Ulas Berita

7 Peristiwa Pilihan Minggu Kedua – November 2022

top Accident

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, bagaimana kabar Anda dan Bisnis Anda? Semoga dalam keadaan baik dan bisnis Anda pun berjalan baik dan semakin maju. Tidak terasa kita sudah memasuki di awal bulan November ini. Tanpa kita sadari sudah banyak berbagai peristiwa yang telah terjadi di berbagai wilayah Indonesia dan mancanegara.

Pada artikel ini, kami akan memberikan kepada Anda 7 Pilihan peristiwa dari dalam Negeri maupun Luar negeri. Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

  1. Pabrik Rokok Gudang Garam Kediri Kebakaran Hingga Selasa Pagi

Jakarta, CNN Indonesia — Pabrik rokok Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur, mengalami kebakaran pada Senin (7/11) malam hingga Selasa (8/11) pagi. Kejadian itu melanda salah satu unit di kompleks Gudang Garam di Jalan Mataram, Kota Kediri.

Hal itu dibenarkan Kapolresta Kediri AKBP Wahyudi. Meski begitu dia tak menjelaskan perihal detail dan kronologi kebakaran.

“Iya benar [kebakaran], masuk wilayah Kediri Kota,” kata Wahyudi saat dikonfirmasi, Selasa (8/11).

Senada, Kepala UPT Petugas Memadamkan Kebakaran (PMK) Kota Kediri Fanni Eryanto mengatakan pihaknya tak bisa memberikan informasi perihal kebakaran tersebut.

“Mohon maaf, UPT Damkar atas perintah pimpinan tidak diperkenankan memberikan informasi. Silakan langsung saja ke pihak Gudang Garam atau ke Polres Kota Kediri,” ujar Fanni kepada CNNIndonesia.com.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, salah satu unit pabrik rokok Gudang Garam itu terbakar sejak, Senin (7/11) pukul 23.30 WIB. Hal itu berlangsung sampai Selasa (8/11) pagi. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Sementara itu dalam video yang tersebar di media sosial Instagram, kobaran api tampak membumbung tinggi. Belasan PMK tampak mendatangi lokasi untuk memadamkan api.

Source:  https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221108100429-20-870879/pabrik-rokok-gudang-garam-kediri-kebakaran-hingga-selasa-pagi.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Machinery Breakdown
  • Lain-lain

 

  1. Bus Seruduk Truk yang Mogok di Ring Road Selatan Bantul, Satu Orang Meninggal dalam Posisi Terjepit

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Peristiwa kecelakaan terjadi di sebelah barat simpang empat Druwo Ring Road selatan, Kalurahan Panggungharjo, Sewon pada Senin (7/11/2022).

Peristiwa kecelakaan tersebut melibatkan sebuah bus dengan satu unit truk di ruas Ring Road Selatan, Bantul.

Kasi humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry Prana Widyana, mengungkapkan kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 04.15 WIB, Senin pagi.

Peristiwa kecelakaan bermula ketika truk bernomor polisi BE 8690 BJ mogok dan berhenti di jalur cepat.

“Dari arah barat ke timur melaju bus dengan nomor polisi AB 7010 AW dan tabrakan tak dapat terhindarkan. Bus menabrak bagian belakang truk. Dan truk membentur sepeda motor yang berhenti di depan truk,” ujarnya.

Jeffry menyatakan bahwa bus tersebut berpenumpang 20 orang.

Akibat kecelakaan tersebut dua orang harus opname dan dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Dua orang tersebut mengalami luka patah tulang di tangan dan di kaki.

Kemudian tujuh orang mengalami luka lecet dan menjalani rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gunungkidul dan seorang menjalani rawat jalan di RSUD Wonosari.

“Dalam kejadian itu, kernet bus meninggal dunia sementara sopirnya selamat,” ucapnya.

Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso, mengatakan pihaknya menerima informasi telah terjadi laka lantas dengan penanganan khusus satu orang terjepit bak truk.

Mendapat laporan tersebut Kantor Basarnas Yogyakarta memberangkatkan 1 tim rescue yang dilengkapi dengan peralatan ekstrikasi penanganan khusus korban terjepit.

