Risk Management

Informasi Terkini Seputar Industri Alat berat

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76, semoga bangsa Indonesia segera bisa keluar dari wabah COVID-19.

Seperti yang sudah kami mulai sejak tulisan sebelumnya, kali ini kami ingin mengulas beberapa berita menarik di seputar industri Alat Berat. Nampaknya industri ini tetap bergairah di tengah wabah COVID-19 yang didorong oleh kenaikan harga batubara yang tetap tinggi sehingga memerlukan alat berat dan peralatan yang lebih banyak. Selain itu sektor pertambangan mineral juga tetap bagus dan menjanjikan harga yang terus semakin naik.

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi kami sudah lebih dari 30 tahun menekuni resiko di bidang alat berat. Awalnya pada tahun 1988 menangani PT Trakindo Utama sebagai sole dari Caterpillar mengurus semua asuransi alat berat termasuk yang masih dalam pembiayaan Hire Purchase Agreement (HPA) sebelum kemudian diubah menjadi kontrak leasing.

Perkembangan industri alat berat di Indonesia dari tahun ke tahun sangat menjanjikan walaupun berfluktuasi akan tetapi terus meningkat. Sejalan dengan hal itu resiko yang dihadapi juga semakin banyak dan kompleks.

Jaminan asuransi merupakan kebutuhan utama bagi alat berat karena resikonya cukup tinggi. Hampir sebagian besar alat berat pernah mengalami kecelakaan baik kecil maupun besar. Jika yang terjadi kecelakaan besar maka biayanya besar karena harga unitnya yang mahal.

Berikut ini kami pilihkan informasi-informasi menarik di seputar industri alat berat, jika Anda tertarik dengan informasi ini silahkan di share kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

  1. Komatsu luncurkan aliansi gas rumah kaca untuk kembangkan solusi berkelanjutan untuk tambang

Minggu, 15 Agustus 2021 | 20:18

Bekerja sama untuk berinovasi dengan cepat dalam mendukung target mengurangi karbon, Komatsu dan beberapa pelanggannya telah membentuk Komatsu Greenhouse Gas (GHG) Alliance. Anggota-anggota pendiri aliansi tersebut adalah Rio Tinto, BHP, Codelco dan Boliden.

Melalui kerangka kerja aliansi, para mitra GHG Komatsu akan bekerja sama secara langsung dengan Komatsu untuk  perencanaan produk, pengembangan, pengujian dan penggunaan peralatan serta infrastruktur pertambangan nol-emisi generasi berikutnya.

Target awal aliansi ini adalah memajukan konsep truk agnostik power dari Komatsu untuk kendaraan pengangkutan yang dapat berjalan di berbagai sumber daya yang meliputi elektrik diesel, elektrik, trolley (kabel), tenaga baterai dan bahkan sel bahan bakar hidrogen.

 “Kami merasa terhormat bahwa pelanggan-pelanggan kami, beberapa perusahaan pertambangan terbesar di dunia, telah setuju untuk berpartisipasi dalam Komatsu GHG Alliance dan bekerja sama dengan kami untuk mengembangkan solusi-solusi pertambangan yang berkelanjutan. Kami berharap dapat menjalin kerja sama yang erat dengan para pemimpin industri ini untuk mempercepat pengembangan dan penyebaran peralatan level berikutnya yang dirancang untuk mengurangi gas rumah kaca karena operasi-operasi penambangan dan pada akhirnya mencapai tujuan penambangan tanpa emisi,” kata Masayuki Moriyama, presiden Divisi Bisnis Pertambangan Komatsu.

Pembentukan aliansi ini menyatukan para pemimpin pertambangan yang bersedia berbagi waktu, sumber daya, dan informasi untuk memberikan solusi-solusi peralatan tanpa emisi. Komatsu bermaksud untuk memperluas aliansi ke perusahaan-perusahaan pertambangan lain guna meningkatkan kolaborasi industri yang luas menuju solusi-solusi untuk dekarbonisasi.

