Asuransi Kapal

Ini Daftar Kecelakaan Kapal Berbendera Indonesia di tahun 2020

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Dari sudut pandang industri asuransi, kecelakaan kapal masuk ke dalam risiko dengan kategori tinggi, oleh karena itu tidaklah mengherankan jika asuransi kapal laut atau marine insurance merupakan penyebab lahirnya jaminan asuransi yang pertama di era asuransi  modern yang berawal dari obrolan di sebuah warung kopi di London, Inggris pada tahun 1688.

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi yang fokus di bidang asuransi marines (marine cargo, marine hull, P&I) kami senantiasa mengingatkan klien-klien kami agar mengasuransikan kapal mereka untuk semua jenis asuransi yang ada. Karena resiko dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan terhadap apa saja. 

Untuk menambah wawasan Anda khususnya para pelaku industri perkapalan, pemilik kapal (ship owners, forwarders, cargo owners, charterers) dan lain-lain, kami telah menyusun daftar kecelakaan kapal berbendera Indonesia atau yang terjadi di wilayah Indonesia selama tahun 2020 silam. Kecelakaan ini telah menjadi perhatian masyarakat internasional yang kemudian masuk dalam catatan list of shipwrecks in 2020 yang susun oleh Wikipedia. Informasi lengkap bisa dilihat di sini https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_shipwrecks_in_2020 

Perlu dicatat bahwa daftar diatas belum tentu menggambarkan jumlah keseluruhan kecelakaan yang sebenarnya karena besar kemungkinan banyak kecelakaan yang beritanya tidak sampai ke tingkat internasional.

Kami berharap dengan adanya informasi ini akan bisa membantu mengingatkan Anda bahwa resiko kapal itu “real” dan jaminan asuransi itu penting untuk mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkannya. 

Yang termasuk ke dalam kecelakaan dalam daftar The list of shipwrecks in 2020  meliputi kapal tenggelam, kandas, terdampar, tabrakan atau hilang. Sekali lagi daftar ini hanya berdasarkan informasi yang beredar di dalam berita atau media internasional, oleh karena itu jika ada informasi tambahan silahkan ditambahkan di dalam kolom komentar di bawah ini. 

Berikut daftar 12 kecelakaan kapal yang terjadi di Indonesia selama tahun 2020:

  1. Tanggal 10 January 2020

Kapal Express 88

Kapal tanker ini menyeret jangkar dalam badai dan terdampar di pantai utara Pulau Bawean di Laut Jawa. Sebelas awaknya dapat diselamatkan. 

  1. Tanggal 11 January 2020

KM EL No. 2

Kapal kargo ini tenggelam di lautan yang bergelombang besar akibatnya terjadi pergeseran kargo dan tenggelam di Laut Jawa di lepas Pulau Belitung di perairan dangkal dengan sebagian rangkanya berada di atas air. Ke-14 awaknya berhasil diselamatkan.

  1. Tanggal 3 February 2020

Graha Angkasa 1 

Kapal kargo ini mengalami  kebanjiran dan tenggelam dalam cuaca yang berat di Sulawesi Utara,. 12 awaknya berhasil diselamatkan.

  1. Tanggal 20 March 2020

KM Surya Express  

Kapal kargo ini tenggelam di lepas pantai timur laut Papua Nugini (00 ° 40′S 133 ° 20′E). 17 awak berhasil diselamatkan, 1 masih hilang.

  1. Tanggal 10 May 2020

Samudra Sakti I

Kapal curah ini mengalami kerusakan akibat bertabrakan tabrakan dengan kapal Shahraz (Iran) di Selat Singapura di selatan Pulau Saint John dan kemudian terdampar. Kapal diapungkan kembali pada 12 Mei dan berlabuh di Batam.

  1. Tanggal 9 June 2020

Multi Sahabat 8

Kapal tunda ini tenggelam di Selat Singapura di lautan yang berarus deras. Empat awak berhasil diselamatkan, kaptennya hilang, pencarian dibatalkan. 

  1. Tanggal 14 July 2020

KRI Teluk Jakarta  

Kapal milik TNI Angkatan Laut Indonesia The Frosch-I / Type 108 LSM tenggelam di Laut Jawa timur laut Pulau Kangean, lepas Jawa dalam cuaca buruk. Semua 55 penumpang diselamatkan. 

