Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-3 September

Liga Asuransi – Halo risk takers, di minggu ketiga bulan September 2023 ini kami kembali mengumpulkan beberapa berita mengenai kejadian kecelakaan di Indonesia, yang pantas mendapatkan perhatian bagi kita semua agar semakin waspada bahwa risiko bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja. Kecelakaan merupakan sebuah kejadian yang tidak bisa kita perikirakan kapan dan dimana akan terjadi, dan juga akan menimpa siapa saja. Tapi kecelakaan bisa kita minimalisir akibatnya dengan selalu mengedepankan aspek keselamatan. Ketika keselamatan menjadi prioritas utama, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 7 pilihan berita kecelakaan yang akan memberikan wawasan dan pengertian lebih mendalam tentang betapa pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu waspada dan lindungi diri Anda serta orang-orang terdekat. Bersama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca dan semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam menjaga keselamatan kita semua.

Kebakaran Museum Nasional Dipicu Oleh Korsleting Listrik, Koleksi Berharga Terdampak

Kejadian kebakaran yang terjadi pada malam Sabtu (16/9/2023) di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jakarta Pusat diduga dipicu oleh korsleting arus listrik di area proyek renovasi museum. Menurut Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Asril Rizal, korsleting listrik tersebut terjadi di belakang area pameran museum dan kemungkinan berasal dari bedeng tukang yang sedang merenovasi Gedung Blok C.

Kronologi kebakaran dimulai ketika petugas keamanan sedang mengadakan apel. Sekitar pukul 19.58 WIB, ledakan besar terjadi dari area proyek renovasi di Museum Nasional, dan alarm gedung langsung berbunyi. Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat segera menambah personel untuk memadamkan kebakaran, dan sejumlah mobil pemadam dikerahkan ke tempat kejadian.

Saat ini, petugas masih berusaha memadamkan api di area seluas 20×20 meter persegi, namun tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam kejadian ini. Meskipun beberapa koleksi di museum terdampak, banyak di antaranya masih utuh. Tim identifikasi tengah bekerja untuk mengumpulkan data mengenai koleksi cagar budaya yang terkena dampak.

Museum Nasional Indonesia juga sedang berupaya untuk melakukan evakuasi koleksi yang terkena dampak kebakaran, dengan menyediakan ruangan khusus. Selain itu, pihak berwenang telah memanggil 16 orang saksi untuk menyelidiki penyebab kebakaran gedung A di kompleks Museum Nasional Indonesia.

Museum Nasional kini ditutup akibat kebakaran. Diduga, penyebab kebakaran disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi.

Source: https://news.republika.co.id/berita/s132mp383/kebakaran-museum-nasional-diduga-dari-korsleting-bedeng-proyek 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Properti 
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Dan lain-lain

 

Tragedi Kecelakaan di Lintas Pekanbaru-Duri: Penumpang Ambulans Tewas dalam Bentrokan dengan Truk CPO

Kecelakaan tragis terjadi di Lintas Pekanbaru-Duri, Bengkalis, antara sebuah ambulans Isuzu Elf dan sebuah truk CPO, mengakibatkan kematian penumpang ambulans di tempat kejadian.

Kapolres Bengkalis AKBP Bimo mengungkapkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi pada pagi hari sekitar pukul 10.30 WIB di KM 122 Balai Raja di Lintas Pekanbaru-Duri.

Bimo menjelaskan, “Insiden terjadi pada pukul 10.30 WIB ketika sebuah truk tangki merk Hino dengan nomor BM 9537 CU sedang dalam perjalanan dari Pekanbaru menuju Duri. Truk tersebut bergerak dengan kecepatan moderat.”

Saat sampai di lokasi kejadian, truk tersebut mencoba mendahului kendaraan lain yang identitasnya belum diketahui. Pada saat yang sama, sebuah ambulans Isuzu Elf yang dikemudikan oleh Asbi Lesmana, membawa seorang pasien dan beberapa penumpang, datang dari arah berlawanan.

Bimo menjelaskan lebih lanjut, “Karena jarak yang sangat dekat, kecelakaan pun tak terhindarkan.”

