Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-2 Juli

Liga Asuransi – Kecelakaan adalah peristiwa yang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Ketika keselamatan menjadi prioritas utama, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 7 pilihan berita kecelakaan yang akan memberikan wawasan dan pengertian lebih mendalam tentang betapa pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu waspada dan lindungi diri Anda serta orang-orang terdekat. Bersama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca dan semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam menjaga keselamatan kita semua.

Gudang Distributor Obat di Cawang Kebakaran, Penyebab Belum Diketahui

Pada Selasa (11/7/2023) pagi pukul 05.33 WIB, terjadi kebakaran di sebuah gudang distributor obat yang terletak di Jalan MT Haryono, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur. Menurut Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, penyebab kebakaran belum diketahui. Luas area yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 800 meter persegi.

Gatot menjelaskan bahwa kronologi sementara kejadian tersebut didapatkan dari keterangan seorang saksi yang bekerja sebagai petugas keamanan gudang. Pagi itu, terdapat lima orang yang berada di area gudang, termasuk petugas keamanan dan kepala gudang bernama Andi (37). Sekitar pukul 05.33 WIB, petugas keamanan mendengar suara alarm dari dalam gudang. Setelah memeriksa, mereka menemukan adanya api di dalam gudang yang berisi bahan baku pembuatan obat. Asap juga sudah cukup tebal.

Pihak Sudin Damkar Jakarta Timur segera dipanggil ke lokasi dan melakukan pemadaman. Selama proses pemadaman, para petugas pemadam menggunakan blower untuk mengurangi kepekatan asap di dalam gudang. Asap yang sangat tebal bahkan meluas hingga menembus celah pada atap dan membubung tinggi ke langit. Beberapa petugas pemadam bahkan harus menggunakan masker khusus dan membawa tabung oksigen.

Api berhasil dikendalikan sehingga tidak menyebar ke area lain. Namun, kebakaran ini menyebabkan seorang korban luka, yaitu kepala gudang bernama Andi. Andi mengalami luka bakar pada tangan dan kakinya karena berusaha memadamkan api. Meskipun terluka, Andi tetap sadar dan mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 20 miliar.

Untuk menangani kebakaran ini, Sudin Damkar Jakarta Timur mengerahkan 13 unit mobil pemadam kebakaran dan 65 personel. Proses pemadaman, pengendalian api, dan pendinginan dilakukan mulai pukul 05.42 WIB hingga 09.07 WIB. Saat ini, status pemadaman sudah selesai dan kondisi area aman.

Source : https://megapolitan.kompas.com/read/2023/07/11/11204831/gudang-distributor-obat-di-cawang-kebakaran-penyebab-belum-diketahui?page=all#page2

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kerugian Bisnis
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Barang/Marine Cargo Insurance
  5. Asuransi Kendaraan

 

Gudang Bahan Baku Karet Ban di Bekasi Terbakar, Api Membesar dengan Cepat

Pada Senin (10/7/2023), gudang bahan baku pembuatan karet ban yang terletak di Jalan Mawar 06 RT 03 RW 02 Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi dilanda kebakaran. Komandan Kompi A, Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Bekasi, Rusmanto, menjelaskan bahwa awal mula api pertama kali diketahui oleh seorang karyawan.

Menurut Rusmanto, sekitar pukul 04.30 WIB, seorang karyawan yang baru selesai melaksanakan shalat subuh melihat api yang telah membesar di dalam gudang. Kondisi ini disebabkan oleh bahan baku karet ban yang mudah terbakar. Gudang dengan luas 300 meter persegi terbakar habis dalam kejadian ini. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. “Luas yang terbakar mencapai 300 meter persegi dengan kerugian ditaksir sebesar Rp 200 juta,” ungkapnya.

Rusmanto menyatakan bahwa api baru berhasil dipadamkan setelah sekitar tiga jam. Lima unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi kobaran api tersebut. “Dua unit pemadam kebakaran dari sektor Mustika Jaya dan tiga unit dari sektor Rawa Lumbu diturunkan,” jelasnya.

