Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 – April 2

Liga Asuransi – Para pembaca setia, semoga bisnis Anda berjalan lancar dan terus berkembang. 

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan silahkan bagikan informasi ini ke rekan-rekan Anda, agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

 

Truk Tangki Air Terguling dan Tabrak Pembatas Jalan di Jatinegara Saat Hindari Pengendara Motor, Jalanan Tergenang

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah truk tangki air bernomor polisi B 9719 TFU terguling di Cipinang Cempedak, Jatinegara, pada Senin (17/4/2023) siang. 

Sopir bernama Adi mengatakan, truk tangki yang ia kemudikan terguling ketika berupaya menghindari tabrakan dengan sepeda motor yang menyalip di lajur cepat Jalan DI Panjaitan. 

“Mau menghindari motor, saya bingung mau banting ke mana. Daripada saya nabrak motor orang, mau enggak mau saya berkorban,” kata Adi, dilansir dari TribunJakarta.com, Senin (17/4/2023). 

Petugasnya Dalam keadaan panik menghindari kecelakaan, Adi terpaksa banting setir hingga kendaraan dikemudikannya menabrak pagar beton gerbang Tol Wiyoto Wiyono di Jalan DI Panjaitan. 

Benturan yang kencang mengakibatkan bagian depan truk tangki tersebut ringsek akibat terguling. Beruntung, tidak ada korban dalam kejadian itu. 

“Tadinya saya dari Bogor mau ke Babelan. Posisi truk tangki ada muatan, delapan kubik air,” ujar Adi. Imbas kecelakaan muatan air yang harusnya didistribusikan ke konsumen tumpah hingga menggenangi gerbang Tol Wiyoto Wiyono dan arus lalu lintas di Jalan DI Panjaitan macet. 

Arus lalu lintas baru berangsur normal setelah petugas Jasa Marga dan Unit Laka Satlantas Jakarta Timur mengevakuasi truk tangki yang terlibat kecelakaan menggunakan unit mobil derek.

Sekitar satu jam tadi lah macetnya. Truk tangki tadi dibawa sama mobil derek Polisi (Unit Laka Satlantas Jakarta Timur),” kata Danu, warga sekitar.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/04/17/16354151/truk-tangki-air-terguling-dan-tabrak-pembatas-jalan-di-jatinegara-saat

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

 

Ngebut Saat Hujan, Mobil Triton Terbalik di Tol Pekanbaru-Bangkinang

Pekanbaru – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kampar, Riau. Sebuah mobil Strada Triton terbalik karena ngebut saat hujan deras.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Riau, Kompol Irnanda Oktora mengatakan mobil Strada Triton B 9594 TBB awalnya melaju dari Bangkinang tujuan Pekanbaru. Mobil melaju dengan kecepatan 90 KM/jam.

“Mobil Mitsubishi Triton B 9594 TBB melaju dari gerbang Tol Bangkinang menuju akses keluar Sungai Pinang. Namun mobil melaju dengan kecepatan 90 km/jam,” kata Nanda kepada detikSumut, Minggu (16/4/2023).

Setiba di KM 12 B pukul 18.20 WIB malam ini, kendaraan mengalami off control atau Aqua Plan. Hal ini dikarenakan cuaca hujan sehingga kendaraan mengalami selip.

“Mobil Triton tadi mengalami selip dan terbalik karena memang kondisi di lokasi hujan. Mengakibatkan bemper dan bodi mobil rusak berat,” kata Nanda.

Pengemudi mobil yang diketahui bernama Andi dilaporkan dalam kondisi sehat. Tak ada korban dalam kecelakaan tunggal di ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang tersebut.

“Pengemudi bernama Andi, tak ada korban dalam kejadian tersebut,” katanya.

Sebagai tindak lanjut, mobil telah dibawa petugas dari lokasi kejadian. Kasusnya sendiri telah ditangani Satlantas Polres Kampar.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6676658/ngebut-saat-hujan-mobil-triton-terbalik-di-tol-pekanbaru-bangkinang

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi third party liability
  • Asuransi kendaraan bermotor/ truk
  • Asuransi marine cargo

 

Empat Rumah Rusak Akibat Gempa M6,6

JAKARTA –  BNPB terus melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD pascagempa dengan magnitudo (M)6,6 yang terjadi pada Jumat (14/4), pukul 16.55 WIB. Perkembangan terkini hingga hari ini, Sabtu (15/4), pukul 09.00 WIB, empat rumah rusak akibat fenomena geologi tersebut. 

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan empat rumah rusak akibat gempa. Sebanyak 2 unit rumah rusak di Provinsi Jawa Barat, dengan rincian 1 rusak berat di Desa Banjar, Kecamatan Banjar dan 1 lainnya rusak ringan di Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. 

Sedangkan di Provinsi Jawa Timur, 2 rumah juga terdampak guncangan gempa. Dua rumah mengalami kerusakan dengan tingkat sedang, masing-masing di Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember dan lainnya di Desa Panggul, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. 

