Golf

Ini 10 peraturan dasar golf yang perlu anda ketahui di tahun 2021

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Jumpa lagi kita di edisi tentang golf. Minggu lalu kami tidak sempat hadir karena ada kegiatan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Sebagai pegolf amatir sekaligus broker asuransi professional, kali ini saya ingin membahas mengenai Golf Rules atau peraturan golf. Golf adalah olahraga yang sarat dengan peraturan dan etika. Seorang pegolf tidak hanya dinilai karena pukulannya yang jauh tapi juga karena etikanya yang bagus dalam bermain. Jika seorang pegolf cacat dalam etika walau pemainnya sangat memukau, ia akan kehilangan reputasinya. 

Banyak pemain golf professional maupun amatir telah kehilangan nama baiknya karena telah melakukan “cheating”. Mereka dijauhi oleh rekan-rekannya, tidak diikutkan dalam turnamen atau bahkan secara resmi dikeluarkan dari asosiasi golf. 

Perlu Anda ketahui bahwa aturan Golf sering dianggap terlalu rinci dan ketat sehingga menjadi tantangan bagi pemain pemula untuk berkomitmen mengikuti peraturan tersebut. Namun dibandingkan dengan peraturan pada tahun-tahun sebelumnya, peraturan yang ada sekarang sudah jauh lebih sederhana. 

Aturan utama golf sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipahami, dan dengan adanya penjelasan singkat ini bisa bermanfaat, bahkan mungkin bagi pendatang baru bahkan bisa memberi pengarahan kepada mitra bermain mereka.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda. 

Berikut ini 10 peraturan dasar golf yang perlu anda ketahui:

  1. Batas Isi Club di dalam Bag Anda 

Anda hanya diizinkan membawa paling banyak 14 stik (EMPAT BELAS!) saja di dalam tas Anda selama bermain. Anda boleh membawa lebih banyak stik tetapi pastikan sebelum Anda bermain untuk memeriksa isinya sebelum Anda mulai dan mengeluarkan kelebihan atau mengganti dengan yang lain. Jika ketahuan, hal ini dapat membuat Anda terkena penalti untuk setiap hole yang Anda mainkan.

  1. Memukul tee off  hanya dalam batas parameter 

Pukulan tee off pertama dari sebuah permainan selalu menakutkan, bahkan untuk pegolf berpengalaman sekalipun, jadi pastikan Anda melakukan tee off di antara tanda pembatas dan di belakang dari tanda yang sesuai – misalnya di belakang tanda putih jika anda bermain mulai putih. 

  1. Hindari memukul bola yang salah

Kedengarannya seperti tidak penting, tetapi bisa jadi Anda akan memukul bola yang bukan milik Anda. Karena bentuk bola Anda mungkin sama dengan bola Anda.  Untuk itu Anda perlu memberi tanda pada bola Anda sebelum memukul.

Jika Anda memukul bola yang salah atau Anda memukul bola rekan Anda dalam suatu permainan atau pertandingan itu berarti Anda bisa kehilangan hole pada pertandingan itu dan Anda akan dikenakan penalti dua pukulan. Untuk menghindari penalti seperti itu, tandai bola Anda lebih jelas dengan simbol khusus yang dipersonalisasi.

Tetapi jika Anda tidak yakin dengan bola itu milik siapa dan Anda rugu maka beri tahu rekan bermain Anda, tandai dengan hati-hati dengan tee peg, angkat tetapi jangan bersihkan (hanya untuk mengidentifikasinya) dan ganti di tempat yang sama Anda berhak atas hak Anda.

  1. Green Rulings – Peraturan di Green 

Setelah Anda mencapai green, ada beberapa aturan penting yang perlu Anda waspadai. Setelah bola berhenti di permukaan putting, Anda dapat menandainya dengan koin, atau cakram, angkat dan bersihkan, tetapi ingat untuk mengembalikan ke tempat yang sama. 

Para pegolf sekarang diperbolehkan untuk memperbaiki hampir semua kerusakan di lapangan, seperti tanda spike, tanda bola, lekukan dari tongkat atau tiang bendera, dan kerusakan yang disebabkan oleh binatang. 

Namun, pegolf tidak diizinkan memperbaiki lubang aerasi, ketidaksempurnaan permukaan green, atau keausan alami lubang.

  1. Mainkan bola Anda sesuai dengan posisinya

Selalu memainkan bola Anda sesuai dengan posisinya, di mana pun bola berhenti, kecuali peraturan mengizinkan Anda untuk memindahkannya. 

