Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Juni 1

Liga Asuransi – Para pembaca yang kami hormati, kami mengucapkan harapan agar bisnis Anda terus berkembang dan meraih kesuksesan.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengingatkan Anda tentang pentingnya kehati-hatian, bukan hanya saat berkendara tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari. Risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial maupun fisik dapat terjadi kapan saja.

Kami berharap informasi yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Mohon berbagi informasi ini kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga dapat memahaminya seperti yang Anda lakukan.

Gara-gara Tumpahan Oli, Pengendara Motor Tergelincir dan Tewas Terlindas Truk di Matraman

Seorang pengendara sepeda motor meninggal setelah menjadi korban kecelakaan lalu lintas di Jalan Matraman, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur pada Senin malam (5/6/2023). Keadaan jalan yang menjadi licin akibat tumpahan oli mengakibatkan korban tergelincir dan tertabrak oleh truk sampah yang sedang melintas.

Sopir truk sampah bernama Oki mengungkapkan bahwa saat kejadian, ia sedang mengendarai truk sampah bersama dua truk lainnya. “Korban berada cukup jauh dari truk sampah. Saya sedang melaju ketika melihat pengendara motor terjatuh di sebelah kiri saya,” kata Oki di tempat kejadian pada hari Senin.

Oki mengakui bahwa ia tidak menyadari kondisi jalan yang licin karena tumpahan oli. Ia fokus pada mengemudikan truk sampah tersebut. Namun, rekan Oki yang bernama Nono mengaku bahwa saat itu jalan memang terdapat banyak tumpahan oli.

“Ada tumpahan oli di jalan. Tersebar di berbagai tempat. Mungkin korban mengerem dan tergelincir akibat oli yang tumpah,” ungkap Nono di lokasi kejadian pada hari Senin. Oki sendiri terkejut saat melihat pengendara motor tiba-tiba tergelincir di sisi kiri truknya.

“Ketika motor jatuh, korban hanya meluncur. Motor jatuh di sisi kiri saya dan korban meluncur melewati truk saya,” jelas Oki. “Saya fokus pada motor, dan tiba-tiba ada orang yang tertabrak di depan saya,” tambahnya. Saat ini, korban telah dievakuasi ke RS Cipto Mangunkusumo. Para sopir truk sampah, termasuk Oki, telah diamankan oleh pihak kepolisian untuk dimintai keterangan.

Tumpahan oli di jalan kemudian dibersihkan oleh Sudin Penanggulangan dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, karena kecelakaan tersebut terjadi tepat di depan kantor mereka.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/06/05/23164521/gara-gara-tumpahan-oli-pengendara-motor-tergelincir-dan-tewas-terlindas

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

 

Kapal Tenggelam di Kepulauan Seribu, Tidak Ada Korban Jiwa

Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Kepulauan Seribu, Yuli Syahroni, telah mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tenggelamnya kapal di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (3/6/2023). Yuli dan timnya berhasil mengevakuasi 55 orang yang terdiri dari wisatawan dan anak buah kapal (ABK).\

“Dengan syukur, 55 orang beserta ABK berhasil diselamatkan,” kata Yuli saat dihubungi oleh Kompas.com pada hari Sabtu. Kapal tersebut tenggelam di perairan Pulau Bokor, Kelurahan Kepulauan Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Kapal tersebut membawa 55 orang dari Kamal Muara menuju Pulau Bokor. Meskipun Yuli tidak mengetahui jumlah wisatawan dengan pasti, dia memastikan bahwa jumlah totalnya adalah 55 orang, termasuk ABK.

“Kami tidak tahu jumlah wisatawan secara persis. Namun, yang kami evakuasi berjumlah 55 orang,” kata Yuli. Yuli menyatakan bahwa belum ada informasi yang pasti tentang penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

Namun, berdasarkan informasi yang diterimanya, terdapat kebocoran di bagian belakang kapal. “Untuk sementara, kami belum mengetahui penyebab kebocoran. Hanya diberitahu bahwa kebocoran tersebut berasal dari bagian belakang kapal,” ungkap Yuli.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/06/03/19385041/kapal-tenggelam-di-kepulauan-seribu-tidak-ada-korban-jiwa

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Marine Hull ( Asuransi Kapal)
  • Asuransi Kecelakaan Penumpang
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Third Party Liability
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Jiwa

 

3 Pekerja di Barito Kuala Tewas Terperosok di Lubang Kapal Tongkang

Tiga pekerja di Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel) dinyatakan tewas setelah terperosok ke dalam lubang kapal tongkang. Peristiwa tersebut terjadi saat ketiga korban sedang membersihkan kapal dan salah satu dari mereka terjatuh.

“Diketahui bahwa satu orang tidak sengaja jatuh ke dalam tongkang melalui lubang mainhole, kemudian 2 orang temannya berniat menolong dan jatuh, sehingga berjumlah 3 orang di dalam tongkang,” kata Kasi Humas Polres Barito Kuala, AKP Abdul Malik, kepada detikcom pada hari Sabtu (3/6/2023).

