InsurTech

Asuransi di Masa Depan: Seperti Apa Bentuknya dan Bagaimana Kita Akan Mencapainya

Liga Asuransi – Beberapa hal tidak berubah, dan strategis tradisional seperti skala, pertumbuhan, dan diferensiasi akan tetap ada di agenda setiap perusahaan asuransi. Namun perkembangan teknologi terus mengubah sektor bisnis secara fundamental, Ada enam kapabilitas utama yang membentuk pendorong utama profitabilitas dalam dekade mendatang:

  • Kumpulkan dan pergunakan data
  • Berpusat pada pelanggan
  • Mengidentifikasi dan menyebarkan teknologi baru
  • Inovasi dan ketangkasan
  • Manajemen SDM/karyawan
  • Memanfaatkan kemitraan strategis untuk pertumbuhan

 

Teknologi dan model bisnis baru mendorong inovasi ke depan

Jalan ke depan terletak pada adaptasi kemitraan yang tepat yang akan memberdayakan perusahaan asuransi untuk memanfaatkan data, sumber daya bisnis, dan teknologi digital.

Karena perusahaan asuransi sedang bertransisi dari organisasi yang berpusat pada produk menjadi organisasi yang berpusat pada pelanggan, mereka menggunakan strategi, produk, proses, dan pengalaman inovatif untuk menciptakan sumber pendapatan baru dan mengubah model bisnis dan operasi mereka.

Dan karena masa depan semakin tidak dapat diprediksi setiap hari, perusahaan asuransi digital membangun ketangkasan dalam segala hal yang mereka lakukan, mengadaptasi budaya dan pola pikir digital, sebagai lawan dari pandangan yang lebih konservatif.

 

Teknologi sebagai pendukung bisnis

Semakin banyak, kami melihat teknologi digunakan untuk mendorong inovasi di salah satu dari tiga dimensi:

  1. Kemampuan untuk menawarkan pengalaman pelanggan end-to-end

Perusahaan asuransi bergeser dari berfokus pada produk menjadi berpusat pada pelanggan. Pada saat yang sama, pelanggan menganggap setiap interaksi dengan perusahaan asuransi mereka sebagai bagian dari satu perjalanan. Perusahaan asuransi semakin fokus untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus dan menyeluruh melalui digitalisasi dan penyatuan fungsi back-end dan yang berhubungan dengan pelanggan.

  1. Kemampuan untuk mengotomatiskan penilaian risiko

Memanfaatkan teknologi dan data untuk menilai risiko dan memperkirakan premi memberdayakan perusahaan asuransi untuk mengotomatiskan penimbangan indikator utama tentang pemegang polis terhadap algoritme data besar. Proses otomatis ini membantu perusahaan asuransi mencapai keseimbangan antara profitabilitas dan potensi klaim oleh pemegang polis.

  1. Meningkatnya konektivitas ke sektor lain

Perusahaan asuransi semakin beralih ke kemitraan dengan industri lain, seperti pengecer online dan pembuat mobil untuk membawa perjalanan pembelian dan orientasi asuransi menjadi satu pengalaman pelanggan terpadu.

 

Personalisasi setiap aspek pengalaman pelanggan menjadi standar baru

Industri asuransi menghadapi momen yang sangat penting: peluang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat sambil kembali berfokus pada profitabilitas dan pertumbuhan. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan asuransi pemenang akan fokus pertama dan terutama pada satu area dalam dekade mendatang: pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

Jumlah data pribadi yang dikumpulkan pada pelanggan, dikombinasikan dengan ekspektasi pelanggan untuk personalisasi, menjamin pengalaman yang sangat terfokus dan dipersonalisasi sebagai model bisnis. Saat ini, setiap interaksi selama perjalanan pelanggan digital dapat disesuaikan untuk memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin kepada setiap individu.

Akibatnya, kami melihat perubahan dalam model bisnis asuransi dari “satu ke banyak” menjadi “satu ke satu”.