Sebagai sebuah perusahaan, Komatsu berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungan melalui bisnisnya, menargetkan pengurangan 50% emisi CO2 dari penggunaan produk-produk dan produksi peralatannya pada tahun 2030 (dibandingkan dengan level tahun 2010) dan target tantangan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050.

Komatsu telah bekerja untuk mengurangi emisi gas rumah kaca bagi pelanggan-pelanggannya melalui pengembangan produk inovatif selama beberapa dekade di banyak bidang termasuk dump truck diesel elektrik, shovel bertenaga elektrik, kemampuan penyimpanan energi regeneratif dan program-program penghemat bahan bakar.

Konsep awal pabrikan ini untuk kendaraan pengangkutan yang dapat berjalan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya, bagian dari pengembangan power agnostic, akan memulai debut resminya di MINExpo 2021 pada 13 September di Las Vegas. (Sumber: Komatsu)

Sumber: https://www.equipmentindonesia.com/komatsu-luncurkan-aliansi-gas-rumah-kaca-untuk-kembangkan-solusi-berkelanjutan-untuk-tambang/

 

  1. Kedatangan R 9350 ke-3 di Tambang Batu Hijau

Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:06

Senang dengan kinerja dan keandalan dua unit pertama Excavator Liebherr R 9350 dalam 12.000 jam pertama operasi mereka di tambang Batu Hijau, AMMAN memutuskan untuk menambahkan satu unit lagi untuk memperkuat armadanya.

Unit ketiga excavator tambang Liebherr R 9350 yang dipesan AMMAN. (Foto: Liebherr)

PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menambah satu unit lagi Excavator Backhoe R 9350 untuk memperkuat operasi armadanya pada tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat NTB). AMMAN merupakan perusahaan pertambangan yang mengoperasikan tambang Batu Hijau itu. Perusahaan tambang ini memiliki beberapa prospek tembaga dan emas yang paling menjanjikan. Tambang Batu Hijau merupakan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, dan merupakan aset pertambangan kelas dunia.

Operasi PT Liebherr Indonesia di tambang Batu Hijau dimulai pada tahun 2019 dengan perakitan Excavator Backhoe R 9350 pertama, yang ditugaskan pada 11 April 2019 dan diikuti oleh Excavator Backhoe R 9350 kedua yang ditugaskan pada 19 Mei 2019.

R 9350 adalah salah satu mesin Liebherr Mining paling populer yang diproduksi oleh pabrikan asal Jerman ini dan memiliki total penjualan sekitar 220 unit di seluruh dunia. Excavator besar itu dibangun untuk bersaing di pasar mesin pertambangan kelas menengah. Dilengkapi dengan bucket 18m³, alat berat ini merupakan alat pemuatan yang ideal untuk armada truk pertambangan 100 ton.

Excavator R 9350 merupakan alat berat yang sangat handal dan berkinerja baik di lingkungan pertambangan yang paling menantang sepanjang masa kerja unit. Alat berat ini menawarkan standar tertinggi dalam hal keselamatan, keberlanjutan, kinerja, masa pakai, total biaya kepemilikan (TCO), kemudahan perawatan, dan masih banyak lagi.

Excavator Backhoe R 9350 didukung oleh mesin diesel Cummins QSK45 yang bertenaga kuda tinggi dan mematuhi batas emisi yang sesuai dengan EPA Tier 2 AS. Penggerak daya ini membuat R 9350 hemat biaya tanpa mengurangi produktivitas sekaligus mengurangi dampak operasi alat berat ini terhadap lingkungan.

R 9350 menggunakan sirkuit ayun loop tertutup untuk memaksimalkan torsi ayun sambil mempertahankan aliran penuh ke sirkuit hidraulik. Hal ini memungkinkan excavator backhoe ini memiliki gerakan pemasangan yang lebih cepat, yang memberi alat berat ini kemampuan untuk meningkatkan waktu siklus dan target produksi bagi para pelanggan.

R 9350 juga dilengkapi dengan sistem peredam elektronik yang dipatenkan Liebherr, yang memberikan bantalan akhir langkah untuk gerakan pemasangan yang lebih halus.

