Asuransi Liability

Mengapa Papan Reklame Luar Ruangan Perlu Asuransi Public Liability?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Beberapa menit sebelum saya mulai menulis artikel ini, saya baru saja membaca dari berita online bahwa sebuah papan reklame luar ruangan di jalan utama di Kota Bandung, Indonesia, telah jatuh dan menabrak mobil dan sepeda motor serta melukai beberapa orang.

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin membahas risiko ini agar kita semua dapat terhindar dari risiko tersebut terjadi pada kita di masa depan.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda, sehingga mereka tahu sebanyak yang Anda lakukan.

 

PENGERTIAN BISNIS BILLBOARD 

Papan reklame luar ruang, atau papan reklame iklan, adalah struktur iklan luar ruang yang cukup besar yang biasa digunakan untuk menampilkan pesan komersial kepada khalayak luas. Struktur ini dapat ditemukan di sepanjang jalan raya, bangunan, area publik, dan lokasi lalu lintas tinggi lainnya.

Kebutuhan akan papan reklame luar ruangan berasal dari fakta bahwa mereka secara efektif menjangkau audiens yang besar dengan pesan yang ditargetkan. Papan reklame luar ruangan dapat mempromosikan produk, layanan, acara, dan pesan komersial lainnya kepada calon pelanggan yang mungkin tertarik dengan apa yang ditawarkan. Mereka sangat efektif untuk menjangkau orang-orang saat bepergian, seperti komuter atau pelancong.

Billboard outdoor juga dapat memberikan potensi bisnis yang signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. 

 

RISIKO BILLBOARD OUTDOOR

Meskipun papan iklan promosi luar ruangan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengiklankan produk dan layanan, ada beberapa risiko yang terkait dengan penggunaannya. Beberapa risiko utama meliputi:

Kerusakan Cuaca

Papan reklame luar ruangan terkena elemen, termasuk hujan, angin, dan suhu ekstrem. Seiring berjalannya waktu, paparan ini dapat menyebabkan kerusakan pada papan reklame, seperti memudar, mengelupas, atau bahkan rusak. Hal ini dapat mengakibatkan perlunya perbaikan atau penggantian papan reklame yang mahal.

Bahaya Keamanan 

Papan reklame biasanya dipasang di atas permukaan tanah, menciptakan bahaya keselamatan bagi pekerja selama pemasangan, pemeliharaan, dan pemindahan. Selain itu, jika papan reklame tidak diamankan dengan benar, dapat berisiko jatuh atau runtuh, berpotensi melukai orang atau merusak properti.

Kepatuhan terhadap Peraturan: Tergantung pada lokasi papan reklame, mungkin ada peraturan lokal, negara bagian, atau federal yang harus diikuti. Peraturan ini dapat mencakup ukuran papan reklame, penempatan, dan batasan konten. Kegagalan untuk mematuhi peraturan ini dapat mengakibatkan denda, perselisihan hukum, atau konsekuensi lainnya.

Dampak Lingkungan

Beberapa papan reklame dapat merusak lingkungan, terutama jika diterangi atau menggunakan bahan yang tidak dapat terurai secara hayati atau dapat didaur ulang. Ini dapat berkontribusi pada polusi cahaya, limbah, dan masalah lingkungan lainnya.

 

MENGATASI RESIKO KEAMANAN 

Untuk meminimalkan bahaya keselamatan ini, penting untuk mengikuti protokol dan prosedur keselamatan yang tepat saat mengerjakan papan reklame luar ruangan. 

Ini dapat mencakup penggunaan peralatan keselamatan yang sesuai, memastikan pemasangan dan pemeliharaan yang tepat, dan menghindari pekerjaan selama kondisi cuaca buruk. Pengusaha juga harus memberikan pelatihan yang memadai kepada pekerja untuk memastikan mereka mengetahui potensi bahaya dan bagaimana meminimalkan risiko.

Ada beberapa bahaya keamanan yang terkait dengan promosi papan reklame luar ruangan. Beberapa bahaya keselamatan utama meliputi:

Ketinggian 

Papan reklame luar ruangan sering dipasang pada ketinggian yang signifikan di atas tanah, menciptakan bahaya keselamatan bagi pekerja selama pemasangan, pemeliharaan, dan pemindahan. Pekerja mungkin perlu menaiki tangga atau menggunakan lift untuk mencapai papan reklame, yang dapat meningkatkan risiko jatuh dan kecelakaan lainnya.

Bahaya Listrik

Beberapa papan reklame diterangi menggunakan listrik, menciptakan bahaya listrik bagi pekerja. Pekerja mungkin berisiko tersengat listrik jika kabel atau sambungan listrik rusak atau rusak.