Kejadian ini terjadi di kapal tongkang TK EVE 101 yang sedang ditarik dari Taboneo menuju Banjarmasin pada hari Jumat (2/6) pukul 13.40 Wita. Ketiga pekerja yang menjadi korban tewas memiliki inisial AS (35), DL (25), dan AM (35).

Awalnya, kapal tongkang tersebut sedang ditambatkan di Sungai Teras, Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala. Sementara itu, ketiga korban dan satu rekannya yang selamat sedang membersihkan kapal.

“Diketahui tiga korban dan satu orang yang selamat saat itu sedang melakukan pembersihan pada tongkang tersebut,” jelasnya.

Abdul menjelaskan bahwa dari hasil penyelidikan dan olah TKP, ditemukan bahwa tutup lubang mainhole terbuka yang menyebabkan korban terjatuh.

“Indikasi awal menunjukkan bahwa kemungkinan tutup mainhole pada TK EVE 101 2019 dibuka oleh salah satu korban dan kemudian terjatuh ke dalam lubang mainhole tersebut. Hal ini terlihat dari posisi lubang mainhole yang memiliki tutup dan baut-baut yang berserakan dan telah terbuka,” ungkapnya.

Kasubdit Fasharkan Polairud Polda Kalsel, AKBP Iwan Wahyu Purnomo, menyatakan bahwa ketiga korban berhasil dievakuasi sekitar 5 jam setelah kejadian.

“Pada sekitar pukul 18.30 Wita, tim Basarnas berhasil melakukan evakuasi terhadap ketiga korban dari dalam lobang mainhole tongkang dan mereka dibawa ke RS Ulin Banjarmasin,” ucap Iwan.

Terkait penyebab kematian ketiga pekerja, diduga korban mengalami kekurangan oksigen saat berada di dalam lubang mainhole.

“Kemungkinan mereka kehabisan oksigen, karena mainhole di bawah tongkang hanya ditujukan untuk orang yang menggunakan peralatan khusus. Namun, untuk memastikannya, masih perlu menunggu pendapat dari dokter,” tambahnya.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6753379/3-pekerja-di-barito-kuala-tewas-terperosok-di-lubang-kapal-tongkang.

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Kecelakaan Kerja (Workmens Compensation Insurance)
  • Asuransi Kecelakaan (Personal Accident
  • Asuransi Third Party Liability
  • Asuransi Kapal
  • Asuransi Jiwa

 

Kebakaran Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, 5 Sekuriti Dilarikan ke RS

Lima petugas keamanan Mal Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat, dilarikan ke rumah sakit setelah kebakaran terjadi pada Minggu (4/6/2023) malam. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor, Samson Purba, mengungkapkan bahwa kelima petugas tersebut mengalami kesulitan bernafas akibat menghirup asap yang dihasilkan dari kebakaran tersebut.

“Ada lima petugas keamanan yang telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit. Kebakaran tersebut melibatkan dokumen-dokumen, yang menghasilkan banyak asap. Mereka terpapar asap saat berusaha memadamkan api,” ungkap Samson saat dihubungi pada hari Senin (5/6/2023).

Samson mengungkapkan bahwa dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Menurutnya, api pertama kali terlihat di gudang berkas yang terletak di lantai 3M. “Menurut saksi mata, dugaan awal adalah api berasal dari gudang berkas. Api kemudian membesar dan menghasilkan asap pekat dari material yang terbakar,” jelasnya. “Tim damkar telah melakukan pemadaman dan pendinginan untuk memastikan situasi aman dan terkendali,” tambahnya.

Samson mengatakan bahwa enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian material akibat kebakaran ini cukup signifikan. “Kami belum mengetahui nilai kerugian secara pasti, namun perkiraannya adalah kerugian materi yang cukup besar,” ungkapnya.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa kebakaran terjadi di Mal Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (4/6/2023) malam. Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Dalam video yang diunggah di akun Instagram resmi @damkarkotabogor_official, terlihat asap bergejolak di dalam area mal, sehingga pengunjung panik dan berhamburan keluar. 

Regu pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi. “Kebakaran di gudang Mal Ekalokasari,” demikian keterangan yang ditulis dalam akun Instagram resmi Damkar Kota Bogor.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/06/05/13215591/kebakaran-mal-lippo-plaza-ekalokasari-bogor-5-sekuriti-dilarikan-ke-rs?page=all#page2

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Tanggung Jawab Publik
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Kecelakaan Pribadi
  • Asuransi Property All Risk

 

Kebakaran PLTU Morowali Berujung Viral, Diduga Imbas Percikan Las

Beberapa waktu lalu, beredar video yang merekam tower Pembangkit Tenaga Listrik Uap (PLTU) milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah.

Dalam video yang viral itu terlihat, kepulan asap tebal pun menyelimuti PLTU tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Morowali, AKBP Suprianto mengatakan kejadian memang benar terjadi yakni pada Jumat (2/6) kemarin.

“Kejadian hari Jumat minggu lalu itu,” kata Suprianto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (6/6).