“Tim rescue yang tiba di lokasi langsung berkordinasi dengan Satlantas Polres Bantul untuk melakukan proses evakuasi korban yang masih terjepit. Setelah melakukan proses evakuasi kurang lebih 45 menit korban yang terjepit berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia,” ungkapnya.

Adapun korban meninggal bernama Ivan (19), warga warga Ponorogo, Jawa Timur yang merupakan kernet bus.

Source: https://jogja.tribunnews.com/2022/11/07/bus-seruduk-truk-yang-mogok-di-ring-road-selatan-bantul-satu-orang-meninggal-dalam-posisi-terjepit.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi kendaraan Bermotor
  • Lain-lain

 

  1. Tebing 15 Meter di Kokap Kulon Progo Longsor, Rumah dan Motor Tertimbun

Kulon Progo – Tebing setinggi 15 meter di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) longsor. Satu rumah warga serta dua unit sepeda motor rusak akibat tertimbun material longsor.

Peristiwa ini menimpa rumah milik Magi (51), Dusun Tangkisan 1, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Longsoran tanah merusak rumah itu tak lama setelah hujan mengguyur wilayah Kokap, Kulon Progo, Senin (7/11) sore.

“Kemarin itu sekitar habis asar terjadi hujan intensitas tinggi disertai angin cukup lama. Kemudian habis magrib saya dapat laporan dari warga lewat grup WA, bahwa terjadi longsor di rumah Pak Magi. Longsor ini masuk rumah dan menimbun dua unit motor,” ucap Dukuh Tangkisan 1, Asmuni Ari Wibowo saat ditemui di lokasi, Selasa (8/11/2022).

Pantauan detikJateng, rumah itu terkena longsor dari tebing setinggi 15 meter yang yang terletak tepat di belakangnya. Material ini merusak ruang garasi penyimpanan sepeda motor.

Adapun saat kejadian terdapat dua sepeda motor di dalam garasi tersebut. Kendaraan itu pun rusak karena tertimbun tanah yang masuk lewat pintu garasi.

Siang ini, warga dan tim relawan dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa material longsor. Pembersihan dilakukan secara manual karena keterbatasan alat dan sulitnya akses masuk bagi alat berat.

“Karena keterbatasan alat dan akses ke sini sulit, jadi pembersihan dilakukan secara manual oleh warga dan sukarelawan,” ujarnya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo mencatat sebanyak 42 peristiwa tanah longsor terjadi di Kulon Progo saat hujan deras mengguyur wilayah ini kemarin. Peristiwa ini tersebar di Kapanewon, Girimulyo, Kokap dan Pengasih.

“Untuk laporan tanah longsor yang kami terima ada 42. Rata-rata menimpa rumah dan jalan perbukitan,” ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo, Budi Prastawa.

Selain longsor, BPBD juga menerima laporan banjir yang mayoritas terjadi di Kulon Progo sisi selatan. Adapun banjir ini menggenangi permukiman penduduk, akses jalan hingga lahan persawahan.

“Bencana lain yang dilaporkan ke kami ada banjir. Jumlahnya mencapai puluhan, tapi masih kami proses untuk asesmen,” ucapnya.

Saat ini BPBD telah menerjunkan 5 tim untuk mendata lokasi yang dilaporkan terdampak bencana imbas hujan kemarin sore. Hasil asesmen ini jadi dasar penentuan penanganan bencana.

Source:  https://www.detik.com/jateng/jogja/d-6394078/tebing-15-meter-di-kokap-kulon-progo-longsor-rumah-dan-motor-tertimbun.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Machinery Breakdown
  • Lain-lain

 

  1. Ketua Bawaslu Jatim 2017-2022 meninggal akibat kecelakaan lalu lintas

Pamekasan (ANTARA) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur 2017-2022 Moh Amin meninggal dunia karena mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Tlanakan, Pamekasan, Selasa pagi.

“Kejadiannya sekitar pukul 05.15 WIB tadi,” kata Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan Ipda Bambang Budianto.

Kecelakaan maut itu terjadi saat mobil yang dikendarai Moh Amin melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Sumenep hendak menuju Surabaya.

Sesampainya di Jalan Raya Tlanakan, mobil Daihaitsu Xenia berpelat nomor M 1312 AA yang dikemudikan oleh Ahmad Hidayatur Rosi hendak mendahului kendaraan yang ada di depannya.