Sumber: https://www.equipmentindonesia.com/kedatangan-r-9350-ke-3-di-tambang-batu-hijau/

 

  1. Mitsubishi Fuso Luncurkan Model Baru Heavy Duty Super Great

Jumat, 23 Juli 2021 | 09:14

Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan peluncuran truk Super Great model baru untuk aplikasi heavy-duty, yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi pertama di Jepang. Kendaraan-kendaraan model baru ini akan tersedia melalui perusahaan-perusahaan penjualan MFTBC dan unit-unit penjualan regional di seluruh Jepang mulai Juni tahun ini. MFTBC merupakan salah satu produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia di bawah payung Daimler Trucks Asia.

Salah satu fitur pintar yang dibenamkan pada truk Super Great yang baru ini, dilansir dari rilis Mitsubishi Fuso (4/6/2021), adalah Emergency Stop Assist yang memungkinkan truk ini mampu mengurangi kecepatan dan berhenti di jalurnya jika terjadi keadaan darurat. Fitur ini diklaim sebagai yang pertama di pasar saat ini.

Dijelaskan bahwa dengan memasang Emergency Stop Assist pada Super Great baru, MFTBC telah mampu memajukan teknologi dukungan mengemudi otomatis SAE level 2 truk ini ke level terdepan di pasar. Dengan Emergency Stop Assist, support system mengemudi otomatis Active Drive Assist kini ditingkatkan menjadi Active Drive Assist 2.

Selain fitur-fitur yang memungkinkan kendaraan ini tetap berada di jalurnya saat terjadi kondisi darurat dan adaptive cruise control, para pengemudi kini didukung oleh teknologi baru yang mendeteksi anomali-anomali pada aktivitas roda kemudi. Ketika roda kemudi tetap tidak aktif selama 60 detik saat Active Drive Assist 2 aktif, sistem mengeluarkan peringatan pada layar dashboard serta alarm audio, sambil mengurangi kecepatan dan membawa kendaraan ke pemberhentian darurat di jalur yang sama. Perlambatan ini diharapkan akan sangat bermanfaat dalam skenario di mana pengemudi mengalami perubahan-perubahan mendadak karena gangguan pada kemudi. Oleh karena itu, Active Drive Assist 2 tidak hanya menawarkan pengangkutan yang tidak terlalu melelahkan melalui pengendaraan yang stabil, tetapi juga meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan kendaraan-kendaraan di sekitarnya.

Fitur baru lain yang dipasang pada truk Super Great model baru ini adalah Active Sideguard Assist 1.0, yang pertama untuk truk-truk di Jepang, yang meningkatkan pencegahan kecelakaan belok kiri dengan sebuah sistem pengereman mitigasi kerusakan.

Active Sideguard Assist 1.0 memperingatkan pengemudi dengan lampu ketika radar mendeteksi objek di sisi kiri kendaraan, yang cenderung menjadi titik buta bagi sopir. Sistem ini juga membunyikan alarm ketika setir diputar ke kiri atau sinyal belok kiri diaktifkan.

Selain peringatan-peringatan audio-visual, model baru ini menyediakan sistem keselamatan lain dengan sistem pengereman mitigasi tabrakan yang mengurangi kecepatan dan membuat kendaraan berhenti darurat ketika mendeteksi risiko tabrakan dengan objek-objek yang bergerak paralel dengan kendaraan ini. Hal ini dilakukan ketika kecepatan mengemudi di bawah 20 km/jam.

Sesuai dengan regulasi-regulasi terbaru, Super Great yang baru ini juga telah diperbarui dengan berbagai fitur lainnya. Selain perangkat Rear Underrun Protection (RUP) untuk membatasi kerusakan akibat benturan, kaca spion bagian dalam truk kini dilengkapi dengan struktur peredam kejut. Selanjutnya, sebelum regulasi-regulasi yang baru berlaku di Jepang, kendaraan ini dilengkapi dengan lampu-lampu berjalan siang hari untuk meningkatkan visibilitas selama siang hari dan sebuah fitur yang mengaktifkan lampu-lampu depan secara otomatis saat senja tiba.

