Ulas Berita

7 Berita Kecelakaan Fatal Pilihan Minggu ke-4 Desember 2020

top Accident

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, memasuki minggu terakhir di bulan Desember ini kembali kami bagikan 7 berita kecelakaan fatal pilihan. Kecelakaan serius banyak terjadi yang diantaranya kecelakaan maut di Jaksel yang menjadi sorotan 

Mengantisipasi libur natal dan tahun baru, Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik dalam berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja. 

Di tempat umum, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. 

 

  1. Pemukulan Aiptu ICH ke Tersangka Kecelakaan Maut Jaksel Jadi Sorotan

DetikNews, Senin, 28 Des 2020 05:13 WI

Jakarta – Kecelakaan maut di Pasar MingguJakarta Selatan yang melibatkan seorang polisi berpangkat Aiptu menjadi sorotan. Sebab, pemukulan terhadap tersangka H oleh Aiptu ICH disebut-sebut menjadi awal mula aksi saling pepet hingga berujung kecelakaan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan kronologi kecelakaan ini. Menurutnya, ketika mobil yang dikendarai Aiptu ICH melaju dari arah barat ke timur Jalan Ragunan, Jaksel, tiba-tiba diserempet oleh mobil yang dikendarai tersangka H.

Aiptu ICH kemudian menghentikan mobilnya, cekcok di antara keduanya pun tak terhindarkan. Sambodo menuturkan, tersangka H tak terima jalannya dipotong oleh Aiptu ICH.

“Tersangka itu merasa jalannya dipotong oleh si polisi ketika berbelok dari Jalan Mampang mau belok kanan dari arah Ragunan, mau belok ke arah Mangga Besar,” kata Sambodo, kepada wartawan di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (26/12).

Lantaran kesal dipukul, tersangka H kemudian mengejar mobil Aiptu ICH untuk meminta pertanggungjawaban. Saat kejar-kejaran itulah mobil tersangka memepet mobil yang dikendarai Aiptu ICH. Dalam kejadian ini, ibu muda Pinkan Lumintang (30) meninggal dunia.

“Akibat serempetan tersebut, mobil Innova terpental ke kanan ke arah arus berlawanan dan menabrak 3 sepeda motor,” katanya.

Penetapan tersangka terhadap H dan pemukulan Aiptu ICH kepada H kemudian disorot oleh sejumlah anggota DPR RI. Anggota Komisi III DPR, Habiburokhman, meminta polisi adil dalam menangani kasus serempetan maut ini.

“Kasus ini jadi perbincangan masyarakat luas, polisi harus benar-benar adil mengusutnya. Jangan timbul kesan diskriminasi karena melibatkan aparat,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (27/12).

Habiburokhman menyoroti pengakuan H yang mengaku sempat dipukul Aiptu ICH sebelum serempetan maut terjadi. Jika memang pengakuan H benar, Habiburokhman menilai Aiptu ICH juga harus bertanggung jawab.

“Menurut H, dia sempat dipukul oleh si polisi, kalau benar demikian selayaknya si polisi juga diminta pertanggungjawaban secara hukum,” ucap Habiburokhman.

“Terjadinya insiden penabrakan jangan dilepaskan dari insiden dugaan pemukulan itu. Jangan sampai masyarakat menilai ada pihak yang kebal hukum dan ada yang jadi kambing hitam,” imbuh dia.

Tak hanya Habiburokhman, Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh juga angkat bicara. Dia meminta dugaan pemukulan Aiptu ICH diusut.

Pangeran Khairul Saleh mulanya meminta polisi mengusut tuntas penyerempetan berujung kecelakaan maut di Jaksel yang mengakibatkan hilangnya nyawa seorang ibu muda pengendara motor. Awal mula penyerempetan hingga dugaan pemukulan oleh Aiptu ICH diminta diusut secara adil dan transparan.

“Kecelakaan yang asal mula penyerempetan oleh H kepada Aiptu ICH tersebut harus diusut secara adil, transparan dan profesional. Jangan sampai masyarakat menilai telah terjadi diskriminasi karena peristiwa ini melibatkan seorang aparat kepolisian,” kata Pangeran dalam keterangannya, Minggu (27/12).

