Ulas Berita

7 Pilihan Berita Asuransi Indonesia Mei 2024 – Minggu Ke-2

Liga Asuransi  – Hallo risk takers, di minggu kedua bulan Mei 2024 ini kembali kita bahas lagi perkembangan dan kejadian dunia asuransi di Indonesia dalam minggu terakhir, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa objek asuransi bukan hanya di kendaraan, jiwa, kesehatan, maupun properti, tapi masih luas sekali cakupan objek yang bisa diasuransikan, terutama pada sektor bisnis. Hampir dari seluruh proses bisnis dari A to Z bisa dilindungi oleh asuransi. Pada edisi kali, seperti biasa kami kembali mengumpulkan 7 berita pilihan terkait asuransi yang bagus untuk Anda ketahui.

Seperti biasanya, jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan untuk bagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

Prudential Syariah dan MSIG Life Tetap Stabil Meski Suku Bunga Naik

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) dan MSIG Life (LIFE) menegaskan bahwa mereka tetap mempertahankan strategi investasi yang stabil meski suku bunga naik. Hal ini dilakukan guna menjaga kinerja investasi di tengah perubahan kondisi pasar yang dinamis.

Pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia akhir April lalu, BI Rate telah dinaikkan menjadi 6,25%, mencapai level tertinggi sejak 2016. Namun, Chief Financial Officer Prudential Syariah, Paul Setio Kartono, menegaskan bahwa perusahaan telah menetapkan strategi investasi yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan regulator. Dengan porsi investasi yang telah ditetapkan dalam obligasi atau sukuk negara, deposito, dan obligasi korporasi, Prudential Syariah memastikan bahwa strategi investasinya akan bertahan.

“Kita sudah memperhitungkan segala jenis risiko dari perubahan suku bunga dan lain sebagainya dalam strategi investasi kita,” jelas Paul ketika ditemui dalam PRUWell Medical Product Launching di Jakarta.

Sementara itu, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen, menambahkan bahwa investasi perusahaan saat ini dalam kondisi stabil, didukung oleh keberadaan investment committee yang bertugas menentukan arah investasi. “Jadi bukan serta-merta segera berubah seperti itu ya, mengikuti perubahan-perubahan suku bunga,” tuturnya.

Di sisi lain, CEO dan Presiden Direktur MSIG Life, Wianto Chen, menjelaskan bahwa di tengah kenaikan suku bunga, investasi pada Surat Berharga Negara (SBN) dan obligasi menjadi lebih menarik. “Suku bunga saat ini berada di level 6,25%, tertinggi sejak tahun 2016. Hal ini berdampak pada naiknya yield SBN,” terangnya.

Meskipun demikian, Wianto berharap alokasi investasi pada SBN kedepannya dapat meningkat, didorong oleh penambahan obligasi dengan imbal hasil yang lebih baik.

Dengan demikian, baik Prudential Syariah maupun MSIG Life menegaskan komitmen mereka untuk menjaga stabilitas investasi di tengah dinamika pasar yang berubah-ubah, dengan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk kenaikan suku bunga.

Kedua perusahaan menunjukkan bahwa mereka tetap fokus pada strategi investasi yang telah disusun secara matang, sehingga mampu menghadapi tantangan dan peluang di pasar keuangan yang selalu berubah.

Source : https://finansial.bisnis.com/read/20240508/215/1763770/strategi-investasi-asuransi-jiwa-prudential-ifg-life-hingga-msig-life-saat-bi-rate-melonjak-tinggi?utm_source=desktop&utm_medium=search 

 

Apakah Cerdas Membeli Asuransi Melahirkan Secara Individu? Pertimbangkan Hal Ini Terlebih Dahulu

Memiliki asuransi kesehatan dari tempat kerja seringkali menjadi benefit yang diinginkan. Namun, jika asuransi tersebut tidak mencakup manfaat persalinan, apakah bijak untuk membeli polis asuransi melahirkan secara individu?

