Risk Management

7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Gempa Bumi

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Semoga bisnis Anda berjalan dengan baik…

Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai manajemen risiko dan asuransi, kali ini kita akan membahas tentang risiko gempa bumi.

  • Apa itu gempa bumi? 

Secara sederhana, gempa bumi (juga dikenal sebagai gempa, tremor, atau temblor) adalah guncangan permukaan bumi yang dihasilkan dari pelepasan energi yang tiba-tiba di litosfer Bumi yang menciptakan gelombang seismik. 

Di permukaan bumi, gempa bumi memanifestasikan diri dengan mengguncang dan menggusur atau mengganggu tanah. Ketika pusat gempa besar terletak di lepas pantai, dasar laut mungkin tergeser yang dapat menyebabkan tsunami. Gempa bumi juga dapat memicu tanah longsor.

Gempa bumi dapat berkisar dalam intensitas, dari yang sangat lemah sehingga tidak dapat dirasakan hingga yang cukup ganas untuk mendorong benda dan orang ke udara dan mendatangkan kehancuran di seluruh kota. 

Dalam pengertiannya yang paling umum, kata gempa bumi digunakan untuk menggambarkan peristiwa seismik apa pun — baik alami atau disebabkan oleh manusia — yang menghasilkan gelombang seismik. 

Aktivitas seismik suatu daerah adalah frekuensi, jenis, dan ukuran gempa bumi yang dialami selama waktu tertentu. Kegempaan di lokasi tertentu di Bumi adalah laju rata-rata pelepasan energi seismik per satuan volume. Kata tremor juga digunakan untuk gemuruh seismik non-gempa bumi.

  • Bagaimana gempa bumi diukur? 

Gempa bumi dicatat oleh jaringan seismografi. Setiap stasiun seismik dalam jaringan mengukur pergerakan tanah di lokasi itu. Tergelincirnya satu blok batu di atas yang lain dalam gempa bumi melepaskan energi yang membuat tanah bergetar. 

Getaran itu mendorong bagian tanah yang bersebelahan dan menyebabkannya bergetar, dan dengan demikian energi bergerak keluar dari hiposenter gempa dalam gelombang.

Ada banyak cara untuk mengukur berbagai aspek gempa bumi:

Magnitudo adalah ukuran paling umum dari ukuran gempa bumi. Ini adalah ukuran ukuran sumber gempa dan merupakan angka yang sama di mana pun Anda berada atau seperti apa rasanya guncangannya. 

Skala Richter adalah metode lama untuk mengukur magnitudo yang tidak lagi digunakan oleh USGS untuk gempa bumi besar dan teleseismik. Skala Richter mengukur goyangan (amplitudo) terbesar pada rekaman, tetapi skala magnitudo lainnya mengukur bagian gempa yang berbeda. 

USGS saat ini melaporkan magnitudo gempa menggunakan skala Magnitudo Momen, meskipun banyak magnitudo lainnya dihitung untuk tujuan penelitian dan perbandingan.

Intensitas adalah ukuran guncangan dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi, nilai ini berubah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Penelitian ini telah menerima liputan media yang signifikan selama akhir pekan, mendapatkan daya tarik di antara pengguna media sosial yang khawatir bahwa penelitian itu adalah latihan dalam ketakutan yang menyamar sebagai sains.

  • Apa itu Asuransi Gempa Bumi?

Asuransi gempa bumi adalah bentuk asuransi properti yang membayar pemegang polis jika terjadi gempa bumi yang menyebabkan kerusakan pada properti. Sebagian besar polis asuransi properti biasa tidak menanggung kerusakan akibat gempa secara otomatis.

Sebagian besar polis asuransi gempa memiliki deductible yang tinggi, yang membuat jenis asuransi ini berguna jika seluruh rumah hancur, tetapi tidak berguna jika rumah hanya rusak. 

Tarif tergantung pada lokasi dan kemungkinan kehilangan gempa bumi. Tarif mungkin lebih rendah untuk rumah yang terbuat dari kayu, yang tahan terhadap gempa bumi lebih baik daripada rumah yang terbuat dari batu bata.

  • Penilaian Risiko Gempa Bumi 

Metodologi penilaian risiko gempa mempertimbangkan dan menggabungkan tiga faktor utama: bahaya gempa bumi, kerapuhan/kerentanan, dan inventarisasi aset yang terpapar bahaya. 

Penilaian risiko gempa dalam portofolio, skala perkotaan atau regional merupakan elemen penting dalam mitigasi kerugian ekonomi dan sosial akibat gempa bumi, perencanaan tindakan segera pasca gempa bumi serta pengembangan skema asuransi gempa bumi. 

