Industri Konstruksi

Bagaimana Cara Mengurangi Kecelakaan Proyek Konstruksi Jembatan?

liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai asuransi proyek. Kali ini tentang asuransi pembangunan jembatan.

Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, Indonesia berencana untuk meningkatkan kerja sama pemerintah dengan sektor swasta untuk mempercepat pembangunan infrastruktur.

Jika terjadi kecelakaan jembatan besar pada tahap konstruksi, kerusakan properti dan cedera akan lebih serius daripada jembatan biasa. Oleh karena itu, manajemen risiko jembatan besar pada tahap konstruksi penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan konstruksi.

Sebagai broker asuransi senior dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kami ingin membahas manajemen risiko dan kebutuhan asuransi untuk pembangunan jembatan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan kolega Anda sehingga mereka juga paham seperti Anda.

Kami menyusun artikel ini dari pengalaman kami sendiri dan dengan beberapa artikel tambahan, tautan dari sumbernya ada di bagian paling bawah artikel ini.

Catatan Kecelakaan Pembangunan  Jembatan di Indonesia

Dari informasi yang kami dapatkan dari https://www.cnbcindonesia.com/, berikut ini delapan kasus konstruksi sejak Agustus 2017:

  1. Pada 4 Agustus 2017, tiang penyangga Light Rail Transit (LRT) Palembang jatuh, menewaskan dua pekerja.
  2. Pada 22 September 2017, jembatan proyek pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) juga tumbang, menewaskan satu orang dan melukai dua orang.
  3. 29 Oktober 2017, gelagar proyek pembangunan jalan tol Paspor (Pasuruan-Probolinggo) jatuh, menewaskan 1 pekerja.
  4. Pada 16 November 2017, crane proyek pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II (layang) jatuh.
  5. 30 Desember 2017, gelagar proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang jatuh.
  6. Pada 2 Januari 2018, gelagar terguling akibat benturan alat berat di jalan tol Depok-Antasari.
  7. Pada 20 Februari 2018, kepala tiang jembatan di proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) runtuh.
  8. Pada 16 Agustus 2019, pembangunan proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi IV, Jakarta Utara runtuh

Apa yang menyebabkan kecelakaan di proyek jembatan?

Kecelakaan di lokasi proyek jembatan dapat menyebabkan penundaan lalu lintas dan konstruksi, bersama dengan waktu tambahan untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah, penghentian kerja, penalti, dan biaya yang meningkat tingkat asuransi, moral yang rendah di tempat kerja, dan kerusakan signifikan terhadap reputasi kontraktor.

Pekerjaan berkualitas buruk

Jika pekerjaan yang dilakukan di lokasi jembatan tidak memenuhi standar peraturan atau spesifikasi kontrak. Butuh waktu dan uang untuk memperbaiki kesalahan. Terlebih lagi, pekerjaan di bawah standar dapat merusak reputasi kontraktor.

Sekarang tidak mudah untuk menemukan pekerja yang berpengalaman dalam pekerjaan yang berhubungan dengan jembatan. Meskipun demikian, ada baiknya meluangkan waktu ekstra untuk menemukan orang-orang terbaik. Ini hanya akan meningkatkan reputasi bisnis dan membantu menghindari kesalahan yang mahal.

Pencurian

Dari alat-alat listrik kecil hingga kabel dan konektor hingga kendaraan, peralatan yang digunakan di lokasi konstruksi jembatan adalah target yang menarik bagi pencuri, termasuk pekerja di tempat dan orang-orang yang tidak berafiliasi dengan pekerjaan itu. Seperti risiko lain yang dihadapi oleh kontraktor jembatan, pencurian dapat berdampak luas. 

Pencegahan pencurian adalah dengan Menerapkan kebijakan penyimpanan dan pemeliharaan peralatan yang baik di semua lokasi kerja. Jadikan itu persyaratan bahwa semua alat keluar pada awal shift kerja dan masuk ketika mereka dibawa kembali. 

Kegagalan structural

Jembatan adalah struktur yang unik, dan pengalaman dalam jenis proyek konstruksi lainnya sulit untuk ditransfer. Selalu bekerja untuk membuat kode dan memanfaatkan desain dan teknik bangunan terbaru yang telah terbukti. Selalu bermitra dengan desainer, arsitek, kontraktor, dan subkontraktor yang berpengalaman dalam pekerjaan pengembangan jembatan.

Bagaimana proses pembangunan jembatan?

Jembatan adalah struktur yang dibangun untuk membentangkan rintangan fisik tanpa menutup jalan di bawahnya seperti badan air, lembah, atau jalan, untuk tujuan menyediakan jalan melewati rintangan. 

Desain jembatan bervariasi tergantung pada fungsi jembatan, sifat medan di mana jembatan dibangun dan berlabuh, bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan dana yang tersedia untuk membangunnya. 

Konstruksi jembatan adalah pekerjaan yang kompleks dan sistematis dan ada berbagai risiko sepanjang waktu selama seluruh fase konstruksi jembatan mulai dari persiapan konstruksi hingga penyelesaian konstruksi. 