Sebelum mengambil keputusan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  1. Asuransi Melahirkan adalah Manfaat Tambahan: Sebelum memperoleh perlindungan asuransi melahirkan, langkah awal adalah memiliki asuransi kesehatan. Asuransi melahirkan dianggap sebagai manfaat tambahan, yang mirip dengan perlindungan perawatan gigi.
  2. Masa Tunggu: Membeli asuransi kehamilan memerlukan perencanaan, karena ada masa tunggu yang biasanya berlangsung selama satu tahun. Jika kehamilan terjadi selama masa tunggu, asuransi tersebut tidak dapat digunakan untuk menutupi biaya persalinan.
  3. Fleksibilitas Asuransi Kumpulan: Asuransi kantor seringkali lebih fleksibel, dengan persyaratan yang lebih sederhana. Asuransi kumpulan dalam satu polis dapat mencakup banyak orang dalam satu perusahaan dan umumnya tidak memiliki masa tunggu.
  4. Biaya Premi yang Tinggi: Premi asuransi melahirkan cenderung mahal karena persalinan bukanlah risiko kesehatan, melainkan kejadian yang diinginkan atau direncanakan. Terkadang, biaya premi per tahun dan manfaat melahirkan tidak sebanding, sehingga mempertimbangkan alternatif pengumpulan biaya secara mandiri dapat menjadi pilihan yang lebih bijak.

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi melahirkan secara individu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor di atas dengan cermat. Memahami manfaat dan biaya yang terlibat dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan situasi finansial Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang opsi asuransi melahirkan dan perlindungan kesehatan lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan agen asuransi atau profesional keuangan.

Source : https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20240507075109-72-536245/jangan-buru-buru-beli-asuransi-melahirkan-sebelum-baca-ini 

 

Laba Great Eastern Life Indonesia Mencapai Rp208 Miliar pada Tahun 2023, Susunan Direksi Baru Juga Diumumkan

PT Great Eastern Life Indonesia, perusahaan asuransi jiwa terkemuka, mencatatkan laba bersih sebesar Rp208 miliar pada tahun 2023, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam kinerja keuangannya. Dalam sebuah siaran pers yang dikeluarkan pada Kamis, 2 Mei 2024, Nina Ong, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian positif ini.

Menurut laporan keuangan yang telah diaudit, total premi yang terkumpul mencapai Rp3,7 triliun, meningkat 17% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, total aset perusahaan tumbuh sebesar 23% menjadi Rp12,2 triliun pada tahun 2023. Tingkat kecukupan modal perusahaan, yang diukur dengan Risk-Based Capital (RBC), mencapai 326%, jauh melebihi rasio minimal yang disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%.

Nina Ong juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan positif ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan Great Eastern Life Indonesia, tetapi juga menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang disediakan.

Sebagai bagian dari strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang dan meningkatkan daya saing di pasar, Great Eastern Life Indonesia mengumumkan susunan direksi baru. Nina Ong secara resmi dilantik sebagai Presiden Direktur, menggantikan Clement Lien Cheong Kiat yang telah menyelesaikan masa jabatannya selama sembilan tahun sejak 2015. Nina Ong membawa pengalaman lebih dari 20 tahun di industri asuransi, baik di Indonesia maupun Asia.

Bergabung dengan Nina Ong, dua direktur baru juga ditunjuk untuk memperkuat jajaran kepemimpinan Great Eastern Life Indonesia. Roy Hendrata Gozalie diangkat sebagai Direktur Pemasaran, sementara Hana akan memegang posisi sebagai Direktur Keuangan. Sementara itu, Yungki Aldrin akan menjabat sebagai Direktur Kepatuhan.

Susunan direksi baru ini dipilih berdasarkan keahlian dan pengalaman masing-masing individu dalam industri asuransi, serta komitmen mereka untuk membawa Great Eastern Life Indonesia menuju kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang.

Source : https://finansial.bisnis.com/read/20240503/215/1762514/great-eastern-life-raih-laba-rp208-miliar-tetapkan-susunan-direksi-terbaru?utm_source=desktop&utm_medium=search 

 

Unitlink Pasar Uang Generali Indonesia Catatkan Imbal Hasil Positif Tertinggi pada April 2024

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) mencatatkan kinerja positif pada produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (Paydi) alias unitlink jenis pasar uang, dengan rata-rata imbal hasil yang positif per April 2024.

Menurut Chief Marketing Officer Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama, unitlink Money Market menunjukkan kinerja tertinggi dengan Generali Money Market Employee mencatat rata-rata return sebesar 1,89% per April 2024.

“Unitlink dengan kinerja tertinggi saat ini ditempati oleh Money Market. Untuk instrumen lainnya, seperti pendapatan tetap dan saham saat ini masih inline dengan pasar,” ujarnya kepada Kontan pada Selasa, 7 Mei.

Vivin juga menjelaskan bahwa prospek kinerja unitlink tahun ini terkait dengan kebutuhan dan prioritas proteksi yang berbeda-beda dari setiap nasabah dalam setiap segmen. Generali Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan edukasi yang konsisten dan memperhatikan berbagai kebutuhan nasabah sesuai dengan segmennya.