Namun dalam waktu bersamaan juga melaju mobil pikap bernomor polisi M 8030 XD yang dikemudikan oleh Abdul Fata (54) asal Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan dari arah berlawanan.

Akibatnya tabrakan antara mobil pikap dengan mobil Daihatsu Xenia yang dikendarai Moh Amin terjadi.

Moh Amin (50) warga asal Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meninggal dunia di lokasi kejadian.

Beberapa orang penumpang mobil pikap juga mengalami luka ringan diantaranya Samsiyah (70), Suci (40) dan Tusiyeh (56). Ketiganya berasal Desa Bandaran Kecamatan Tlanakan.

Kecelakaan lalu lintas antara mobil pikap dengan Xenia di kilometer tujuh dari arah Kota Pamekasan itu, sempat mengganggu arus lalu lintas dari arah Pamekasan yang hendak menuju Surabaya dan sebaliknya.

“Tapi saat ini kondisi sudah normal dan kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas sudah kami evakuasi,” kata Kapolsek Tlanakan AKP Supriyadi.

Terkait kecelakaan ini, Kapolsek juga mengimbau agar warga yang hendak bepergian agar mengontrol kecepatan kendaraan.

Kecelakaan maut di jalur nasional penghubung antarkabupaten di Pulau Madura kali ini merupakan kali kedua.

Kejadian serupa juga terjadi pada Senin (7/11/2022) siang antara sepeda motor dan dua mini bus di kilometer 14 Jalan Nasional Desa Aeng Dake, Kecamatan Bluto, Sumenep.

Kecelakaan lalu lintas itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB setelah mobil nopol L 9091 BW yang dikemudikan Pria Bagus Eko Siswanto (28) oleng saat melaju dari timur ke barat sehingga masuk ke jalur yang berlawanan.

Saat masuk ke jalur yang berlawanan kendaraan membentur mobil nopol B 2004 PFH dikemudikan Moh. Yondri (30) warga Talango, Sumenep.

Setelah membentur satu mobil, kendaraan juga membentur sepeda motor nopol D 5253 ACB yang dikemudikan Ridwan Aldi Renaldi (24) warga Cirebon yang berada dibelakangnya tepat dibadan jalan sebelah utara. Nahas, dari kejadian tersebut Ridwan meninggal dunia ditempat.

Sementara dua pengemudi mobil serta dua penumpang atas nama Badrus Samsy Firdaus (31) warga Pamekasan dan Eko Yulistiono (46) warga Mojokerto selamat.

Source : https://www.antaranews.com/berita/3229173/ketua-bawaslu-jatim-2017-2022-meninggal-akibat-kecelakaan-lalu-lintas

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Lain-lain

 

  1. Gedung Balai Kota Bandung Terbakar, Wali Kota dan Seluruh Pegawai Lari Selamatkan Diri 

BANDUNG, KOMPAS.com- Gedung Bappelitbang Kota Bandung yang berada di lingkungan Balai Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung,  Jawa Barat, terbakar sekitar pukul 10.38 WIB, Senin (7/11/2022).

Gedung yang dulunya bekas Kantor DPRD Kota Bandung itu berjarak sekitar 100 meteran dari Ruang Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Hingga berita ini diturunkan, api terlihat masih sangat besar. Sembilan unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi.

“Api awalnya dari lantai 2 ,” kata  Asep Priyatna (43), penjaga ruang Wakil Wali Kota Bandung yang juga berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

Api yang cepat membesar membuat para pegawai dan tamu yang berada di lingkungan Balai Kota Bandung berhamburan menyelamatkan diri.

“Para pegawai yang ada di gedung itu langsung pada teriak dan lari menyelamatkan diri,” ungkapnya.

Asep mengatakan, rapat yang digelar Wali Kota Bandung di ruang tengah Balai Kota Bandung juga langsung dibubarkan.

“Pak wali kota juga lagi rapat, langsung pada bubar,” tandasnya.