Jika bola berhenti dan kemudian digerakkan oleh kekuatan alam seperti angin atau air, pemain biasanya harus memainkannya dari tempat barunya. Jika bola diam dan diangkat atau digerakkan oleh siapa pun atau pengaruh luar sebelum pukulan dilakukan, bola harus ditaruh di tempat semula.

Pemain harus berhati-hati ketika berada di dekat bola saat istirahat, bagi pemain yang menyebabkan bola miliknya atau bola lawan bergerak akan mendapatkan penalti (kecuali di putting green).

  1. Posisi bola yang tidak dapat dipukul 
Baca Juga :   Golf Putting: 3 Hal yang dilakukan oleh pegolf PGA yang tidak dilakukan oleh pegolf Amatir

Jika bola Anda berhenti dalam posisi yang Anda yakini tidak dapat dipukul, Anda memiliki tiga pilihan 

Pemain dapat mengambil pembebasan untuk tidak memukul bola yang tidak dapat dimainkan dengan menggunakan salah satu dari tiga opsi dalam Aturan 19.2a, b atau c, dalam setiap kasus menambahkan satu pukulan penalti.

Pemain boleh mengambil pembebasan pukulan dan jarak sesuai Peraturan 19.2a meskipun bola asli belum ditemukan dan diidentifikasi. Tetapi untuk memukul bola pengganti harus berada di garis belakang berdasarkan Peraturan 19.2b atau pembebasan lateral berdasarkan Peraturan 19.2c, pemain harus mengetahui tempat bola asli.

  1. Cara memukul bola

Ketika memukul bola, itu tidak hanya mengenai masalah teknik memukul akan tetapi juga harus mengikuti ketentuan dan peraturan permainan.

Misalnya, jika Anda berada dalam posisi berdiri yang sulit dan canggung, Anda tetap harus memukul bola dengan kepala pemukul (club head).

Anda tidak boleh menyendok, mengikis, atau menjentikkannya dengan gaya yang tidak dapat dikategorikan sebagai pukulan. Jika itu yang dilakukan maka akan mendapatkan penalty dua pukulan.

  1. Tulis Skor dengan benar

Di akhir permainan, Anda harus memastikan bahwa kartu Anda (scorecard) telah diisi dengan benar – dengan membandingkan skor yang telah Anda tandai pada kartu rekan bermain (Anda seharusnya sudah menukar kartu di awal ronde).

Setelah Anda setuju, kartu tersebut harus ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai catatan yang benar untuk setiap hole. Kartu skor yang salah dan yang tidak ditandatangani oleh pemain lain akan menyebabkan Anda diskualifikasi. 

  1.  Out of Bounds (OB)

Bagi pemula sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat bola Anda melesat keluar batas. Bola yang dipukul di luar batas lapangan atau istilahnya OB biasanya ditandai dengan taruhan putih, Anda harus mengulang dari posisi semula dan Anda mendapatkan satu penalti pukulan.

Biasanya score card yang disediakan oleh golf course harus memiliki batasan yang ditandai atau dijelaskan dengan jelas.

Tapi Jika Anda yakin pukulan Anda telah menjadi OB atau masuk air, beritahu rekan Anda dan mulai lagi dari awal. 

Anda mempunyai waktu tiga menit (biasanya lima menit) untuk mencari bola dan jika memang hilang Anda akan menghemat waktu yang berharga dengan melanjutkan menggunakan bola sementara meskipun ada penalti satu pukulan.

Jika bola asli Anda kemudian ditemukan dalam batas atau kondisi kering dalam waktu tiga menit dari titik pencarian, Anda harus melanjutkan dengan bola asli.

  1. Meminta Pendapat

Meskipun golf adalah salah satu olahraga yang paling ramah, tapi golf adalah permainan yang soliter dan ini tercermin dalam peraturan yang ketat.

Anda tidak dapat meminta nasihat tentang pemilihan klub misalnya dari siapapun selain rekan satu tim Anda (jika Anda bermain fourball atau foursomes misalnya) atau dari caddy.

Anda juga tidak harus menawarkan nasihat kepada lawan dalam kompetisi. Namun demikian, Anda dapat meminta informasi tentang Peraturan, jarak atau posisi bahaya atau tiang bendera.

Sekali lagi kami berharap tulisan ini bermanfaat. Bisa membantu Anda untuk semakin menikmati olahraga golf. By the way kapan kita “main golf yuk”… bareng Alit… he he he

Tulisan ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi, informasi online terutama dari website berikut ini https://www.golfmagic.com/golf-news/revealed-10-basic-golf-rules-beginner-needs-know-2021

Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker. A Smart Insurance Broker

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top