Industri Konstruksi

Mengapa Kontraktor Membutuhkan Asuransi Error and Omission (E&O)?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Sebagai kelanjutan dari diskusi kami sebelumnya tentang manajemen risiko dan asuransi di industri konstruksi, kali ini kami akan membahas kesalahan dan kelalaian kontraktor.

Sebagai broker asuransi yang banyak berpengalaman di bidang risiko konstruksi, kami ingin berbagi pengalaman kami dengan sesama pelaku industri konstruksi dengan harapan dapat mencegah kecelakaan dan merugikan bagi kontraktor.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan dengan teman-teman Anda sehingga mereka dapat memahami seperti yang Anda lakukan. 

Seperti yang kita semua tahu adalah bahwa tidak peduli berapa banyak pengalaman yang Anda miliki atau seberapa hati-hati Anda, kesalahan dan kelalaian tetap bisa terjadi. 

Ketika klien menderita secara finansial karena kesalahan Anda (karena keterlambatan proyek, kehilangan pendapatan, biaya instalasi ulang, dll.), Polis asuransi  E&O kontraktor akan menutupi kewajiban Anda yang timbul dari situasi tersebut.

Untuk kelalaian disebabkan oleh kesalahan dan kesalahan dalam desain, hal ini juga dapat terjadi karena perubahan pikiran dari majikan. Pengambilan keputusan yang salah mengenai konsep desain selama tahap desain juga dapat membuat alasan untuk kelalaian selama tahap konstruksi.

Urutan variasi umumnya dikeluarkan untuk penambahan dan kelalaian dari ruang lingkup kerja kontrak. Namun, sebagian besar waktu, kontraktor atau insinyur yang bekerja atas nama kontraktor tidak memiliki gagasan yang tepat tentang alasan kontrak terkait dengan kelalaian dalam kontrak konstruksi.

Kontraktor biasanya membeli asuransi E&O untuk:

  1. Untuk melindungi bisnis mereka dari cacat desain dan tuntutan hukum pengerjaan yang salah.
  2. Untuk membayar kerusakan akibat pemasangan material yang rusak
  3. Untuk ay untuk dan mengkoordinasikan tim hukum yang berpengalaman untuk membantu mereka melalui gugatan

Apa Itu kelalaian?

Dalam praktiknya, variasi kontrak bisa dengan cara penambahan atau kelalaian. Kelalaian kontrak berarti penghapusan sebagian pekerjaan dari lingkup pekerjaan asli. Biasanya dalam situasi seperti itu, biaya lingkup kerja yang dihapus dikurangkan dari nilai kontrak asli.

Oleh karena itu, sebagai kontraktor, Anda akan melihat jumlah proyek akhir yang berkurang dari jumlah yang disepakati semula karena kelalaian tersebut.

Namun, jika ada penambahan kontrak, jumlah akhir akan bervariasi lagi. Secara keseluruhan, kelalaian juga disebut sebagai variasi kontrak konstruksi.

Kelalaian dalam Kontrak Konstruksi

Kelalaian disebabkan oleh kesalahan dan kesalahan dalam desain. Hal ini juga dapat terjadi karena perubahan pikiran dari majikan. Pengambilan keputusan yang salah mengenai konsep desain selama tahap desain juga dapat membuat alasan untuk kelalaian selama tahap konstruksi.

Apakah kelalaian dan kegagalan bekerja sama?

Perhatikan bahwa kelalaian dan pekerjaan yang gagal adalah dua hal yang berbeda. Meskipun ada banyak alasan untuk pekerjaan yang gagal, jika pekerjaan yang gagal disebabkan oleh perubahan ruang lingkup, maka kontraktor dapat mengklaim biaya untuk pekerjaan tersebut sebagai tambahan kontrak. Anda harus mempertimbangkan efek dari setiap pekerjaan yang gagal sesuai dengan kontrak dan sifat pekerjaan.

