Asuransi Marine Cargo

Mengapa Untuk Asuransi Transportasi Batubara Lebih Baik Menggunakan Coal Clause Institute?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda selalu berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

Membahas masalah manajemen risiko dan asuransi adalah topik yang tak ada habisnya karena ia merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari.

Industri pertambangan batubara telah menghadapi beberapa  tantangan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penurunan permintaan, meningkatnya persaingan dari sumber energi alternatif, dan meningkatnya masalah lingkungan.

Perusahaan kemungkinan akan menghadapi tantangan di tahun-tahun mendatang. Namun, perlu dicatat bahwa industri ini tetap menjadi  sumber energi penting  bagi banyak negara, terutama di daerah berkembang di mana sumber energi alternatif kurang berkembang atau kurang dapat diakses.

Kargo batubara hanya dapat terbakar atau meledak jika ditangani dengan tidak tepat. Debu batu bara sangat mudah terbakar dan dapat menyala jika bersentuhan dengan panas, percikan api, atau api. Kebakaran atau ledakan pada kapal kargo batu bara bisa sangat berbahaya bagi kru dan kapal di dekatnya.

Kapal kargo batubara dapat mengalami kondisi fisik, struktural dan kerusakan karena berat dan pergeseran kargo. Hal ini dapat menyebabkan pelanggaran lambung, banjir, dan bahkan tenggelam.

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin membahas risiko transportasi batubara dan karakternya sebagai bahan yang mudah terbakar. 

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda, sehingga mereka mengerti seperti Anda. 

 

JENIS KECELAKAAN DALAM PENGANGKUTAN BATUBARA 

Ini adalah beberapa risiko dan kecelakaan yang dapat terjadi selama transportasi laut kargo. Langkah-langkah keselamatan, pelatihan, dan kepatuhan yang tepat terhadap peraturan sangat penting untuk mengurangi kemungkinan insiden dan mengurangi dampaknya.

Beberapa berbagai risiko dan kecelakaan dapat terjadi selama pengangkutan cargo sea, beberapa di antaranya antara lain:

  • Tabrakan

Tabrakan dengan kapal, batu, atau benda lain dapat merusak kapal kargo dan berpotensi menyebabkan tenggelamnya.

  • Grounding

Grounding terjadi ketika kapal kargo kandas dan dapat disebabkan oleh kesalahan navigasi, kondisi cuaca buruk, atau kegagalan peralatan.

  • Api dan ledakan 

Kebakaran dan ledakan dapat terjadi pada kapal kargo karena berbagai alasan, seperti kerusakan mesin, kesalahan listrik, atau pemanasan sendiri kargo. Insiden ini dapat berbahaya bagi kru dan berpotensi menyebabkan hilangnya kapal dan kargo.

  • Terbalik

Terbalik dapat terjadi ketika kapal kargo miring ke satu sisi dan terbalik, yang menyebabkan hilangnya kapal dan kargo.

  • Pembajakan dan perampokan bersenjata 

Kapal kargo dapat menjadi target pembajakan dan perampokan bersenjata, yang mengakibatkan pencurian kargo dan membahayakan anggota kru.

  • Kerusakan atau kehilangan kargo

Kargo dapat rusak atau hilang selama transportasi laut karena berbagai faktor, seperti laut yang kasar, penanganan yang tidak tepat, atau kegagalan peralatan.

  • Risiko lingkungan

Transportasi laut kargo dapat menimbulkan risiko lingkungan jika bahan berbahaya atau polutan tumpah.

 

TINDAKAN PREVENTIF UNTUK MENGURANGI RISIKO  TRANSPORTASI LAUT DAN DARAT  BATUBARA

Untuk mengurangi risiko yang terkait dengan transportasi laut dan darat batubara, tindakan pencegahan berikut dapat diambil:

  • Penanganan dan pengemasan yang tepat 

Batubara harus ditangani dan dikemas dengan tepat untuk mencegah pelepasan debu batubara selama pengangkutan. Sistem pencegah debu dapat digunakan untuk meminimalkan emisi debu.

  • Perawatan dan inspeksi rutin

Pemeliharaan dan inspeksi rutin kapal kargo dan peralatan sangat penting untuk memastikan mereka berada dalam kondisi kerja yang baik dan mengidentifikasi potensi bahaya keselamatan.

  • Pelatihan yang memadai

Pekerja yang terlibat dalam transportasi batu bara harus menerima pelatihan yang memadai tentang prosedur keselamatan, termasuk penanganan yang tepat dan tanggap darurat.

  • Kepatuhan terhadap peraturan 

Kepatuhan terhadap peraturan keselamatan dan lingkungan sangat penting untuk memastikan bahwa pengangkutan batubara dilakukan dengan aman dan bertanggung jawab.

  • Penilaian risiko

Penilaian risiko harus dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bahaya keselamatan dan mengembangkan langkah-langkah mitigasi risiko yang tepat.