Teknologi Baru dan Canggih untuk Desain Jembatan

Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi dan material baru, ada perubahan besar dalam cara jembatan dirancang. 

Di bawah ini adalah 5 Teknologi canggih untuk Desain dan Konstruksi Jembatan. 

  1. Building Information Modeling (BIM)

Building Information Modelling (BIM) disebut sebagai proses yang menghubungkan arsitek, insinyur, dan profesional konstruksi (MEA) secara lebih efisien dalam berbagai tahap konstruksi. 

Dengan teknologi BIM, para insinyur dan desainer membuat model 3-D yang mencakup data mulai dari karakteristik fisik hingga karakteristik fungsional bangunan. 

Informasi ini melibatkan arsitek, insinyur, dan profesional konstruksi dalam kolaborasi multi-disiplin untuk wawasan yang lebih baik tentang proyek yang sedang mereka kerjakan.

Teknologi BIM menghasilkan hasil yang instan dan akurat untuk semua fase proyek. Selain itu, ia menyediakan platform terintegrasi yang menghubungkan pemodel, konstruktor, konseptor, desainer, dan insinyur dalam satu model tunggal. 

  1. Innovative new construction materials for bridges

Bahan konstruksi baru muncul di bidang teknik sipil. Salah satu bahan konstruksi paling inovatif yang dipertimbangkan saat ini untuk desain jembatan adalah beton penyembuhan diri. 

Melalui siklus hidup beton dan karena berbagai beban yang terjadi di jembatan, beton rentan retak. 

Namun, campuran beton baru yang mencakup bakteri penghasil batu kapur sedang dikembangkan yang mengisi retakan saat terbentuk. Teknologi inovatif baru ini dapat mencegah kerusakan mahal yang dapat terjadi jika retakan pada beton tidak terisi atau diperbaiki.

Bencana alam, seperti gempa bumi dan angin puting beliung, adalah salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika merancang jembatan. 

Kerusakan yang dihasilkan oleh beban seismik dan angin ini menciptakan kerusakan permanen pada berbagai elemen struktural jembatan, yang di masa depan membutuhkan perbaikan yang sangat mahal. 

Namun, bahan konstruksi baru sekarang digunakan untuk menghindari masalah tersebut. Salah satu bahan ini adalah Tulangan Super elastis. Bahan ini, juga dikenal sebagai paduan memori bentuk, digunakan sebagai pengganti tulangan baja asli yang biasa digunakan dalam beton bertulang. 

Ketika tulangan baja dalam beton mengalami tekanan yang menyebabkannya berubah bentuk di luar titik luluhnya, ia akan berubah bentuk secara permanen dan tidak akan kembali ke bentuk aslinya. Di sisi lain, SMA super elastis kembali ke bentuk aslinya bahkan setelah mengalami tekanan tinggi.

  1. Smart Construction

Saat ini, teknologi digital dengan cepat mempengaruhi dan mengubah industri konstruksi. Kecerdasan Buatan (AI), Realitas Virtual (VR), Drone, Robot Situs, dan teknik dan konsep konstruksi pintar lainnya sekarang sedang diterapkan ke setiap lokasi konstruksi. Ini tidak terkecuali untuk jembatan. 

Salah satu teknologi konstruksi pintar yang paling sering diterapkan yang digunakan dalam desain jembatan adalah drone dengan sensor LIDAR dan pelacakan GPS. Dengan menggunakan drone ini, insinyur jembatan dapat menentukan lokasi yang tepat di mana jembatan akan berdiri, secara signifikan meminimalkan kesalahan.

  1. Prefabrication

Industri konstruksi jembatan saat ini menghadapi banyak tantangan, termasuk kondisi cuaca, mematuhi jaminan kualitas, komplikasi lokasi, dll. Untuk mengatasi masalah ini, anggota struktural jembatan, seperti geladak, dibangun di luar lokasi, dalam lingkungan yang terkendali. 

Salah satu contohnya adalah Metode Precast Concrete (PC). Dalam metode ini, geladak jembatan diproduksi terlebih dahulu di pabrik di luar lokasi dan kemudian diangkut ke lokasi untuk perakitan. Metode ini sangat mengurangi waktu konstruksi dan menjamin kualitas, sehingga meningkatkan efisiensi.

  1. Computer-Aided Software

Desain jembatan menjadi lebih rumit dan kuat, dan program perangkat lunak berbantuan komputer all-in-one diperlukan. Program perangkat lunak ini harus dapat memproses tantangan pemodelan yang kompleks dan memproses analisis struktural yang rumit termasuk analisis elemen hingga (FEA), Analisis Sejarah Waktu, dll.

Civil dianggap sebagai perangkat lunak rekayasa canggih yang menetapkan standar baru untuk desain dan analisis jembatan. Ini menyediakan Antarmuka Pengguna Grafis (GUI) yang ramah pengguna, alat pemodelan intuitif dan unik, spesialisasi dalam analisis struktural kelas atas, fungsi pasca-prosesor yang kuat, dan berbagai fitur klasifikasi pemeriksaan dan pemuatan desain. 

