Berita Kecelakaan

Terbakarnya Kapal Tanker Pengangkut BBM: Dan 7 Insiden yang Meninggalkan Duka Mendalam

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Risiko bisa menimpa siapa saja, di mana saja dan kapan saja. 

Kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya, tapi kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. 

Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. 

Tragisnya Kecelakaan di Jalan Trans Nabire-Enaro: Dump Truck Terbalik, Mobil Hilux Terguling

Sebuah tragedi mengguncang Jalan Trans Nabire-Enaro pada Senin lalu ketika sebuah dump truck bermuatan batu ciping untuk proyek pengaspalan jalan terguling menghalangi badan jalan. Kecelakaan itu, yang terjadi sekitar 3 kilometer dari Polres Dogiyai, menelan korban jiwa dan mengakibatkan mobil lain, sebuah Hilux, ikut terguling dalam upaya menghindari tabrakan yang mengerikan.

Insiden itu memicu respons cepat dari Satuan Lalu Lintas Polres Dogiyai yang berusaha keras mengevakuasi kendaraan yang terlibat untuk memulihkan arus lalu lintas yang terganggu. Kapolres Dogiyai, Kompol Sarraju, membenarkan kejadian tragis tersebut, sementara penyelidikan lebih lanjut masih berlangsung untuk menentukan penyebab pasti dan memperinci jumlah korban.

Dalam keterangannya, Sarraju mengingatkan pentingnya pemeriksaan rutin kendaraan sebelum berangkat sebagai langkah pencegahan terhadap kecelakaan serupa di masa depan. Dalam suasana duka, masyarakat diminta untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara demi mencegah tragedi yang dapat dihindari.

Source : https://kabarpapua.co/rem-blong-dump-truck-muatan-batu-terguling-di-jalan-trans-nabire-enaro/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Alat Berat
  2. Asuransi Pengangkutan Barang
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Tabrakan Bus dan Kereta Kargo, 4 Tewas dan 30 Luka-luka 

Peru diguncang oleh tragedi maut ketika sebuah bus penumpang dan kereta kargo bertabrakan pada hari Minggu lalu di Distrik La Oroya. Menurut pihak berwenang setempat, kecelakaan mengerikan ini menelan korban jiwa sebanyak empat orang, sementara lebih dari 30 lainnya mengalami luka-luka serius.

Kementerian Perhubungan dan Komunikasi Peru tengah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tersebut. Mereka menegaskan bahwa baik kereta kargo maupun bus, yang dioperasikan oleh swasta, telah memiliki semua izin yang diperlukan.

Dalam pernyataannya, kementerian tersebut juga mengkonfirmasi bahwa semua korban luka telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis. Sementara itu, identitas korban tewas masih belum dirilis.

Menurut penjelasan Polisi Jalan Raya Justo Venero kepada stasiun radio RPP, daerah di mana kecelakaan terjadi telah dilengkapi dengan rambu batas kecepatan dan perlintasan kereta api. Masinis kereta kargo menyatakan bahwa sinyal telah terdengar dan terlihat sebelum tabrakan tragis itu terjadi.

Bus malang tersebut dilaporkan sedang dalam perjalanan dari Lima menuju Kota Huancayo, menyisakan duka mendalam dan pertanyaan mengenai keselamatan transportasi di Peru.

Source : https://www.liputan6.com/global/read/5605039/tabrakan-bus-dan-kereta-kargo-di-peru-tewaskan-4-orang-30-lainnya-terluka#google_vignette

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  5. Asuransi Cargo Darat

 

Terbakarnya Kapal Tanker Pengangkut BBM di Perairan Tanjung Uban, Bintan

Pasca terbakarnya Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) Jeanita di perairan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada Jumat, 24 Mei 2024, berbagai instansi terkait terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran serta menilai kerugian yang dialami oleh kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

Pantauan di lokasi oleh batamnews.co.id menunjukkan bahwa kapal yang terbakar itu kini bersandar di dermaga KPLP Tanjung Uban setelah mengalami insiden beberapa hari sebelumnya di perairan Bintan.

Iptu Missyamsu Alson, Kasi Humas Polres Bintan, menyatakan bahwa tim ahli dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan instansi terkait masih giat melakukan penyelidikan. Mereka berusaha untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran dan menilai kerugian yang terjadi pada kapal pengangkut minyak tersebut.

