Asuransi Kebakaran

Tinjauan Risiko Asuransi Kilang Minyak Pertamina Indramayu Kebakaran, 4 Warga Terluka

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, pada kesempatan kali ini, kami tertarik untuk mengulas berita menggemparkan yang menimpa Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kebakaran hebat ini telah mengakibatkan korban jiwa dan sebagian besar mengalami luka-luka serius.

Selain korban jiwa, diketahui puluhan rumah warga rusak atau retak. Warga diungsikan di tiga tempat yakni Pendopo Bupati Indramayu, Islamic Center Indramayu dan Bumi Patra Indramayu.

Sebelum memasuki inti pembahasan, berikut deretan fakta terkait kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Selasa (30/3/2021):

  • Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Balongan Belum diketahui

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri tiba di lokasi kebakaran. Dia menyampaikan, sebelum kebakaran petugas di dalam Pertamina Balongan menemukan adanya rembesan pada Minggu malam.

“Ada rembesan kemudian langsung ditangani petugas setempat,” kata Ahmad Dofiri kepada wartawan, pada Senin 29 Maret 2021.

Namun, di tengah proses penanganan rembesan minyak, situasi hujan rintik dan disertai petir. Tak lama berselang kemudian terjadi ledakan hebat sehingga mengakibatkan kebakaran.

Dia mengaku belum memastikan penyebab kebakaran tersebut. Petugas masih berupaya melakukan mitigasi imbas kebakaran.

“Belum tahu kepastiannya karena petir atau bagaimana masih dalam proses penanganan ya,” kata dia.

  • Terlihat dari Jarak 5 Kilometer

Asap hitam membumbung yang berasal dari kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/03/2021). Kilang Balongan milik PT Pertamina di Indramayu terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kebakaran hebat terlihat dari jarak 5 kilometer dari pemukiman warga. Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang meledak pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari ini membuat warga sekitar panik. Seperti saksi mata bernama Suci, warga Indramayu.

“Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, seperti dikutip dari Antara.

Suci mengatakan bahwa jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan akni sekitar 5 kilometer. Meskipun jarak cukup jauh, namun api terlihat jelas dari radius tersebut. Api yang membumbung dan suara yang cukup keras bisa dilihat dan didengar oleh masyarakat sekitar.

“Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” kata Suci.

  • 6 Petugas Pertamina Terluka

Dari insiden kebakaran di kilang minyak VI Balongan, ada petugas Pertamina yang terluka. Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayu, Suyanto menyebut ada 6 petugas Pertamina alami luka bakar. Namun Suyanto mengabarkan bahwa tidak ada sama sekali korban yang meninggal.

“Meninggal nggak ada, luka karena terbakar 6 orang. Mereka petugas kilang, karena ada di lokasi,” kata Suyanto kepada Liputan6.com.

Selain itu, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi Adrimulan Chaniago menyebut, sejauh ini ada puluhan orang yang mengalami luka ringan akibat kejadian ini.

“Data yang terakhir sudah kita terima ada sebanyak 23 korban luka ringan,” kata Kombes Erdi dalam keterangannya, Senin (29/3/2021).

Tak hanya luka ringan, menurut Erdi kejadian tersebut juga mengakibatkan lima orang mengalami luka berat. Erdi mengatakan, seluruh korban tengah menjalani perawatan medis. “Untuk korban luka berat ada lima. Saat ini masih dalam pertolongan medis,” kata Erdi.

  • Pertamina Tanggung Pengobatan

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya juga akan menanggung biaya perawatan bagi warga di sekitar Kilang Balongan yang terkena dampak kebakaran akibat ledakan besar itu.

“Sementara warga masih tetap tinggal di pengungsian, dan yang luka karena kejadian ini kita rawat di Rumah Sakit Pertamina Balongan,” kata Ifky kepada Liputan6.com, Senin (29/3/2021).

Saat ini, Pertamina masih tetap fokus untuk melakukan pemadaman api di Kilang Balongan. Namun demikian, Ifky mengatakan, pihaknya belum bisa memberi estimasi waktu kapan proses pemadaman dapat diselesaikan.

  • Kerugian Belum Diketahui

Tangkapan kamera drone kebakaran hebat yang melanda kilang minyak Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Liputan6.com/ BPBD Indramayu)

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menegaskan, untuk kerugian biaya dan materil akibat kebakaran di Kilang Balongan, dia juga belum bisa membeberkannya, Karena itu butuh perhitungan lebih lanjut.

“Belum bisa ya, karena ini kan kembali lagi kita masih fokus, dan perlu ada upaya lain untuk menyangkut nilai tersebut,” ujar Ifky.

  • 3 Orang Dilaporkan Hilang

Asap hitam membumbung yang berasal dari kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/03/2021). Kebakaran yang terjadi pada satu tangki minyak di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, hingga kini mulai berangsur padam. (merdeka.com/Arie Basuki)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaporkan jumlah korban luka akibat kebakaran hebat di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, mencapai 19 orang. Sebanyak lima orang di antaranya mengalami luka berat dan tiga orang dikabarkan hilang.

“Tiga orang hilang (belum ditemukan),” ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat dalam keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Selain itu, BPBD juga melaporkan kejadian kebakaran tersebut membuat belasan orang mengalami luka-luka. Sebanyak 14 orang mengalami luka ringan dan 5 orang luka berat.

  • Sudah 3 Kali Terbakar

Kilang Balongan terbakar pada Oktober 2007. Dengan adanya insiden tersebut, api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

Kebakaran pada Januari 2019 kembali terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak (kilang) Balongan, Jawa Barat.