 

Pergeseran ke model pengembangan tanpa kode

Bagaimana tujuan ambisius ini dapat dicapai? Karena perusahaan asuransi sudah meregangkan sumber daya mereka di berbagai bidang, menemukan cara untuk memperluas sumber daya TI yang ada untuk mencapai lebih banyak dengan lebih sedikit menjadi kepentingan strategis yang terpenting.

Baca Juga :   Hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh Broker Asuransi sebelum membeli Insurance Broking System

Platform pengembangan tanpa kode diposisikan secara unik untuk mendorong dorongan menuju pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dalam asuransi. Dengan memberikan kekuatan untuk mengembangkan alat dan aplikasi digital baru kepada pengembang warga (karyawan tanpa keahlian teknis atau pengetahuan pengkodean), alat tanpa kode mendemokrasikan inovasi dan mendorong amplop ketika harus menyusun perjalanan pelanggan digital yang luar biasa.

 

Mendorong pelaku asuransi untuk meningkatkan ketangkasan

Aplikasi tanpa kode memungkinkan perusahaan asuransi untuk mempercepat transformasi digital, mendorong rilis baru ke pasar dalam beberapa hari (bukan bulan) dan merangkul ketangkasan yang dibutuhkan untuk bertahan dalam lanskap kompetitif saat ini. Ketangkasan ini merupakan inti dari proses pengoptimalan berkelanjutan yang diperlukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

 

Membuat perjalanan digital yang dipersonalisasi dengan biaya yang lebih murah

Dengan memanfaatkan model pengembangan tanpa kode, perusahaan asuransi dapat meningkatkan pendapatan dan profitabilitas melalui pengalaman pelanggan yang lebih baik dan lebih personal sambil memangkas biaya pengembangan, menyederhanakan pemeliharaan, dan mengurangi backlog.

 

Memastikan akurasi dan ketersediaan data

Karena data adalah inti dari strategi pertumbuhan saat ini, memastikan keakuratan dan ketersediaannya melalui organisasi merupakan kepentingan strategis. Alat tanpa kode dapat membantu organisasi mengurangi kesalahan dan menjaga integritas data dengan cepat menghapus proses manual dan menggantinya dengan perjalanan digital.

Pada saat yang sama, alat tanpa kode memberdayakan organisasi untuk menghemat biaya pemrosesan back-office dengan mengintegrasikan antarmuka yang dihadapi pelanggan dengan sistem internal. Ketika informasi mengalir bebas melalui organisasi, pelanggan dapat menyelesaikan proses apa pun secara real, atau hampir real-time, meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

 

Transformasi digital yang langsung dimulai dengan alat tanpa kode

Asuransi masa depan berpusat pada pelanggan dan digital. Kemampuan untuk memanfaatkan saluran digital untuk menawarkan pengalaman pelanggan end-to-end tanpa gesekan akan membentuk masa depan perusahaan asuransi, apa pun model bisnis yang mereka pilih.

Untuk beralih dari tempat kita saat ini ke masa depan itu akan membutuhkan komitmen tanpa henti terhadap pengalaman pelanggan dan fokus berlebihan pada personalisasi. Penanggung harus mengadopsi teknologi baru dan memanfaatkan kemitraan dengan hati-hati, karena hanya ada sedikit ruang untuk kesalahan dan kemunduran dalam lingkungan yang menantang saat ini.

Platform tanpa kode adalah salah satu cara perusahaan asuransi dapat memulai transformasi mereka menjadi pengalaman digital-first yang sangat dipersonalisasi sekaligus mengurangi risiko, karena platform tanpa kode tidak memerlukan implementasi yang lama.

Tulisan ini dipersembahkan oleh LIGASYS penyedia Integrated Insurance Broking System untuk direct broker dan reinsurance broker. LIGASYS sangat membantu untuk menyederhanakan proses dan membuat laporan sesuai dengan ketentuan. Saat ini LIGASYS sudah digunakan oleh beberapa perusahaan broker dan broker reasuransi.

www.ligasys.com

Untuk informasi lebih lengkap tentang LIGASYS hubungi Jamil General Manager di 08129616310, 081286300922 dan email muhamad.jamil@ligasys.co.id 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top