Industri Konstruksi

Pemilik Proyek: Pentingnya Meninjau dan Mematuhi Jaminan Pelaksanaan (JAMPEL)

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Dalam sesi kali ini, kami melanjutkan diskusi tentang manajemen risiko dan asuransi seputar proyek konstruksi.

Terus terang, ada banyak aspek risiko yang perlu diketahui secara rinci di sektor konstruksi. Baik dari risiko keuangan maupun dari sudut pandang risiko fisik.

Sebagai gambaran, pembangun proyek konstruksi dimulai dari ide atau mimpi yang ingin diwujudkan. Kemudian digambarkan secara visual oleh arsitek dan insinyur.

Pada tahap berikutnya gambar diuji dan dievaluasi, setelah itu metode pengerjaan baru dibuat, bahan yang dibutuhkan, dan metode kerjanya.

Nah, berikut adalah risikonya. Pertama, ada kemungkinan kesalahan ketika arsitek dan insinyur membuat gambar. Ketika itu tidak berjalan seperti yang direncanakan semula.

Kedua, saat melakukan pekerjaan konstruksi bisa terjadi kerusakan dan kerugian akibat bencana alam dan risiko pekerjaan lainnya.

Akibat dari risiko ini menyebabkan kerugian finansial, penalti, dan hilangnya peluang bisnis.

Oleh karena itu, sejak awal perlu mengedepankan aspek manajemen risiko dan asuransi agar kerugian yang terjadi akibat hal-hal yang di luar kemampuan dapat diatasi.

Sebagai broker dan konsultan asuransi senior di Indonesia, kali ini kami akan fokus membahas pentingnya jaminan jaminan  pelaksanaan  bagi pemilik proyek.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silahkan bagikan dengan kolega Anda sehingga mereka juga tahu sama dengan Anda.

Mengapa Performance Bond penting bagi pemilik proyek?

Penting bagi semua pihak yang terlibat dalam industri konstruksi untuk mengambil tindakan afirmatif untuk melindungi investasi mereka dalam proyek konstruksi saat ini dan yang direncanakan.

Salah satu cara pemilik dan kontraktor untuk dapat melindungi diri mereka adalah dengan memastikan bahwa Anda memahami cara mengevaluasi Performance Bond apa pun yang Anda butuhkan untuk proyek Anda.

Bagaimana Cara Kerja Performance Bond?

Jika kontraktor gagal memenuhi persyaratan yang diuraikan dalam kontrak, pemilik proyek (wajib) dapat mengajukan klaim terhadap jaminan /jaminan kontraktor untuk berusaha memulihkan kerusakan keuangan. Jika klaim valid, jaminan akan mengkompensasi wajib atas nama kepala sekolah hingga jumlah jaminan . 

Penting bagi kontraktor untuk mengetahui bahwa Jaminan Pelaksanaan sepenuhnya ganti rugi, jadi jika terjadi klaim, kontraktor bertanggung jawab untuk membayar kembali kepastian jumlah klaim ditambah biaya. Dalam beberapa kasus, jaminan dapat bekerja dengan pemilik proyek setelah klaim untuk menyewa kontraktor baru sebagai pengganti memberikan penyelesaian tunai kepada pemilik proyek.

Apa Manfaat dari Performance Bond ?

Lebih mudah untuk memenangkan tawaran. Kontraktor non-berikat biasanya dikecualikan dari penawaran pada proyek berikat oleh obligee.

 Jaminan akan membayar kerugian jika Anda tidak memenuhi kontrak karena kesalahan penawaran atau jika Anda bangkrut (meskipun Anda harus mengganti dana ini nanti).

Jaminan Pelaksanaan untuk memastikan hanya kontraktor yang memenuhi syarat yang menawar proyek-proyek dengan ukuran dan persyaratan teknis yang sesuai yang memenuhi syarat untuk mereka, yang memastikan proyek yang dimulai memiliki kemungkinan yang jauh lebih tinggi untuk dilihat melalui penyelesaian, bebas dari cacat. Hal ini membuat seluruh proses lebih lancar untuk semua orang..

