Asuransi Pengiriman Barang

5 Trend Logistik di tahun For 2021 yang perlu Anda Ketahui

Sidang pembaca yang luar biasa, di awal tahun ini kami ingin mengajak Anda untuk melihat trend industri logistik di tahun 2021. 

Sebagai broker asuransi kami sangat tertarik dengan perkembangan industri logistik tahun 2021 agar dapat mengembangkan program proteksi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Tulisan ini kami sarikan dari tulisan yang dimuat di 5 Top Ligistics Trend for 2021.

Kami berharap informasi ini dapat membantu para pengambil keputusan di industri logistik untuk kesuksesan bisnis di tahun ini.

Jika Anda tertarik, silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Tahun 2020 telah mendatangkan pasang surutnya dalam industri logistik dan transportasi, sekarang saatnya untuk menantikan apa yang dapat kita harapkan di tahun 2021. Agar berhasil, perusahaan logistik dan transportasi perlu merangkul teknologi dan otomatisasi, sambil terus fokus pada kebutuhan yang diharapkan pelanggan.

Peningkatan Efisiensi

Agar rantai pasokan dapat berfungsi secara optimal, perlu ada fleksibilitas dan akuntabilitas di dalamnya. Perusahaan-perusahaan yang telah berpindah dari metode yang lebih tradisional, non-teknologi ke yang dapat meningkatkan visibilitas telah menghasilkan rantai pasokan yang lebih efisien. 

Fleksibilitas dalam rantai pasokan dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan karena manajer rantai pasokan dapat mengidentifikasi potensi masalah jauh sebelumnya. Lima tren berikut untuk tahun 2021 semuanya bertujuan  untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan:

Kecerdasan buatan

Otomasi dalam industri logistik telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir ini tetapi diharapkan untuk melihat lebih banyak lagi digunakan tahun depan. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI) untuk merampingkan rantai pasokan mereka. Dalam studi Gartner, 37 persen organisasi telah menerapkan AI pada akhir 2019, dan pada tahun 2020 kami melihat banyak peningkatan dalam rantai pasokan dan produktivitas mereka. AI dapat membantu membuat rantai pasokan lebih efisien dan andal dengan manajemen inventaris dan pemilihan pemasok.

Blockchain

Pelanggan mengharapkan paket tiba dengan cepat — terkadang dalam satu hari. Namun, hal ini sulit dicapai. Dalam upaya meningkatkan visibilitas di seluruh rantai pasokan, blockchain akan semakin banyak diadopsi oleh perusahaan. Blockchain, yang mendistribusikan data digital dengan aman, akan menggantikan metode komunikasi yang sudah ketinggalan zaman hingga menjadi usang. Tren untuk tahun 2021 menunjukkan bahwa lebih banyak perusahaan akan menggunakan blockchain untuk berkolaborasi dengan jalur pelayaran dan vendor untuk menggunakan data yang disimpan di satu lokasi dan dengan demikian menjadi lebih transparan untuk memberikan visibilitas yang bagus kepada pengguna akhir mereka. Pada saat yang sama, blockchain hemat biaya dan cepat.

Pengiriman Barang Pendingin

Operator bersiap untuk memenuhi permintaan global untuk produk berpendingin, termasuk makanan, minuman, dan farmasi. Perubahan dalam pembelian konsumen, seperti permintaan produk makanan non-lokal, berarti pengirim perlu mengirim lebih banyak barang yang membutuhkan pendinginan. Penelitian menunjukkan bahwa kontainer pengiriman berpendingin akan mengalami pertumbuhan yang cepat dalam beberapa tahun mendatang. Selain itu, distribusi global vaksin COVID-19 akan membutuhkan perencanaan logistik yang belum pernah ada sebelumnya karena persyaratan suhu. Perusahaan perkapalan perlu memperluas armada truk dan peti kemas mereka serta gudang yang dikendalikan iklim.

 Logistik “Hijau”

Baca Juga :   5 Alasan kenapa Pemilik yang harus Mengasuransikan Pengiriman Barang (Cargo)

Tren yang akan datang dalam rantai pasokan adalah munculnya logistik hijau. Sementara menjadi lebih hijau bermanfaat bagi lingkungan, itu juga hemat biaya dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Menurut Harvard Business Review, bisnis yang berfokus pada keberlanjutan tumbuh 5,6 kali lebih cepat daripada yang tidak. Menyadari penggunaan bahan bakar, mengkonsolidasi pengiriman dan pengemasan adalah salah satu cara agar perusahaan logistik menjadi ramah lingkungan, dan mengurangi biaya. Lebih banyak bisnis logistik akan mempertimbangkan keberlanjutan saat membuat keputusan.

Layanan Multi Saluran

Pelanggan saat ini menginginkan fleksibilitas dalam pesanan mereka. Perusahaan yang dapat memberikan pengalaman omnichannel akan dapat memuaskan pelanggannya dengan sebaik-baiknya. Baik pelanggan berbelanja online atau di toko sebenarnya, mereka menginginkan opsi. Opsi pengiriman, opsi penjemputan di dalam toko atau tepi jalan, atau penjemputan di lokasi lain semuanya menjadi bagian dari berbisnis. Pendekatan omnichannel menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi bagi pelanggan karena upaya pemasaran, penjualan, dan logistik menggabungkan. Logistik dan rantai pasokan bertanggung jawab atas pemenuhan pesanan yang konsisten yang datang dari saluran mana pun.

Pada 2021, perusahaan logistik dan transportasi perlu menjadi lebih efisien, berkelanjutan, dan berpusat pada pelanggan. Tren ini akan terus berlanjut sepanjang tahun seiring dengan upaya industri logistik untuk memenuhi permintaan reguler, selain permintaan tambahan yang disebabkan oleh distribusi vaksin, terutama pada paruh pertama tahun ini.

Jaminan asuransi sangat diperlukan di dalam operasional logistik. Asuransi yang dibutuhkan adalah Marine Cargo Insurance.  Perusahaan logistik perlu memastikan bahwa setiap barang yang dikirimkan dijamin oleh asuransi. 

Untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak dan sering, program asuransi yang paling pas adalah Marine Open Policy (MOP). Tapi perlu diingat bahwa perusahaan logistik hanya sebagai penyelenggara MOP sementara yang menjadi tertanggung atau yang dijamin adalah pemilik barang, oleh karena itu nama pemilik barang harus dicantumkan di dalam polis. 

Untuk bisa mengatur jaminan asuransi yang MOP untuk perusahaan logistik dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang logistik. Broker asuransi yang akan menyusun program berdasarkan informasi yang diberikan  oleh perusahaan logistik, kemudian menyusun program asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu broker asuransi yang akan negosiasi dan memilih perusahaan asuransi yang terbaik. Broker asuransi juga bertanggung jawab mengurus klaim jika terjadi.

Broker asuransi yang berpengalaman di bidang asuransi marine cargo adalah L&G Insurance Brokers. Hubungi sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top