InsurTech

IoT: Landasan Revolusi Teknologi Dalam Asuransi

IoT: Landasan Revolusi Teknologi Dalam Asuransi

Liga Asuransi – Selamat ber-long weekend, semoga selamat dan sehat selalu bersama keluarga. Sedikit kami akan mengulas kembali mengenai Insurtech di hari Jumat ini mengenai IoT sebagai landasan revolusi teknologi dalam industri Asuransi.

Dari perspektif teknologi, IoT (internet of things) bisa menjadi salah satu perkembangan paling signifikan dalam industri asuransi yang semakin digital. Karena dengan penggunaan IoT perusahaan asuransi mampu menunjukkan cara berbisnis yang lebih transparan, akurat dan akuntabel, kemampuan perusahaan asuransi untuk mengukur aktivitas pemegang polis untuk memberikan premi yang lebih murah atau sesuai, mengantisipasi masalah operasional supaya tidak menjadi mahal dan meningkatkan keseluruhan tingkat layanan yang diterima oleh pelanggan sehingga dapat membawa sentuhan abad ke-21 yang sesungguhnya ke proses yang telah berusia berabad-abad. Untuk membantu kami memahami efek transformatif yang dimiliki IoT pada industri asuransi modern dan di mana IoT dapat memimpin masa depan Insurtech, kami menemukan mengutip dari apa yang diulas oleh Sean Ringsted, Chief Digital Officer Chubb, yang berbicara mengenai InsurTech dengan topik tersebut.

Transformasi Untuk Asuransi

Setelah bekerja untuk Chubb selama hampir 25 tahun, Ringsted memiliki posisi yang tepat untuk mengomentari bagaimana IoT mempengaruhi operasi asuransi kontemporer: “Teknologi ini akan benar-benar revolusioner untuk cara industri menilai dan menilai risiko,” katanya. “Ini adalah tahap awal dalam industri, tetapi Chubb memimpin dengan menggunakan teknologi IoT sebagai bagian dari alat penjaminan emisi dan mitigasi risiko.” Mungkin pergeseran yang paling terlihat, dia menunjukkan, akan menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan berdasarkan etos ‘memprediksi dan mencegah’ sebagai lawan dari ‘memperbaiki dan mengganti’. Dengan jaringan sensor yang dipasang di sekitar ruang yang diasuransikan yang mampu mengukur data lingkungan yang memadai, perusahaan asuransi dapat memperoleh pembaruan waktu nyata tentang perubahan suhu, kelembapan, tekanan air, dan lainnya. Oleh karena itu, kesalahan kecil yang berpotensi berkembang menjadi masalah yang lebih besar dapat dengan cepat ditangani dengan cara yang tepat waktu dan hemat biaya. Ringsted memberikan contoh ini:

“Saat pemilik rumah sedang pergi berlibur, perangkat smart home akan memberi tahu Chubb tentang kebocoran katup air. Bahkan sebelum pemilik rumah tahu telah terjadi banjir, Chubb sudah merespons. Dalam dunia komersial, kami juga telah melihat nilai dari pencegahan kerugian dan deteksi dini di properti seperti rumah sakit atau kampus perguruan tinggi yang tidak dijaga. ”Hal ini kemudian berdampak pada peningkatan nilai kualitatif asuransi itu sendiri, karena layanan menjadi kurang fokus pada pembayaran klaim dan lebih terlibat dalam mencegah kerugian pada tahap pertama. Meskipun menyatakan bahwa asuransi baru mulai menuju arah ini, visi Ringsted tentang industri yang direvolusi oleh IoT mungkin lebih dekat daripada yang kita pikirkan: Catatan McKinsey dalam artikelnya ‘Ekosistem digital untuk perusahaan asuransi: Peluang melalui Internet of Things’ bahwa perangkat IoT di setiap aspek kehidupan modern semakin cepat jumlahnya, “Pada tahun 2010, orang memiliki 12,5 miliar perangkat berjaringan; diperkirakan pada tahun 2025 jumlah tersebut akan meningkat menjadi lebih dari 50 miliar. “Saat IoT terus membentuk cara yang praktis pada setiap sektor untuk menghasilkan data, dapat dibayangkan bahwa asuransi secara alami akan berkembang pesat bersamanya.