Untungnya, tidak ada laporan mengenai korban luka atau hilang jiwa dalam insiden kebakaran ini. Rusmanto menyatakan bahwa penyebab kebakaran tersebut masih belum diketahui. Namun, tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat kejadian ini.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/07/10/20595591/gudang-bahan-baku-karet-ban-di-bekasi-terbakar-api-membesar-dengan-cepat

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi kerugian Bisnis (Business Interuption Insurance)
  3. Asuransi Marine Cargo
  4. Asuransi tanggung jawab public
  5. Asuransi Kendaraan

 

Seorang Tukang Tewas Terjatuh dari Lantai 2 Hotel, Sempat Pegangan Papan

Pada Senin (10/7/2023) sekitar pukul 11.45 Wita, seorang tukang bernama Moh. Ridwan mengalami kecelakaan kerja di Hotel Ibis Style Bali Legian, Badung, Bali. Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, menjelaskan bahwa Ridwan terjatuh saat turun dari lantai dua pada waktu tersebut. Ridwan, yang berusia 43 tahun, sedang hendak istirahat dan menggunakan perancah untuk turun.

Ridwan menginjakkan kakinya pada papan di atas pagar balkon. Namun, saat akan melangkah ke perancah, papan tersebut goyang. Ia terpeleset dan berpegangan pada papan balkon tersebut. Sayangnya, Ridwan tidak mampu bertahan lama dan jatuh tertelungkup di sisi kolam renang. Meskipun kepalanya mengeluarkan darah, tubuhnya tidak mengalami luka.

Sukadi menjelaskan, Ridwan ditemukan tergeletak di lantai sebelah kanan kolam renang dengan posisi tertelungkup, kepala di sebelah utara, kaki lurus ke selatan, dan kedua tangan berada di samping badan. Ridwan masih menunjukkan gerakan saat ditemukan.

Ridwan segera dilarikan ke Rumah Sakit Siloam menggunakan mobil dari Hotel Ibis Style Bali. Ia didampingi oleh dua temannya untuk mendapatkan perawatan medis. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan luar oleh tim medis, Ridwan dinyatakan meninggal dunia.

Sukadi menjelaskan bahwa saat Ridwan sedang bekerja, ia telah menggunakan peralatan keselamatan kerja. Namun, ketika hendak istirahat dan turun, perlengkapan keselamatan kerja sudah dibuka.

Source : https://www.detik.com/bali/berita/d-6816256/seorang-tukang-tewas-terjatuh-dari-lantai-2-hotel-sempat-pegangan-papan

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko : 

  1. Asuransi Kecelakaan kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Tanggung Jawab public

 

Lift Barang yang Anjlok di Bandar Lampung Berukuran Kecil, Saat Kecelakaan Dinaiki 9 Orang

KOMPAS.com – Pada Rabu (5/7/2023), terjadi kecelakaan lift di Sekolah Islam Terpadu (IT) Az Zahra, Bandar Lampung, Lampung, yang menewaskan tujuh orang dan melukai dua korban. Korban-korban tersebut merupakan pekerja bangunan.

Insiden tragis ini terjadi saat sembilan korban naik lift dari lantai lima. Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra, menyatakan bahwa kecelakaan diduga terjadi karena lift kelebihan muatan. “Lift itu dinaiki oleh sembilan orang, sehingga kelebihan muatan dan menyebabkan kecelakaan,” ujarnya. Namun, lift yang digunakan korban sebenarnya dirancang untuk mengangkut barang, bukan orang.

Dirreskrimum Polda Lampung, Kombes Reynold Hutagalung, menjelaskan bahwa lift tersebut memiliki ukuran kecil. “Liftnya tidak besar. Jadi, jika sembilan orang masuk, pasti akan terasa sesak. Lift juga memiliki kapasitas maksimum yang ditentukan. 

Selain itu, lift ini dirancang untuk mengangkut barang, bukan orang,” ucapnya. Polisi sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan apakah ada unsur pidana dalam kecelakaan lift di Sekolah Az Zahra ini. Mereka akan memeriksa kemungkinan adanya kelalaian kerja yang dapat dikategorikan sebagai tindakan pidana.

Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Kabid Humas Polda Lampung, menjelaskan bahwa delapan orang telah dimintai keterangan terkait kejadian tersebut. “Delapan orang sedang diperiksa, termasuk petugas keamanan, ketua yayasan, dan pengelola sekolah,” tuturnya. 

Salah satu pertanyaan yang diajukan dalam pemeriksaan adalah mengenai ada atau tidaknya perintah untuk menggunakan lift barang tersebut untuk mengangkut pekerja. Lift yang digunakan memiliki ruang yang hanya sekitar 150 sentimeter x 150 sentimeter, namun diisi oleh sembilan orang. Hal ini sedang diselidiki untuk mengetahui apakah ada perintah untuk menggunakan lift barang tersebut, mengingat ada juga lift yang ditujukan untuk mengangkut orang.

Kepala SD Az Zahra, Iqbal Hafidz Hakim, menyampaikan bahwa pekerjaan renovasi area olahraga di lantai lima sekolah tersebut dilakukan dalam bentuk kontrak borongan. “Pekerjaan ini dilakukan melalui kontrak borongan, tidak melalui proses tender, dan sudah berlangsung sejak bulan Maret. Namun, mengenai vendor yang terlibat, saya tidak memiliki informasi. Pengawasan pekerjaan juga dilakukan oleh pihak kontraktor,” jelasnya.

Source : https://regional.kompas.com/read/2023/07/07/151500078/lift-barang-yang-anjlok-di-bandar-lampung-berukuran-kecil-saat-kecelakaan?page=all

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko : 

  1. Asuransi kecelakaan kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung jawab publik
  4. Asuransi Kesehatan

 

Jembatan Penghubung di Maluku Tengah Putus Akibat Terjangan Banjir

Satu jembatan di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, dilaporkan putus akibat banjir yang melanda pada Minggu (9/7) malam. Jembatan bernama Kawanua dengan panjang 480 meter mengalami kerusakan sekitar dua bentangan atau sekitar 150 meter akibat luapan banjir yang sangat deras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, Abdul Latif Key, menjelaskan bahwa banjir terjadi setelah beberapa hari hujan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut. “Hingga saat ini, area sekitar sungai masih tidak dapat dilalui oleh masyarakat, baik pengguna transportasi maupun pejalan kaki,” jelas Abdul Latif melalui sambungan telepon pada Selasa (11/7).

Jembatan Kawanua merupakan akses utama bagi warga dari Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, menuju Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Akibat putusnya jembatan ini, akses Trans Pulau Seram untuk sementara waktu harus dilalui melalui jalur laut. BPBD Kabupaten Maluku Tengah terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan darurat, tetapi cuaca yang buruk di lokasi menjadi kendala dalam upaya perbaikan jembatan di Kawanua.

Selain jembatan Kawanua, jembatan Wai Tonetana di Waipia juga mengalami kerusakan. Namun, saat ini BPJN telah berhasil menangani kerusakan tersebut dengan melakukan perbaikan di ujung jembatan. Sebagai hasilnya, lalu lintas kendaraan roda dua maupun roda empat sudah dapat melintas secara normal.

Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan bahwa banjir juga berdampak pada 56 rumah di Desa Holo, Kecamatan Amahai, dengan 257 jiwa terdampak. Namun, hingga saat ini tidak ada laporan warga yang mengungsi atau korban jiwa akibat peristiwa ini.

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk tiga hari ke depan (13/7), wilayah Maluku Tengah masih berpotensi hujan ringan hingga sedang disertai petir. Dalam menghadapi hal ini, BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Untuk mengantisipasi risiko yang mungkin timbul akibat bencana hidrometeorologi, masyarakat dapat melakukan persiapan kesiapsiagaan dini. Hal ini meliputi menyiapkan tempat evakuasi sementara berbasis komunitas, melakukan evakuasi mandiri dan efektif jika hujan terus berlangsung lebih dari 1 jam dan jarak pandang kurang dari 150 meter, serta menghubungi petugas jika tidak mampu melakukan evakuasi untuk mendapatkan bantuan proses evakuasi.

