Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2024 di Indonesia – Minggu Ke-3 Maret

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu ketiga di bulan Maret 2024, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya, tapi kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. 

Kebakaran Melanda Asrama SMP Informatika Golden Star di Lampung Timur: Santri Kehilangan Segalanya

Sebuah insiden kebakaran menghantam Gedung Asrama SMP Informatika Golden Star di Kompleks Pondok Pesantren Minhajuth Thullab, yang terletak di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, pada malam Senin, 18 Maret 2024.

Yudi Ashari, seorang penduduk setempat, menggambarkan bahwa ketika para santri meninggalkan asrama untuk melaksanakan sholat, api dengan cepat berkobar, menghanguskan sejumlah pakaian santri, terutama di antara siswa kelas 7, dan juga merusak beberapa peralatan penting seperti kitab dan buku.

Ketika kembali dari Sholat Tarawih, para santri terkejut melihat asrama tempat tinggal mereka sudah terbakar, berdekatan dengan Puskemas Way Jepara. Mereka hanya memiliki pakaian yang mereka kenakan saat itu.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran berjuang keras untuk memadamkan api yang telah melahap gedung asrama tersebut.

Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam kejadian tragis ini. Namun, kerugian materiil yang dialami oleh para santri dan pondok pesantren sangat besar, mengingat sejumlah pakaian, peralatan, dan bahan bacaan penting telah hancur dalam kebakaran.

Pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti dari kebakaran tersebut, sambil berupaya memberikan bantuan dan dukungan kepada para santri yang terkena dampaknya.

Komunitas di sekitar juga diimbau untuk memberikan sumbangan dan bantuan kepada para korban kebakaran ini untuk membantu mereka mengatasi kesulitan yang dihadapi. Semoga para santri dan penghuni pondok pesantren ini dapat pulih dengan cepat dari musibah ini.

Source: https://news.okezone.com/read/2024/03/19/340/2985041/ditinggal-sholat-tarawih-asrama-santri-di-lampung-timur-kebakaran

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti 
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kebakaran

 

Kebakaran Menghanguskan Kios dan Kantor Keuchik di Meureudu, Aceh. Kerugian Material Capai Rp 100 Juta

Sebuah kebakaran melanda sebuah kios yang dimiliki oleh seorang warga di pusat Kota Meureudu, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, pada Senin (18/3/2024) petang. Api dengan cepat berkobar dan menghancurkan beberapa kios yang berada di sekitar kantor keuchik setempat. Warga menggunakan peralatan yang tersedia untuk mencoba memadamkan api.

Pemilik kios, Samsul Bahri, menyatakan bahwa akibat kejadian tersebut, dia mengalami kerugian material yang diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Dalam upaya pemadaman, aparat kepolisian, TNI, Armada Pemadam Kebakaran (Damkar), dan masyarakat berkolaborasi untuk memadamkan api.

Kapolres Pijay, AKBP Dodon Priyambodo SH SIK MSi, melalui Kapolsek Meureuedu, Iptu T Anshari SH, menjelaskan bahwa tim gabungan berhasil menangani api dengan cepat, mencegahnya merembet ke bangunan lain. Namun, kantor Keuchik Gampong Kota Meureudu juga mengalami kerusakan pada sebagian sudutnya.

Menurut hasil penyelidikan, kerugian yang dialami oleh pemilik kios dan kantor Keuchik diperkirakan mencapai 100 juta rupiah, dengan perincian 70 juta untuk kios dan 30 juta untuk kantor keuchik. Penyebab kebakaran diduga karena arus pendek, namun hal ini masih dalam proses pendalaman oleh tim.

Iptu T Anshari SH menambahkan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya kebakaran, terutama di daerah pemukiman padat penduduk.

Source: https://prohaba.tribunnews.com/2024/03/19/kebakaran-hanguskan-satu-kios-di-pidie-jaya-kerugian-ditaksir-rp-100-juta

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Kesehatan
  5. Asuransi Business Interuption

 

Perampokan dan Pembunuhan Guncang Desa Ima’an, Gresik. Agen BRILink Tewas di Saat Sahur dan Uang 150 Juta Raib

Warga Desa Ima’an di Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dikejutkan oleh kehadiran kejadian dugaan pembunuhan dan perampokan di lingkungan mereka.

Berdasarkan informasi dari lapangan, kejadian ini terjadi pada pagi Sabtu (16/3/2024) sekitar jam 05.00 WIB, dengan dugaan bahwa perampokan terjadi menjelang waktu sahur.

Korban yang merupakan pasangan suami istri, yaitu Mahfud (45 tahun) dan Wardatul Toyibah (29 tahun), adalah agen BRILink. Wardatul tewas secara instan.

AKP Aldhino Prima Wirdhan, Kasatreskrim Polres Gresik, menjelaskan bahwa pihak kepolisian menerima laporan penemuan jenazah seorang perempuan yang tergeletak di dalam kamar.

