Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2024 di Indonesia – Minggu Ke-4 Maret

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu keempat di bulan Maret 2024, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya, tapi kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. 

Tabrakan Beruntun Truk Kontainer di Perlintasan Kereta Api: Sopir Terjepit

Pada dini hari Minggu (24/3), terjadi kecelakaan beruntun di perlintasan kereta api di Jalan Raya, Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Insiden ini melibatkan sebuah truk kontainer yang menabrak dari belakang truk lain yang sedang menunggu di antrean, diduga karena sopir yang mengantuk.

Keterangan dari Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Ahmat Rochan, menyebutkan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 01:30 WIB. Sopir truk yang menabrak dari belakang tidak memperhatikan kendaraan di depannya yang sedang berhenti menunggu kereta api melintas. Truk pertama yang ditabrak adalah truk dengan nomor polisi N-9481-UQ, kemudian terjadi serangkaian tabrakan karena truk di depannya juga menabrak truk yang ada di depannya.

Proses evakuasi salah satu sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan itu menegangkan, karena sopirnya terjepit di dalam kabin truk. Namun, berkat upaya yang dilakukan, sopir tersebut selamat dengan luka memar pada kakinya. Korban kemudian dibawa ke RSUD Kertosono untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, sementara kasusnya ditangani oleh Unit Gakkum Laka Lantas Polres Nganjuk.

Source: https://www.tvonenews.com/daerah/jatim/196478-kecelakaan-beruntun-truk-kontainer-tabrak-dua-truk-di-perlintasan-ka-baron-nganjuk?page=1

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kesehatan

 

Kapal Terbakar di Perairan Tanjung Pinang. Nahkoda Tewas Usai Menyelamatkan ABK

Seorang kapten kapal bernama Supeno telah meninggal dalam kejadian kebakaran yang melibatkan kapal ikan KM Surya Hasil Laut-22 di perairan Pulau Dua, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Supeno gugur saat mencoba menyelamatkan awak kapal dengan menembakkan suar sebagai panggilan bantuan. Tindakannya tersebut berhasil menyelamatkan enam awak kapal yang kemudian dievakuasi oleh kapal lain yang melihat sinyal bantuan tersebut. Peristiwa ini dimulai saat KM Surya Hasil Laut-22 sedang dalam perjalanan dari Malaysia menuju pelabuhan Pangkalbalam pada Kamis (21/3/2024), membawa hasil tangkapan ikan. Namun, di tengah perjalanan, terjadi ledakan pada tangki bahan bakar kapal yang menyebabkan kebakaran.

Supeno segera melakukan panggilan bantuan dengan menembakkan suar ketika kapal terbakar. Sinyal tersebut dilihat oleh kapal KM Satria Jaya Baru 1, yang kemudian menyelamatkan enam awak kapal yang telah melompat ke laut. Sementara itu, Supeno dan seorang awak kapal lain bernama Richo masih berusaha membuka Life Raft di atas kapal. Namun, terjadi ledakan lagi yang menyebabkan Supeno tewas dan satu awak kapal lainnya diduga terjatuh dan hilang di sekitar lokasi kejadian.

Kapal KM Satria Jaya Baru 1 yang menerima sinyal bantuan berhasil menyelamatkan keenam awak kapal tersebut. Supeno dan enam awak kapal yang berhasil diselamatkan dievakuasi ke KM Satria Jaya Baru 1. Upaya pencarian terhadap awak kapal yang hilang dilakukan, namun hingga pukul 21.00 WIB, korban belum ditemukan. Informasi tentang kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, yang kemudian mengirimkan tim rescue ke lokasi kejadian.

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap korban yang diduga hilang dengan metode Pararel Search Pattern, dibantu oleh kapal lainnya. Cuaca buruk dengan ombak besar menghambat proses pencarian. Semoga upaya pencarian dapat segera membuahkan hasil yang positif.

Source:  https://regional.kompas.com/read/2024/03/24/180557178/detik-detik-nakhoda-tewas-insiden-kapal-meledak-di-tanjung-pinang-sempat 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Marine Hull 
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik 
  4. Asuransi Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue Insurance)

 

Kebakaran Melanda Rumah dan 11 Kamar Kos di Jayapura, Satu Korban Jiwa

Sebuah kebakaran menghancurkan sebuah rumah dan 11 kamar kos di Kota Jayapura, Papua, yang menyebabkan satu orang bernama Sutrisno (50) tewas.

“Kebakaran tersebut menghanguskan rumah yang dimiliki oleh Fredi Simanjuntak dan 11 rumah kos yang dimiliki oleh Ahmad Kamal serta mengakibatkan kematian seorang pria paruh baya,” kata Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor D. Mackbon dalam pernyataannya pada Minggu (24/3/2024).