  • Perencanaan tanggap darurat

Rencana tanggap darurat harus dikembangkan dan ditinjau secara teratur untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang tepat tersedia untuk menanggapi setiap insiden yang mungkin terjadi.

  • Penggunaan teknologi

Penggunaan teknologi seperti sistem pemantauan, pelacakan kargo, dan sistem komunikasi dapat membantu meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Langkah-langkah pencegahan harus diambil pada semua tahap transportasi batubara, mulai dari bongkar muat hingga pengangkutan dan penyimpanan, untuk memastikan pengangkutan batubara yang aman dan bertanggung jawab.

 

BAGAIMANA CARA MEMILIH KAPAL UNTUK TRANSPORTASI BATUBARA?

Saat memilih kapal untuk transportasi batubara, faktor-faktor berikut harus dipertimbangkan untuk memastikan kapal yang paling cocok dipilih:

  • Kapasitas kargo

Kapasitas kargo kapal harus cukup untuk menampung jumlah batubara yang diangkut.

  • Peralatan penanganan kargo 

Kapal harus memiliki peralatan penanganan kargo yang cocok untuk batu bara, seperti sistem konveyor atau grab.

  • Usia dan kondisi

Usia dan kondisi kapal harus dinilai untuk memastikannya dalam kondisi kerja yang baik dan mampu mengangkut batubara dengan aman.

  • Kecepatan dan waktu transit

Kecepatan dan waktu transit kapal harus dipertimbangkan untuk memastikan batubara dikirim ke tujuannya dalam jangka waktu yang diperlukan.

  • Fitur keamanan

Kapal harus memiliki fitur keselamatan yang sesuai seperti sistem pencegah kebakaran, peralatan penyelamat jiwa, dan peralatan navigasi.

  • Kinerja lingkungan

Kinerja lingkungan kapal, seperti emisi gas rumah kacanya, harus dipertimbangkan untuk memastikan bahwa pengangkutan batu bara dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Kapal yang paling cocok untuk transportasi batubara harus dipilih berdasarkan kapasitas kargo, peralatan penanganan kargo, usia dan kondisi, efisiensi bahan bakar, kecepatan dan waktu transit, fitur keselamatan, dan kinerja lingkungan.

 

STANDARD MARINE CARGO INSURANCE 

Marine cargo insurance Memberikan pertanggungan atas kehilangan atau kerusakan kargo selama transportasi laut. Jenis asuransi ini dapat menanggung berbagai risiko, seperti pencurian, kerusakan, dan kehilangan kargo.

Marine cargo insurance Mencakup barang yang diangkut melalui laut terhadap berbagai risiko kehilangan atau kerusakan selama transit. Dalam hal batu bara, asuransi kargo laut biasanya mencakup risiko seperti pencurian, kebakaran, tenggelam, tabrakan, dan bahaya lain yang dapat mengakibatkan hilangnya atau kerusakan kargo.

Beberapa risiko spesifik yang dapat ditanggung oleh asuransi kargo laut untuk pengiriman batubara meliputi:

  1. Kehilangan atau kerusakan karena pencurian atau penumpukan
  2. Kehilangan atau kerusakan akibat tabrakan atau grounding kapal
  3. Kehilangan atau kerusakan akibat kebakaran atau ledakan
  4. Kehilangan atau kerusakan karena cuaca buruk atau bencana alam
  5. Kehilangan atau kerusakan karena penyimpanan atau penanganan kargo yang tidak tepat.
  6. Kehilangan atau kerusakan karena kebocoran atau kontaminasi kargo
  7. Kehilangan atau kerusakan karena keterlambatan transit yang mengakibatkan kerugian finansial.

Penting untuk dicatat bahwa pertanggungan yang tepat yang diberikan oleh asuransi kargo laut untuk batubara dapat bervariasi tergantung pada syarat dan ketentuan spesifik polis, serta sifat dan nilai kargo yang diangkut. Oleh karena itu, disarankan untuk meninjau polis asuransi dengan cermat untuk memahami ruang lingkup pertanggungan dan pengecualian atau batasan apa pun yang mungkin berlaku.

 

PENJELASAN KHUSUS TENTANG INSTITUTE COAL CLAUSE (ICC)

Seperti dijelaskan di atas, jenis asuransi yang sesuai untuk transportasi batubara adalah Marine Cargo Insurance

Tetapi lebih dari asuransi kargo laut biasa diperlukan untuk batu bara. Dan oleh karena itu, pemilik atau pedagang kargo harus tahu bahwa ada perbedaan besar dalam cakupan asuransi antara polis kargo laut standar dengan asuransi kargo batubara.

Asuransi yang dirancang khusus untuk batubara disebut Institute Coal Clause (ICC).

Institute Coal Clause (ICC) adalah seperangkat klausul tambahan yang ditambahkan ke polis asuransi kelautan untuk memberikan pertanggungan khusus untuk kargo batubara. ICC adalah perpanjangan dari Institute Cargo Clauses (ICC) yang saya sebutkan sebelumnya, dan dirancang untuk mengatasi risiko unik yang terkait dengan pengangkutan batubara.