Selanjutnya, agar kelalaian valid, Arsitek atau Administrator Kontrak harus mengeluarkan instruksi secara tertulis.

Apa itu kelalaian yang sebenarnya?

Karena kelalaian adalah variasi pada kontrak yang menciptakan nilai negatif untuk jumlah kontrak. Oleh karena itu, situasi kontraktual di bawah kelalaian disebutkan di bawah klausul variasi.

Biasanya, klausul variasi kondisi standar kontrak memungkinkan kelalaian. Tetapi ada juga batasan pada kekuatan untuk mengeluarkan pesanan variasi.

Kelalaian harus asli.

Jika pekerjaan yang dihilangkan dari kontrak adalah dengan maksud menugaskan pihak ketiga untuk melakukan pekerjaan yang sama, maka kelalaian ini tidak valid.

Pengusaha atau Arsitek tidak dapat memutuskan kelalaian dengan maksud untuk mempekerjakan kontraktor lain untuk melakukan lingkup pekerjaan yang sama dengan biaya lebih rendah dengan maksud menghemat uang dari biaya proyek.

Jika kelalaian kontrak tidak asli, maka itu membuat alasan untuk perselisihan.

Bagaimana cara melakukan penilaian kelalaian?

Penilaian pekerjaan yang dihilangkan akan dilakukan dengan metode yang sama yang disebutkan di bawah penilaian variasi.

Baca posting ini tentang variasi dalam kontrak konstruksi untuk pemahaman yang lebih baik tentang cara menghitung jumlah kelalaian dengan benar.

Kesalahan Arsitek dan Kelalaian Mengubah Pesanan 

Urutan perubahan adalah istilah yang digunakan dalam industri konstruksi untuk modifikasi formal atau perubahan kontrak. 

Perubahan adalah modifikasi dalam lingkup asli, jadwal kontrak, atau biaya kerja. Pesanan perubahan adalah modifikasi kontrak formal yang menggabungkan perubahan ke dalam kontrak dan merupakan bagian dari proses konstruksi normal. 

Selama fase konstruksi, mereka kadang-kadang mengganggu kemajuan pekerjaan yang teratur dan dapat menjadi beban bagi pemilik dan kontraktor karena cukup sering mereka meningkatkan durasi dan biaya kontrak konstruksi.

Perubahan ruang lingkup atau rincian hasil konstruksi dari berbagai alasan dan termasuk kondisi yang tidak terduga, permintaan pemilik, persyaratan resmi bangunan, rekayasa nilai, substitusi material / peralatan, atau kesalahan dan kelalaian dalam dokumen kontrak. 

Yang terakhir memiliki potensi paling besar untuk ketidakpuasan pemilik dan biasanya menyebabkan peningkatan jumlah kontrak selama konstruksi karena biaya kontraktor untuk membuat perubahan akan lebih tinggi daripada jika pekerjaan yang sama atau serupa tidak termasuk dalam tawaran asli.

Beberapa pemilik percaya bahwa kesalahan dan kelalaian mengubah pesanan harus dibayar oleh profesional desain. Baik standar perawatan untuk layanan oleh profesional desain maupun sifat layanan profesional tidak akan mendukung posisi bahwa desain harus sempurna. Kesalahan manusia harus diantisipasi.

Desain dilakukan oleh arsitek sebagai layanan profesional yang tidak berwujud, sama seperti layanan profesional lainnya, dan tunduk pada keterbatasan manusia yang sama dengan praktik kedokteran, hukum, penerbangan, atau akuntansi. 

Selain itu, dokumen desain adalah produk dari gambar atau spesifikasi dokumen konstruksi hanyalah instrumen dari layanan arsitek, yang didefinisikan dalam hukum sebagai kekayaan intelektual tidak berwujud.

Penting untuk menetapkan bahwa gambar dan spesifikasi konstruksi tidak berfungsi sebagai manual instruksi kepada kontraktor tentang cara membangun bangunan. Mereka berfungsi untuk menentukan ruang lingkup proyek dan niat desain.