Peristiwa kebakaran terjadi di Pertigaan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, pada Sabtu (23/3). Korban tewas adalah seorang pedagang cilok.

Menurut Victor, api diduga berasal dari kamar yang dimiliki oleh korban Sutrisno. Informasi ini didapatkan dari penyelidikan yang dilakukan atas keterangan sejumlah saksi.

“Pada awalnya, seorang saksi bernama Sunarman mendengar teriakan korban, lalu keluar dari rumahnya dan melihat api di depan rumah kos korban. Kemudian saksi mencoba memanggil korban namun tidak mendapat respons, sehingga dia meminta bantuan dari warga sekitar,” jelasnya.

Api dengan cepat merambat dan membakar bangunan lainnya karena sebagian besar bahan bangunan terbuat dari kayu, meskipun warga berusaha memadamkannya.

“Api berhasil dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian dengan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Jayapura, AWC Polresta Jayapura Kota. Petugas gabungan juga segera mengevakuasi jasad korban dari lokasi kejadian,” tambahnya.

“Kami telah melakukan olah TKP, dan bersama dengan Bid Labfor Polda Papua, kami akan berupaya mengungkap penyebab terjadinya kebakaran yang menyebabkan korban jiwa ini,” tutupnya.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7259090/kebakaran-hanguskan-rumah-dan-11-kos-kosan-di-jayapura-1-orang-tewas 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Jiwa

 

Pekerja Konstruksi di Blora Tewas di Atap Setelah Suara Letusan, Ditemukan Terbaring

Kecelakaan kerja yang menyebabkan kematian seorang pekerja di wilayah Kidangan, Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora pada Selasa (26/03/2024).

Korban, yang bernama Djasmin dan berasal dari Desa Seso, Kecamatan Jepon, terlibat dalam pembangunan Kantor Konsultan Geologi yang dimiliki oleh Arif Nur Rochim bersama dengan empat rekannya.

Pada saat kejadian, korban sedang berada di atap kantor untuk memasang batu bata, sementara rekannya lainnya melakukan tugas-tugas seperti plester tembok dan pengambilan pasir di bawah.

Mendadak, rekan-rekan korban di bawah mendengar letusan di atas kantor. Saat mereka mengecek, korban sudah terlentang di atap kantor. Kejadian tersebut segera dilaporkan kepada pihak berwenang.

Setelah dievakuasi dari atap, korban diperiksa oleh petugas kesehatan Puskesmas Jepon. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa korban meninggal murni karena tersengat listrik, dengan luka-luka pada beberapa bagian tubuh seperti kepala, telinga kanan, leher, pundak kanan, punggung atas kanan, dan lengan atas kanan yang mengalami luka bakar.

Kronologis kecelakaan ini dijelaskan oleh Kapolsek Jepon, AKP Putoro Rambe, sebagai bagian dari investigasi yang sedang berlangsung.

Source: https://jateng.tribunnews.com/2024/03/26/kronologi-pekerja-bangunan-di-blora-meninggal-di-atap-terdengar-letusan-dan-korban-terlentang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Pekerja

 

Wanita Jadi Korban Perampokan Saat Makan Malam di Restoran. Laptop dan Barang Lainnya Hilang

Seorang wanita yang bernama Lady (29) menjadi korban perampokan dengan modus pecah kaca mobil saat sedang makan malam di area Grand Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Mitra Lady, Mayang (29), mengungkapkan bahwa saat itu mereka berdua sedang menikmati makan malam di restoran Timur Tengah dari pukul 18.50 hingga 20.05 WIB pada Jumat (22/3/2024). “Setelah selesai makan, kami kaget melihat kaca mobil sebelah kanan kami pecah dan barang-barang di dalam mobil telah raib karena dirampok,” ujar Mayang saat dihubungi pada Senin (25/3/2024). Dia menambahkan bahwa para perampok membawa kabur tas ransel yang berisi satu unit laptop kantor Lenovo Thinkpad, satu BPKB mobil asli, voucher Indomaret senilai Rp 1.000.000, dan beberapa barang lainnya.