“Penyelidikan terus dilakukan oleh tim ahli dari KSOP dan instansi terkait. Kami masih mencari tahu penyebab dan kerugiannya,” ujar Iptu Missyamsu Alson kepada batamnews.co.id pada Senin sore, 27 Mei 2024.

Sebelumnya, Kapal Tanker Self Propelled Oil Barge (SPOB) Jeanita dilaporkan terbakar di perairan Tanjung Uban pada Jumat, 24 Mei 2024, sekitar pukul 01.00 WIB. Kapal yang merupakan milik Pertamina itu mengalami kebakaran di posisi GPS 01 03′ 647″ N/104 12′ 693″ E di sekitar perairan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Kasi Humas Polres Bintan, Iptu Missyamsu Alson, membenarkan kejadian tersebut, menegaskan bahwa kapal Jeanita, yang mengangkut BBM, memang terbakar pada tanggal yang dimaksud.

Source : https://www.batamnews.co.id/berita-111915-penyelidikan-terbakarnya-kapal-spob-jeanita-di-perairan-tanjung-uban-bintan.html 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Cargo 
  2. Asuransi Marine Hull
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

TKW Asal Lampung Terlantar di Bandara Soetta Akibat Pembatalan Penerbangan Mendadak

Purwaningsih, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Lampung, mengalami kebingungan dan keresahan ketika mengetahui bahwa penerbangan yang seharusnya membawanya pulang ke Lampung, Lion Air JT 242 dari Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten, pada Sabtu, 26 Mei 2024 pukul 18.00 WIB, tiba-tiba dibatalkan.

Dalam kisahnya kepada Tempo di Bandara Soetta pada Ahad, 26 Mei 2024, Pur mengungkapkan bahwa dirinya baru saja turun dari penerbangan maskapai China Airlines dan rencananya hanya transit sebentar di Jakarta sebelum melanjutkan penerbangan ke Lampung. Namun, saat akan check-in untuk penerbangan berikutnya, ia terkejut mengetahui bahwa penerbangan tersebut telah dialihkan menjadi jam 14.20 WIB.

“Saya check in di luar kan enggak bisa. Harus masuk, ini ternyata (penerbangan) dialihkan jam 14.20 WIB. Padahal saya masih di pesawat,” ujarnya.

Pur merasa terancam dan kebingungan karena tidak memiliki informasi terkait pembatalan tersebut sebelumnya. Tiket pulangnya dari Taiwan dibeli oleh bosnya, sehingga pemberitahuan pembatalan penerbangan masuk melalui e-mail bosnya. Meskipun telah diinformasikan bahwa penerbangannya dialihkan keesokan harinya, Pur memilih untuk tidak menunggu semalaman di bandara dan memutuskan untuk membeli tiket travel ke Lampung.

“Udah dapat travel nanti dijemput di sini karena barang bawaanku berat,” ucapnya.

Pur mengaku tidak mengetahui apakah diberikan kompensasi uang pengganti tiket menginap untuk menunggu penerbangan berikutnya. Kendati demikian, karena sudah terlanjur ingin pulang ke Lampung, ia memilih untuk naik travel.

Sementara itu, papan pengumuman di Bandara Soetta menginformasikan bahwa ada 4 penerbangan Lion Air dan Batik Air yang dibatalkan pada waktu yang sama dengan penerbangan Pur. Namun, hingga berita ini ditulis, PT Lion Group belum memberikan jawaban terkait penyebab pembatalan tersebut.

Source : https://bisnis.tempo.co/read/1872569/cerita-tkw-pulang-dari-taiwan-pilih-naik-travel-karena-penerbangannya-dengan-lion-air-dibatalkan 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Travel atau Perjalanan
  2. Asuransi Kesehatan 
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Mobil Travel Terjun ke Sungai di Musi Rawas, 4 Orang Tewas

Sebuah tragedi mengejutkan terjadi di Musi Rawas, Sumatera Selatan, ketika sebuah mobil travel terjun ke Sungai Kelingi, menelan korban jiwa sebanyak empat orang. Bangkai mobil hitam tersebut berhasil dievakuasi setelah mengalami kerusakan di bagian depan.

Kasi Humas Polres Musi Rawas, AKP Herdiansyah, mengonfirmasi bahwa mobil telah berhasil dievakuasi pada hari sebelumnya, sekitar jam 14.00 WIB. Mobil tersebut kemudian dibawa ke Polres Musi Rawas untuk proses lebih lanjut.