Kesimpulannya, arsitek dicari karena pendidikan, pelatihan, dan keterampilan khusus mereka. Mereka memiliki tugas profesional untuk menggunakan keterampilan dan kompetensi biasa sebagai anggota profesi mereka. 

Praktek Arsitektur tidak mengejar kesempurnaan melainkan berusaha untuk keterampilan biasa dan perawatan. Pemilik yang menyewa arsitek, dan kontrak yang bergantung pada produk kerja arsitek, tidak dibenarkan dalam mengharapkan kesempurnaan tetapi harus mengharapkan perawatan dan kompetensi yang wajar seperti profesi lainnya.

Memahami Asuransi Kesalahan & Kelalaian Kontraktor (E&O) 

Asuransi E&O, melindungi kontraktor perdagangan dari kerusakan yang timbul dari pengerjaan yang rusak, layanan desain terbatas, penarikan kembali pekerjaan mereka, atau penggunaan bahan yang rusak.

Siapa yang membutuhkan asuransi E&O kontraktor?

Menentukan apakah Anda memerlukan asuransi E&O sangat tergantung pada skala bisnis Anda, kontraktor umum tempat Anda bekerja, dan jenis pekerjaan yang Anda lakukan. 

Apa yang dijamin oleh E&O kontraktor?

Ini adalah polis asuransi umum dalam industri konstruksi, tetapi mereka cenderung bervariasi menurut operator. Polis asuransi E&O ini bahkan bisa sedikit berbeda bagi pemegang polis yang menggunakan perusahaan asuransi yang sama, jadi pastikan untuk membaca polis Anda (atau meminta kami melakukannya untuk Anda) sebelum mengasumsikan polis asuransi  Anda sama.

Untuk mengetahui cakupan apa yang termasuk dalam polis E&O kontraktor, keluarkan polis asuransi Anda). Di bawah “Perjanjian Mengasuransikan,” biasanya di halaman pertama polis asuransi , akan ada istilah yang berani yang dijamin  oleh polis asuransi  tersebut. Sebagian besar waktu, kata ini akan menjadi variasi dari “tindakan yang salah.” Berikut adalah contohnya:

Kesalahan dan Kelalaian Kontraktor – Tindakan yang Salah

Cakupan ini adalah kesalahan atau kelalaian dalam pekerjaan desain; pengerjaan yang salah; dan penggunaan bahan atau produk yang rusak dalam pekerjaan Anda. Kebijakan tersebut kemudian mencantumkan kerusakan apa yang akan ditanggungnya yang timbul dari ketiga kategori klaim tersebut.

Tapi apa arti ketiga cakupan ini bagi bisnis Anda? Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang masing-masing dari mereka:

1) Kesalahan Atau Kelalaian Dalam Desain 

Cakupan pertama yang diberikan pada polis asuransi E&O kontraktor melibatkan cacat dalam desain pekerjaan Anda.

Misalkan Anda menyediakan layanan yang tidak hanya melibatkan instalasi proyek tetapi juga pekerjaan desain pra-instalasi. 

Atau mungkin Anda memberikan rekomendasi tentang ukuran produk atau bahan tertentu (rekomendasi ukuran pipa, rekomendasi peralatan mekanis, dan sebagainya). Jika itu terdengar seperti Anda, cakupan ini berlaku untuk bisnis Anda.

Jika ditentukan bahwa cacat desain menyebabkan proyek tidak melayani tujuan yang dimaksudkan untuk klien, cakupan ini akan membantu membayar kerusakan yang disebabkan oleh cacat desain.

2) Pekerjaan yang Salah

Selama bertahun-tahun Anda dalam bisnis, Anda mungkin telah membuat kesalahan. Kemungkinannya adalah Anda mungkin akan membuatnya suatu saat di masa depan juga.