Integritas Struktural

Papan reklame harus diamankan dengan tepat untuk memastikan integritas strukturalnya. Jika papan reklame tidak diamankan dengan benar, itu dapat berisiko jatuh atau runtuh, berpotensi melukai pekerja atau pengamat.

Bahaya Lalu Lintas

Papan reklame luar ruangan sering dipasang di dekat jalan dan jalan raya, menciptakan bahaya lalu lintas bagi pekerja. Pekerja mungkin perlu bekerja dekat dengan kendaraan yang bergerak, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Bahaya Cuaca

Pekerja dapat terkena bahaya cuaca seperti suhu ekstrem, angin kencang, dan sambaran petir saat bekerja di papan reklame luar ruangan. Bahaya ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera.

 

KONSEKUENSI DARI KECELAKAAN PAPAN REKLAME

Konsekuensinya bisa parah dan berpotensi bencana jika papan reklame jatuh dan mengenai orang atau properti. Konsekuensinya akan tergantung pada ukuran dan berat papan reklame, lokasi di mana ia jatuh, dan jumlah orang atau properti yang terkena dampak.

Jika papan reklame jatuh pada orang, itu dapat mengakibatkan cedera parah atau bahkan kematian. Berat dan ukuran papan reklame dapat menyebabkan cedera remuk, cedera otak traumatis, cedera tulang belakang, dan jenis cedera parah lainnya. Jika papan reklame jatuh pada kendaraan, dapat mengakibatkan kecelakaan parah yang dapat menyebabkan cedera atau kematian bagi penghuni atau pejalan kaki.

Jika papan reklame jatuh di properti, itu dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada properti, termasuk bangunan, kendaraan, dan struktur lainnya. Kerusakan ini bisa mahal untuk diperbaiki dan dapat mengakibatkan gangguan pada operasi bisnis atau kehidupan pribadi.

Selain kerusakan fisik dan kerusakan properti, kecelakaan papan reklame juga dapat mengakibatkan konsekuensi hukum dan keuangan. Pemilik papan reklame dapat bertanggung jawab atas cedera, kerusakan, atau kerugian lain yang diakibatkan oleh kecelakaan tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan tuntutan hukum yang mahal, penyelesaian, dan biaya hukum lainnya.

 

CATATAN KECELAKAAN YANG DISEBABKAN OLEH JATUHNYA PAPAN REKLAME

Beberapa insiden runtuhnya papan reklame yang dilaporkan menyebabkan cedera dan kerusakan properti. Misalnya, pada 2019, sebuah papan reklame runtuh di jalan yang sibuk di Istanbul, Turki, menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya. Pada 2018, sebuah papan reklame jatuh ke sebuah mobil di Mumbai, India, menewaskan pengemudi dan melukai seorang penumpang. Pada 2015, sebuah papan reklame runtuh di New York City, menewaskan seorang pria yang berjalan di trotoar.

Insiden ini menyoroti potensi risiko penggunaan papan reklame promosi dan pentingnya pemasangan, pemeliharaan, dan tindakan pencegahan keselamatan yang tepat. Pemilik dan operator papan reklame harus mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk memastikan bahwa papan reklame mereka aman dan tidak menimbulkan risiko bahaya bagi orang atau properti.

 

JENIS KEBUTUHAN ASURANSI UNTUK PERLINDUNGAN BILLBOARD

Beberapa jenis asuransi dapat menanggung risiko yang terkait dengan jatuhnya papan reklame yang menyebabkan kerusakan atau cedera pada orang. Berikut adalah beberapa jenis pertanggungan asuransi yang paling umum:

Asuransi Tanggung Jawab Umum (Public Liability Insurance)

Pertanggungan asuransi ini melindungi bisnis dari tanggung jawab atas cedera atau kerusakan properti yang disebabkan oleh operasi atau produk mereka. Asuransi tanggung jawab umum dapat menanggung kerusakan dan biaya hukum yang diakibatkan oleh kecelakaan yang disebabkan oleh jatuhnya papan reklame.

Asuransi Properti

Asuransi properti dapat menanggung kerusakan pada papan reklame itu sendiri dan kerusakan properti yang disebabkan oleh jatuhnya papan reklame.

Asuransi Kompensasi Pekerja

Asuransi kompensasi pekerja dapat menanggung biaya pengobatan, kehilangan upah, dan biaya terkait lainnya jika seorang pekerja terluka saat mengerjakan pemasangan, pemeliharaan, atau pemindahan papan reklame.

