Asuransi Bencana Alam

Banjir Besar di China 2021, Seperti Apa Dampaknya bagi Industri Asuransi Dunia?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Kini kita semakin sering mendengar berita tentang bencana alam. Dalam tiga pekan terakhir mulai dari minggu ke tiga bulan Juli 2021 hingga minggu terakhir ini seperti tidak putus-putusnya kita dikejutkan oleh berita bencana alam khusus banjir yang melanda hampir setiap bagian dunia.

Di mulai dari banjir besar yang melanda Eropa barat hingga Eropa tengah. Beberapa hari kemudian dilanjutkan berita banjir besar yang melanda daratan China mulai dari bagian tengah hingga bagian selatan di Shanghai beberapa jam yang lalu. Banjir juga menggenangi sebagian besar wilayah Nigeria di Afrika kemudian menggenangi dan merusak wilaya padang pasir di Oman di Asia.

Peristiwa ini sekali lagi membuktikan bahwa fenomena iklim dunia sudah berubah drastis. Ketika wilayah lain menderita akibat hujan dan banjir sementara di bagian dunia yang lain terjadi kekeringan dan suhu panas yang sangat ekstrim seperti yang terjadi di New York Amerika Serikat. Suhu meningkat hingga mendekati 50 derajat celcius, menyebabkan terjadinya kebakaran hutan yang begitu luas hingga mencapai jutaan hektar.

Para ahli iklim di dunia telah sepakat bahwa penyebab utama dari perubahan iklim dunia adalah akibat dari penggunaan energi fosil yang telah menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Sebagai ahli broker asuransi dan konsultan asuransi kami tertarik untuk membahas masalah ini. Kami ingin menjelaskan seperti apa dampak perubahaan iklim yang terjadi di China beberapa hari yang lalu. Bagaimana dampaknya terhadap industri perasuransian.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa resiko akibat bencana alam termasuk resiko yang dapat dijamin oleh polis asuransi. Resiko-resiko tersebut antara lain banir, angin topan, badai, tanah longsor, pemba bumi, letusan gunung berapi dan tsunami.

Tulisan ini kami susun berdasarkan pengalaman pribadi dan ditambah dari informasi dari media internasional. Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Curah hujan terberat di China dalam 1000 tahun, mengakibatkan banjir  dan kerusakan parah

China menderita akibat banjir parah hampir setiap tahun, yang menyebabkan  kematian dan nyawa dan kehilangan harta benda. Semakin kesini dampaknya semakin memburuk akibat dari perubahan iklim dan urbanisasi yang cepat di China.

Pemandangan yang mengerikan dan menyayat hati  melihat mobil terbalik dan orang-orang yang terjebak di dalam kereta bawah tanah yang terendam banjir dan jalan-jalan di China,  telah membanjiri media sosial di seluruh dunia dalam tiga hari terakhir. Sebuah video oleh China Xinhua News memperlihatkan para penumpang berada dalam genangan air setinggi leher di dalam jalur metro di kota Zhengzhou, kota yang memiliki populasi lebih dari 1,2  orang penduduk.

Menurut laporan media setempat bahwa sedikitnya ada 25 orang, termasuk 12 penumpang kereta bawah tanah tewas dalam hujan lebat.  Pada hari itu  provinsi Henan di China tengah mengalami curah hujan paling parah dalam 1.000 tahun. Menurut laporan pejabat lokal menyatakan bahwa Zhengzhou mencatat curah hujan 617,1 mm dari Sabtu hingga Selasa, hampir sama dengan curah hujan rata-rata tahunan di kota  itu (640,8 mm).

Menurut media yang dikelola pemerintah,  ada 1,24 juta orang terkena dampak banjir dan sebanyak 160.000 terpaksa dievakuasi. Tujuh orang dilaporkan hilang, sementara dua orang tewas akibat tertimpa runtuhnya tembok. Bukan hanya kereta bawah tanah, jalan-jalan, hotel, dan sejumlah besar bangunan yang terendam air, membuat transportasi umum kota terhenti. Kuil Shaolin, tempat perlindungan bagi biksu Buddha, juga dilaporkan dilanda banjir parah.

China mengalami genangan air yang parah setiap tahun, menyebabkan hilangnya nyawa dan harta benda. Namun, selama bertahun-tahun, dampaknya semakin memburuk akibat dari perubahan iklim dan urbanisasi yang cepat. Akibat semakin banyak tanah yang ditutupi dengan beton kedap air, risiko genangan air di permukaan meningkat. Tahun lalu, banjir di negara itu menyebabkan lebih dari 200 orang tewas atau hilang dan menyebabkan kerusakan langsung senilai $25 miliar.

