Asuransi Kapal

Ini Fakta-fakta berkaitan dengan kandasnya Kapal EVER GIVEN di terusan Suez Maret 2021

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Selama enam hari perdagangan dunia mengalami kepanikan akibat dari kandasnya kapal EVER GIVER di terusan Suez Mesir. Menyebabkan kekalutan terutama di dunia perdagangan internasional.

Sebagai broker asuransi yang fokus di bidang asuransi marines (asuransi laut) baik asuransi kapal, Protection and Indemnity (P&I) dan marine cargo kami sangat memperhatikan kecelakaan ini karena berdampak pada industri asuransi. Akibat dari kecelakaan ini beberapa barang milik klien kami yang didatangkan dari Eropah sempat tertahan selama sepekan. Kapal tertahan di laut Mediterania.

Pemblokiran Terusan Suez akibat dari kecelakaan ini yang menyebabkan terganggunya pengiriman dan pengangkutan barang secara global yang akan menyebabkan kerugian besar bagi industri asuransi. 

Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai kecelakaan ini serta dampaknya terhadap industri asuransi, berikut ini kami tuliskan beberapa fakta untuk menjadi bahan masukan. Informasi ini kami sarikan dari berbagai sumber dari berita online dan pengetahuan sendiri. 

Kami berharap semoga informasi bermanfaat untuk Anda. Jika Anda tertarik silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