Pentingnya Meninjau dan Mematuhi Jaminan  Pelaksanaan 

Umumnya, pemilik proyek konstruksi yang membutuhkan kontraktor umum untuk memperoleh jaminan pelaksanaan  sebagai jaminan dan perlindungan terhadap default oleh kontraktor umum di bawah kontrak utama.  Hal ini juga mungkin, dan umum pada proyek-proyek besar, untuk kontraktor umum untuk meminta subkontraktor untuk mendapatkan jaminan pelaksanaan .  

Selain itu, mereka kadang-kadang diperlukan oleh pemilik proyek konstruksi komersial swasta.  Bahkan, karena dampak ekonomi dari pandemi virus corona saat ini, kita dapat mengharapkan frekuensi jaminan pelaksanaan  yang akan diperlukan pada proyek konstruksi komersial meningkat.  

Jaminan pelaksanaan  dipasangkan dengan jaminan pembayaran pada proyek-proyek pemerintah dan hampir selalu dipasangkan dengan jaminan pembayaran pada proyek-proyek swasta.  

Jaminan pembayaran dapat dibedakan dari jaminan pelaksanaan  karena dimaksudkan untuk melindungi kontraktor tingkat bawah dari ancaman non-pembayaran oleh kontraktor umum atau kontraktor di atasnya dalam rantai konstruksi.  

Sementara jaminan pelaksanaan  dimaksudkan untuk menjamin pelaksanaan  kontrak sesuai dengan ketentuan kontrak, dapat dibatalkan dan tidak berguna jika wajib gagal mematuhi persyaratan apa pun yang terkandung dalam jaminan .  

Dengan demikian, sangat penting bagi pemilik proyek konstruksi dan kontraktor untuk membaca jaminan pelaksanaan  Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil tindakan (atau gagal mengambil tindakan), yang mungkin meniadakan hak dan perlindungan Anda berdasarkan jaminan Anda. 

Jaminan pelaksanaan  diperlakukan dan ditafsirkan sebagai kontrak dan dapat dilanggar dan ditegakkan seperti kontrak.  Jika ada default kontraktor, ketentuan jaminan akan menjabarkan tindakan apa pun yang diperlukan dari wajib sebelum kewajiban jaminan untuk memperbaiki default kontraktor muncul.  

Selain itu, ketentuan jaminan menetapkan tanggung jawab jaminan dan memberikan tindakan yang mungkin diperlukan dalam menanggapi default kontraktor. 

Banyak jaminan pelaksanaan  berisi ketentuan yang mengharuskan wajib untuk memberikan kepastian dengan pemberitahuan default kontraktor sebelum kewajiban jaminan untuk menyembuhkan default kontraktor. 

Di mana pemberitahuan default tidak diberikan kepada jaminan, itu kehilangan hak mitigasinya dan menderita cedera.  

Dengan demikian, di mana wajib bertindak dengan menyewa kontraktor pengganti atau memperbaiki default kontraktor sebelum memberi tahu kepastian default dan gagal memberikan jaminan kesempatan untuk mengurangi kerusakan dari default kontraktor itu sendiri, pengadilan dari yurisdiksi lain telah menyimpulkan bahwa obligee telah secara material melanggar jaminan  pelaksanaan  dan bahwa kepastian dibebaskan dari tampil di bawah jaminan .  Tampaknya pengadilan North Carolina akan mengadopsi alasan ini jika masalah ini muncul.  

Oleh karena itu, jika Anda gagal memberikan pemberitahuan default yang tepat di bawah jaminan  pelaksanaan  Anda, Anda bisa kehilangan hak untuk menegakkan jaminan  dan perlindungan berharga yang diberikannya. 

Jaminan  pelaksanaan  sangat berbeda dari jaminan  pembayaran.  Kepastiannya bukan menjamin akan menutupi biaya gagal bayar kontraktor melainkan hanya menjamin untuk melakukan kewajibannya sesuai dengan ketentuan jaminan .  

Sifat dari jaminan  pelaksanaan  adalah bahwa kepastian tidak melakukan apa pun pada sebagian besar proyek.  

Ketika kepastian memang harus bertindak, ia berhak untuk melindungi dirinya sendiri dengan menerima pemberitahuan yang cepat dan kesempatan untuk menyembuhkan default jika jaminan  itu membutuhkannya.  

