wilayah dengan jumlah yang relatif kecil.

Di Kalimantan Barat, 49 perusahaan memiliki IUP dengan total luas wilayah dikuasai sekitar 557.259 Ha, 27 perusahaan berada di Sanggau dengan luas 247.338 Ha, di Bengkayang terdapat 2 perusahaan dengan luas 9.500 Ha, Landak sebanyak 8 perusahaan (57.217 Ha), Kayong Utara 5 perusahaan (9.985 Ha), Kabupaten Pontianak 3 perusahaan (35.250 Ha) dan di perbatasan antar kabupaten/kota sebanyak 4 perusahaan (197.970 Ha). 

Jumlah sumber daya bauksit di wilayah ini diperkirakan cukup besar, yaitu sekitar 3,29 miliar ton, Sanggau dan lokasi di wilayah perbatasan kedua kabupaten tersebut merupakan daerah dengan sumber daya bauksit terbesar masing-masing sebesar 1,28 miliar ton dan 1,02 miliar ton. Masa berlaku IUP berkisar antara 2 hingga 20 tahun.

Secara umum, Indonesia menduduki peringkat nomor 5 di dunia sebagai negara dengan cadangan endapan bauksit terbesar.

Silakan baca artikel ini untuk penjelasan rinci tentang manajemen risiko dan asuransi untuk industri bauksit. 

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini, silakan bagikan dengan kolega Anda, sehingga mereka juga mengerti seperti Anda.

Kecelakaan di Industri Pertambangan Bauksit

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi beberapa kecelakaan di tambang bauksit di berbagai belahan dunia. Di sini kami menuliskan beberapa korban di antara mereka. 

  • Kecelakaan Kereta Bauksit 

CONAKRY, 20 September (Reuters) – Dua kereta dioperasikan oleh raksasa aluminium Rusia Rusal (RUAL. MM) bertabrakan di ibu kota Guinea, Conakry pada Senin, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai beberapa lainnya, menurut keterangan saksi dan rekaman di media sosial. 

  • Kereta bauksit tergelincir di St Ann, Jamaika, menewaskan dua orang

Pada 20 November 2022, di St Ann, Jamaika, polisi melaporkan bahwa dua orang ditemukan meninggal setelah kereta bauksit tergelincir.  Pada hari Senin, segumpal kesedihan menggantung di udara ketika rekan kerja dari dua pria yang tewas dalam kecelakaan kereta api pada Minggu malam berjuang untuk mengatasinya.

  • Kecelakaan tambang bauksit Brasil membuat 5.000 orang kehilangan tempat tinggal

RIO DE JANEIRO, 10 Januari (Reuters) – Hujan lebat menyebabkan bendungan tolak tambang bauksit di negara bagian Minas Gerais, Brasil, meledak dan mengusir 5.000 orang dari rumah mereka, kata stasiun radio CBN Brasil pada Rabu.

Puluhan orang telah meninggal, dan lebih dari 8.000 telah kehilangan tempat tinggal di Brasil tenggara dalam beberapa pekan terakhir karena tanah longsor dan banjir akibat hujan lebat.

Proses Penambangan Bauksit 

Bauksit adalah bijih utama alumina (Al2O3), yang digunakan untuk memproduksi aluminium (Al). 

Ini terdiri dari aluminium oksida terhidrasi, aluminosilikat terhidrasi, oksida besi, oksida besi terhidrasi, titanium oksida, dan silika. Ini mengandung berbagai mineral seperti gibbsite, boehmite, hematit, goethite, Al-goethite, anatase, rutile, ilmenite, kaolin, dan kuarsa.

Bauksit adalah batuan sisa yang terbentuk dari pelapukan berbagai batuan beku, sedimen, dan metamorf. 

Batuan ini telah terkena periode pelapukan yang lama (jutaan tahun) di bawah kondisi tropis, subtropis, atau beriklim sangat basah. 

Sembilan puluh persen dari sumber daya bauksit dunia yang diketahui berada di lokasi tropis. Endapan lain di luar garis lintang ini telah terpapar pada periode panjang pelapukan intens di masa lalu geologis mereka.

Konsentrasi bauksit yang paling signifikan adalah di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Barat, Guinea, India, Vietnam, Indonesia, dan Australia. Beberapa deposito juga ada di utara Rusia dan pusat Arab Saudi. 

Biasanya, bauksit terjadi di dekat permukaan. Namun demikian, ada endapan bauksit yang terkubur di mana bahan-bahan lain telah menutupi bauksit pasca-pembentukan. 

Perkiraan sumber daya bauksit global saat ini lebih dari 70 miliar ton. Dari jumlah tersebut, konsentrasi terbesar adalah di Guinea, di mana ada sumber daya yang terbukti baik sekitar 25 miliar ton.