Akibat kecelakaan tersebut, pengemudi ambulans mengalami luka ringan di bagian dada sebelah kiri. Sementara itu, penumpang bernama Fegurson mengalami luka parah. Dua penumpang lainnya, Efrina dan Lusniar, mengalami luka ringan. Sayangnya, penumpang yang bernama Regia Hutapea meninggal dunia di RSUD Duri akibat cedera berat yang dialaminya.

Bimo menyampaikan, “Korban yang bernama Regia Hutapea berusia 64 tahun meninggal dunia akibat cedera berat di RSUD Duri. Informasi yang kami terima adalah bahwa korban adalah penumpang yang sedang sakit dalam ambulans.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6939465/adu-banteng-mobil-tangki-vs-ambulans-di-bengkalis-1-orang-tewas 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Seorang Pekerja Pabrik Penggilingan Gabah Tewas Terlilit Putaran Mesin Diesel di Tasikmalaya, Tubuh Korban Rusak Mengenaskan

Kecelakaan kerja yang berakibat fatal terjadi di sebuah pabrik penggilingan gabah di Kampung Perintis, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, pada hari Kamis (14/9/2023) siang. Kecelakaan ini mengakibatkan seorang pekerja tewas akibat terlilit oleh mesin saat sedang mengoperasikan mesin diesel besar di dalam pabrik tersebut. Korban yang bernama Wawan Saefulloh (58), warga Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, ditemukan terjepit di dalam pulley (katrol) berukuran besar, yang merupakan penghubung antara mesin dengan sistem penggilingan gabah.

Agus Mulyawan (45), seorang warga setempat, menjelaskan bahwa korban bekerja sendirian saat kejadian tersebut. Dia menuturkan, “Saya berbicara dengannya pagi tadi dan berbincang seperti biasa. Hari ini, pegawai lainnya tidak masuk, jadi dia bekerja sendirian.”

Setelah percakapan itu, Wawan memulai tugasnya dalam menggiling gabah. “Dia sempat memperbaiki pompa air, kemudian mesin huller (penggiling gabah) mulai beroperasi. Saya pulang ke rumah,” ungkap Agus.

Tengah hari, sejumlah warga datang untuk mengirimkan atau membeli gabah. Mereka memanggil korban namun tidak mendapatkan respons. Agus menceritakan, “Kemudian, ada orang yang ingin mengirimkan barang, mereka terus memanggil tapi tidak ada yang menjawab. Kemudian mereka bertanya kepada saya, dan bersama-sama kami mencari di dalam pabrik. Ternyata, korban sudah terjepit. Kami segera melaporkan kejadian ini kepada RT dan polisi.”

Agus mengungkapkan bahwa saat itu mesin sudah mati dan tidak ada orang lain di dalam pabrik. Dia berkata, “Mesin sudah mati dan tidak ada orang lain di sekitar.”

Proses evakuasi korban memakan waktu lebih dari 2 jam karena posisi tubuh korban yang terjepit antara pulley dan tali karet penghubung mesin. Luka yang dialami korban cukup parah.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kota Tasikmalaya terlibat dalam proses evakuasi. Meskipun ada pertimbangan untuk membongkar mesin terlebih dahulu, tetapi akhirnya tidak dilakukan karena kondisi tubuh korban sudah terluka parah.

Jenazah korban berhasil dievakuasi menjelang pukul 15.00 WIB dan dibawa ke RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya.

Sementara itu, pabrik tersebut ditutup sementara, dan garis polisi dipasang sebagai tindakan awal menyusul kecelakaan kerja yang menewaskan Wawan Saefulloh (58). Polisi menyatakan dugaan sementara bahwa korban meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, di mana korban terjepit atau terseret oleh pulley dan tali penghubung mesin. Proses pemasangan tali penggerak tersebut berisiko dan dilakukan secara manual saat mesin sudah aktif.

Diduga kecelakaan terjadi saat korban memasang tali penggerak ke pulley mesin, yang menyebabkan tangannya terseret oleh putaran pulley, akibatnya seluruh tubuhnya terseret oleh mesin yang berputar.

