InsurTech

Inovasi Insurtech Yang Kian Berkembang di Indonesia

Insurtech Indonesia

Liga Asuransi – Perkembangan dunia startup di Indonesia ini bisa dikatakan sangat pesat, banyak jenis startup yang tumbuh, berkembang, dan mencoba bersaing dalam memberikan solusi yang lebih praktis kepada masyarakat di Indonesia yang sebelumnya diinpirasi oleh sejumlah startup besar di Indonesia cukup menginspirasi pesatnya perkembangan ini. Bermacam-macam jenis startup yang berkembang yang diantaranya adalah Fintech. Dunia fintech berkebang sangat pesat bahkan melebihi jenis startup yang lain. Tujuan awal dari didirikannya fintech tersebut adalah untuk menyederhanakan proses keuangan bagi masyarakat yang akses terhadap bank terbatas, dan terkadang terbentur dengan syarat yang menurut mereka terlalu panjang dan proses yang sulit. Akhirnya menjamurlah banyak fintech di Indonesia.

Tak mau kalah dengan perkembangan fintech, InsurTech pun juga mulai berkembang. Insurtech yang tidak lain adalah singkatan dari Insurance Technology, sebuah jenis startup yang berusaha memberikan solusi terhadap dunia asuransi dengan menggunakan teknologi digital sehingga masyarakat menjadi lebih mudah mengakses semua kebutuhan asuransi dengan baik, cepat, dan transparan.

Saat ini, terdapat banyak jenis bisnis InsurTech yang berkembang mulai dari manajemen asuransi hingga  pemrosesan, penjualan, pengelolaan data, dan lainnya. Saat ini beberapa perusahaan startup sedang berusaha menemukan cara yang lebih efisien untuk menghubungkan konsumen kepada InsurTech. Berikut beberapa contoh bentuk penyelenggaraan InsurTech:

  1. Agregator/Marketplace

Agregator memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memilih, membandingkan, dan membeli asuransi dengan lebih mudah. Konsumen dapat membandingkan harga, ketentuan, jaminan, dan kebijakan layanan dari masing-masing perusahaan asuransi. Agregator InsurTech tidak menerbitkan polis asuransi atau hal-hal yang menjadi kewenangan perusahaan asuransi, tapi hanya memberikan platform untuk memfasilitasi transaksi pembelian polis asuransi. Contoh dari startup jenis ini adalah cekpremi.com, pasarpolis.com, cekaja.com, bukalapak.com. tokopedia.com, dll.

  1. Brokers/Agents

Merupakan agregator yang telah memiliki ijin sebagai broker asuransi atau agen asuransi. Brokers/agent ini bertindak secara aktif dalam memberikan solusi terhadap konsumen untuk kebutuhan asuransinya sesuai dengan jenis industri yang digeluti oleh konsumen. Broker asuransi ini menunjukkan beberapa resiko yang kemungkinan terjadi terhadap industri sehingga bisa memberikan rekomendasi jenis asuransi yang bisa diaplikasikan. Kemudian menghubungkan terhadap perusahaan asuransi sehingga polis bisa diterbitkan. Contoh startup dalam jenis ini adalah futuready.com, cekpremi.com, premi.co.id, dan lngrisk.co.id.

  1. Fullstack InsurTech

Perusahaan yang memiliki izin penyelenggaran asuransi dan telah membangun platform digitalnya untuk memberikan pelayanan dan pengalaman unik kepada pelanggannya mulai dari promosi produk, penjualan, analisis risiko, pelayanan transaksi pembayaran langsung premi maupun klaim. Contoh model Full Stack InsurTech antara lain website perusahaan asuransi yang dapat diakses oleh calon Tertanggung yang dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara melakukan pembelian asuransi atau mengajukan klaim asuransi secara online.

  1. Insurtech System

Jenis yang terakhir ini merupakan jenis startup yang memberikan layanan berupa sistem/software. Sistem yang bisa memudahkan baik bagi para pelaku industri asuransi (perusahaan asuransi, broker asuransi, agen asuransi) maupun konsumen asuransi. Dengan adanya startup ini, pemrosesan permintaan asuransi dari klien bisa dilakukan dengan lebih jelas, lebih lengkap, lebih aman, dan bisa dimonitor oleh pihak asuransi, pihak broker dan pihak klien. Proses placing asuransi menjadi lebih cepat dan mudah. Contoh dari startup jenis ini adalah bindcover.com dan ligasys.com.

Baca Juga :   Menghubungkan dan Mencocokkan untuk Membuat Tampilan Pelanggan Tunggal

Ternyata sudah banyak jenis InsurTech yang saat ini berkembang di Indonesia, meskipun masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan Fintech tapi faktor resiko jelas lebih kecil. Tidak ada lagi ditemukan dalam Insurtech kasus klien yang dikejar tukang tagih, penyalahgunaan uang oleh penyedia platform karena semua transaksi akan diawasi oleh OJK dan oleh klien itu sendiri.

Memang jenis asuransi yang paling banyak beredar di platform-platform diatas masih seputar asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi travel, asuransi properti, yang kesemuanya itu memiliki target terhadap konsumen retail. Tapi ada juga beberapa platform seperti yang diberikan L&G Risk yang lebih menyasar pangsa pasar industri yang memiliki resiko yang lebih besar dan kompleks, tapi tentunya harus diimbangi dengan kemampuan teknis asuransi yang lebih mumpuni dan bersertifikat untuk lebih memperkuat rekomendasi yang mereka berikan.

Produk asuransi memang sering dipandang sebagai barang mewah, oleh karena itu menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan startup untuk menyederhanakan proses dan mengedukasi konsumen bahwa asuransi diperlukan, asuransi itu mudah, dan asuransi itu sebanding dengan resiko.

Dengan penggunaan teknologi sebagai basis baru dalam mengembangkan asuransi, perusahaan asuransi juga bisa lebih mudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap asuransi, sehingga mereka pun bisa menyederhanakan proses penerbitan polis, memberikan fitur jaminan yang lebih komprehensif, dan memberikan paket asuransi yang lebih menarik untuk masyarakat. Sehingga semua menjadi lebih terpetakan dengan lebih jelas.

Kategori di atas tentunya akan berkembang lagi karena kedepannya pasti akan lebih banyak lagi InsurTech yang akan muncul di Indonesia dengan memberikan berbagai macam tawaran solusi terbaru, termudah, dan transparan.

L&G Risk sebagai salah satu perusahaan broker asuransi di Indonesia juga akhirnya turut dalam mengembangkan sebuah sistem yang tentunya bertujuan untuk menyederhanakan proses yang terjadi didalam penerbitan polis dan memberikan solusi yang lebih luas terhadap nasabah asuransi di Indonesia.

Jika anda tertarik dengan tulisan ini, silahkan di share kepada rekan-rekan anda agar mereka juga paham seperti anda.

Jika Anda ingin memberikan komentar silahkan tulis di kolom di bawah ini.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top