Ulas Berita

7 Pilihan Berita Asuransi Indonesia Agustus 2023 – Minggu Ke 4

Liga Asuransi – Perkembangan industri asuransi selalu menarik untuk diikuti, dan kali ini kami telah merangkum 7 berita pilihan terkait asuransi yang patut Anda ketahui.

Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan untuk bagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

Mengatasi Ancaman El Nino: Petani Dianjurkan Manfaatkan Perlindungan Asuransi Pertanian

Indonesia sedang menghadapi situasi cuaca ekstrem yang disebut El Nino. Fenomena ini muncul karena peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur, yang melebihi suhu normal. Dampak dari El Nino memiliki variasi, termasuk kekeringan dan penurunan kualitas tanaman karena kurangnya pasokan air.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa El Nino akan berlangsung di Indonesia hingga Desember 2023. Situasi ini memiliki dampak yang signifikan pada sektor pertanian, terutama karena petani sedang memasuki musim tanam ketiga.

Untuk mengatasi tantangan ini, Surya Vandiantara, seorang Pengamat Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, menyarankan solusi berupa program asuransi pertanian bagi para petani. Asuransi pertanian memiliki potensi untuk membantu petani menghadapi risiko gagal panen.

“Prinsip dasar produk asuransi adalah untuk memindahkan risiko yang dimiliki oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi. El Nino membawa risiko gagal panen yang signifikan bagi petani. Saat gagal panen terjadi, petani menghadapi potensi kerugian yang mencakup biaya produksi seperti bibit, pupuk, dan pestisida,” ujar Surya Vandiantara dalam wawancara dengan media di Jakarta pada hari Rabu (16/8).

Source: https://ekonomi.republika.co.id/berita/rzhcat349/hadapi-el-nino-ekonom-sarankan-petani-gunakan-asuransi-pertanian

 

Pemprov Gorontalo Berikan Perlindungan Asuransi bagi 496 Nelayan

Pemerintah Provinsi Gorontalo Menanggung Biaya Premi Asuransi untuk 496 Nelayan Tahun 2023

Dalam upaya memberikan perlindungan kepada nelayan, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah memutuskan untuk menanggung premi asuransi bagi 496 nelayan dalam tahun 2023. Meskipun mengalami penurunan sedikit dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 597 nelayan.

Penyerahan kartu asuransi dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, saat membuka acara Rapat Evaluasi Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHAT) dan Asuransi Nelayan yang berlangsung di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo pada Senin (14/8/2023).

Ismail mengakui bahwa alokasi dana premi asuransi untuk nelayan masih terbatas. Dengan APBD sebesar Rp1,7 triliun, pihaknya harus berhati-hati dalam memprioritaskan semua program pemerintah.

“Kita harus membagi anggaran dengan proporsional untuk berbagai sektor seperti gaji, operasional, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lain-lain. Oleh karena itu, asuransi nelayan hanya mencakup 496 dari total 25.000 nelayan,” ungkapnya.

Ia berharap agar premi asuransi nelayan dapat berlanjut secara mandiri pada tahun-tahun berikutnya. Pemprov hanya berperan sebagai penyedia stimulus untuk memberikan jaminan saat mereka beraktivitas di laut.

“Dengan premi hanya sebesar Rp20 ribu per bulan, ini masih lebih murah daripada biaya merokok sehari,” Ismail memberikan perbandingan dengan biaya rokok.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sila Botutihe, menjelaskan bahwa program asuransi untuk nelayan sudah ada sejak tahun 2016 hingga 2019. Pada periode tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bekerja sama dengan PT Jasindo Gorontalo untuk menanggung premi asuransi bagi 17.273 nelayan.

“Namun, pada tahun 2020 dan 2021, program dari kementerian tersebut terhenti akibat pandemi COVID-19. Di tingkat provinsi, pada tahun 2022 kami mengalokasikan premi asuransi bagi 597 nelayan, dan pada tahun 2023 ini mencakup 496 nelayan. Total keseluruhannya mencapai 1.093 nelayan,” terang Sila.