Sementara itu, BPBD Provinsi Bali mengkonfirmasi adanya 1 warga meninggal dunia saat gempa terjadi. Korban meninggal yang berusia 5 tahun di Desa Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, diduga terkejut saat guncangan terjadi.  

Pemutakhiran parameter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan magnitudo gempa M6,9. Gempa yang berpusat di 65 km barat laut Tuban, Jawa Timur, berada pada kedalaman 643 km. Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami. 

Berikut ini informasi yang diterima Pusdalops BNPB dari sejumlah BPBD. Guncangan gempa dirasakan warga Kota Banjar, Jabar, selama 3 hingga 5 detik. 

Pada wilayah Kabupaten Jember, warga merasakan gempa dengan durasi yang sama, sekitar 3 hingga 5 detik. BPBD melaporkan situasi di tengah masyarakat tidak ada kepanikan. 

Di wilayah Kota Surabaya, BPBD menginformasikan guncangan gempa pada intensitas lemah, sekitar 1 hingga 2 detik. Situasi aman terkendali dan tidak ada kepanikan warga.

Sedangkan di sejumlah wilayah, seperti Kabupaten Tuban, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora, BPBD masihm melakukan pemantauan di wilayahnya. 

Berdasarkan analisis BMKG, fenomena yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia, yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Analisis selanjutnya, mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki pergerakan turun atau normal fault.

Dilihat dari parameter MMI atau modified Mercalli intensity, gempa bumi berdampak dan dirasakan warga di daerah Kuta dengan skala V MMI. Sedangkan di Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram, intensitas yang dirasakan pada skala IV MMI. Di wilayah Pelabuhan Ratu, Labuan, Tabanan, teridentifikasi intensitas pada III MMI. 

Semakin tinggi tingkat skala MMI, dampak gempa dapat berpotensi tinggi. BMKG mendeskripsikan V MMI sebagai getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

BMKG melaporkan tidak ada gempa susulan atau aftershock yang terdeteksi sampai dengan Jumat sore (14/4), pukul 17.30 WIB. 

Source : https://bnpb.go.id/berita/empat-rumah-rusak-akibat-gempa-m66

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi gempa bumi
  • Asuransi property all risk
  • Asuransi kendaraan

 

Pasca-kebakaran Slop Tank, Booster Station Km 77 Pertagas Banyuasin Kembali Beroperasi

KOMPAS.com – Manager Communication Relations and Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Gas (Pertagas) Imam Rismanto mengatakan, pihaknya sudah kembali mengoperasikan Booster Station Km 77 Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). 

“Setelah dilakukan pengecekan dan melewati berbagai tahapan safety, pompa kami aktivasi kembali sehingga penyaluran minyak ke konsumen dapat kembali ke kondisi normal,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (17/4/2023). 

Untuk diketahui, Booster Station merupakan stasiun pompa minyak gas milik Pertagas yang berada di Desa Lubuk Karet, Kecamatan Betung. Kawasan ini sempat mengalami kebakaran akibat petir yang menyambar Booster Station Km 77 Banyuasin pada Minggu (16/4/2023). 

Pasca-kebakaran tersebut, Imam menjelaskan, pihaknya telah mengoperasikan ruas pipa Tempino-Plaju berdiameter 8 inci sepanjang 262 kilometer (km) untuk mengalirkan minyak bumi ke berbagai konsumen di Sumsel. Pertagas telah berhasil mengalirkan minyak bumi sebesar 15.717 barrel of oil per day (BOPD). 

Terkait peristiwa kebakaran, Imam menyebutkan, kejadian di area slop tank atau tangki penampungan pada pukul 15.27 Waktu Indonesia Barat (WIB) itu berhasil dipadamkan pada pukul 16.24 WIB berkat respons cepat dari tim Pertagas yang bertugas di lokasi. 

Ia memastikan pihaknya telah melakukan proses mitigasi health, safety, security and environment (HSSE) untuk pemadaman dan pengamanan yang terjadi pada tangki slop tank di area Booster Station Km 77 Banyuasin. 

Lebih lanjut, Imam menjelaskan bahwa api berhasil dipadamkan menggunakan fire pump, foam chamber, dan fire truck yang tersedia di lokasi. 

“Reaksi cepat seluruh unit yang bertugas saat kejadian sebagai tanda dari kesiagaan dan profesionalisme perwira Pertagas. Seluruh unit dan fasilitas yang digunakan untuk pemadaman juga bekerja dengan baik, seperti seharusnya,” jelasnya. 

Imam mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban luka ataupun korban jiwa. Pertagas sebagai bagian dari subholding gas Pertamina, kata dia, saat ini berfokus untuk memulihkan fasilitas operasi pasca-kebakaran. 

“Slop tank yang terbakar merupakan storage untuk menampung minyak sisa operasional dan bukan merupakan storage penyaluran,” ujar Imam. 