  1. Tanggal 10 October 2020

Jakarta Indonesia

Kapal kargo yang dinonaktifkan itu terdorong ke darat dalam badai di Provinsi Thừa Thiên – Huế, Vietnam di Laut China Selatan di bagian utara Đà Nẵng setelah kehilangan dereknya saat dalam perjalanan untuk di scrub. Kapal pecah menjadi dua, mungkin kerugian total loss.

  1. Tanggal 14 October 2020
Baca Juga :   Ini Fakta-fakta berkaitan dengan kandasnya Kapal EVER GIVEN di terusan Suez Maret 2021

Noah Satu  

Kapal kargo ini kandas di Pulau Sebuku di Selat Sunda. Diapungkan kembali dengan kapal tunda pada tanggal 18 Oktober dan dibawa ke Bakauheni, Sumatra. 

  1. Tanggal 17 November 2020

Kerinci Indah 02  

Kapal penangkap ikan ini terbalik dan tenggelam akibat tabrakan, atau akibat kontak dekat dengan kapal kargo Cape Kallia di Samudera Hindia 55 mil laut (102 km; 63 mil) tenggara Bali. Tujuh awak berhasil diselamatkan oleh Cape Kallia, empat lainnya masih hilang.

  1. Tanggal 15 December 2020

Bahtera Salbach  

Kapal kargo pesiar itu tenggelam dalam tabrakan dengan kapal kontainer KMTC Jebel Ali (Korea Selatan) lepas pantai Surabaya. Kedelapan awak berhasil diselamatkan.

  1. Tanggal 15 December 2020

SHD King Richard X

Kapal keruk hopper yang tidak berfungsi diisi dan tenggelam di Batu Ampat, Indonesia di Selat Singapura. Empat kru pemeliharaan di kapal dievakuasi sebelum tenggelam.

Dari 170 kecelakaan kapal yang masuk ke dalam daftar diatas, Indonesia menyumbang sebanyak 12 kecelakaan atau sebesar 7%. Jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan jumlah kapal yang ada di Indonesia.

Dari total kecelakaan kapal yang terjadi pada tahun 2020 ada kecelakaan yang luar biasa yaitu kerusakan kapal yang terjadi di pelabuhan Beirut Lebanon akibat dari ledakan besar yang terjadi pada bulan Agustus 2020 yang menyebabkan terjadinya kerusakan parah pada 11 kapal yang berasal dari beberapa Negara. 

Selain itu pada bulan September 2020 ada juga kerusakan kapal dalam jumlah besar yang terjadi di Amerika akibat dari badai Hurricane Sally yang menyebabkan 6 kapal mengalami kerusakan berat. Kemudian pada bulan Oktober 2020 akibat Badai Tropis Linfa di Vietnam yang menyebabkan 2 kapal Vietnam mengalami kerusakan. 

Total kecelakaan akibat kejadian yang luar biasa ada 19 kapal, jadi total kapal yang mengalami kerusakan dan kehilang akibat kejadian biasa “reguler” adalah 151 kali, maka porsi kecelakaan kapal yang terjadi di Indonesia adalah 8%. Angka yang sangat tinggi.

Oleh karena itu dapat dipahami kenapa perusahaan asuransi dan reasuransi internasional selalu berhati-hati ketika menerima penawaran resiko asuransi kapal dari Indonesia, loss ratio cukup tinggi. 

Kenapa hal itu terjadi? Ada beberapa hal penyebabnya antara lain kondisi kapal yang sudah tua, perawatan kapal kurang maksimal, sarana keselamatan yang kurang memadai, awak kapal yang kurang terampil, kondisi alam yang berat dan beberapa penyebab lainnya.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik untuk asuransi rangka kapal, Protection and Indemnity (P&I) serta asuransi pengiriman barang (Marine Cargo) selalu gunakan jasa broker asuransi atau sering juga disebut sebagai pialang asuransi. 

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang membantu Anda dalam merancang program asuransi kapal dengan luas yang maksimal, membantu menegosiasikan premi ke beberapa perusahaan asuransi yang capable. 

Tugas broker asuransi adalah membantu Anda untuk mengurus klaim asuransi kepada perusahaan asuransi. Broker asuransi ada di pihak Anda bukan di pihak perusahaan asuransi. 

Salah broker asuransi terkemuka di Indonesia yang berpengalaman dalam asuransi kapal adalah L&G Insurance Broker. 

Untuk asuransi kapal Anda, hubungi L&G sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

 

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top