Suprianto menerangkan kejadian pada rekaman video yang beredar di media sosial tersebut terjadi akibatnya adanya percikan api saat para bekerja di sekitar lokasi PLTU sehingga mengakibatkan kebakaran.

“(Akibat) percikan api las,” jelasnya.

Meski demikian, kata Suprianto dalam kejadian tersebut tidak ada pekerja yang menjadi korban jiwa.

“Tidak ada korban,” imbuhnya.

Source:  https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230606123004-20-958200/kebakaran-pltu-morowali-berujung-viral-diduga-imbas-percikan-las

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Tanggung Jawab Hukum
  • Asuransi Pihak Ketiga
  • Asuransi Kesehatan Kecelakaan Pribadi
  • Asuransi Property All Risk

 

34 Rumah Warga di Ambon Rusak Diterjang Banjir hingga Longsor

Sebanyak 34 rumah warga di Kota Ambon, Maluku dilaporkan mengalami kerusakan akibat banjir dan longsor di 16 titik wilayah yang berbeda. Kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa.

“Pada kota Ambon, terdapat 16 titik longsor. Kami belum melakukan pembaruan hari ini, dan berharap tidak ada penambahan titik longsor,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena, saat berbicara kepada wartawan pada Sabtu (3/6/2023).

Bodewin tidak memberikan rincian tentang wilayah yang terdampak banjir dan longsor akibat hujan deras tersebut. Ia menjelaskan bahwa dampak longsor terjadi pada rumah-rumah warga yang berada di sekitar lereng.

“Jadi, tidak ada longsor dengan skala yang besar yang merusak seluruh area atau lingkungan di sana,” tambah Bodewin.

Pihak berwenang juga mengimbau agar warga tidak lagi membangun rumah di lereng bukit, karena wilayah tersebut rawan terhadap longsor.

“Ini harus menjadi peringatan bagi kita bahwa kita tidak boleh lagi membangun rumah di lereng bukit yang berisiko terjadi longsor saat musim hujan seperti ini,” tambahnya.

Bodewin juga meminta warga untuk tetap waspada. Menurutnya, ancaman bencana masih mungkin terjadi dalam kondisi cuaca ekstrem.

“Kita semua harus tetap waspada ketika cuaca ekstrem seperti ini. Terlebih lagi, kita bersyukur bahwa sampai saat ini tidak ada korban jiwa,” jelas Bodewin.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ambon melaporkan bahwa sejak tanggal 30 Mei 2023, terdapat 34 rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir dan longsor. Insiden ini berdampak pada 48 kepala keluarga dan 156 orang.

“Titik banjir yang paling parah terjadi di Siwang, Kudamati Farmasi, Waihaong, dan Batumerah,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Ambon, Fahmi Sallatalohy, dalam keterangannya.

Sementara itu, titik longsor tersebar di beberapa kecamatan. Wilayah yang terdampak longsor meliputi Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Baguala, Teluk Ambon, hingga Leitimur Selatan.

“Ada tiga rumah yang mengalami kerusakan berat akibat terkena longsor dan pohon tumbang. Tiga rumah tersebut dihuni oleh tiga kepala keluarga dan 12 orang,” jelasnya.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6753741/34-rumah-warga-di-ambon-rusak-diterjang-banjir-hingga-longsor

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Rumah
  • Asuransi Properti
  • Asuransi Bencana Alam
  • Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  • Asuransi Jiwa

 

Bus Rombongan Wisata Mts Asal Serang Terguling di Ciater

Dalam kecelakaan tersebut, bus pariwisata rombongan MTs asal Serang, Banten terguling di Jalan Raya Ciater, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kejadian ini terjadi pada Minggu (4/6/2023) pukul 19.00 WIB. Menurut anggota Tagana Subang bernama Ate, bus tersebut hendak kembali ke Banten setelah berwisata di wilayah Ciater, Subang.

“Bus diduga sedang menuju ke arah Subang dari Bandung dengan tujuan pulang ke Banten melalui Tol Cipali,” ujar Ate saat dihubungi. Beberapa korban luka telah dilarikan ke Puskesmas Jalancagak dan Puskesmas Palasari. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Korban tidak ada dan mobil derek sedang menuju lokasi. Sebagian korban sudah dibawa ke Puskesmas Jalancagak dan sebagian lagi dibawa ke Puskesmas Palasari,” katanya. Kasat Lantas Polres Subang, AKP Lucky Martono, menjelaskan bahwa bus penumpang dengan nomor polisi A-7573-ZN yang dikemudikan oleh Asep sedang dalam perjalanan dari Bandung menuju Subang. Bus tersebut membawa 58 penumpang.

Saat bus melintas di TKP (Tempat Kejadian Peristiwa), diduga jalan menurun, sehingga bus keluar dari badan jalan dan menabrak pohon hingga terguling ke sisi kanan jalan raya Ciater.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6755140/bus-rombongan-wisata-mts-asal-serang-terguling-di-ciater

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko

  • Asuransi Kecelakaan Penumpang
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  • Asuransi Jiwa

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!