InsurTech

Seberapa Besar Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Efisiensi Industri Asuransi?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, pandemi COVID-19 yang masih  The Economics telah memberikan penghargaan untuk perusahaan-perusahaan asuransi yang inovatif melalui virtual awarding, memasuki tahun kedua sejak diadakannya ajang ini, Most Innovative Insurance Companies Awards 2021 tentunya menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan asuransi yang sukses dalam membangun bisnisnya secara digital. 

Kepada Tribunnews, (Kamis (5/8/2021) Bram S Putro mengatakan “Perluasan dan penguatan teknologi digital diharapkan akan semakin massif dilakukan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, karena kita percaya teknologi digital akan meningkatkan efisiensi. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, semakin relevan teknologi digital untuk semakin banyak digunakan,” 

Companies Awards 2021 hanya sebagai pemantik awal untuk memacu perusahaan untuk berlomba-lomba melakukan terobosan inovatif.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami tertarik untuk membagikan beberapa keuntungan melakukan digitalisasi pada industri asuransi 

  1. Meningkatkan segmentasi pasar secara signifikan

Sebagaimana yang terjadi sebelumnya, kebanyakan pelanggan bergantung pada agen asuransi kepercayaan mereka untuk mendapatkan informasi seputar perencanaan asuransi dan polis. Sama halnya dengan di era digital dimana pelanggan dapat me-review polis asuransi dan membandingkannya dengan produk yang lain. Sebelum memutuskan untuk membeli polis, beberapa pelanggan telah melakukan riset tentang bagaimana reputasi claim settlement dan testimoni pelanggan terdahulu dari seorang agen atau broker. Oleh karena itu, perusahaan dapat memanfaatkan artificial intelligence dan machine learning dalam menginterpretasikan perilaku konsumen dan target pasar secara spesifik terhadap produk tertentu. Dengan cara Ini tentunya dapat menghemat banyak waktu dalam proses pemasaran.

  1. Customer Service 

Keadaan pandemi seperti saat ini telah mengakselerasi transformasi digital, dan pengalaman pelanggan juga sangatlah krusial demi mempertahankan mereka. Oleh karena itu beberapa saran bagi agen dan broker asuransi  adalah sebagai berikut:

  • Online claim status check
  • Online dispute resolution 
  • Obtaining new insurance policies
  • Completing a claim (FNOL) 
  1. Dasbor pelanggan memfasilitasi penyelesaian permintaan

dasbor pelanggan layanan mandiri berfungsi sebagai toserba bagi pelanggan. Platform ini siap membantu pelanggan dalam menghitung premi bulanan dan melacak pembayaran melalui platform terpusat. Pelanggan akan mendapatkan pengalaman baru dalam mengunggah dokumen, membayar premi, mengajukan permintaan klaim, dan dan mengajukan pertanyaan melalui platform yang tersinkronisasi. Dengan begini pelanggan dapat mengakses kebutuhannya dalam berasuransi dari rumah. 

Semakin banyak perusahaan asuransi yang inovatif tidak hanya menguntungkan perusahaan saja tapi juga bagi masyarakat. Tentunya dapat mendorong masyarakat untuk semakin melihat pentingnya berasuransi

Adanya berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan asuransi akan jadi strategi perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya dengan para kompetitornya.

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

Baca Juga :   InsurTech – The New Normal

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top