“Saya juga menyoroti bahwa pengendara H mengaku dipukul oleh Aiptu ICH. Jika memang pengakuan H tersebut benar adanya, tentu Aiptu ICH harus mempertanggungjawabkan tindakannya. Jangan sampai tindakan Aiptu ICH dibiarkan dan seakan-akan kebal secara hukum,” sebut Pangeran.

Pangeran mendukung kepolisian dapat mengusut tuntas kecelakaan maut di Jaksel. Saleh menilai pengusutan yang adil bakal diapresiasi masyarakat luas.

“Agar kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian semakin meningkat,” imbuh politikus PAN itu.

Selain itu, Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery meminta pihak kepolisian untuk terbuka menyelidiki kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita muda di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Terlebih insiden itu ternyata dipicu oleh pemukulan oleh oknum polisi Aiptu ICH terhadap tersangka H sebelum kecelakaan.

“Pimpinan Polri harus memerintah untuk dilakukan penyelidikan yang transparan dan terbuka,” kata Herman saat dihubungi, Minggu (27/12).

Herman meminta pihak kepolisian terbuka menyelidiki kecelakaan tersebut lantaran oknum polisi juga diduga terlibat sebagai pemicu awal. Menurutnya jika dilakukan tidak transparan maka bisa menjadi fitnah opini di masyarakat.

“Ya penyelidikan yang transparan dan terbuka, agar jangan jadi fitnah lewat opini,” ucapnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi properti
  • Lain-lain

 

  1. Kebakaran 3 Ruko di Tangerang, Ibu dan Anak Tewas Terjebak Api

Tempo.co Selasa, 29 Desember 2020 06:48 WIB

TEMPO.CO, Tangerang-Seorang ibu dan anaknya tewas terpanggang dalam  kebakaran tiga rumah toko atau ruko di Desa Renged, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Selasa  29 Desember 2020, sekitar pukul 4.30.

“Dua tewas, 1 korban selamat,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin saat dihubungi, Selasa.

Korban meninggal Kusni, 30 tahun dan anak perempuannya Ana, 4 tahun. Keduanya  diduga terjebak dalam ruko yang digunakan untuk berjualan sembako. Adapun
Suparno 32, suami korban selamat meski mengalami luka bakar yang cukup parah.

Kosrudin mengatakan tim pemadam kebakaran Kabupaten Tangerang menerima telepon sekitar pukul 03.15. Saat tiba di lokasi api sudah membesar dan melalap tiga unit ruko. “Satu ruko diisi dan 2 ruko kosong,” ujarnya.

Dua unit kendaraan Damkar 2 dari Pos Kronjo dan Pos Balaraja dikerahkan untuk memadamkan api. Personil 10 pemadam berjibaku memadamkan api yang terus membesar dan nyaris merembet ke rumah warga. “Api padam jam 04.30,” kata Kosrudin.

Kosrudin mengatakan para korban kebakaran menjadikan ruko sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Sehari hari Suparno dan istrinya Kusni berjualan sembako. Toko sembako yang dikenal dengan warung Madura ini terbakar habis. “Penyebab kebakaran diduga  korsleting listrik.”

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi property
  • Asuransi kebakaran Indonesia
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

  1. Kecelakaan Maut di Serpong: Truk Pasir Oleng Timpa Pengendara Sepeda Motor

Liputan6, 28 Desember 2020, 09:33 WIB

Liputan6.com, Tangerang Selatan – Diduga ban pecah truk pengangkut pasir kecelakaan di Jalan Raya Serpong, Pakualam, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (27/12/2020) malam. Truk tersebut terguling dan menimpa pengendara sepeda motor hingga tewas seketika. 

Kecelakaan tersebut bermula ketika truk bermuatan berat bernomor polisi B-9308-TYT itu hilang kendali, karena mengalami pecah ban.

Kanit Laka Lantas Polres Kota Tangerang Selatan, Iptu Dhady mengatakan, truk yang dikemudikan oleh H melaju dari arah Serpong, Tangerang Selatan, menuju Kota Tangerang.

Saat tiba di sebuah traffic light, pengemudi truk mencoba menghindari kendaraan minibus yang berhenti dikarenakan lampu rambu lalu lintas tengah merah.