“Pernyataan Generali Indonesia yang menyebut unitlink pasar uang berkinerja paling positif per April 2024 juga sejalan dengan data Infovesta secara Year to Date (YtD),” tambahnya.

Berdasarkan data Infovesta, rata-rata imbal hasil (return) unitlink jenis saham terkontraksi sebesar 1,15% per April 2024. Sementara itu, unitlink campuran mencatatkan rata-rata imbal hasil terkontraksi sebesar 1,21%. Unitlink pendapatan tetap juga terkontraksi sebesar 1,11% per April 2024. Namun, unitlink jenis pasar uang menunjukkan rata-rata imbal hasil yang positif, mencapai 1,03%.

Generali Indonesia memperkuat posisinya dalam pasar dengan fokus pada strategi multi-channel dan multi-product untuk mengakomodir kebutuhan proteksi masyarakat yang semakin meningkat, dengan memberikan solusi-solusi yang sesuai untuk setiap tahap kehidupan nasabah.

Source : https://keuangan.kontan.co.id/news/generali-indonesia-sebut-unitlink-pasar-uang-berkinerja-paling-tinggi-per-april-2024 

 

Pelaku Industri Asuransi Berkolaborasi Tanam Mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Sebanyak 25 pelaku industri asuransi bergabung dalam kegiatan penanaman mangrove di kawasan ekowisata Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. Turut serta dalam kegiatan ini adalah PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), menegaskan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan.

Dibawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan bekerja sama dengan Yayasan Mangrove Indonesia Lestari, kegiatan penanaman mangrove ini menjadi wujud nyata kepedulian terhadap alam dari para pelaku industri asuransi.

Corporate Secretary IFG Life, Gatot Haryadi, menyambut positif kegiatan ini sebagai bukti nyata komitmen IFG Life terhadap keberlanjutan lingkungan. “Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang sangat peduli dengan masa depan keluarga Indonesia, kami melihat urgensi untuk berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang berwawasan keberlanjutan, termasuk salah satunya menanam bibit mangrove di pesisir Jakarta,” ujarnya dalam siaran pers pada Sabtu (4/5/2024).

Mangrove tidak hanya menyediakan habitat bagi berbagai spesies hayati, tetapi juga penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Terlebih lagi, Jakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia dengan populasi lebih dari 11 juta jiwa berbatasan langsung dengan pesisir laut.

Selain manfaat ekologisnya, mangrove juga memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat. Kawasan mangrove tidak hanya melindungi pesisir dari abrasi, tetapi juga meningkatkan sumber daya perikanan dan potensi ekowisata yang berkelanjutan.

Gatot menegaskan bahwa aspek keberlanjutan lingkungan telah menjadi prioritas utama IFG Life. Selama tahun 2023, IFG Life telah mengimplementasikan berbagai program tanggung jawab sosial lingkungan, termasuk perbaikan sarana konservasi penyu di Pantai Bajulmati Malang, bantuan bencana kabut asap di Palangkaraya, penanaman pohon bambu/mangrove di Goa Cermin Bajo, dan membersihkan Pantai Pulau Padar di Taman Nasional Komodo.

“Dengan dukungan bersama dari berbagai pihak di negeri ini, kami yakin kegiatan pelestarian lingkungan ini akan memberikan manfaat bagi kita semua untuk masa depan yang lebih baik,” tutupnya.

Source : https://kabar24.bisnis.com/read/20240504/79/1763117/wujudkan-komitmen-keberlanjutan-ifg-life-tanam-mangrove-di-pik-bersama-aaji?utm_source=desktop&utm_medium=search 

 

Asuransi Penyakit Kritis: Solusi Penting untuk Keamanan Finansial dalam Menghadapi Penyakit Serius

Penyakit kritis tidak hanya mengancam jiwa, tetapi juga dapat berdampak buruk bagi keuangan mereka yang terkena dampaknya. Sebagai solusinya, asuransi penyakit kritis hadir untuk memberikan bantuan finansial yang penting dalam menjalani pengobatan dan perawatan.

Asuransi penyakit kritis memberikan perlindungan finansial dengan memberikan pembayaran tunai jika tertanggung didiagnosis menderita penyakit serius yang tercakup dalam polis. Dana tersebut dapat digunakan untuk biaya pengobatan, hidup sehari-hari, atau kebutuhan lain yang mungkin timbul.