Sila menilai bahwa program asuransi ini telah memberikan manfaat yang signifikan dan sudah dirasakan oleh para nelayan. Asuransi kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat permanen dapat memberikan klaim hingga Rp70 juta per orang. Selain itu, bagi nelayan yang meninggal dunia, keluarganya dapat menerima klaim sebesar Rp40 juta.

Source: https://gorontaloprov.go.id/pemprov-gorontalo-tanggung-asuransi-496-nelayan/ 

 

Terungkap! Keajaiban Manfaat Asuransi Pengangkutan yang Wajib Kamu Ketahui

Asuransi pengangkutan memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting, terutama saat terlibat dalam bisnis pengiriman barang atau perdagangan internasional. Dalam lingkup bisnis atau perdagangan, risiko selalu menjadi faktor yang tidak dapat diabaikan dan dapat terjadi secara tiba-tiba.

Karena itu, memiliki perlindungan asuransi pengangkutan adalah langkah cerdas yang mampu melindungi bisnis Anda dan memastikan kelancaran proses pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Lingkup perlindungan yang diberikan oleh asuransi pengangkutan dapat beragam sesuai dengan kebijakan dan syarat yang ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Berdasarkan pengalaman, risiko yang biasanya dicakup oleh asuransi pengangkutan melibatkan kerusakan fisik barang dengan penggantian atau perbaikan atas kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada kargo akibat kecelakaan atau situasi yang tidak terduga selama pengangkutan.

Selain itu, asuransi pengangkutan juga meliputi risiko kehilangan barang dengan menanggung biaya penggantian atau kompensasi atas kerugian barang yang hilang selama proses pengiriman. Risiko pencurian juga menjadi pertimbangan, dengan asuransi memberikan perlindungan jika kargo dicuri atau hilang akibat tindakan kriminal selama perjalanan.

Risiko yang terkait dengan bencana alam seperti kehancuran karena badai, gempa bumi, atau banjir juga menjadi bagian dari perlindungan asuransi pengangkutan.

Selain itu, situasi general average, di mana semua pihak yang terlibat dalam pengiriman berkewajiban untuk berbagi kerugian jika kargo diselamatkan dari risiko tertentu selama perjalanan, juga diatasi oleh perlindungan asuransi ini.

Ada beberapa alasan mengapa memiliki asuransi pengangkutan menjadi penting. Perlindungan terhadap risiko kerugian memberikan perlindungan finansial terhadap kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul pada kargo selama proses pengangkutan.

Selain itu, asuransi ini juga berkontribusi dalam menjaga kestabilan bisnis. Risiko dalam dunia bisnis adalah hal yang tidak dapat dihindari. Asuransi pengangkutan membantu melindungi kontinuitas bisnis dengan mengurangi risiko finansial yang mungkin muncul akibat kerusakan atau kehilangan barang.

Asuransi pengangkutan juga membantu memenuhi persyaratan kontrak. Beberapa kontrak perdagangan internasional mungkin mensyaratkan pihak yang terlibat untuk memiliki perlindungan asuransi pengangkutan. Dengan memiliki asuransi yang sesuai, pelanggan dapat memenuhi persyaratan ini dan menjaga hubungan bisnis yang baik dengan mitra dagang.

Tidak hanya itu, memiliki asuransi pengangkutan juga mengurangi stres dan kekhawatiran. Dengan perlindungan asuransi, Anda dapat merasa lebih tenang dan percaya diri selama proses pengangkutan. Jika terjadi masalah, Anda tahu bahwa perlindungan asuransi akan membantu mengatasi situasi tersebut.

Asuransi pengangkutan juga memberikan perlindungan yang melibatkan seluruh rute pengiriman. Umumnya, perlindungan asuransi mencakup seluruh rute pengiriman, mulai dari titik awal hingga tujuan akhir. Hal ini memberikan keyakinan bahwa kargo dilindungi selama perjalanan.