“Saat ini, pihak kepolisian masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut terkait status resmi atau tidaknya travel tersebut,” ungkapnya.

Insiden tragis ini terjadi ketika mobil travel mengalami kecelakaan di Sungai Kelingi, Desa Lubuk Muda, Kelurahan/Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, pada Kamis pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Mobil tersebut, yang berangkat dari Kota Palembang menuju Sarolangun, Jambi, diduga kehilangan kendali akibat sopir mengantuk.

Keempat penumpang yang berada di dalam mobil travel tersebut tidak selamat dari kecelakaan tersebut. Tragedi ini memberikan dampak yang mendalam bagi masyarakat setempat dan menimbulkan keprihatinan terhadap keselamatan transportasi di wilayah tersebut.

Source : https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7356042/penampakan-mobil-travel-yang-terjun-ke-sungai-tewaskan-4-orang

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Travel atau Perjalanan 
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Jiwa

 

Kebocoran Gas, Empat Toko di Rawamangun Terbakar, Kerugian Capai Rp200 Juta

Kebocoran gas yang tidak terduga mengakibatkan kebakaran dahsyat melanda empat toko di Jalan Rawamangun, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, membenarkan kejadian tersebut, yang terjadi pada Senin, 27 Mei 2024, sekitar pukul 10.44 WIB.

Menurut Gatot, kebakaran terjadi di depan Terminal Rawamangun, ketika salah seorang penghuni toko sedang memasak dan tanpa disadari gas bocor. Api cepat menyebar dan membakar toko rokok, toko sembako, konter pulsa, dan tukang cukur di sekitarnya.

“Saat memasak, terjadi kebocoran gas dan menyambar ke toko yang menjual petasan dan rokok,” jelas Gatot.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp200 juta. Upaya pemadaman dilakukan dengan serius, melibatkan 10 unit mobil pemadam dengan 50 personel yang berhasil menjinakan kobaran api dalam waktu kurang dari satu jam.

“Jiwa yang terselamatkan 10 orang. Pemadaman selesai pukul 11.15 WIB,” kata Gatot.

Saat ini, pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebocoran gas yang mengakibatkan kebakaran tersebut. Insiden ini memberikan peringatan akan pentingnya keselamatan saat menggunakan gas dan perlunya pemeriksaan rutin untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa depan.

Source : https://www.medcom.id/nasional/daerah/ObzP267K-4-toko-di-rawamangun-terbakar-akibat-kebocoran-gas-kerugian-capai-rp200-juta

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Tanggung Jawab Hukum
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Tabrakan Beruntun Melibatkan 2 Truk dan 1 Mobil Honda Jazz di Jember. 2 Orang Tewas, 4 Luka-Luka

Kecelakaan maut yang melibatkan 2 truk dan 1 mobil Honda Jazz terjadi di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Jember, Jawa Timur pada Sabtu (25/5), menyebabkan dua korban tewas dan empat lainnya mengalami luka-luka.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Jember, Iptu Edy Purwanto, dua korban yang meninggal dunia adalah penumpang mobil Honda Jazz, Iqbal Fauzi (23) dan Ipung (25). “Kedua korban meninggal dunia di lokasi kejadian. Iqbal mengalami luka robek kepala dan patah paha, sedangkan Ipung mengalami luka patah rahang, robek kepala, dan pendarahan di telinga,” jelas Edy.

Sementara itu, dua penumpang lainnya, Titis Bunga Wijayani (26) dan Ahmad Faizin (18), mengalami luka-luka akibat tabrakan dengan dua truk tersebut. Mereka sedang menjalani perawatan intensif di RSU Kaliwates. “Para korban sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit,” tambah Edy.

Selain itu, pengemudi Honda Jazz, Febry Ferdiansyah, juga mengalami luka dan sedang dirawat di rumah sakit. “Para sopir truk dan kernetnya juga mengalami luka dan menjalani perawatan,” sambungnya.

Unit Gakkum Satlantas Polres Jember masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tragis ini. “Lebih lanjut kami masih menunggu para korban untuk pulih. Karena untuk para korban selamat, masih menjalani perawatan di rumah sakit,” tandas Edy.

Source : https://kumparan.com/kumparannews/tabrakan-beruntun-2-truk-vs-honda-jazz-di-jember-2-orang-tewas-22oTUoNXkkq/full 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Jiwa

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.service@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!