“Sangat disayangkan bahwa tidak ada petugas keamanan atau kamera pengawas (CCTV) di restoran tersebut,” keluh Mayang. “Kami merasa kecewa dan merugi karena tidak adanya sistem keamanan dari pihak restoran.” Mayang menyebutkan bahwa setelah kejadian tersebut menjadi viral di media sosial, pihak restoran berjanji untuk mengganti kerugian yang dialami Lady. “Setelah kejadian viral kemarin, pihak restoran telah menghubungi rekan saya yang menjadi korban perampokan dan bersedia membantu dalam mengganti kerugian materiil,” ungkapnya. Dia juga menjelaskan bahwa dia dan Lady telah melaporkan insiden perampokan tersebut ke Polsek Bekasi Selatan. “Kami telah memberikan laporan kepada pihak berwenang,” tambahnya. Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Untung, mengonfirmasi adanya laporan dari korban. “Kami sedang berupaya untuk mengungkap kembali kasus perampokan dengan modus pecah kaca, terutama pelaku yang masih dalam daftar pencarian oleh tim buser,” katanya. Untung juga mengungkapkan bahwa dalam laporan tersebut, korban mencatat kehilangan satu unit laptop dan BPKB mobil. Saat ini, pihak kepolisian telah memasang spanduk imbauan di berbagai lokasi untuk mengingatkan warga Bekasi agar lebih waspada. “Kami memasang spanduk imbauan, memberikan edukasi kepada tukang parkir, dan melaksanakan patroli bersama dengan petugas keamanan di Galaxy,” tegasnya.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/03/25/22013221/sedang-makan-malam-warga-bekasi-jadi-korban-perampokan-pecah-kaca-mobil 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Perlindungan Hukum

 

Tiga Rumah di Cianjur Hangus Dilalap Api Setelah Warga Tidur Saat Memasak untuk Berbuka Puasa

Tiga unit rumah di Kampung Sayangheulang, Kelurahan Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, hangus terbakar. Kebakaran diduga terjadi akibat api dari tungku yang tidak terawasi saat pemilik rumah tertidur saat memasak untuk berbuka puasa.

Peristiwa ini dilaporkan terjadi pada Senin (25/3/2024). Menurut informasi yang dikumpulkan, titik api pertama kali terlihat berasal dari rumah semi permanen yang dimiliki oleh Yeti Suryati.

Dikarenakan bahan bangunan rumah yang mudah terbakar, api dengan cepat menyebar dan membesar. Bahkan, kobaran api juga berhasil menjangkiti dua rumah lain yang berada di sekitarnya di daerah yang padat permukiman.

“Menurut kesaksian saksi, api awalnya muncul di rumah Ibu Yeti. Setelah itu, api menyebar ke dua rumah lainnya. Jadi total ada tiga rumah yang terkena dampak kebakaran,” ungkap Reki, seorang petugas pemadam kebakaran Cianjur, seperti dilansir oleh detikJabar.

Reki menambahkan, dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa kebakaran berasal dari tungku api yang tidak diawasi oleh pemilik rumah. Hal ini mengakibatkan api menyebar ke seluruh bagian rumah.

“Pemilik rumah sedang memasak di tungku untuk berbuka puasa. Namun saat proses memasak, mereka tertidur. Akibatnya, api dapat menyebar dengan cepat. Kerugian materi yang diakibatkan oleh kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” jelasnya.

Source: https://news.detik.com/berita/d-7261764/3-rumah-di-cianjur-terbakar-usai-warga-tertidur-saat-masak-untuk-buka-puasa 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Harta Benda
  3. Asuransi Rumah
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Kereta Api Airlangga Tabrak Mobil: Dua Terluka, Sejumlah Kendaraan Ringsek di Bekasi

Dua mobil mengalami kerusakan parah setelah bertabrakan dengan kereta api Airlangga di perlintasan sebidang Bulak Kapal, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada hari Sabtu siang.

Kepala Unit Laka Lantas Polres Metro Bekasi Kota, Iptu Suwandi, menyatakan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

“Peristiwa kecelakaan lalu lintas ini terjadi pada pukul 12.00 WIB, di mana kereta api datang dari arah barat (Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah),” katanya di Bekasi, Sabtu.

Awal mula kejadian dimulai ketika sebuah mobil Nissan Teana dengan nomor polisi B 1578 KBN, yang dikemudikan oleh seorang wanita berusia 58 tahun dengan inisial CBF, datang dari arah Bulak Kapal (selatan) menuju ke Perumnas 3 (utara).

Dari arah berlawanan, sebuah mobil Toyota Calya dengan nomor polisi B 2833 FFD, yang dikemudikan oleh seorang pria berusia 43 tahun dengan inisial S, juga berusaha melintasi rel kereta tersebut.

“Pada saat itu, terjadi benturan yang menyebabkan kereta menabrak dua mobil,” katanya.

Suwandi juga mengungkapkan bahwa dua mobil yang terseret akibat benturan tersebut juga mengenai dua sepeda yang berada di sampingnya, serta satu unit sepeda motor yang terparkir tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Dari insiden tersebut, kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan. Kereta api Airlangga melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Sebagai akibat dari kecelakaan tersebut, dua sopir mini bus dan satu penumpang Toyota Calya mengalami luka-luka dan telah dilarikan ke rumah sakit.

“Pengemudi dan penumpang yang terluka telah dilarikan ke rumah sakit. Evakuasi seluruh kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan juga sudah dilakukan,” ungkapnya.

Source: https://www.antaranews.com/berita/4025325/dua-mobil-tertabrak-ka-airlangga-di-bulak-kapal-bekasi 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.service@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!