Booster Station Km 77 merupakan stasiun pengumpul sehingga tidak berdampak signifikan terhadap proses penyaluran minyak mentah ke konsumen.

Source: https://money.kompas.com/read/2023/04/17/112456826/pasca-kebakaran-slop-tank-booster-station-km-77-pertagas-banyuasin-kembali.

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi property all risk
  • Asuransi liability
  • Asuransi kecelakaan kerja

 

2 Kapal Tabrakan di Perairan Jambi, 3 Penumpang Tewas, 1 Hilang

KOMPAS.com – Kapal penumpang dan kapal motor bertabrakan di Sungai Pengabuan, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Jambi, Kamis (13/4/2023) malam.

Dari 16 penumpang kapal, 12 orang selamat, 3 penumpang dinyatakan meninggal dunia, dan 1 orang masih dalam pencarian. Tiga penumpang yang meninggal, yakni Nurbaiti (42), FZ (1), dan Kiki (32).

“Tinggal satu korban lagi yang belum ditemukan, yaitu atas nama Patim. Masih kita lakukan penyisiran bergantian. Dari masyarakat juga membantu. Mohon doanya, mudah-mudahan segera ditemukan,” ujar Wakapolres Tanjung Jabung Bara Kompol Novri, dikutip dari Tribun Jambi.

Novri mengatakan, penyisiran dilakukan tim gabungan sejauh 2 mil. Namun, hingga Jumat siang belum membuahkan hasil.

Tim gabungan juga bekerja sama dengan nelayan sekitar untuk melakukan pencarian.

“Untuk pencarian sejauh ini tidak ada kendala karena kondisi air masih stabil. Kita juga menyebarkan informasi kepada nelayan yang ada di sekitar dan kita imbau terus semoga segera ditemukan,” jelasnya.

Sedangkan untuk kondisi korban yang selamat, ada yang masih di rumah sakit dan lainnya sudah kembali ke rumah masing-masing.

Source : https://regional.kompas.com/read/2023/04/14/144511678/2-kapal-tabrakan-di-perairan-jambi-3-penumpang-tewas-1-hilang 

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi perjalanan
  • Asuransi personal accident

 

Kecelakaan di Jalan Tol Purbaleunyi Arah Jakarta: Truk Terguling, Bus Primajasa Ringsek Parah

PRFMNEWS – Terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta pada siang hari ini Sabtu 15 April 2023.

Redaksi Radio PRFM menerima informasi terkait kecelakaan di Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta terjadi sekira pukul 13.38 WIB.

Berdasarkan hasil informasi yang dihimpun, kecelakaan ini terjadi di Jalan Tol Purbaleunyi KM 95 arah Jakarta.

Melansir laporan para pendengar Radio PRFM yang melintas di Jalan Tol Purbaleunyi siang ini, satu unit truk dan bus Primajasa terlibat dalam kecelakaan di KM 95.

Bus Primajasa mengalami ringsek parah di area depan. Sementara truk terguling tak jauh dari bus Primajasa.

Badan truk yang terguling sempat menutup separuh jalur KM 95 Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta siang tadi.

Proses evakuasi truk dan bus Primajasa di KM 95 jalan tol Purbaleunyi masih berlangsung ketika berita ini ditulis.

Source : https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/citizen-report/pr-136563416/kecelakaan-di-jalan-tol-purbaleunyi-arah-jakarta-truk-terguling-bus-primajasa-ringsek-parah?page=2 

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi perjalanan
  • Asuransi personal accident
  • Asuransi kendaraan truk
  • Asuransi kendaraan bus
  • Asuransi Liability

 

Ada Kecelakaan Truk Fuso di KM 47, Tol Jakarta-Cikampek Macet 3 Kilometer

Jakarta – Terjadi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) di KM 47+500. Akibatnya terjadi kemacetan menjelang lokasi kecelakaan.

Informasi mengenai kecelakaan itu disampaikan akun Twitter resmi PT Jasa Marga, @PTJASAMARGA, Senin (17/4/2023). Kecelakaan itu membuat macet 3 Km dari KM 44 hingga KM 47+500 arah Cikampek.

“23.08 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 44-KM 47+500 arah Cikampek padat, ada penanganan kecelakaan kendaraan truk Fuso di bahu luar/kiri,” kata PT Jasa Marga.

“Cikampek-Dawuan-Cikarang-Cikunir-Cawang lancar,” ujarnya.

Call center PT Jasa Marga, Fajar mengatakan saat ini masih proses evakuasi. Belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut.

“Belum ada informasi mengenai jenis truk, dan lainnya,” katanya.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6678818/ada-kecelakaan-truk-fuso-di-km-47-tol-jakarta-cikampek-macet-3-kilometer.

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi personal accident
  • Asuransi kendaraan truk
  • Asuransi marine cargo
  • Asuransi Liability

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012