Source: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6931306/nasib-tragis-wawan-di-pabrik-penggilingan-gabah-tasikmalaya 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  4. Dan lain-lain

 

Truk Tronton yang Mengangkut Briket Terguling di Tol Jagorawi Cipayung, Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas

Sebuah truk tronton mengalami insiden kecelakaan dan terguling di sekitar KM 8+800 di jalan tol Jagorawi, lebih tepatnya di daerah KM Cipayung. Karena kejadian ini, lalu lintas menuju lokasi kejadian mengalami kemacetan.

Petugas dari call center Jasa Marga, Dwi, menjelaskan, “Kecelakaan ini terjadi di sektor ruas Tol Jagorawi dari arah Jakarta menuju Bogor, terutama di sekitar Cipayung, sekitar KM 8+800.”

Jasa Marga memberikan informasi bahwa kecelakaan tersebut terjadi dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bogor. Berdasarkan akun resmi Jasa Marga di platform media sosial, truk yang terlibat dalam kecelakaan ini mengangkut muatan briket.

Di dalam pesan Twitter dari Jasa Marga tersebut terdapat informasi sebagai berikut, “#Tol_Jagorawi, Dukuh KM 07 – Cipayung KM 08+800, mengalami kemacetan, terdapat kecelakaan dengan truk terbalik yang mengangkut briket di bahu luar/kiri. Tim penanganan darurat menggunakan alat berat di lajur 1 sebelah kiri.”

Sementara itu, Jasa Marga juga memberikan informasi bahwa petugas sedang berusaha menangani situasi di lokasi kecelakaan. Truk tronton yang terguling tersebut berada di bahu jalan/lajur 1 di sebelah kiri jalan.

Selain itu, laporan menyebutkan bahwa lalu lintas menuju lokasi kecelakaan saat ini mengalami kemacetan. Kemacetan tersebut terjadi di sekitar KM 7 Dukuh.

Dalam penanganan kecelakaan ini, petugas Jasa Marga dan penanganan darurat sedang berupaya untuk memulihkan situasi dan mengatasi kemacetan yang terjadi.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6940480/truk-tronton-bermuatan-briket-terguling-di-tol-jagorawi-cipayung-lalin-macet 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  3. Asuransi Pengangkutan Barang
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Aksi Pencurian Suku Cadang Alat Berat Meresahkan Operator, Pelaku Akhirnya Diamankan oleh Polisi

Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) dari Kepolisian Resor Pulang Pisau telah berhasil mengungkap kasus pencurian suku cadang ekskavator yang dimiliki oleh sebuah perusahaan di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah.

Kepala Kepolisian Resor Pulang Pisau, AKBP Mada Ramadita, melalui Kepala Kepolisian Sektor Kahayan Tengah, AKP Eko Priono, mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menangkap pelaku pencurian berinisial AS (24 tahun).

Eko menjelaskan bahwa tindakan pencurian suku cadang alat berat ini telah merugikan perusahaan, yang kemudian melaporkan kasus tersebut kepada polisi. Pihak berwenang langsung melakukan penyelidikan dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengungkap kasus ini. Akhirnya, pelaku berhasil ditangkap pada Selasa (19/9).

Kapolsek menjelaskan bahwa pelaku AS adalah penduduk setempat yang tinggal di Jalan Ponorogo, Desa Mentaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis. Ia melakukan aksi pencurian ini ketika penjaga keamanan (security) sedang tidak waspada.

Pelaku menggunakan sebuah mobil pikap dan memarkirkannya di sisi jalan, tepatnya di bahu Jalan Lintas Palangka Raya – Kuala Kurun, di Desa Bukit Rawi.

“Setelah memarkir mobil pikap, pelaku mendekati alat berat dan mulai membongkar suku cadang ekskavator satu per satu dengan melepaskan baut-bautnya menggunakan alat yang telah dia bawa. Kemudian, dia mengangkut suku cadang tersebut dengan pikap,” jelasnya.

Namun, nasib buruk menimpa pelaku karena kegiatan mencurigakannya terdeteksi oleh petugas keamanan perusahaan, yang secara diam-diam mengawasi pelaku. Akhirnya, petugas keamanan tersebut melaporkan insiden tersebut kepada pihak perusahaan, yang kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Kahayan Tengah.

Dari pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa tiga tutup mesin ekskavator bagian atas, filter, pipa filter besi, dan tutup filter ekskavator. Alat-alat yang digunakan pelaku untuk membongkar suku cadang ekskavator juga disita oleh polisi.