 

Perlindungan asuransi pengangkutan juga mampu mengatasi risiko dalam berbagai moda transportasi. Moda transportasi seperti kapal, pesawat, truk, atau kereta api memiliki risiko khusus yang terkait dengan masing-masing. Asuransi pengangkutan didesain untuk mengatasi risiko-risiko ini sesuai dengan moda transportasi yang digunakan.

Selain itu, asuransi pengangkutan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Perlindungan ini dapat diadaptasi dengan jenis barang yang diangkut, nilai kargo, rute pengiriman, dan kebutuhan spesifik lainnya.

Akhirnya, asuransi pengangkutan juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Memiliki perlindungan asuransi pengangkutan dapat meningkatkan keyakinan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Pelanggan merasa lebih nyaman dan aman menitipkan barang kepada perusahaan yang memiliki perlindungan asuransi.

“Tob Insurance, sebagai penyedia layanan asuransi pengangkutan, hadir untuk memberikan perlindungan dan kepastian terhadap pengiriman barang Anda dari risiko yang tak terduga,” seperti yang diungkapkan oleh manajemen Tob Insurance dalam pernyataannya, Selasa (15/8).

Source: https://personalfinance.kontan.co.id/news/mengenal-asuransi-pengangkutan-apa-saja-manfaatnya 

 

Avrist Asset Management Menghadirkan Kejutan: Asuransi Term Life Gratis untuk Investor!

Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berinvestasi terus meningkat, yang terbukti dari pertumbuhan dana kelolaan berbagai instrumen investasi, seperti reksadana.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa pada akhir Juli 2023, total Aset di bawah Pengelolaan (AUM) manajer investasi telah mencapai angka Rp 520 triliun. Di sisi lain, dana kelolaan reksadana pendapatan tetap telah mencapai Rp 156,9 triliun pada Juni, mengalami pertumbuhan sebesar 8,31% dalam skala tahunan.

Mengikuti tren ini, Avrist Asset Management terus berinovasi dalam mengembangkan produk reksadana. Langkah terbaru mereka adalah memberikan bonus berupa asuransi jiwa term life secara gratis kepada investor individual (retail).

Aan Kurnaeni, Head of Sales & Marketing Avrist Asset Management, menjelaskan bahwa pemberian bonus asuransi jiwa term life merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih kepada para investor. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Avrist Assurance. Awalnya, program ini hanya berlaku untuk investor produk Reksa Dana Avrist IDX30, namun sekarang telah diperluas untuk produk Reksa Dana lainnya seperti Avrist Equity Cross Sectoral, Avrist Equity Growth Fund, Avrist Ada Saham Blue Safir, Avrist Prime Bond Fund, dan Avrist Indeks LQ45.

Aan juga menjelaskan bahwa investor yang melakukan pembelian produk Reksa Dana Avrist dengan minimal Rp 10 juta selama bulan berjalan akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa senilai Rp 10 juta selama satu bulan pada bulan berikutnya.

Program ini berlaku bagi investor yang membeli produk Reksa Dana Avrist baik secara langsung maupun melalui Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang menjual produk Avrist. Dokumen yang diperlukan untuk klaim manfaat asuransi jiwa meliputi fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertanggung yang masih berlaku, fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku, fotokopi KTP investor, dan dokumen pendukung lainnya.

Sebagai pengakuan atas inovasi yang telah dilakukan, Avrist Asset Management baru-baru ini meraih penghargaan Reksa Dana Terbaik 2023 dari Investor & Infovesta.

Source: https://keuangan.kontan.co.id/news/avrist-asset-management-tawarkan-asuransi-term-life-gratis-ke-investor 

 

Simas Insurtech Ambisi Raih Premi Asuransi Kendaraan Bermotor Rp 150 Miliar Tahun Ini

PT Asuransi Simas Insurtech, atau yang lebih dikenal dengan Simas Insurtech, memiliki tujuan ambisius untuk mengumpulkan premi asuransi kendaraan bermotor senilai Rp 150 miliar sepanjang tahun 2023.