Dari hasil penyelidikan awal, korban mengalami luka di bagian leher. Saat ini, tim medis sedang melakukan visum di RS Ibnu Sina Gresik.

“Kami masih mengumpulkan lebih banyak bukti terkait kasus ini dan memeriksa saksi-saksi untuk menentukan waktu kejadian, kami masih menunggu hasil visum,” katanya.

Kasat Wirdhan menjelaskan bahwa pihaknya masih terus menyelidiki motif kejadian ini. Proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) masih terus berlangsung untuk mengumpulkan lebih banyak bukti.

“Kami masih terus mendalami, pada saat anggota kami tiba di lokasi, situasi sudah ramai dan TKP sudah dibersihkan dan dipindahkan dari kamar,” ungkapnya.

Awalnya, suami korban mencurigai bahwa Wardatul melakukan bunuh diri. Namun, ketika menemukan istrinya dalam keadaan bersimbah darah, dia segera memanggil kakaknya untuk membantu.

Meskipun sulit karena jenazah korban sudah dipindahkan dari TKP saat itu, polisi berjanji akan bekerja keras untuk mengungkap kasus ini. Alat bukti, termasuk sarung golok yang ditemukan di TKP, telah diamankan oleh polisi.

“Jumlah uang yang hilang diperkirakan sekitar 150 juta rupiah, uang itu berada di dalam kamar korban, sementara suaminya tidur di luar dan tidak menyadari apa pun,” ujarnya menanggapi peristiwa perampokan yang mengejutkan di Gresik.

Source: https://timesindonesia.co.id/hukum-kriminal/489946/perampok-sadis-di-gresik-bunuh-korban-bawa-uang-rp150-juta 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Harta Benda
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Kecelakaan Tol Sidoarjo. Pengguna Porsche Ugal-Ugalan Hingga Menabrak Nissan Grand Livina, Satu Orang Luka Berat di Leher

Kecelakaan terjadi antara mobil Porsche 911 Carrera dan Nissan Grand Livina di tol arah Kejapanan ke Sidoarjo, menyebabkan satu orang mengalami luka serius. Insiden ini dilaporkan oleh detikJatim pada Minggu (17/3/2024), terjadi sekitar pukul 12.10 WIB. Mobil Porsche dikemudikan oleh Nissan Katama Angkasa, warga Dukuh Pakis Surabaya, sementara Nissan Grand Livina dikemudikan oleh Rudy Andianto dari Pondok Wage Indah, Kecamatan Taman, Sidoarjo, bersama keluarganya.

Polisi mengungkapkan bahwa pengemudi Porsche mengalami luka ringan akibat kecelakaan tersebut, sementara penumpang Nissan Grand Livina, Ani Trihandayani, mengalami luka serius di leher. “Seorang penumpang Nissan Grand Livina mengalami luka berat akibat insiden tersebut,” ujar AKP Puguh Winarno, Kanit PJR Jatim II.

Polisi menyatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena kurangnya kewaspadaan pengemudi Porsche. Pengemudi mobil mewah tersebut tidak memperhatikan jarak antara kendaraannya dengan kendaraan di depannya, yang mengakibatkan tabrakan.

Source: https://news.detik.com/berita/d-7246406/kecelakaan-porsche-vs-livina-di-tol-kejapanan-1-orang-luka-berat

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Pemerintah Kabupaten Kudus Tetapkan Tanggap Darurat: Banjir Melanda Lima Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, telah mengumumkan status tanggap darurat akibat bencana alam yang terjadi, terutama banjir yang merusak lima kecamatan di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Mundir, kondisi banjir yang meluas dan mencakup lebih dari separuh jumlah kecamatan menjadi alasan penetapan status tanggap darurat. Mundir menyebut bahwa status ini mencakup bencana angin kencang, banjir, dan tanah longsor, yang sudah sering terjadi sebelumnya di Kudus.

Pemerintah Kabupaten Kudus menetapkan status tanggap darurat bencana alam mulai tanggal 15 Maret hingga 24 Maret 2024. Dengan status ini, pemerintah akan menggerakkan sumber daya yang tersedia untuk penanganan darurat bencana, serta mempersiapkan infrastruktur dan sarana prasarana untuk mengurangi dampak lebih lanjut.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Kudus juga akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD Provinsi, TNI, Polri, dan instansi serta masyarakat setempat untuk mengatasi situasi darurat ini.

Kecamatan yang terdampak banjir meliputi Undaan, Jati, Kaliwungu, Mejobo, dan Jekulo, dengan total 29 desa yang terkena dampak bencana ini.

