Asuransi Jiwa

Tingkat Kesadaran Dinilai Masih Rendah, Pentingkah Asuransi Jiwa Bagi Anda?

Liga Asuransi – Sidang Pembaca yang berbahagia, Kembali kami sampaikan berita seputar asuransi jiwa yang menarik untuk Anda ketahui. Dilansir dari detik.com,  Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengungkapkan masyarakat tanah air masih rendah dalam mengakses program asuransi, khususnya produk asuransi jiwa. Padahal, asuransi merupakan salah satu perlindungan terhadap diri sendiri dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“AAJI mengidentifikasi kendala kurangnya akses masyarakat terhadap produk asuransi jiwa,” kata Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu saat dihubungi detikcom, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Rendahnya masyarakat dalam mengakses program asuransi jiwa juga menandakan masih rendahnya literasi keuangan di tanah air. Untuk mengatasi hal itu, AAJI, dikatakan Togar berusaha mendorong inklusi dan literasi keuangan dengan edukasi.

Lantas seberapa penting bagi Anda untuk memiliki asuransi jiwa? 

Asuransi jiwa sudah menjadi hal yang penting sekarang ini. Dengan asuransi jiwa, Anda bisa menabung kalau terjadi sesuatu sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak begitu terpuruk keadaan ekonominya. Meskipun begitu penting, masih banyak orang yang belum memahami terkait siapa sebenarnya yang membutuhkan asuransi jiwa.

Masih banyak yang belum memahami seberapa penting keperluannya untuk mengajukan asuransi jiwa. Setiap orang bisa mengajukan diri untuk mendapatkan asuransi jiwa. Tidak ada yang akan melarang Anda harus mengetahui kepada siapa sebenarnya pelayanan asuransi jiwa ini ditujukan. Biar tidak bingung lagi apakah Anda butuh asuransi jiwa atau tidak, sebaiknya simak dan pahami dulu ulasan seputar asuransi jiwa dari Cermati.com berikut ini.

  • Ambil Asuransi Jiwa Saat Sudah Berkeluarga Apabila belum berstatus menikah,

Mengambil asuransi jiwa bukanlah kebutuhan mendesak. Program ini sejatinya ditujukan kepada mereka yang sudah berkeluarga, baik yang sudah memiliki keturunan maupun yang belum memiliki keturunan. Hal ini dimaksudkan agar keadaan ekonomi keluarga bisa sedikit diringankan dengan adanya asuransi jiwa. Terlebih saat sesuatu hal terjadi pada orang yang mengajukan diri untuk mendapatkan pelayanan asuransi jiwa.

  • Apabila Anda adalah Tulang Punggung Keluarga

Ketika sudah berkeluarga, tapi tidak berstatus sebagai tulang punggung di keluarga, mengambil asuransi jiwa belumlah menjadi kebutuhan. Sebab asuransi jiwa lebih pas diambil pencari nafkah utama. Hal ini bertujuan agar keluarga yang ditinggalkan masih memiliki persediaan uang untuk melanjutkan hidup. Inilah mengapa asuransi jiwa bisa disebut sebagai tabungan masa depan bagi keluarga. Sebab, tidak ada yang tahu kapan anggota keluarga yang ditinggalkan menjadi pencari nafkah.

  • Kalau Memiliki Utang Jangka Panjang 
Baca Juga :   Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Asuransi Jiwa Keluarga?

Jika Anda mengajukan kredit, baik kredit kendaraan bermotor maupun hal lainnya yang bersifat jangka panjang, Anda disarankan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi jiwa. Hal ini dimaksudkan agar hutang atas nama Anda tersebut tidak membebankan keluarga ketika terjadi sesuatu yang buruk pada Anda. Keluarga bisa menggunakan dana asuransi jiwa Anda untuk menutupi utang tersebut. Sedikit sepele, tetapi bisa menjadi masalah yang serius jika Anda mengabaikannya. Bayangkan saja posisi di mana Anda meninggal dan meninggalkan utang sementara Anda adalah pencari nafkah utama keluarga. Tentunya akan semakin memberatkan keluarga untuk menerima kenyataan. 

  • Pekerjaan Anda Memiliki Risiko Kematian yang Tinggi

Asuransi jiwa sangat disarankan bagi Anda yang bekerja sebagai operator di pabrik. Setiap harinya ada banyak bahaya yang mengintai Anda. Kesalahan sekecil apapun dapat mencelakakan Anda. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan asuransi jiwa. Tidak ada yang tahu kapan nasib sial akan datang. Karena itu, setiap orang harus waspada terhadap apapun juga. Asuransi jiwa akan membantu Anda dalam menjamin kehidupan keluarga saat Anda sudah tidak ada di dunia lagi. 

  • Jika Anda Aktif Bepergian 

Banyak orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk sering berpergian, baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Ada banyak jalur transportasi yang bisa ditempuh, baik darat, udara, maupun laut. Setiap jalan memiliki resiko masing-masing.
Ketika Anda dihadapkan dengan musibah yang menghilangkan nyawa, siapa yang akan menanggung mereka? Karena itu, asuransi jiwa sangat penting bagi Anda yang aktif bepergian. 

Asuransi Jiwa adalah Tabungan Masa Depan Anda Dengan membayar iuran asuransi jiwa dengan teratur, Anda berarti sedang menabung untuk keperluan keluarga di masa depan. Memang tidak ada yang mengharapkan kematian segera menghampiri Anda supaya dana asuransi jiwa segera cair. Namun, asuransi jiwa dapat Anda pakai sebagai jaminan kehidupan orang-orang yang Anda sayangi saat Anda sudah tidak ada lagi di dunia ini.  

Dalam memilih asuransi jiwa terbaik, diperlukan pengetahuan luas dan asuransi, proses administrasi serta akses kepada penanggung jawab di perusahaan asuransi. Semua tugas itu dapat dilakukan dengan baik oleh broker asuransi karena broker asuransi mempunyai keahlian asuransi, kemampuan memproses klaim dan mempunyai akses kepada pihak-hak yang terlibat dalam penyelesaian klaim. 

Salah satu Broker asuransi yang telah berpengalaman di bidang asuransi jiwa adalah L&G Insurance Brokers. Hubungi sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top