Namun, sebelum memilih asuransi penyakit kritis, penting untuk memahami manfaatnya, pengecualian, dan kriteria untuk memilih yang terbaik.

Perlindungan Kritis untuk Kesejahteraan Finansial Asuransi penyakit kritis memberikan perlindungan penting untuk menjaga kestabilan keuangan Anda dan keluarga saat menghadapi penyakit serius. Dengan pembayaran tunai yang diberikan, Anda dapat fokus pada perawatan tanpa khawatir tentang beban finansial.

Pilihan Pembayaran Fleksibel Pilihlah produk yang menawarkan pembayaran premi yang fleksibel agar dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Cakupan Perlindungan yang Sesuai Pastikan polis asuransi yang dipilih menawarkan cakupan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bacalah dengan cermat semua detail polis untuk memahami apa yang dicakup dan apa yang tidak.

Pengecualian yang Jelas Pastikan semua pengecualian tertulis jelas dalam polis agar tidak ada kejutan tidak menyenangkan saat terjadi klaim.

Keuangan Perusahaan yang Kuat Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki keuangan yang kuat dan stabil agar klaim dapat diproses dengan cepat dan adil.

Memilih Produk Terbaik dengan L&G Insurance Broker Untuk mendapatkan asuransi penyakit kritis terbaik di Indonesia, L&G Insurance Broker merupakan pilihan yang tepat. Dengan reputasi yang baik dan pengalaman selama 17 tahun, L&G Insurance Broker menawarkan produk dengan harga terjangkau, cakupan perlindungan yang luas, serta proses yang cepat dan efisien.

Dengan asuransi penyakit kritis dari L&G Insurance Broker, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran dalam menghadapi masa-masa sulit yang disebabkan oleh penyakit serius.

Dapatkan solusi perlindungan terbaik untuk kesejahteraan finansial Anda dengan L&G Insurance Broker. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi lebih lanjut.

Source : https://leisure.harianjogja.com/read/2024/05/09/508/1173899/penting-dimiliki-mari-mengenal-lebih-jauh-proteksi-penyakit-kritis 

 

MSIG Life Insurance Indonesia Terus Inovasi Digital untuk Meningkatkan Penetrasi Asuransi di Indonesia

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life), sebelumnya dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life, terus menggencarkan inovasi digital sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia. CEO & Presiden Direktur MSIG Life, Wianto Chen, menyoroti bahwa penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, hanya sekitar 0,9%. Namun, dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang melebihi 5% dan bonus demografi yang besar, Indonesia memiliki prospek pasar yang signifikan.

Dalam upaya meningkatkan penetrasi tersebut, MSIG Life telah memperkenalkan berbagai inovasi dalam solusi perlindungan, kesehatan, dan digital. Wianto Chen menjelaskan bahwa MSIG Life telah meluncurkan berbagai produk perlindungan, termasuk produk tradisional dan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI), serta berbagai pilihan dana investasi seperti Excellink Equity Bakti Peduli yang berfokus pada Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Selain itu, MSIG Life juga terus berinovasi dalam ekosistem kesehatan dengan meluncurkan situs web myhealthriskscore.com, yang membantu masyarakat memprediksi risiko kesehatan terkait berbagai penyakit kritis. Ada juga MyFit+ by MSIG Life yang mendorong gaya hidup sehat untuk mencegah timbulnya penyakit.

Dalam bidang inovasi digital, MSIG Life menyediakan berbagai otomasi dalam proses bisnis dan operasional, serta aplikasi seperti aplikasi mobile VEGA by MSIG Life. Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi polis, melakukan transaksi polis, dan mengajukan klaim dengan lebih mudah, di mana pun dan kapan pun.

MSIG Life, yang saat ini berusia 39 tahun dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life, merupakan bagian dari grup asuransi yang masuk dalam daftar Fortune top 500 Global. Wianto Chen menegaskan komitmen MSIG Life untuk menjadi mitra terpercaya dan pilihan utama bagi nasabah, dengan memberikan perlindungan terbaik di setiap langkah hidup mereka.

Dengan terus berinovasi, MSIG Life berharap dapat memperluas jangkauan asuransi di Indonesia dan memberikan manfaat perlindungan kepada lebih banyak orang.

Source : https://finansial.bisnis.com/read/20240503/215/1762866/penetrasi-asuransi-ri-rendah-msig-life-gencar-inovasi-digital?utm_source=desktop&utm_medium=search 

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!