Source: https://news.detik.com/berita/d-7246510/5-kecamatan-di-kudus-kebanjiran-pemkab-tetapkan-status-tanggap-bencana

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Usaha

 

Malpraktik Persalinan Bayi di Bangkalan. Bayi yang dilahirkan terpisah dengan kepala

Penyelidikan Dugaan Malpraktik Persalinan Bayi di Bangkalan Terus Dilakukan

Penyelidikan terus berlanjut terkait dugaan malpraktik dalam proses persalinan bayi di Bangkalan, yang menghebohkan masyarakat. Peristiwa ini kini menjadi fokus penyelidikan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Bangkalan.

Penanganan kasus ini dimulai setelah menerima laporan dari Sulaiman, suami dari korban. Menurut laporan yang diajukan, peristiwa terjadi pada Senin, 4 Maret 2024, ketika istrinya, Mukarromah, hendak melahirkan di Puskesmas Kedundung, didampingi oleh bibinya.

Dari laporan Sulaiman, rencananya Mukarromah akan dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan untuk menjalani operasi caesar. Namun, proses persalinan di Puskesmas Kedundung berjalan tidak sesuai rencana, dengan bayi lahir dalam posisi sulit, mengakibatkan kepala bayi tertinggal di dalam rahim.

Kasus ini sedang diselidiki oleh pihak kepolisian, yang saat ini tengah memeriksa beberapa saksi dan pihak terkait, termasuk bidan yang menangani proses persalinan dan anggota keluarga korban. Namun, Mukarromah sendiri belum hadir dalam pemeriksaan.

Jika terbukti adanya malpraktik, pelaku akan dijerat dengan pasal-pasal yang berlaku. Sebelumnya, Dinas Kesehatan Bangkalan telah membantah adanya malpraktik, dengan menyatakan bahwa bayi Mukarromah telah meninggal dalam kandungan sebelum proses persalinan di Puskesmas.

Source: https://jatimupdate.id/baca-6959-dugaan-malpraktik-persalinan-bayi-polisi-periksa-dua-bidan-dan-dua-saksi

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Tanggung Jawab Profesional
  2. Asuransi Perlindungan Hukum
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Jiwa

 

Kapal Nelayan Hilang Kontak di Perairan Samudera Hindia. 10 Korban Hilang 

Kapal nelayan Kiat Maju Jaya-7 dilaporkan mengalami kehilangan kontak di Perairan Samudera Hindia. Kapal tersebut membawa sepuluh Anak Buah Kapal (ABK).

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan hilangnya kapal tersebut dari perusahaan kapal. Kapal dilaporkan hilang kontak sejak Rabu (13/3) pukul 15.00 WIB.

“Informasi awal menyebutkan bahwa empat kapal bergerak bersama karena adanya cuaca buruk. Keempat kapal tersebut akan kembali ke Dermaga Cimiring Cilacap,” kata Adah dalam pernyataan pers yang diterima pada Sabtu (16/3/2024) malam.

Dari laporan yang diterima, saat hendak kembali, mereka mengalami badai. Sehingga tiga dari keempat kapal tersebut bersandar di Dermaga Pacitan menunggu redanya badai.

“Ketiga kapal tersebut adalah Kapal Makmur Jaya-20 dengan nahkoda Sumaryo, Kapal Makin Jaya-2 dengan nahkoda Raino, dan Kapal Maju Jaya-28 dengan nahkoda Tarmuji,” jelasnya.

Namun, Kapal Kiat Maju Jaya-7 yang dinahkodai oleh Waidin, hingga kini tidak bisa dihubungi dan keberadaannya tidak diketahui.

“Para korban yang masih dalam pencarian termasuk Waidin, Ahmad Mutajar, Angga Trio, Gunawan, Heri Setiaji, Ichya Umidin, M Ripto, Syarifuddin, Waroji, dan Zaenal,” tambahnya.

Hingga saat ini, upaya pencarian dilakukan oleh Tim SAR gabungan yang dibagi menjadi tiga tim SRU. SRU 1 melakukan pencarian di permukaan laut menggunakan RIB-06 bersama dengan TNI AL Cilacap sejauh 30 NM dari Cimiring menuju arah LKP dengan heading 179°.

SRU 2 melakukan pencarian darat menggunakan Rescue Trail sepanjang 10 km dari Pantai Jetis ke Pantai Widarapayung. Pencarian darat diperkuat dengan berjalan kaki serta penggunaan Drone UAV untuk pemantauan.

“Sedangkan SRU 3 melakukan pencarian darat menggunakan Rescue Trail dari USS Congot sejauh 10 km dari Muara Bogowonto sampai ke Pantai Jatimalang,” ujarnya.

Adah juga menyebutkan alat yang digunakan dalam operasi SAR termasuk 1 Unit Rigid Inflatable Boat, 1 Unit Rescue Car Type-2, 2 Unit Rescue Trail, 1 Set Rubber Boat, 4 Set Alkom, dan 6 Set Life Jacket.

Source: https://www.detik.com/jateng/berita/d-7245577/kapal-nelayan-hilang-kontak-saat-hendak-balik-ke-cilacap-10-abk-dicari 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Gugat

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.service@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!