  1. Ever Given adalah kapal kontainer kelas Emas, salah satu yang terbesar di dunia. Kapal tersebut dimiliki oleh Shoei Kisen Kaisha (anak perusahaan pemilik dan penyewaan kapal dari perusahaan galangan kapal besar Jepang Imabari Shipbuilding), dan disewa serta dioperasikan oleh perusahaan pengangkutan dan pengiriman peti kemas Evergreen Marine yang berkantor pusat di Distrik Luzhu, Kota Taoyuan, Taiwan. 
  2. Ever Given terdaftar di Panama, dan manajemen teknisnya merupakan tanggung jawab perusahaan manajemen kapal Jerman Bernhard Schulte Shipmanagement (BSM). 
  3. Ever Given (IMO 9811000) adalah satu dari 13 kapal kontainer yang dibangun dengan desain Imabari 20000 yang dikembangkan oleh Imabari Shipbuilding, 11 di antaranya telah disewa oleh Evergreen Marine dengan nama yang dimulai dengan Ever G.
  4. Kapal mulai dibangun pada 25 Desember 2015, diluncurkan pada 9 Mei 2018 dan selesai pada 25 September 2018. Ever Given yang Ini adalah kapal kedua Evergreen yang diberi nama Ever Given; yang pertama (IMO 8320901) dibangun pada tahun 1986 dan kemudian mengalami kerusakan. 
  5. Dengan panjang keseluruhan 399,94 meter Ever Given adalah salah satu kapal terpanjang di dunia yang masih beroperasi. Lambung memiliki lebar 58,8 meter dan tinggi dari lunas ke dek utama (kedalaman lambung) adalah 32,9 meter. Ever Given memiliki tonase kotor 220.940; tonase bersih 99.155; dan bobot mati tonase 199.629 ton. Kapasitas peti kemas kapal ini adalah 20.124 TEU. 
  6. Pada tanggal 23 Maret 2021, kapal melakukan perjalanan dari Tanjung Pelepas di Malaysia ke Rotterdam di Belanda, kapal kandas di Terusan Suez, dan tidak bisa bergerak dan tetap di tempatnya selama enam hari sebelum kru penyelamat membebaskannya pada 29 Maret 2021. 
  7. Otoritas terusan Suez melaporkan pada 29 Maret kapal Ever Given, yang terjebak di kanal sejak 23 Maret, telah dibebaskan sebagian dan mereka berharap lalu lintas di sepanjang Terusan Suez dapat dilanjutkan dalam beberapa jam.
  8. Total kerugian akibat kecelakaan ini akan tergantung pada berapa lama waktu yang dihabiskan oleh perusahaan penyelamat membebaskan kapal kontainer sepenuhnya dan kapan lalu lintas kapal bisa berjalan normal. Menurut perkiraan dari konsultan Fitch memperkirakan kerugian bisa mencapai ratusan juta euro.Salah satu sumber mengatakan bahwa kerugian yang diderita oleh perekonomi dunia sebesar USD. 400 juta/jam 
  9. Kecelakaan atas rangka kapal kontainer dengan ukuran sebesar Even Given besar dapat menyebabkan klaim lebih dari $ 1 miliar. Karena Ever Given masih dapat melakukan perjalanan setelah dibebaskan, maka klaim yang terkait dengan asuransi lambung dan kargo, termasuk dan biaya penyelamatan (yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi lambung pemilik kapal), kerugian akibat kerusakan rangka kapal mungkin tidak terlalu besar.
  10. Namun, klaim terhadap jaminan Protection and Indemnity (P&I) tuntutan kepada pemilik kapal (ship owner) mungkin jumlahnya sangat besar. Klaim bisa datang dari berbagai sumber antara lain dari pemilik muatan (cargo) yang diangkutnya, tuntutan dari pemilik kapal lain yang terblokir karena barang yang mereka angkut menjadi rusak mengganggu rantai pasokan. 
  11. Selain itu, Ever Given juga mungkin akan menghadapi tuntutan dari Otoritas Terusan Suez sendiri atas hilangnya pendapatan karena terhentinya arus kapal. Menurut laporan pers, lebih dari 300 kapal terjebak di kedua ujung terusan. Pencemaran lingkungan akibat tumpahan minyak atau produk minyak ke dalam kanal tampaknya berhasil dihindari.
  12. Sebagian besar dari kerugian tersebut mungkin sudah diasuransikan dan diasuransikan kembali oleh panel reasuransi global. 
  13. Keberhasilan pembebasan kapal tidak hanya berkat kinerja kapal tunda, tapi juga mendapat bantuan dari beberapa “mekanik angkasa.” Terusan Suez, seperti banyak perairan lainnya, mengalami naik dan turun mengikuti pasang surut. Fenomena alam itu merupakan efek samping dari hubungan Bumi dengan tetangga kosmiknya, bulan. Pasang surut paling ekstrim ketika Bumi sejajar dengan matahari dan bulan. Ketika itu kedua obyek menimbulkan tarikan gravitasi terkuat bagi planet Bumi. Respons terhadap tarikan gravitasi ini paling muda dilihat melalui 
  14. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), terusan Suez Kembali Normal Setelah Kapal Ever Given Dibebaskan Dan tepat pada Minggu (28 Maret), ketika siklus bulan purnama penuh dialami bumi. Bulan, matahari dan bumi berbaris sejajar dan memberikan dorongan secara alami yang sangat dibutuhkan Ever Given. Menurut New York Times, Terusan Suez diperkirakan mengalami peningkatan permukaan air sekitar 46 sentimeter lebih tinggi dari biasanya. 

Dari kecelakaan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa resiko dapat terjadi kapan saja dan dimana saja adalah betul. Kapal yang dirancang dengan canggih menggunakan teknologi maju dan dikelola oleh perusahaan manajemen perkapalan yang paling berpengalaman dunia tapi toh tetap mengalami kecelakaan juga.

Hanya karena faktor alam dengan adanya badai gurun dan pasang yang sedang turun yang menyebabkan kapal besar dan canggih itu kandas dan terdampar. Dampaknya menimbulkan kerugian miliaran dollar terhadap ekonomi dunia.  

Disinilah pentingnya jaminan asuransi. Ketika kecelakaan yang tidak diduga-duga itu terjadi, polis asuransi akan mengganti kerugian yang timbul. 

Kami selalu mengingatkan klien-klien kami untuk selalu mengasuransikan aset mereka terutama kapal, barang yang dikirim atau cargo. 

Untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik selalu gunakan jasa perusahaan broker asuransi. Mereka adalah ahli asuransi sekaligus menjadi advocate atau pengacara anda ketika terjadi klaim. 

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker. 

Hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

Baca Juga :   Ini daftar 7 kecelakaan Kapal Cargo Terparah Sepanjang Masa

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top