Asuransi Pengiriman Barang

Kenapa Anda Harus Bijak Mengurus Asuransi Pengiriman Barang (Marine Cargo)?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Sepertinya tanda-tanda aktivitas bisnis sudah berangsur normal setelah wabah COVID-19. Kegiatan di bidang logistik dan pengiriman barang secara perlahan sudah mulai meningkat sejak awal Agustus lalu.

Sejalan dengan meningkatnya volume pengangkutan barang, maka kebutuhan perlindungan asuransi juga akan semakin meningkat.

Seperti kita ketahui bahwa resiko pengangkut barang senantiasa tinggi meskipun tingkat pengamanan pelayaran sudah meningkat. Salah satu penyebab dari meningkatnya resiko adalah perubahan cuaca iklim yang semakin ekstrim. Banjir, badai, angin topan, ombak besar terjadi silih berganti di berbagai belahan dunia.

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi kami sangat prihatin dengan tingkat keselamatan pengangkutan barang. Kebutuhan asuransi pengiriman barang kini semakin diperlukan.Meskipun kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan asuransi pengiriman barang sudah meningkat akan tetapi tidak mudah untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik.

Polis asuransi pengiriman barang sudah dirancang sejak 400 tahun lalu dan sebagian dari ketentuannya masih berlaku hingga saat ini. Untuk menjamin resiko-resiko baru dan khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda diperlukan bantuan broker asuransi sebagai konsultan asuransi Anda. Saran kami selalu gunakan jasa broker asuransi untuk pembelian asuransi Anda. Jangan mengambil resiko.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengangkut barang ke seluruh dunia bukannya tanpa risiko tertentu. Dan jika Anda pernah mengirim barang ke dunia  internasional, Anda menyadari betapa banyak hal yang bisa salah saat barang dalam perjalanan. Di situlah asuransi kargo diperlukan.

Melindungi pengiriman dari kehilangan

Anda tidak selalu dapat melindungi barang Anda dari kehilangan. Faktanya, jumlah peti kemas yang hilang di laut setiap tahun jumlahnya sangat mencengangkan.

Kabar baiknya adalah dengan mengasuransikan barang Anda dengan baik dapat melindungi nilai barang Anda terhadap potensi kerugian yang dapat terjadi saat transit selama pengiriman udara, laut, dan kereta api.

Kebanyakan pihak pengirim salah dalam memahami bagaimana cara  mengurus asuransi jika terjadi kehilangan barang milik mereka. Dan berbagai aturan dan peraturan seputar topik tersebut dapat membuat segalanya menjadi lebih rumit. Untuk menjernihkan kebingungan ini, di dalam tulisan ini ini akan menjelaskan informasi tentang asuransi pengiriman barang atau asuransi kargo  dan bagaimana hal itu dapat membantu mengurangi risiko pengiriman Anda.

Apa itu asuransi pengiriman barang atau asuransi kargo?

Asuransi pengiriman barang atau asuransi kargo laut adalah metode yang paling umum digunakan untuk melindungi nilai barang Anda dari kerusakan fisik, pencurian, atau tanggung jawab bersama (general average).

Perlu Anda ketahui bahwa  jaminan asuransi kargo tidak selalu otomatis disertakan untuk semua barang yang dikirim. Oleh karena itu perlu dipastikan siapakah yang akan bertanggung jawab untuk mengurus jaminan asuransi, penjual atau pembeli, importir atau eksportir. Pengirim atau penerima barang dapat membeli polis  melalui broker asuransi.

Untuk menambah kesadaran Anda, coba bandingkan asuransi pengangkutan barang dengan asuransi mobil. Anda membayar pertanggungan asuransi mobil Anda atas resiko kecelakaan dan pencurian terjadi. Anda tidak bisa merencanakan atau menghindari hal-hal semacam ini. Bahkan setelah bertahun-tahun tidak ada masalah, tapi Anda masih bersedia melindungi mobil Anda. Lagi pula, bahkan hanya untuk mendapatkan jaminan paling dasar Anda rela kehilangan banyak uang jika terjadi kecelakaan.

Prinsipnya sama persis dengan asuransi cargo. Dengan memilih untuk membayar sebagian kecil dari nilai barang Anda, Anda melindungi diri Anda sendiri untuk hari ketika hal yang tidak terduga terjadi.

Apakah asuransi kargo merupakan persyaratan pengiriman barang?

Tidak ada persyaratan yang mengharuskan Anda untuk membeli asuransi cargo. Namun, sangat disarankan agar Anda dapat melindungi barang Anda dengan lebih baik dari potensi risiko—beberapa di antaranya dapat menjelma menjadi bencana besar.Penting untuk mempertimbangkan biaya asuransi dengan potensi kerugian dan kerusakan jaminan yang dapat terjadi tanpa asuransi.