Metrik risiko yang umum digunakan dalam asuransi gempa bumi adalah kurva Average Annual Loss and Loss Exceedance Probability. Perlakuan yang ketat terhadap ketidakpastian dan korelasi diperlukan untuk estimasi yang tepat dari metrik ini dan keputusan terkait asuransi gempa bumi. 

Faktor-faktor ini menunjukkan ketidakpastian aleatory dan epistemik yang tertanam dalam berbagai komponennya. Tantangan ada dalam karakterisasi bahaya gempa bumi serta dalam penentuan kerapuhan/kerentanan elemen fisik dan sosial yang terpapar bahaya tersebut. 

  • Potensi Gempa bumi di Indonesia 

Karena letak geografis Kepulauan Indonesia, Republik Indonesia sangat rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan banjir. Peristiwa gempa bumi dan Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 di lepas pantai Sumatera Barat, yang banyak diliput oleh media internasional, akan menjadi pengingat abadi akan kekuatan alam yang merusak.

  • Maipark, Pool Asuransi Gempa Indonesia

Untuk menciptakan kapasitas asuransi yang solid untuk risiko gempa bumi, pemerintah Indonesia telah mewajibkan semua perusahaan asuransi umum dan reasuransi berlisensi yang beroperasi di Indonesia untuk bekerja sama dalam menciptakan kendaraan risiko khusus melalui usaha bersama semua perusahaan. 

Hasilnya adalah pembentukan Kolam Reasuransi Gempa Bumi Indonesia atau Pool Reasuransi Gempa Bumi Indonesia (PRGBI). 

PRGBI mulai beroperasi pada 1 Januari 2003. Pada saat yang sama, tarif gempa wajib diperkenalkan dan didukung oleh pemerintah. Berlaku sejak tanggal 1 Januari 2004, PRGBI diubah menjadi perusahaan publik, PT Asuransi MAIPARK Indonesia.

Seperti yang kita semua tahu bahwa bencana alam menyebabkan banyak kehidupan manusia dan kerusakan properti yang signifikan setiap tahun. Skala kerugian ekonomi terus meningkat karena pertumbuhan populasi dan konsentrasi nilai teknologi sensitif di daerah yang berpotensi terkena risiko.

Terlepas dari kemajuan dalam penelitian ilmiah, non-prediktabilitas atau keacakan bahaya alam tetap menjadi tantangan bagi gempa bumi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa industri asuransi memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dengan melakukan diversifikasi risiko dan menyerap volatilitas. 

Perusahaan asuransi bertindak seperti mesin untuk pemulihan ekonomi setelah bencana alam besar. Tujuannya adalah untuk membentuk komunitas tertanggung yang membayar premi yang cukup untuk menutupi biaya kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam.

Meskipun asuransi tidak dapat mencegah bencana alam dan kehilangan nyawa terjadi, asuransi dapat membantu orang melindungi dari konsekuensi finansial dari kehilangan atau kerusakan pada rumah dan bisnis mereka dengan cara membeli asuransi gempa bumi. 

Sementara asuransi menawarkan asuransi gempa bumi, tidak ada persyaratan negara bahwa konsumen membeli asuransi gempa bumi atau bahwa pemberi pinjaman hipotek memerlukannya. 

Dengan bantuan reasuransi, baik lokal maupun internasional, kepada siapa sebagian besar risiko bencana ditransfer, industri asuransi dan pemerintah mengurangi eksposur risiko keuangan dan fiskal masing-masing.

Selain fungsinya sebagai reasuransi, MAIPARK terlibat dalam dukungan penelitian, pendidikan masyarakat tentang bencana alam, mitigasi risiko, dan standar konstruksi dan kode bangunan yang lebih ketat dan lebih aman.

  • Bagaimana cara membeli asuransi gempa bumi?

Polis asuransi gempa bumi adalah asuransi paket, sehingga Anda tidak dapat membeli asuransi gempa bumi saja. Harus bersama dengan jenis asuransi lain, misalnya asuransi properti plus asuransi gempa bumi atau asuransi kendaraan bermotor ditambah asuransi gempa bumi.

Untuk mendapatkan asuransi gempa terbaik sebaiknya anda menggunakan jasa broker asuransi. Broker asuransi adalah ahli asuransi yang ada di pihak Anda membantu Anda untuk memahami risiko aktual bisnis Anda, merancang program asuransi termasuk risiko gempa bumi, dan mendekati perusahaan asuransi terbaik untuk bernegosiasi untuk syarat dan ketentuan terbaik dan premi asuransi terendah.

Salah satu broker asuransi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang signifikan di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

Sources:


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!