Bridge construction equipment

Aspek teknologi konstruksi mempengaruhi industri jembatan modern dari langkah pertama desain. 

Industri jembatan bergerak menuju konstruksi mekanis karena ini menghemat tenaga kerja, mempersingkat durasi proyek, dan meningkatkan kualitas. Tren ini terbukti di banyak negara dan melibatkan sebagian besar metode konstruksi. Konstruksi jembatan mekanis didasarkan pada penggunaan peralatan ereksi khusus.

Peluncur balok digunakan untuk mendirikan balok pracetak. Gantri yang diluncurkan sendiri dan bingkai pengangkat digunakan untuk mendirikan jembatan segmental pracetak. 

Gerbong pembentuk digunakan untuk pengecoran segmental lempengan beton jembatan komposit. 

Pembawa portal dengan peluncur bawah jembatan dan bentang yang diberi makan oleh troli ban digunakan untuk transportasi dan penempatan bentang pracetak. 

Platform pengangkat digunakan untuk mengangkat segmen mikro untuk jembatan gantung. Konfigurasi alternatif mesin juga tersedia untuk sebagian besar metode konstruksi.

Peralatan konstruksi jembatan generasi baru rumit dan halus. Ini menangani beban berat pada bentang panjang di bawah batasan yang sama dengan yang diberikan penghalang ke jembatan penyeberangan ke jembatan. 

Keamanan operasi dan kualitas produk akhir tergantung pada interaksi kompleks antara keputusan manusia, komponen struktural, mekanis, dan elektro-hidrolik, sistem kontrol, dan jembatan yang sedang didirikan.

Terlepas dari kerumitannya, mesin-mesin ini harus seringan mungkin. Berat mengatur investasi awal, biaya pengiriman dan perakitan situs, tekanan ereksi, dan kadang-kadang bahkan biaya jembatan. 

Keterbatasan berat menentukan penggunaan baja bermutu tinggi dan desain untuk tingkat stres tinggi dalam kondisi beban dan dukungan yang berbeda, yang membuat mesin ini berpotensi rentan terhadap ketidakstabilan.

Gerakan menambahkan komplikasi yang sangat penting dari geometri variabel. Beban dan reaksi dukungan diterapkan secara eksentrik, bagian pendukung seringkali tanpa diafragma, dan sebagian besar mesin memiliki sistem pendukung yang fleksibel. Memang, kondisi desain seperti itu hampir tidak terbayangkan dalam struktur permanen yang mengalami beban seperti itu.

Tidak adanya standar desain yang komprehensif semakin memperumit situasi. Meskipun konstruksi adalah momen paling kritis dalam masa pakai jembatan dan pengerjaan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas dan daya tahan yang tidak dapat diperbaiki, peralatan konstruksi jembatan tidak menerima perhatian atau dana penelitian apa pun. 

Keputusan tentang peralatan konstruksi jembatan bersifat trans-disipliner. Keselamatan adalah perhatian pertama, kinerja dan produktivitas mengatur perencanaan dan investasi, interaksi struktur-peralatan mempengaruhi desain jembatan dan peralatan khusus, mitigasi risiko adalah masalah utama bagi kontraktor dan operator asuransi, dan kontrol kualitas desain, fabrikasi, dan operasi sangat terkait.

Jenis asuransi yang dibutuhkan dari Konstruksi Jembatan 

Berikut ini adalah jenis-jenis polis asuransi yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi jembatan:

  1. Construction All Risks Insurance and Third-Party Liability Insurance (CAR/TPL)
  2. Workmen’s Compensation Assurance (WCA) – BPJS TK
  3. Employer’s Liability
  4. Construction Plant and Machinery (CPM)
  5. Marine Cargo Insurance 
  6. Motor Vehicle Insurance 

Mengapa untuk asuransi konstruksi jembatan Anda harus menggunakan jasa broker asuransi?

Pembangunan jembatan bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak banyak perusahaan asuransi yang mau memberikan perlindungan asuransi. 

Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman asuransi yang luas dalam asuransi teknik dan pengetahuan tentang risiko teknik sehingga pertanggungan asuransi dimaksimalkan.

Cara terbaik untuk memastikan pembangunan jembatan adalah dengan selalu menggunakan jasa perusahaan broker asuransi resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Broker asuransi merancang program asuransi yang paling sesuai dengan kondisi risiko proyek Anda. Temukan perusahaan asuransi yang dapat menanggung risiko dengan tingkat premi yang kompetitif.

Manfaat penting menggunakan layanan perusahaan broker asuransi adalah Anda akan mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan klaim secara gratis. Broker asuransi juga bertindak sebagai advokat Anda untuk penyelesaian klaim asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi dengan pengalaman yang luas di bidang asuransi konstruksi di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi proyek Anda, hubungi L&G sekarang!

Source:

  1. https://www.bridgetech-world.com/blogs/the-bridge-club/bridge-construction-technology
  2. https://bridgemastersinc.com/bridge-contractor-risks/
  3. https://www.bridge.com/en/blog/newstrends/top-5-new-advanced-technologies-for-bridge-design

 


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!