Kebanyakan bauksit terjadi dekat dengan permukaan, dengan hanya 1 atau 2 m lapisan penutup. Endapan khas berkisar dalam ketebalan dari 3 hingga 15 m. Sebagian besar bauksit dapat ditambang dan diproses tanpa beneficiation (perawatan lebih lanjut dari bijih untuk memusatkan mineral). Namun, bijih di utara Brasil dan Vietnam memiliki kandungan tanah liat yang tinggi dan harus dicuci sebelum diproses.

Ada beberapa deposit bawah tanah; Namun, ini sering dikaitkan dengan kejadian permukaan, di mana medan yang telah membantu membentuk bauksit telah miring, sehingga bijih yang ditemukan di permukaan secara bertahap semakin dalam. Penambangan bawah tanah diperlukan untuk mengekstraksi bahan ini secara ekonomis. 

Di Cina, banyak daerah yang memiliki kedalaman bauksit bawah tanah dari 200 hingga 300 m.

Proses khas yang terlibat dalam penambangan endapan permukaan adalah sebagai berikut:

  1. Meledakkan beberapa bagian bijih yang tidak dapat digali dengan mudah. Ini melibatkan pengeboran dan penempatan bahan peledak atau merobek buldoser raksasa.
  2. Pembersihan vegetasi dan pengumpulan tanah lapisan atas yang berharga menggunakan pencakar dan buldoser.
  3. Menghancurkan dan menyortir.
  4. Pengiriman ke kilang ekspor atau lokal.
  5. Jika perlu, cuci dan penerima manfaat (perawatan lebih lanjut dari bijih untuk memusatkan mineral).
  6. Lansekap dan rehabilitasi kembali penggunaan lahan yang ada bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah setempat.
  7. Memuat ke truk dan mengangkut ke fasilitas penghancur. Truk dengan ukuran mulai dari 30 hingga 180 ton digunakan dalam berbagai ukuran tambang.
  8. Penghapusan lapisan penutup.

Diperkirakan sekitar 165 juta ton bauksit ditambang setiap tahunnya. 

Bauksit umumnya diangkut ke kilang dengan konveyor, kereta api, atau kapal. Beberapa kilang alumina terletak dekat dengan tambang bauksit mereka. Tambang bauksit biasanya mempekerjakan 500 hingga 1000 orang.

Peralatan yang Digunakan untuk Penambangan Bauksit

berbagai peralatan khusus dan solusi proses untuk pemrosesan bauksit. Dari pengolahan bauksit untuk digunakan dalam produksi aluminium, refraktori, atau proppants, kami dapat mengembangkan solusi proses yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan merekayasa dan memproduksi peralatan yang dibutuhkan. 

Pengolahan Bahan 

Pelletizing

Peralatan pelet terdiri dari disc pelletizer, pin mixer, pug mill (paddle mixer), dan sistem pelletizing bauksit lengkap.

Pemrosesan Termal

Pemrosesan Termal terdiri dari pengering putar untuk pengeringan bauksit dan rotary kiln untuk aplikasi sintering bauksit.

Penanganan Material Massal 

Lini komprehensif peralatan penanganan material curah untuk kebutuhan penanganan bauksit. Termasuk elevator bucket khusus, konveyor sabuk, konveyor antar-jemput terbalik, dan konveyor tanjakan curam, bersama dengan potongan-potongan untuk meningkatkan fleksibilitas sistem penanganan Anda, seperti tripper sabuk, bajak, dan pengumpan sabuk.

Pengujian dan Desain Proses

Fasilitas pengujian di mana bahan uji pada skala batch dan pilot untuk mengerjakan variabel proses, merancang unit skala komersial, dan meningkatkan skala proses.

  1. Bukti Produk: Fase pengujian batch yang lebih mendalam di mana lebih banyak waktu dihabiskan untuk menentukan apakah suatu produk dapat dibuat dengan spesifikasi yang diinginkan.
  2. Bukti Proses: Fase pengujian berkelanjutan menetapkan pengaturan peralatan dan parameter yang diperlukan untuk menghasilkan bahan tertentu secara konstan.
  3. Optimasi Proses/Produk: Studi mendalam untuk mengoptimalkan karakteristik bahan spesifik dan parameter produksi Anda dalam pengaturan industri.

Potensi Risiko Proses Produksi Pertambangan

Hampir seluruh proses produksi bauksit menghadapi risiko. Mulai dari penambangan tanah dan pasir hingga pengiriman bauksit ke pelanggan.

Here are the potential risks that can occur:

  • At the time of mining.

Heavy equipment accidents such as excavators, dozers, loaders, and others. These tools can be overturned, collisions, entrance holes, landslides, floods, hurricanes, earth thunderstorms, and others.