Terkait rencana ini, Teguh Aria Djana, Direktur Utama Asuransi Simas Insurtech, mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan telah berhasil memperoleh premi asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp 110 miliar. Meskipun tidak melakukan penjualan langsung di GIIAS 2023, ia dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa target Rp 150 miliar untuk tahun 2023 dapat tercapai.

Dalam upaya mencapai sasaran yang ditetapkan, Teguh menjelaskan bahwa Simas Insurtech tidak mengadopsi strategi khusus. Ia menjelaskan bahwa perusahaan tetap menjaga kerjasama dengan sejumlah broker insurtech.

Sementara itu, Teguh juga membagikan bahwa hingga bulan Juli 2023, total premi bruto yang berhasil dikumpulkan oleh Simas Insurtech telah mencapai sekitar Rp 800 miliar dari target tahunan sebesar Rp 1,5 triliun. Keberhasilan ini didukung oleh kolaborasi dengan platform pemasaran online dan perusahaan fintech.

Teguh mengklarifikasi bahwa kontribusi segmen kendaraan roda empat terhadap pencapaian ini mencapai sekitar 10%. Dengan target total premi senilai Rp 1,5 triliun, persentase 10% ini setara dengan jumlah Rp 150 miliar.

Source: https://keuangan.kontan.co.id/news/simas-insurtech-targetkan-premi-asuransi-kendaraan-bermotor-rp-150-miliar-di-2023 

 

Pilihan Bijak: Lindungi Diri dari Buruknya Kualitas Udara dengan Asuransi

Dalam sebulan terakhir, situasi indeks kualitas udara di berbagai negara dilaporkan semakin memburuk, termasuk kondisi udara di Indonesia. Berdasarkan informasi dari situs web IQAir, per tanggal 14 Agustus 2023, tercatat 10 daerah di Indonesia dengan kualitas udara terburuk. Posisi paling kritis dipegang oleh Tarentang, Kalimantan Barat, yang mencapai skor indeks 181.

Diikuti oleh Tangerang Selatan, yang terletak di provinsi Banten. Jakarta, ibu kota negara, menempati peringkat ke-9 dan tergolong dalam kategori udara ‘tidak sehat’. Secara global, pada tahun 2022, tingkat polusi udara di Indonesia masuk dalam kategori sedang, diukur dengan skor PM2.5.

Pengukuran ini dilakukan dalam satuan mikrogram per meter kubik (μg/m3) dan merujuk pada pedoman kualitas udara WHO. Dalam skala global, Indonesia menempati peringkat ke-26 dari 131 negara yang dipantau untuk tingkat polusi udara pada tahun 2022.

Buruknya kualitas udara memiliki dampak langsung terhadap kesehatan, mulai dari masalah paru-paru hingga kesehatan jantung. Fakta menyebutkan bahwa polusi udara telah mengakibatkan sekitar 6.700 kematian di Jakarta sepanjang tahun 2023. Dalam situasi ini, setiap individu perlu menjaga atau minimal mengurangi risiko dampak buruk polusi udara pada kesehatan.

Berbagai langkah dapat dilakukan, seperti memeriksa kualitas udara di wilayah masing-masing melalui situs atau platform khusus, menghindari tempat dengan tingkat polusi tinggi seperti jalan-jalan padat atau zona industri, membersihkan udara dalam ruangan, serta meningkatkan jumlah tumbuhan hijau.

Dalam konteks ini, asuransi menjadi alternatif yang menarik. Dalam wawancara di Kanal Youtube Vodcast FWD Insurance, Indrawati Kawihardja, VP, Center of Excellence, Agency Training Department PT FWD Insurance Indonesia, mengungkapkan tentang alasan mengapa banyak orang enggan membeli asuransi. Ia menyatakan bahwa orang muda cenderung merasa sehat dan lebih mementingkan kebutuhan lain sesuai gaya hidup mereka.