Penting untuk dicatat bahwa jika pekerjaan Anda yang salah menyebabkan kerusakan properti atau cedera tubuh pada klien, itu adalah klaim kewajiban umum. Polis asuransi E&O kontraktor dimaksudkan untuk melengkapi kesenjangan cakupan pada kebijakan kewajiban umum komersial.

3) Bahan atau Produk cacat dalam pekerjaan Anda

Kadang-kadang, apa yang tampak seperti ada pekerjaan yang salah atau masalah dengan desain dapat menjadi bahan cacat yang Anda beli dari pemasok. Ini dapat berkisar dari beton yang rusak hingga produk yang rusak seperti panel listrik atau pompa kolam renang.

Jika, setelah insiden awal, ditentukan bahwa pemasangan bahan yang rusak atau produk cacat adalah penyebab insiden tersebut, kebijakan E&O kontraktor akan merespons dan membayar ganti rugi.

Apa yang tidak dicakup oleh E&O kontraktor?

Meskipun kebijakan E&O kontraktor mencakup berbagai hal, ada beberapa batasan yang harus Anda waspadai. Kebijakan ini tidak akan mencakup insiden ini:

1) Ketidakakuratan Penawaran

Ketidakakuratan penawaran dapat berdampak buruk pada bisnis Anda. Jika, ketika menawar proyek, Anda mengabaikan spesifikasi atau membuat kesalahan yang mengakibatkan underbidding pekerjaan (yang pada gilirannya mengakibatkan bisnis Anda mengambil kerugian pada proyek), kebijakan E &O kontraktor tidak akan menutupi kesalahan tersebut.

2) Nasehat Hukum Atau Gagal Menyarankan Pekerjaan Hukum 

Ada banyak kontrak dan perjanjian yang terkait dengan proyek bangunan. Jika Anda memberikan nasihat hukum, itu tidak tercakup dalam kebijakan ini. Itu termasuk memberikan saran tentang kontrak. 

Jika Anda memiliki klien yang bertanya tentang kontrak atau perjanjian tertentu, kami sarankan untuk merujuk mereka ke pengacara berlisensi di daerah Anda sebelum menawarkan saran Anda, karena kebijakan ini tidak akan mencakup kesalahan yang Anda buat.

3) Polusi

Tanggung jawab polusi adalah kekhawatiran yang dihadapi banyak kontraktor saat mereka meningkatkan bisnis mereka.

Banyak perusahaan asuransi mulai menawarkan kebijakan E&O dan kombinasi polusi kontraktor. Hal ini terutama disebabkan oleh sub kontraktor yang membutuhkan E&O dan cakupan polusi saat bekerja untuk kontraktor umum tertentu (dijelaskan secara lebih rinci dalam wawasan kami, “Panduan untuk Asuransi Kontraktor”).

Karena kebijakan kombinasi ini umum, kami ingin menunjukkan bahwa memiliki kontraktor E&O tidak berarti bahwa kebijakan tersebut mencakup polusi juga. Kecuali Anda secara khusus membeli kebijakan yang memiliki E&O dan cakupan polusi, jenis klaim ini tidak akan tercakup.

Bagaimana cara mendapatkan Asuransi Kesalahan dan Kelalaian terbaik?

Seperti yang terlihat pada penjelasan di atas cakupan asuransi E&O sangat penting bagi perusahaan kontraktor. Namun sayangnya, tidak mudah untuk mendapatkan jaminan asuransi ini.

Cara terbaik untuk mendapatkan asuransi Error and Omission adalah dengan menggunakan jasa perusahaan broker asuransi.

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang bekerja untuk Anda. Pialang asuransi merancang program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, menegosiasikannya dengan beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan cakupan paling luas dan dengan biaya premi yang paling kompetitif.

Salah satu perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang risiko konstruksi di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Hubungi L&G sekarang untuk semua kebutuhan asuransi Anda.

Sources:


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!