  • Transportasi bahan baku dan bahan jadi

Saat mengangkut, bahan baku bisa hilang dan rusak karena kecelakaan di jalan raya karena truk terbalik atau bertabrakan.  Bahan bauksit juga dapat rusak dan hilang karena kecelakaan saat diangkut menggunakan kereta api atau ban berjalan. Yang paling umum adalah kerusakan dan kerugian ketika terjadi kecelakaan pada kapal pengangkut, seperti tug boat atau jenis kapal lainnya. 

  • Kecelakaan di Bauksit di Pabrik Pengolahan

Kita semua sadar bahwa investasi di pabrik pengelolaan bauksit (semester) sangat besar, mencapai ratusan juta dolar AS.

Smelter dapat mengalami kerusakan dan kerugian akibat kebakaran, ledakan, petir, dan lain-lain. Smelter juga menghadapi risiko akibat bencana alam seperti banjir, kerusakan air, tanah longsor, angin topan, badai, gempa bumi, tsunami, letusan Gurung yang berapi-api, dan lain-lain.

  • Kerusakan Mesin dan Pembangkit Listrik

Mesin, termasuk smelter dan boiler sebagai sarana utama untuk proses pemrosesan, rentan terhadap risiko kerusakan mekanis dan listrik karena operasi.

  • Tuntutan Hukum Dari Pihak Ketiga

Akibat tingginya aktivitas pertambangan di wilayah yang luas, maka potensi terjadinya kerusakan lingkungan masyarakat sekitar menjadi signifikan. Ini bisa terjadi karena kesalahan dan kelalaian dalam operasi perusahaan. Jika ini terjadi, dapat menyebabkan perusahaan menghadapi permintaan yang sangat besar.

  • Kecelakaan Kerja 

Kecelakaan kerja kepada operator alat berat, karyawan, dan supervisor memiliki potensi yang sangat besar. Ini hampir sama dengan potensi risiko terhadap tambang lain.

Selain memberikan perhatian khusus pada semua fasilitas keselamatan, perusahaan harus memberikan asuransi kesehatan dan santunan kecelakaan.

Jenis Asuransi yang Dibutuhkan oleh Pertambangan dan Pabrik Bauksit

Perusahaan harus memiliki perlindungan asuransi penuh untuk memiliki perlindungan asuransi yang komprehensif untuk pertambangan dan pabrik pengolahan bauksit.  Di bawah ini adalah jenis-jenis asuransi yang dibutuhkan:

  1. Asuransi Kendaraan Bermotor (kendaraan bekas jalan)
  2. Asuransi Alat Berat (Peralatan pertambangan termasuk dump truck)
  3. Asuransi Property All Risks (pabrik pertambangan seperti conveyor, crushing plant, processing plant)
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik – Tanggung jawab hukum dari pihak ketiga karena kesalahan dan kelalaian
  5. Asuransi Kargo Laut – Kehilangan atau kerusakan selama transportasi (darat dan laut)
  6. Asuransi Kecelakaan dan Kesehatan 
  7. Lain

Bagaimana cara mendapatkan Asuransi Pertambangan Bauksit di Indonesia?

Penataan asuransi untuk industri pertambangan bauksit di Indonesia membutuhkan usaha yang luar biasa. Jenis industri ini adalah bisnis berisiko tinggi. Hanya beberapa perusahaan asuransi yang dapat menanggungnya. 

Cara terbaik atau mengatur asuransi untuk penambangan bauksit adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi yang berpengalaman. 

Pialang asuransi adalah ahli asuransi yang bekerja atas nama Anda. Broker akan merancang program asuransi yang memenuhi karakteristik bisnis Anda. Broker akan mendekati perusahaan asuransi di pasar asuransi lokal dan internasional.

Pada saat yang sama, broker juga menegosiasikan biaya premi asuransi seminimal mungkin untuk memenuhi anggaran Anda.

Salah satu broker asuransi Indonesia yang berpengalaman di industri pertambangan adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

Sumber:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Bauxite
  2. https://bauxite.world-aluminium.org/mining/process/
  3. https://www.mining-technology.com/projects/cbg-bauxite/
  4. https://www.reuters.com/article/idUSN10282358
  5. https://www.alcircle.com/news/bauxite-train-derailment-in-st-ann-jamaica-kills-two-87204
  6. https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/memotivasi-percepatan-pembangunan-pabrik-pengolahan-dan-pemurnian-bauksit#:~:text=Wilayah%20yang%20diperkirakan%20memiliki%20sumber,sekitar%203%2C47%20miliar%20ton.
  7. https://journals.lww.com/joem/fulltext/2014/05001/bauxite_mining_and_alumina_refining__process.4.aspx

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012