Source : https://www.bnpb.go.id/berita/jembatan-penghubung-di-maluku-tengah-putus-akibat-terjangan-banjir 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko : 

  1. Asuransi konstruksi
  2. Ansuransi kebakaran
  3. Asuransi kerugian bisnis
  4. Asuransi tanggung jawab publik
  5. Asuransi kendaraan

 

Kapal Angkut 25 Orang Patah Kemudi-Mati Mesin di Perairan Alor

Pada Selasa (4/7/2023) sekitar pukul 12.30 Wita, Kapal Motor (KM) Nusantara mengalami patah kemudi dan mati mesin di tengah laut. Kapal tersebut membawa 21 penumpang dan empat anak buah kapal (ABK) dan terombang-ambing di perairan antara Pulau Pantar dan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Mexianus Bekabel, menjelaskan bahwa KM Nusantara sedang dalam perjalanan dari Tamakh menuju Kalabahi ketika mengalami patah kemudi dan mati mesin setelah 5,5 jam perjalanan. Setelah terombang-ambing selama satu jam, penumpang kapal berhasil dievakuasi oleh KM Wenar yang melintas di sekitar lokasi sebelum tim SAR tiba. Penumpang dievakuasi dengan selamat dan dibawa ke Desa Nele, Pulau Pantar.

Mexianus mengatakan, sekitar pukul 13.30 Wita, 21 penumpang KM Nusantara berhasil dievakuasi dengan selamat oleh KM Wenar. Sementara itu, tim SAR gabungan datang kemudian untuk mengevakuasi para ABK. Mereka dibawa menggunakan kapal rigid inflantable boat (RIB) Pos SAR Alor menuju Pelabuhan Kalabahi, Alor.

“Sekitar pukul 15.35 Wita, Tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian dan menemukan KM Nusantara beserta keempat ABK. Seluruh ABK dievakuasi menuju Pelabuhan Kalabahi, Alor, sementara KM Nusantara tetap berada di perairan Alor Kecil dan lego jangkar,” jelas Mexianus.

Source:  https://www.detik.com/bali/nusra/d-6806062/kapal-angkut-25-orang-patah-kemudi-mati-mesin-di-perairan-alor

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko : 

  1. Asuransi Kapal (Marine insurance)
  2. Asuransi tanggung jawab kapal (Protection & Indemnity)
  3. Asuransi kecelakaan pribadi
  4. Asuransi bencana laut
  5. Dll

 

Sejumlah Rumah Terbakar di Senen Jakpus, 9 Mobil Damkar Dikerahkan

Sejumlah rumah di Senen, Jakarta Pusat, dilanda kebakaran yang memicu penugasan 9 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter Pemadam DKI Jakarta, @humasjakfire, terlihat api melahap tiga bangunan rumah. Kebakaran terjadi di Jalan Kramat Pulo Dalam 1 RT 001 RW 003, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Dalam video tersebut terlihat rumah dua lantai dan gerobak dagangan di pinggir jalan terbakar oleh api. Seorang warga melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Damkar DKI Jakarta melalui telepon.

Berdasarkan data dari Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, kebakaran terjadi pada pukul 13.56 WIB. Sebanyak 9 unit mobil pemadam dan 45 personel damkar segera dikerahkan ke lokasi.

Pada pukul 14.05 WIB, api berhasil dikendalikan dan dilokalisir. Pada pukul 14.36 WIB, api sudah berhasil dipadamkan dan proses pendinginan dilakukan.

Informasi tentang penyebab kebakaran masih belum diketahui. Belum ada juga informasi mengenai adanya korban dalam kejadian ini.

Source :  https://news.detik.com/berita/d-6815513/sejumlah-rumah-terbakar-di-senen-jakpus-9-mobil-damkar-dikerahkan

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko : 

  1. Asuransi kebakaran
  2. Asuransi property all risk
  3. Asuransi tanggung jawab publik
  4. Asuransi kesehatan
  5. Dll

Artikel ini dipersembakan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012