Jika jaminan  memberikan beberapa opsi untuk bagaimana kepastian dapat memperbaiki default kontraktor, kepastian berhak untuk menggunakan haknya untuk memilih opsi yang paling menguntungkan baginya.  Wajib harus menyadari hak-hak jaminan dan harus menghindari campur tangan atau melukai hak-hak jaminan di bawah jaminan .  

Jaminan  pelaksanaan  mungkin mengharuskan pemilik untuk memberikan pemberitahuan pra-default kepada kontraktor dan kepastian atau mungkin memerlukan pemberitahuan default yang cepat dan keputusan pemilik untuk menghentikan kontraktor. 

Jika jaminan  pelaksanaan  mengharuskan jaminan diberikan pemberitahuan sebelum tugasnya untuk memperbaiki default kontraktor muncul, maka adalah kepentingan terbaik pemilik untuk memberikan kepastian dengan pemberitahuan tersebut dan untuk memastikan kepastian memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan tentang cara memperbaiki default kontraktor.  

Secara kritis, bahkan jika kontrak pemilik dengan kontraktor memberinya hak untuk memberhentikan kontraktor dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki default kontraktor, mengambil tindakan tersebut tanpa terlebih dahulu membaca jaminan  pelaksanaan  dapat mengakibatkan pelanggaran material terhadap jaminan  pelaksanaan .  Dengan demikian, sangat penting bahwa Anda meninjau jaminan  pelaksanaan  Anda sebelum mengambil tindakan kuratif. 

Apa itu kontra bank garansi?

Secara umum, di Indonesia, jaminan pelaksanaan  diperlukan menggunakan bank. Nah, jika kondisi keuangan kontraktor (principal) baik dan mampu menyediakan dana sebanyak yang dibutuhkan oleh pemilik proyek, mungkin tidak masalah.

Namun ada alternatif lain yang jauh lebih menarik, yaitu Contra Bank Guarantee atau sering juga disebut Counter Bank Guarantee.

Contra bank guarantee adalah kerja sama antara perusahaan asuransi dan bank. 

Jika Anda mengurus penerbitan Performance Bonds langsung ke bank, biasanya Anda diminta untuk menyediakan dana di bank sebesar nilai yang dijamin. Dana Anda akan ditahan selama masa proyek.

Jika Anda menggunakan kontra bank garansi, maka dana yang ditahan bukan dana Anda, melainkan dana dari perusahaan asuransi atau jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada bank. Jadi, dana Anda aman dan bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Dengan demikian, counter bank garansi akan sangat membantu dalam hal arus kas.

Saat ini, sebagian besar pemilik proyek lebih suka memiliki kontra bank garansi.

Bagaimana cara mengurus Performance Bond?

Mengatur jaminan pelaksanaan sama seperti memproses pinjaman ke bank. Itu tidak mudah. Setiap informasi, dokumen, dan data pendukung, yang mendasarinya harus disediakan.

Bank dan perusahaan asuransi membutuhkan waktu untuk meninjau semua dokumen ini. Jika ada informasi yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan persyaratan atau informasi tambahan diperlukan.  

Jika Anda mengurusnya sendiri, Anda akan kewalahan. Apalagi jika anda ingin mendapatkan kontra bank garansi.

Oleh karena itu, Anda memerlukan bantuan perusahaan pialang asuransi yang secara bersamaan bertindak sebagai konsultan Anda.

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang berada di pihak Anda, jauh berbeda dari agen asuransi karena agen berada di pihak perusahaan asuransi yang dia wakili.

Broker asuransi akan membantu Anda menghubungi perusahaan asuransi yang dapat memberikan jaminan jaminan i pelaksanaan  yang Anda butuhkan. Selain itu, broker asuransi juga akan mengurus bank penerbit sesuai dengan ketentuan kontrak.

Dengan bantuan broker asuransi, proses penerbitan menjadi lebih cepat dan memenuhi persyaratan kontrak.

Salah satu perusahaan pialang asuransi Indonesia yang telah banyak berpengalaman yang telah berhasil menerbitkan ribuan jaminan dan bank garansi adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi proyek Anda, hubungi L&G sekarang juga!

Sumber:

 

  1. https://www.natlawreview.com/article/importance-reviewing-and-complying-performance-bonds
  2. https://www.californiacontractorbonds.com/contract-bonds/performance-bond/

 


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!