Ingatlah bahwa meskipun Anda membuktikan bahwa perusahaan perkapalan pemilik kapal yang akan bertanggung jawab secara hukum. Jika kecelakaan dan kehilangan disebabkan oleh kesalahan dan kelalaian dari pihak kapal, ya mereka bertanggung jawab.

Baca Juga :   Rahasia Cara Cepat Menyelesaikan Klaim Asuransi Marine Cargo #1

Secara hukum hal itu memang ada akan tetapi ada ketentuan, persyaratan dan dan batasannya.  Jika mengacu kepada konvensi internasional batas tanggung jawab mereka adalah $500,00 USD per paket atau unit pengiriman biasa, atau nilai barang yang sebenarnya, mana saja yang lebih kecil. Dan operator angkutan udara hanya bertanggung jawab atas 19 SDR per kilo (sekitar $24.00 USD). Seperti yang dapat Anda bayangkan, sebagian besar barang memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada tarif ini. Oleh karena itu, tanpa asuransi yang tepat, Anda bisa kehilangan sebagian besar nilai kargo Anda

Siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan?

Beberapa jenis kerusakan yang paling sering terjadi  justrubukan tanggung jawab pengangkut, termasuk kebakaran, misalnya seperti bencana alam,  pemogokan, kecelakaan laut, masalah dalam hal packing, dan banyak lagi. Dengan adanya peraturan ini, membuktikan bahwa pengangkut bertanggung jawab secara hukum atas barang Anda bisa jadi sulit.

Selain itu, banyak pihak-pihak dan perusahaan yang menangani pengiriman Anda selama penyimpanan dan transit. Hal ini sulit untuk melacak di mana kerusakan terjadi atau membuktikan siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Dengan polis asuransi kargo, Anda dilindungi untuk kerugian ini dan tidak perlu membuktikan tanggung jawab.

Apa itu General Average?

Jika kapal mengalami kebakaran dan terjadi tindakan pengorbanan atau pembuangan muatan dan tindakan luar biasa lainnya untuk penyelamatan pelayaran, pengangkut dapat menyatakan kondisi General Average tanggung jawab umum secara rata-rata. Jika ini terjadi, semua orang yang memiliki muatan di kapal diminta untuk menanggung biaya pengeluaran.

Jika pengangkut sudah menyatakan kondisi General Average dan kargo Anda berada di kapal, kargo Anda tidak akan dilepaskan sampai keamanan penyelamatan dan  besarnya tanggung jawab rata-rata umum dihitung. Ini bisa memakan waktu berminggu-minggu dan cukup mahal.

Dapatkah kesepakatan perdagangan dengan pembeli atau pemasok?

Dengan membuat kesepakatan perdagangan dengan pembeli atau pemasok mungkin tidak cukup mencakup. Karena di dalam ketentuan asuransi biaya dan pengangkutan (CIF), mereka hanya diwajibkan untuk memberikan pertanggungan minimal. Jika Anda memilih untuk mengejar jenis pertanggungan ini, selalu periksa dengan cermat isi polis asuransi mereka untuk memastikan kargo Anda  jaminannya sudah cukup.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi cargo.Tetapi untuk mendapatkan jaminan yang tepat untuk bisnis Anda membutuhkan riset. Hanya karena penyedia asuransi memiliki tarif tertinggi tidak selalu dapat menjamin terbaik.

Bagaimana cara mendapatkan jaminan asuransi pengiriman barang yang terbaik?

Seperti yang Anda lihat di atas bahwa resiko pengangkutan barang itu tinggi. Hampir tidak lagi orang yang tidak mengasuransikan barangnya ketika sedang dalam pengirimannya.

Di lain pihak tidak sedikit pemilik barang yang kecewa karena ketika terjadi kerusakan atas barangnya ternyata tidak dijamin oleh polis asuransi yang mereka beli. Jikapun dibayar dan jumlahnya tidak sebesars yang mereka harapkan. Proses klaimnya rumit, berbelit-belit dan memakan waktu lama.

Cara terbaik adalah dengan selalu menggunakan jasa broker asuransi yang berpengalaman. Broker asuransi adalah ahli asuransi yang diakui dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Broker asuransi yang merancang jaminan asuransi sesuai dengan kebutuh dan kondisi Anda. Memilih perusahaan asuransi yang terbaik yang ketika terjadi klaim tidak “mencla-mencle” untuk membayar. Broker asuransi juga menegosiasikan tarif premi yang paling kompetitif untuk Anda. Dan yang paling penting jika terjadi klaim broker asuransi yang maju mengurus klaim asuransi Anda. Perlu Anda ketahui broker asuransi juga sebagai advokat atau pengacara asuransi Anda.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka adalah L&G Insurance Broker. Untuk semua kebutuhan asuransi Anda hubungi L&G sekarang juga!

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top