Beberapa fitur utama ICC meliputi:

  • Cakupan untuk kerusakan batubara 

ICC mencakup kerusakan pada kargo batubara yang disebabkan oleh air, kebakaran, ledakan, atau bahaya tertutup lainnya selama pengangkutan.

  • Pengecualian

ICC dapat mengecualikan pertanggungan untuk risiko tertentu, seperti kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh sifat buruk yang melekat, keausan, atau kemasan yang tidak memadai.

  • Langkah-langkah pencegahan kerugian 

ICC mungkin mengharuskan tertanggung untuk mengambil langkah-langkah pencegahan kerugian khusus, seperti memastikan kargo dikemas dan diamankan secara memadai untuk transportasi.

  • Persyaratan pelaporan

Tertanggung mungkin diminta untuk melaporkan kehilangan atau kerusakan kargo batubara kepada perusahaan asuransi dalam jangka waktu tertentu.

  • Dapat dikurangkan

ICC dapat mencakup pengurangan yang harus dibayar tertanggung sebelum pertanggungan asuransi dimulai.

ICC menyediakan perlindungan asuransi khusus untuk kargo batubara dan membantu memastikan bahwa risiko unik yang terkait dengan transportasi batubara ditanggung secara memadai. ICC biasanya ditambahkan sebagai dukungan untuk polis asuransi kelautan. Pemilik kargo batubara atau pedagang perlu bekerja dengan broker asuransi yang berpengalaman untuk memastikan mereka memiliki pertanggungan yang sesuai untuk kebutuhan spesifik mereka.

 

CATATAN KECELAKAAN ANGKUTAN BATUBARA DI INDONESIA 

Beberapa contoh kecelakaan transportasi batubara yang terkenal di dunia dan Indonesia:

  1. Tumpahan batubara PT Paiton Energy – Pada tahun 2018, sebuah kapal pengangkut batubara yang dioperasikan oleh PT Paiton Energy kandas di lepas pantai Jawa Timur, menyebabkan tumpahan batubara yang mencemari lingkungan setempat dan menyebabkan kerugian ekonomi bagi nelayan lokal.
  2. Tumpahan batu bara Teluk Bayur – Pada tahun 2016, sebuah tongkang batu bara tenggelam di lepas pantai Sumatera Barat, menyebabkan tumpahan batu bara yang mencemari lingkungan setempat dan mempengaruhi mata pencaharian masyarakat setempat.
  3. Tambang batu bara Sawah Lunto runtuh – Pada tahun 2018, sebuah tambang batu bara runtuh di Sawah Lunto, Sumatera Barat, menewaskan sedikitnya 13 penambang dan melukai puluhan lainnya.

Ini hanyalah beberapa contoh kecelakaan transportasi batu bara yang terkenal di Indonesia. Sayangnya, banyak insiden lain telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan, kerugian ekonomi, dan korban manusia.

 

MENGAPA PEMILIK KARGO ATAU PEDAGANG MEMBUTUHKAN LAYANAN DARI BROKER ASURANSI? 

Pemilik atau pedagang kargo batubara membutuhkan jasa broker asuransi untuk mengatur asuransi kargo laut mereka karena broker asuransi adalah ahli dalam industri asuransi dan dapat membantu pemilik dan pedagang kargo batubara untuk menemukan pertanggungan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Beberapa alasan mengapa pemilik atau pedagang kargo batubara mungkin memilih untuk bekerja dengan broker asuransi meliputi:

  • Keahlian

Pialang asuransi memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam industri asuransi. Mereka dapat memberikan saran dan panduan berharga kepada pemilik kargo batubara atau pedagang tentang pertanggungan asuransi yang paling tepat untuk kebutuhan mereka.

  • Akses ke beberapa pasar asuransi

Pialang asuransi memiliki akses ke beberapa pasar asuransi, yang memungkinkan mereka untuk membandingkan polis dan harga asuransi dari berbagai perusahaan asuransi dan menemukan pertanggungan terbaik untuk klien mereka dengan harga yang paling kompetitif.

  • Solusi asuransi yang disesuaikan

Pialang asuransi dapat menyesuaikan pertanggungan asuransi dengan kebutuhan spesifik pemilik atau pedagang kargo batubara, memastikan mereka terlindungi secara memadai terhadap risiko yang terkait dengan transportasi batubara.

  • Dukungan klaim.

Pialang asuransi dapat memberikan dukungan dan bimbingan kepada pemilik atau pedagang kargo batubara jika terjadi klaim, membantu mereka menavigasi proses klaim dan memastikan mereka menerima penyelesaian yang adil dan tepat waktu.

Bekerja dengan broker asuransi dapat membantu pemilik atau pedagang kargo batubara untuk menemukan pertanggungan asuransi yang paling cocok untuk kebutuhan mereka dengan harga yang paling kompetitif dan memberi mereka dukungan dan bimbingan berkelanjutan selama proses asuransi.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada industri batubara adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!