“Pelaku AS dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang tindak pencurian atas perbuatannya,” tegasnya.

Source: https://www.radarsampit.com/berita/bikin-resah-operator-maling-sparepart-alat-berat-ini-akhirnya-ditangkap-polisi.html 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Peralatan Berat (Heavy Equipment Insurance)
  2. Asuransi Tanggung Jawab Umum
  3. Asuransi Harta Benda
  4. Dan lain-lain

    

Kebakaran Terjadi di Belakang Pasar Jaya Ciplak Jatinegara Menghanguskan 4 Rumah

Kebakaran menghantam empat rumah tinggal di Jalan Panca Warga IV, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, pada pagi Rabu (20/9/2023).

Menurut Bambang Sumitro, yang merupakan anggota Satgas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur sektor Bidara Cina, penyebab dugaan awal kebakaran ini adalah korsleting listrik.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 09.44 WIB, dan api segera berkobar dengan intensitas yang cukup besar di salah satu rumah. Warga yang berada di sekitar lokasi segera memberikan peringatan tentang kebakaran dan melapor ke RT dan RW setempat.

Sambil menunggu bantuan pemadam kebakaran, warga berusaha memadamkan api dengan alat-alat yang tersedia. Namun, karena beberapa rumah memiliki material yang mudah terbakar, dan situasi angin, api menyebar ke bangunan lain, termasuk rumah di depan, belakang, dan sebelah kiri rumah yang pertama terbakar. Akibatnya, kepulan asap hitam tebal terlihat, dan sebagian dinding lantai dua di bangunan pertama roboh.

Bambang Sumitro mengatakan bahwa penyebab pasti korsleting tersebut masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Untuk mengatasi kebakaran ini, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengirimkan 11 unit mobil pemadam kebakaran dan 55 personel. Pemadaman berlangsung cukup lama, dan situasi akhirnya dinyatakan aman pada pukul 11.26 WIB.

Meskipun kerugian materi diperkirakan mencapai sekitar Rp 300 juta, berita baiknya adalah bahwa semua 35 orang yang berada di sekitar lokasi kebakaran berhasil dievakuasi dan selamat.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/09/20/13375451/kebakaran-landa-4-rumah-di-belakang-pasar-jaya-ciplak-jatinegara 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Dan lain-lain

 

Kebakaran Kapal Kargo di Pelabuhan Kamal Mengakibatkan Kerugian Besar Rp 1 Miliar

Kapal kargo bernama Manna18 yang sedang berada di galangan kapal di sekitar Pelabuhan Kamal, Bangkalan, mengalami kebakaran. Kebakaran kapal ini mengakibatkan kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Moh Multazam Adji, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Bangkalan, menjelaskan bahwa kebakaran tersebut diduga terjadi karena percikan api saat ada proses pengelasan di bagian lambung kapal.

Menurutnya, api terus muncul sejak semalam hingga siang tadi, dan upaya pemadaman dilakukan dengan bantuan dari Damkar Bangkalan serta bantuan tambahan dari Lanal Batu Poron. Mereka juga meminta bantuan dari provinsi karena peralatan mereka dianggap kurang memadai. Pemadaman sempat kesulitan karena minimnya akses masuk ke dalam kapal dan ketiadaan fire hydrant di sekitar lokasi.

Kebakaran kapal ini awalnya terjadi pada Senin malam saat kapal sedang dipersiapkan untuk berangkat dari Kamal. Namun, kapal mengalami korsleting di mesinnya, sehingga pemadam kebakaran Bangkalan dipanggil untuk membantu. Selama kejadian, ada juga ledakan yang terjadi akibat bahan bakar, tetapi beruntung tidak ada korban jiwa atau luka. Kerugian yang dialami terutama bersifat materiil karena kapal tersebut hangus terbakar.

Source: https://www.detik.com/jatim/berita/d-6939936/kerugian-kebakaran-kapal-kargo-di-pelabuhan-kamal-capai-rp-1-miliar 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull 
  2. Asuransi Marine Cargo
  3. Asuransi Kebakaran
  4. Liability Insurance

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012