Sumber: https://indianexpress.com/article/explained/explained-chinas-heaviest-rain-in-1000-years-floods-7415657/

Perusahaan asuransi China bergerak cepat untuk menangani klaim yang meningkat setelah banjir di Henan

Setelah hujan lebat yang belum pernah terjadi sebelumnya melanda Provinsi Henan, China Tengah, menyebabkan banyak mobil terbalik, rumah hancur dan orang-orang yang terdampar, perusahaan asuransi China merespons dengan cepat dengan langkah-langkah dan mendesak untuk menangani klaim dari pemegang polis, dengan lebih dari 65.000 klaim tiba pada Kamis.

Kesibukan perusahaan asuransi di China terlihat dan mereka meluncurkan langkah-langkah darurat untuk mendukung respons terhadap banjir di Henan, seperti  jalur khusus hijau untuk penyelesaian klaim dengan cepat dan penghapusan batas tagihan untuk perawatan dan obat-obatan di rumah sakit yang ditunjuk.

Ping An Insurance Group Co of China salah perusahaan asuransi terkemuka mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah menerima lebih dari 20.000 klaim di Henan akibat hujan lebat, mengatakan bahwa total penyelesaian dan pembayaran klaim bisa mencapai 600 juta yuan ($ 92,82 juta).

China Pacific Insurance (Group) Co salah satu perusahaan asuransi terkemuka di China juga menerima lebih dari 10.000 klaim asuransi di provinsi tersebut pada pukul 9 pagi pada hari Kamis. Karyawan mereka di pusat layanan pelanggannya di Provinsi Shandong, Tiongkok Timur dan Changsha, Provinsi Hunan, Tiongkok Tengah, membimbing klien di Henan melalui proses tersebut.

Salah seorang staf layanan klien di Ping An Insurance cabang Henan mengatakan kepada Global Times pada hari Kamis bahwa volume panggilan telepon untuk pengajuan klaim dan pertanyaan asuransi melonjak sekitar belasan kali sejak hujan dan banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya melanda provinsi tersebut.

Timnya telah menerima panggilan telepon selama 24 jam, sekitar 90 di antaranya terkait dengan asuransi kendaraan. Sisanya terkait dengan kecelakaan.

Seorang warga Zhengzhou, yang membuat janji online untuk penilaian kerugian mobil pada hari Kamis, memuji kualitas layanan perusahaan asuransi bagi pemilik mobil yang mengalami kerugian akibat banjir.

Dia mengatakan kepada Global Times bahwa perusahaan asuransi menanggung biaya layanan derek mobil dan penyelesaian klaim akan dilakukan sesuai dengan tingkat kerugian.

Pada hari Kamis, Komisi Regulasi Perbankan dan Asuransi China mengatakan kepada perusahaan asuransi untuk menyelesaikan klaim secara efisien, terutama membayar ganti rugi di muka ketika sulit untuk menilai kerugian karena banjir.

Selain itu, komisi mendukung perusahaan asuransi untuk memperluas cakupan properti, kewajiban produksi keselamatan dan produk asuransi pertanian dalam upaya untuk menjamin ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Ia juga meminta bank-bank untuk meningkatkan dukungan kredit di daerah-daerah yang dilanda banjir dan mendorong mereka untuk memotong biaya pembiayaan untuk rekonstruksi pascabencana.

https://www.globaltimes.cn/page/202107/1229379.shtml

Dampaknya Terhadap Industri Asuransi Dunia

Baca Juga :   Ini dia Tinjauan Aspek Asuransi dari Gempa Turki 30 Oktober 2020

Meskipun belum ada angka perkiraan dari kerugian akibat banjir di China pada tahun 2021 ini, sebagai perbandingan bahwa setiap tahun klaim asuransi akibat banjir di China setiap tahun berkisar antara USD 25 miliar. Jika ditambah dengan banjir besar yang barusan terjadi bisa menyebabkan angkat klaim tahunan akibat banjir di China bisa melonjak sangat tinggi.

Belum lagi jika ditambah dengan kerugian akibat banjir di Eropah beberapa minggu sebelumnya sebesar sekitar USD 6 miliar. Maka kerugian yang diderita industri asuransi dunia bisa sangat besar pada tahun ini. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kenaikan premi asuransi secara keseluruhan di seluruh dunia.

Kenapa Perlu jaminan asuransi Bencana Alam

Dengan melihat uraian diatas Anda dapat melihat betapa dahsyatnya dampak dari bencana alam terhadap diri dan harta benda Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa setiap harta benda Anda dijamin didalam polis asuransi bencana alam atau istilahnya Catastrophic risks.

Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi. Broker asuransi asuransi adalah ahli asuransi yang bekerja untuk Anda. Broker asuransi yang akan merancang program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Menegosiasikan ke beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan jaminan yang terbaik dan dengan biaya premi yang paling kompetitif.

Salah satu manfaat utama dengan menggunakan jasa broker asuransi adalah adanya bantuan di dalam penyelesaian klaim asuransi jika terjadi. Broker asuransi juga dikenal dengan sebutan Advokat asuransi.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker

Hubungi L&G sekarang juga!

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Kenapa Broker Asuransi sering juga disebut sebagai Advocate asuransi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top