“Pengemudi menghindari kendaraan lain, kemudian dari sisi kiri setelah melewati kendaraan minibus yang berada di depannya, pengemudi tiba-tiba membanting stir ke kanan lalu pecah ban bagian kanan belakang,” kata Dhady, Senin 28/12/2020).

Ketika itu pula, truk terguling ke sisi kiri setelah membetur pembatas jalan yang berada di kanan kendaraan, hingga kemudian menimpa sepeda motor.

“Di sisi kanan itu ada pengemudi sepeda motor (korban) yang tengah berhenti menunggu rambu selanjutnya. Yang mana, langsung tertimpa dan terjepit truk, hingga meninggal dunia,” ujar Dhady soal kecelakaan maut tersebut.

Periksa Sopir

Baca Juga :   Kasus Gagal Bayar Asuransi Marak Cetus Aturan Baru dari OJK?

Pada peristiwa itu, petugas cukup memakan waktu untuk mengangkat dan mengembalikan lagi badan truk yang bermuatan pasir itu. Ketika berhasil mengevakuasi korban, petugas langsung membawanya ke RSUD Kabupaten Tangerang. Sementara pengemudi truk dan kendaraan yang terlibat pun diamankan petugas untuk penyelidikan lebih lanjut.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

  1. SAR Timika masih cari korban kecelakaan kapal di perairan Kaimana

Kompas.com – 24/12/2020, 22:57 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com – Kapal Motor Nelayan (KMN) Sinar Intan 02 dilaporkan tenggelam di perairan Kaimana, Papua Barat. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury mengatakan, kapal bermuatan enam orang itu tenggelam pada Senin (21/12/2020), namun baru dilaporkan Kamis (24/12/2020). “Tenggelamnya KMN Sinar Intan 02 dilaporkan oleh Kepala Satuan Polairud Polres Kaimana, Kamis (24/12/2020) pukul 06.10 WIT,” kata Monce dalam keterangan tertulisnya. 

Menurut Monce, kapal tersebut awalnya bertolak dari Timika, Kabupaten Mimika, Papua, sejak Sabtu (19/12/2020), dengan tujuan Kabupaten Sarmi. 

Di tengah perjalanan, pada Senin sekitar pukul 03.00 WIT, kapal mengalami kerusakan di bagian lambung, dan tenggelam di perairan Kaimana.  

Sejak itu, semua penumpang berupaya menyelamatkan diri hingga akhirnya pada Rabu (23/12/2020), lima orang berhasil selamat ke pesisir Pantai Buruwai, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat.

Sedangkan kapten kapal bernama Ekayadi (35) hingga kini belum ditemukan. 

Kelima orang yang selamat, yakni Jenuri (35), Arif (19), Imran Sam (29), Agus (37) dan Syamsudin (47). “Satu orang yang belum ditemukan yaitu kapten kapal,” ujar Monce.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, kata Monce, telah memberangkatkan Tim Rescue Pos SAR Kaimana menggunakan RIB 400 PK, pada Kamis pagi guna melakukan pencarian.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Marine Hull
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi kesehatan
  • Lain-lain

 

  1. Kronologi Mitshubisi Pajero Sport  Plat B Kecelakaan di Tol Solo – Semarang

Tribun Jogja, Minggu, 27 Desember 2020 07:25

TRIBUNJOGJA.COM – Polisi mengungkap identitas korban kecelakaan Mitshubisi Pajero bernopol B 1953 FJC Sabtu (26/12/2020).

Diketahui sebelumnya, jika Mobil Pajero tersebut mengalami kecelakaan tunggal di Tol Solo-Semarang Jalur B Km 499+400 Tepatnya di Dukuh Sindon, Desa Dibal, Ngemplak, Boyolali sekira pukul 14.00 WIB.

Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali Ipda Utomo menyampaikan Mobil Pajero tersebut diisi 6 penumpang termasuk pengemudi.

Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali Ipda Utomo menyampaikan Mobil Pajero tersebut diisi 6 penumpang termasuk pengemudi.

“Mereka satu keluarga,” katanya.