Source:  https://bandung.kompas.com/read/2022/11/07/112231378/gedung-balai-kota-bandung-terbakar-wali-kota-dan-seluruh-pegawai-lari.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Property All Risks
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi Kebakaran
  • Lain-lain

 

  1. Jet Tempur Arab Saudi F-15 Kecelakaan, Pilot Selamat Pakai Kursi Lontar

Liputan6.com, Riyadh – Jet tempur Angkatan Udara Royal Saudi F-15 jatuh di area pelatihan Pangkalan Udara King Abdulaziz karena kerusakan teknis.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara resmi dari Brigadir Jenderal Kementerian Pertahanan Turki Al Maliki mengatakan pada Senin. Crew dari jet tempur itu terdiri dari dua petugas.

Dikutip dari laman khaleejtimes, Senin (7/11/2022) kedua crew itu selamat dari kecelakaan setelah menggunakan kursi ejektor mereka, tulis Saudi Press Agency (SPA) mengutip kata juru bicara itu.

“Tidak ada cedera atau kerusakan ground yang dilaporkan,” kata juru bicara kementerian di Arab Saudi tersebut.

“Komite investigasi telah memulai tugasnya untuk mengungkap rincian dan alasan di balik kejadian ini,” kata SPA.

Sebuah jet tempur tipe MiG-29 milik Rusia mengalami kecelakaan pada Rabu (18/8) dalam penerbangan terjadwal di Wilayah Astrakhan barat daya, media lokal melaporkan.

“Pada 18 Agustus 2021, sebuah pesawat MiG-29 jatuh selama penerbangan di Wilayah Astrakhan, Rusia,” lapor Sputnik, mengutip keterangan dari pihak yang berada di Distrik Militer Selatan Rusia.

“Pesawat itu jatuh di tempat sepi di wilayah pegunungan Ashuluk,” tambahnya, demikian dikutip dari laman Xinhua, Kamis (19/8/2021).

Penerbangan itu dilakukan tanpa amunisi dan pilot dilaporkan meninggal, katanya.

Sebuah komisi dari Komando Tinggi Pasukan Dirgantara dikirim ke lokasi kecelakaan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan itu, tambahnya.

Source : https://www.liputan6.com/global/read/5118461/jet-tempur-arab-saudi-f-15-kecelakaan-pilot-selamat-pakai-kursi-lontar

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Lain-lain

 

  1. Kecelakaan Pesawat Jatuh ke Danau di Tanzania, 19 Tewas

Jakarta, CNN Indonesia — Sebanyak 19 orang meninggal usai pesawat komersial kecelakaan terjun ke Danau Victoria di Tanzania pada Minggu (6/11).

“Semua warga Tanzania bersama Anda berduka atas 19 orang yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan ini,” kata Perdana Menteri Tanzania Kassim Majaliwa, disiarkan AFP.

Sebelumnya otoritas menyatakan 26 orang selamat dari total 43 orang dalam pesawat yang kecelakaan. Pesawat yang jatuh merupakan ATR 42-500 penerbangan PW 494 yang dioperasikan Precision Air.

Sejauh ini belum jelas apakah 19 korban itu termasuk anggota regu penyelamat yang tenggelam atau pesawat berkapasitas 48 tempat duduk itu mengangkut lebih banyak orang.

Otoritas menyatakan sedang menyelidiki kemungkinan ada dua orang tidak dalam pesawat tetapi meninggal dalam upaya penyelamatan.

Precision Air, perusahaan publik yang merupakan maskapai swasta terbesar di Tanzania, mengatakan sudah mengirimkan penyelamat ke tempat kejadian.

“Tim investigasi yang terdiri dari staf teknis Precision Air dan TAA (Tanzania Airports Authority) juga telah berangkat untuk bergabung dengan tim penyelamat di lapangan,” kata maskapai itu dalam keterangan resmi.

Berdasarkan rekaman video yang ditampilkan media lokal, sebagian besar bagian pesawat tenggelam, saat penyelamat, termasuk nelayan, bergegas menyelamatkan para penumpang.

Presiden Tanzania Samia Suluhu Hasan menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang terdampak insiden ini.

“Mari tetap tenang sementara operasi penyelamatan berlanjut sambil berdoa kepada Tuhan untuk membantu kita,” kata dia di Twitter.

Source:  https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221106233908-127-870239/kecelakaan-pesawat-jatuh-ke-danau-di-tanzania-19-tewas.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Lain-lain

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.


MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!