Sangat penting bagi bisnis yang mengoperasikan papan reklame promosi untuk meninjau polis asuransi mereka dengan hati-hati dan memastikan bahwa mereka memiliki pertanggungan yang memadai untuk melindungi dari risiko yang terkait dengan kecelakaan papan reklame. Mereka mungkin juga ingin berkonsultasi dengan profesional asuransi untuk menentukan tingkat pertanggungan dan jenis asuransi yang sesuai untuk kebutuhan spesifik mereka.

 

CAKUPAN GENERAL LIABILITY INSURANCE UNTUK BILLBOARD

Asuransi Tanggung Jawab Umum adalah jenis pertanggungan asuransi yang melindungi bisnis dari klaim tanggung jawab yang timbul karena cedera tubuh atau kerusakan properti yang disebabkan oleh operasi atau produk mereka. Untuk bisnis yang mengoperasikan papan reklame luar ruangan, Asuransi Tanggung Jawab Umum dapat menanggung kecelakaan akibat pemasangan, pemeliharaan, atau pelepasan papan reklame.

Secara khusus, Asuransi Tanggung Jawab Umum untuk papan reklame luar ruangan dapat mencakup hal-hal berikut:

Cedera tubuh

Jika seseorang terluka karena jatuhnya papan reklame atau saat bekerja di papan reklame, Asuransi Tanggung Jawab Umum dapat menanggung biaya pengobatan, kehilangan upah, dan biaya lain yang terkait dengan cedera tersebut.

Kerusakan properti

Jika papan reklame jatuh dan merusak properti seseorang, seperti kendaraan atau bangunan, Asuransi Tanggung Jawab Umum dapat menanggung biaya perbaikan atau penggantian.

Biaya hukum

Jika klaim tanggung jawab dibuat terhadap bisnis yang mengoperasikan papan reklame, Asuransi Tanggung Jawab Umum dapat menutupi biaya biaya hukum dan biaya terkait lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa pertanggungan dan batasan khusus polis Asuransi Tanggung Jawab Umum dapat bervariasi tergantung pada perusahaan asuransi dan ketentuan polis. 

Bisnis yang mengoperasikan papan reklame luar ruangan harus meninjau polis asuransi mereka dengan cermat dan berkonsultasi dengan profesional asuransi untuk memastikan pertanggungan yang memadai untuk melindungi dari risiko yang terkait dengan kecelakaan papan reklame.

 

MENGAPA PERUSAHAAN PROMOSI LUAR RUANGAN MEMBUTUHKAN BROKER ASURANSI?

Mengatur asuransi dengan menghubungi perusahaan asuransi secara langsung atau melalui agen tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan pertanggungan asuransi yang terbatas, biaya premi yang tidak kompetitif, penggunaan perusahaan yang kurang aman, dan tidak adanya bantuan penyelesaian klaim.

Perusahaan papan reklame luar ruangan dapat memperoleh manfaat dari menggunakan broker asuransi untuk mengatur pertanggungan asuransi mereka karena beberapa alasan:

Keahlian: Pialang asuransi memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam industri asuransi. Mereka dapat membantu perusahaan papan reklame luar ruangan memahami berbagai jenis pertanggungan asuransi yang tersedia dan merekomendasikan pertanggungan dan batasan yang sesuai berdasarkan kebutuhan spesifik dan profil risiko perusahaan.

Kustomisasi

Pialang asuransi dapat bekerja dengan perusahaan papan reklame luar ruangan untuk menyesuaikan polis asuransi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka dapat bernegosiasi dengan perusahaan asuransi atas nama perusahaan untuk memastikan bahwa persyaratan kebijakan dan harga menguntungkan.

Timesaving

Pialang asuransi dapat menghemat waktu perusahaan papan reklame luar ruangan dengan menangani proses asuransi dari awal hingga akhir. Ini termasuk berbelanja kebijakan, membandingkan kutipan, dan mengelola proses pembaruan kebijakan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada kegiatan bisnis inti mereka dan menyerahkan tugas-tugas terkait asuransi kepada para ahli.

Manajemen risiko

Pialang asuransi juga dapat membantu perusahaan papan reklame luar ruangan dengan manajemen risiko. Mereka dapat memberi saran tentang cara-cara untuk meminimalkan risiko yang terkait dengan operasi papan reklame dan memastikan bahwa perusahaan memiliki prosedur keselamatan yang sesuai.

 Menggunakan broker asuransi dapat membantu perusahaan papan reklame luar ruangan menghemat waktu, mengurangi risiko, dan memastikan mereka memiliki pertanggungan asuransi yang sesuai untuk melindungi dari potensi kewajiban.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada asuransi kewajiban adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

 

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012