Penggunaan IoT untuk Penyelesaian Permasalahan Khusus

Sifat IoT yang dapat disesuaikan menjadikannya teknologi yang sesuai untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan tertentu, aset inti di sektor asuransi, yang perlu menangani berbagai prioritas yang bergantung pada klien. “Chubb bekerja dengan serangkaian solusi IoT yang luas untuk memenuhi kebutuhan beberapa segmen industri, termasuk layanan keuangan, pendidikan, real estate, transportasi, pertanian, rumah sakit, konstruksi, dan manufaktur,” kata Ringsted. Pencegahan kerusakan air, khususnya, telah menjadi perhatian khusus perusahaan, yang memperkirakan retakan kecil pada pipa 1/8″ bisa terjadi kebocoran 250 galon air dalam satu hari. Dengan jumlah pemilik rumah yang mengklaim kerusakan akibat air lebih dari USD $1 juta per tahun tiga kali lipat selama lima tahun terakhir (biaya penyelesaian rata-rata sekitar $ 89.000), Ringsted menyoroti ini sebagai contoh di mana teknologi IoT menjadi miliknya. “Kami percaya bahwa air adalah bahaya yang signifikan dan, dengan cara yang sama seperti alarm asap dan alat penyiram di gedung digunakan untuk mendeteksi dan mengatur asap atau asap, sensor harus digunakan untuk mengelola bahaya air di gedung – air adalah yang baru api!”

Baca Juga :   10 Tips untuk Video Meeting / Conference Yang Sukses

Selain memberikan perlindungan yang lebih baik untuk properti, IoT dapat digunakan untuk membantu pemantauan keselamatan karyawan, pencegahan penipuan, dan bahkan untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat melalui perangkat yang dapat dikenakan. Dari yang terakhir, Ringsted menambahkan, “Saya pikir ini adalah area yang kaya akan potensi bagi pelanggan dan perusahaan asuransi untuk mengembangkan proposisi win-win solution untuk membantu mengelola risiko yang ditimbulkan kepada individu, baik kesehatan atau keselamatan. Perusahaan asuransi jiwa, termasuk Chubb, mulai menggunakan perangkat yang dapat dikenakan untuk melacak dan mendorong atau bahkan mendorong gaya hidup sehat. Karena masyarakat terus membentuk dirinya di sekitar data yang dikumpulkan, yang memberi kita gambaran yang lebih akurat tentang risiko dan perilaku pelanggan, sebagai hasilnya perusahaan asuransi akan dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih baik. Deloitte merangkumnya dalam ‘Menggunakan konektivitas IoT untuk mendorong diferensiasi’ dengan mengatakan “IoT adalah pada dasarnya sebuah arsitektur teknologi yang menggabungkan teknologi yang ada dengan cara tertentu sehingga manfaat baru dapat dicapai.”

Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

“Meningkatnya ekspektasi pelanggan di dunia yang semakin digital menantang industri asuransi untuk meningkatkan permainannya,” kata Ringsted. “Saat Chubb mengembangkan solusi ini untuk pelanggan kami, kami juga perlu memperhatikan faktor operasional yang diperlukan agar berhasil, seperti keamanan TI, privasi data, pemasangan yang mudah, dan tidak ada alarm palsu.” Pada poin terakhir ini, Deloitte menambahkan bahwa “sementara sebagian besar pemangku kepentingan mungkin melihat kemungkinan yang menarik dalam peluang untuk memantau perilaku di seluruh ekosistem asuransi, rintangan yang tak terelakkan menghalangi adopsi grosir.”

Dengan kata lain: seberapa antusias pelanggan bereaksi terhadap produk, layanan, dan kapabilitas baru yang ditawarkan oleh asuransi yang diperkuat IoT akan ditentukan oleh bagaimana industri tradisional konservatif memilih untuk mengimplementasikan perubahan.

Meskipun manfaat perangkat yang dapat dikenakan atau sensor yang terintegrasi dengan lingkungan terlihat jelas, penerimaan umum mereka masih jauh dari kesimpulan sebelumnya. Dengan demikian, Ringsted menyoroti bahwa menunjukkan utilitas IoT secara tepat waktu penting dalam usaha melakukan perubahan pada perilaku. “Di sebuah perguruan tinggi, sensor mampu mendeteksi kebocoran air di ruang cuci lantai tiga di apartemen dalam kampus. Staf kampus dan insinyur risiko Chubb diperingatkan tentang masalah sebelum terjadi.

Ini sangat penting saat ini, sementara saat ini kampus tetap kosong karena COVID-19. ”

Memang, pandemi telah memberikan Insurtech secara umum kesempatan emas untuk membuktikan dirinya, baik sebagai solusi teknologi dan solusi yang sangat diperlukan untuk masalah modern. “Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah melihat bahwa penggunaan IoT di gedung telah terbukti menjadi pengawas virtual yang berharga. Meskipun awalnya dimaksudkan untuk menjadi cadangan bagi staf fasilitas di lokasi, sensor tiba-tiba menjadi garis pertahanan terdepan, ”tambahnya.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top