Pengemudi sendiri diketahui bernama Gabriella Adi Nugraha (46) sementara 5 korban lain bernama Paulus Adi Nugraha (54), Daniel (24), Michael (28), Michelle (21) dan Rita (55).

Keenam korban tersebut merupakan satu keluarga ber KTP Bekasi dan mempunyai rumah di Semarang.

“3 korban mengalami luka ringan dan dilarikan ke RS Karima Utama Surakarta. 3 korban lainnya kondisi selamat,” ujarnya.

Kronologi

Adapun sebab kecelakaan sendiri lantaran mobil tergelincir dan menabrak pembatas jalan hingga terperosok ke keluar jalur tol.

“Kondisi jalan licin habis hujan, kecepatan sekitar 100 km/jam,” katanya. Satu keluarga tersebut, kata Ipda Utomo baru saja pulang takjiah keluarga dari Surabaya. Namun nahas, tepat di KM 499 Tol Solo-Semarang mobil mengalami kecelakaan tunggal.

“Itu satu keluarga baru pulang takziah dari Surabaya mau balik ke Semarang,” tandasnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

  1. Kecelakaan Libatkan 2 Motor di Cengkareng, 1 Orang Tewas di TKP

Kompas.com, Sabtu, 27 Desember 2020, 10:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Peternakan II, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Sabtu (26/12/2020) malam. Kecelakaan melibatkan dua motor dan memakan satu korban jiwa. “Kendaraan yang terlibat dua sepeda motor. Korban adalah pengemudi motor Honda dengan nomor polisi B2425NJO,” kata Kasatlantas Polres Jakarta Barat Kompol 

Purwanta dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020). Purwanta pun menceritakan kronologis kecelakaan tersebut.

“Sepeda motor Honda dengan nomor polisi B 2425 NJO melaju dari Jalan Peternakan II, dari arah timur menuju barat,” kata Purwanta. 

Kemudian, sepeda motor tersebut menyalip satu kendaraan hingga menabrak sepeda motor Honda CBR dengan nomor polisi B 3624 UDF yang melaju dari arah berlawanan.

“Pengendara sepeda motor Honda dengan nomor polisi B 2425 NJO mengalami luka pada bagian kepala dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). Sementara yang dibonceng mengalami memar kepala,” tutur Purwanta. 

Adapun pengendara Honda CBR juga mengalami memar kepala.

“Jenazah dievakuasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang,” tambah Purwanta. 

Kini, peristiwa tengah ditangani Satlantas Polres Jakarta Barat.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

  1. Kecelakaan di Klaten, Truk Terobos Lampu Merah 

Tribunews Solo, Rabu, 23 Desember 2020 20:43

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sebuah truk dan sepeda motor terekam CCTV Dinas Perhubungan Klaten, Selasa (23/12/2020).

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Pemuda, tepatnya di simpang empat Bareng Kabupaten Klaten. 

Dari rekaman CCTV yang didapat TribunSolo. com, nampak kendaraan datang dari arah Solo (Utara) tengah berhenti karena lampu lalu lintas tengah merah. 

Namun, dari arah belakang muncul truk yang belum diketahui identitasnya berjalan dari lajur berlawanan dari utara ke selatan.

Nampak, truk tersebut berjalan dengan kecepatan cukup tinggi dan menerobos lampu merah. 

Disaat bersamaan, lampu lalu lintas dari jalur timur ke selatan berwarna hijau, sehingga kendaraan mulai berjalan.

Sebuah motor dari sisi timur yang tengah berbelok ke utara, langsung dihantam truk yang menerobos lampu merah dari jalur berlawanan itu. 

Kanitlaka lantas Polres Klaten, IPTU Subadi membenarkan kejadian tersebut. 

“Kejadiannya sekitar pukul 17.00 wib tadi,” ucapnya. 

Dari dugaan awal, kecelakaan tersebut disebabkan kelalaian sopir truk yang mencoba menerobos lampu lalu lintas. 

“Iya, truknya menerobos lampu merah,” tandasnya.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih dalam lagi. Sebab, pihaknya masih melakukan penyidikan. 

Kasus kecelakaan ini sendiri saat ini ditangani Unit Lantas Polres Klaten.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

Berita ini disajikan oleh L&G Insurance brokers. A smart insurance broker

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top