Indrawati menegaskan bahwa orang sering kali mengeluarkan uang untuk hal-hal seperti kopi dan keinginan sekunder lainnya, daripada untuk membeli asuransi. Dia menyadari bahwa asuransi sebenarnya melindungi terhadap segala risiko yang tak terduga, karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Tidak hanya itu, Indrawati juga menekankan bahwa banyak orang lebih memilih memiliki barang yang nyata dan terlihat dibandingkan dengan hal abstrak yang tak terlihat. Terutama, tren barang bermerk memberikan kepuasan instan yang terlihat jelas.

“Oleh karena itu, seharusnya kita lebih memprioritaskan asuransi daripada membandingkannya dengan barang mewah yang hanya memberikan kepuasan sebentar,” tegas Indrawati.

Di sisi lain, Content Creator Agung Karmalogy menambahkan alasan lain mengapa orang ragu membeli asuransi. Ia menyatakan bahwa banyak orang tidak memahami detail produk asuransi dan bahasa yang digunakan dalam kontrak. Rasa tidak yakin terhadap kemudahan klaim dan kewajiban membayar premi bulanan juga menjadi halangan, terutama bagi yang belum memiliki pendapatan tetap.

Source: https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/VNx0xyqN-asuransi-bisa-jadi-pilihan-melindungi-diri-dari-kualitas-udara-yang-semakin-buruk 

 

Misteri Premi Asuransi Kendaraan Listrik: Apakah Berbeda dengan Mobil Konvensional?

Jumlah mobil listrik di Indonesia terus meningkat seiring upaya pemerintah mendorong elektrifikasi kendaraan di negara ini. Saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, para produsen otomotif berlomba memamerkan model mobil listrik terbaru. Tetapi, pertanyaannya adalah, apakah asuransinya sama dengan mobil konvensional?

Marketing-Retail and Digital Business Director Asuransi Astra, Wisnu Kusumawardhana, menjelaskan bahwa kendaraan listrik menjadi topik hangat dalam beberapa bulan terakhir, terutama karena pemerintah mendorong pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia melalui regulasi yang mendukung. Karena alasan inilah, perusahaan asuransi pun mulai memberikan perlindungan asuransi untuk mobil listrik. Namun, ada perbedaan dalam pendekatan perhitungan premi.

Sebagaimana diketahui, premi asuransi ditentukan berdasarkan sejarah klaim. Mengingat kendaraan listrik masih relatif baru dan belum memiliki sejarah klaim yang cukup, Asuransi Astra telah memutuskan untuk menetapkan premi yang sama dengan mobil konvensional. Wisnu menjelaskan bahwa ini berarti tidak ada perbedaan dalam besaran premi antara kendaraan listrik dan kendaraan konvensional.

Dia menegaskan bahwa pemilik kendaraan listrik sekarang dapat mengasuransikan mobil mereka tanpa perbedaan premi. Perusahaan asuransi telah menyediakan perlindungan asuransi untuk kendaraan listrik dengan pendekatan yang sama seperti mobil konvensional.

Sebagai tambahan, apakah asuransi kendaraan listrik juga mencakup perlindungan asuransi jiwa dalam kasus kecelakaan? Wisnu menjelaskan bahwa hal ini tergantung pada jenis polis yang dibeli saat pertama kali. Perusahaan akan menyediakan perlindungan sesuai dengan polis yang telah dipilih oleh pemilik mobil.

“Kami aktif dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, sesuai dengan program yang digalakkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan acara Astra Financial Talk di GIIAS 2023 ini, kami berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama mengenai aspek asuransi kendaraan,” ujar Wisnu.

Source: https://www.inews.id/otomotif/niaga/apakah-asuransi-mobil-listrik-sama-dengan-kendaraan-konvensional-begini-penjelasannya

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance Broker – The Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by
Otoritas Jasa Keuangan
KEP-667/KM.10/2012
Butuh Asuransi Cargo Yang Bonafid dan Terpercaya?
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses Cepat & Aman (Terjamin OJK)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses Mudah & Aman (Terjamin OJK)
Butuh Asuransi Cargo Yang Bonafid dan Terpercaya?
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!