Syahrial Mukhtar yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris ‎Perusahaan Pertamina mengatakan, fasilitas yang terbakar merupakan boiler penyuplai gas, untuk mendukung kegiatan kilang Balongan.

Syahrial menegaskan, fasilitas yang terbakar tersebut berada di dekat kilang Balongan, tapi letaknya di luar komplek kilang. ‎Tidak ada korban atas peristiwa tersebut.

Usai kejadian pada 2019 lalu, kebakaran dahsyat kembali terjadi di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, di mana telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti. Namun, pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah Kilang Minyak Pertamina Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

Peran Asuransi Kebakaran

Istilah asuransi kebakaran mengacu pada bentuk asuransi properti yang mencakup kerusakan dan kerugian akibat kebakaran.

Sebagian besar polis datang dengan beberapa bentuk proteksi kebakaran, tetapi pemilik rumah mungkin dapat membeli perlindungan tambahan jika properti mereka hilang atau rusak karena kebakaran.

Membeli pertanggungan kebakaran tambahan membantu menutupi biaya penggantian, perbaikan, atau rekonstruksi properti di atas batas yang ditetapkan oleh polis asuransi properti.

Polis asuransi kebakaran biasanya berisi pengecualian umum seperti perang, risiko nuklir, dan bahaya serupa.Setiap bangunan terpisah yang terletak di properti Anda seperti gudang, pagar, atau garasi terpisah juga dilindungi oleh sebagian besar polis asuransi pemilik rumah. Beberapa kebijakan juga akan membantu membayar biaya landscape seperti kerusakan pohon dan semak belukar. Dalam hal ini, asuransi kebakaran yang dimiliki perusahaan berperan untuk mengcover segala bentuk kerugian yang

 

Bagaimana Asuransi Kebakaran Bekerja

Jika terjadi kebakaran di properti Anda, Anda harus mengajukan klaim ke perusahaan asuransi Anda untuk mendapatkan pertanggungan ganti rugi. Pastikan untuk mengambil gambar semua properti yang rusak untuk mendokumentasikan semuanya untuk klaim Anda. Perusahaan akan mengirim penilai klaim ke rumah Anda untuk menilai kerusakan. Verifikasi identitas mereka saat mereka tiba — karena penipuan tidak jarang terjadi — dan ajak pengatur ke seluruh properti Anda untuk memastikan mereka melihat semuanya.

Ketika Anda menerima perkiraan dari perusahaan asuransi Anda, berhati-hatilah untuk meninjau semuanya dan bandingkan dengan polis Anda untuk memastikannya sesuai dengan pertanggungan yang Anda bayarkan.

Apa yang Tidak Dicakup oleh Asuransi Kebakaran?

Polis Homeowners Anda akan membayar kerusakan rumah Anda hingga batas polis untuk kerusakan akibat kebakaran. Kebanyakan kebijakan mengecualikan kerusakan yang disebabkan oleh perang, radiasi nuklir, dan bahaya terkait lainnya. Jika pemilik rumah sengaja membakar rumahnya, itu tidak akan tercakup. Kerusakan akibat kebakaran pada rumah kosong juga tidak tercakup jika rumah kosong selama lebih dari 30 hari berturut-turut pada saat kebakaran. Sebuah “polis asuransi pemilik rumah kosong” dapat dibeli jika Anda perlu menutupi rumah kosong

polis Anda mungkin mengecualikan perlindungan kebakaran untuk acara lain atau membebankan premi yang lebih tinggi. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang berisiko tinggi mengalami kebakaran hutan, Anda mungkin dikenakan batasan tertentu. Dengan meningkatnya kebakaran hutan dalam beberapa tahun terakhir, sangat penting untuk memeriksa aspek kebijakan Anda ini.

Anda dapat membeli asuransi kebakaran tambahan di atas dan di luar polis pemilik rumah Anda untuk menutupi kerusakan yang tidak dicakup oleh polis standar pemilik rumah Anda.

Asuransi Kebakaran untuk Pemilik Bisnis

Kerusakan akibat kebakaran pada bisnis biasanya tercakup dalam kebijakan dasar pemilik bisnis. Ini termasuk kerusakan pada gedung bisnis Anda, struktur yang terpasang dan terlepas, peralatan kantor, dan inventaris. Sebagian besar polis asuransi pemilik bisnis juga akan membayar biaya operasional tambahan jika Anda harus memindahkan operasi bisnis Anda ke lokasi sementara. Penting untuk selalu memperbarui inventaris peralatan bisnis dan item bisnis berharga lainnya. Anda juga harus menyimpan dokumen penting di luar lokasi, agar tidak hancur dalam kebakaran.

Seberapa penting mengasuransikan rumah/properti Anda dari kebakaran?

Rumah Anda adalah salah satu investasi terpenting. asuransi pemilik rumah (termasuk asuransi kebakaran) melindungi Anda dari bencana keuangan. Jika Anda memiliki hipotek, pemberi pinjaman Anda akan meminta Anda untuk membeli asuransi pemilik rumah, tetapi ide yang baik untuk memilikinya bahkan jika Anda memiliki rumah Anda secara gratis dan jelas. Kecuali Anda dapat menutupi biaya pembangunan kembali rumah Anda dan mengganti harta milik Anda, asuransi pemilik rumah adalah suatu keharusan. Pastikan saja kebijakan Anda mencakup perlindungan  kebakaran.

Tidak mudah untuk mendapatkan asuransi yang tepat dalam mengatasi kebakaran, Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi terbaik adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi terutama perusahaan broker asuransi yang spesialis di bidang asuransi proyek.

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G, a smart insurance broker.

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top