Super Great juga kini hadir dengan tangki bahan bakar yang sesuai dengan standar-standar regulasi terbaru untuk pencegahan kebocoran bahan bakar. Terakhir, indikator sabuk pengaman co-driver juga telah diperkenalkan untuk meningkatkan keamanan yang lebih baik di dalam kabin.

Active Driver Assist 2 dan fungsi penghentian daruratnya juga akan tersedia pada Mercedes-Benz Actros tipe heavy-duty mulai Juni 2021.

MFTBC akan terus mengembangkan teknologi otomasi kendaraan komersial melalui jaringan global Daimler Truck, yang dibangun pada pusat-pusat kompetensi di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Daimler Trucks sedang bekerja untuk merealisasi truk yang bergerak sendiri SAE Level 4 dengan anak perusahaannya TORC Robotics serta melalui aliansi dengan Waymo, yang mengembangkan teknologi mengemudi otonom. MFTBC hendak membawa teknologi mengemudi otonom Level 4 ke pasar-pasar FUSO dengan memanfaatkan pengembangan kolaboratif dan keahlian bersama Daimler Group. (Sumber: Mitsubishi-Fuso)

Sumber: https://www.equipmentindonesia.com/mitsubishi-fuso-luncurkan-model-baru-heavy-duty-super-great/

 

  1. Chevron & Cummins Berkolaborasi tingkatkan penggunaan hidrogen
Baca Juga :   Berikut Tips yang Perlu Anda Ketahui dalam Memilih Asuransi untuk Bisnis Anda

Minggu, 15 Agustus 2021 | 20:01

Chevron USA Inc., melalui divisi Chevron Products Company (Chevron), dan Cummins Inc., pemimpin teknologi-teknologi power dan hidrogen global, telah mengumumkan nota kesepahaman (MOU) untuk menjajaki aliansi strategis guna mengembangkan peluang bisnis yang layak secara komersial di bidang hidrogen dan sumber energi alternatif lainnya.

MOU itu memberikan kerangka kerja bagi Chevron dan Cummins untuk awalnya berkolaborasi dalam empat tujuan utama: mendorong kebijakan-kebijakan publik yang mempromosikan hidrogen sebagai solusi dekarbonisasi untuk transportasi dan industri; membangun permintaan pasar untuk kendaraan-kendaraan komersial dan aplikasi-aplikasi industri yang menggunakan bahan bakar hidrogen; mengembangkan infrastruktur untuk mendukung penggunaan hidrogen untuk industri dan kendaraan-kendaraan sel bahan bakar; dan menjajaki peluang untuk memanfaatkan elektroliser Cummins dan teknologi-teknologi sel bahan bakar di satu atau lebih kilang-kilang domestik Chevron.

 “Chevron berkomitmen untuk mengembangkan dan menghasilkan energi yang terjangkau, andal, dan selalu bersih, serta berkolaborasi dengan Cummins adalah langkah positif menuju tujuan kami membangun bisnis skala besar di area rendah karbon yang melengkapi penawaran kami saat ini,” kata Andy Walz, presiden Americas Fuels & Lubricants Chevron.

 “Hidrogen hanyalah salah satu solusi rendah karbon yang kami investasikan yang akan memposisikan para pelanggan kami untuk mengurangi intensitas karbon dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari mereka. Kami juga telah berinvestasi dalam mengembangkan dan memasok gas alam terbarukan, mencampurkan energi-energi terbarukan ke dalam bahan bakar kami, mengolah bersama biofeedstock di kilang-kilang kami, dan proyek-proyek pengurangan yang akan mengurangi intensitas karbon dari operasi-operasi kami.”

Amy Davis, wakil presiden dan presiden New Power Cummins mengatakan bahwa  kerja sama dengan Chevron untuk memajukan teknologi hidrogen dan mempercepat pengembangan ekosistem membantu Cummins melanjutkan targetnya untuk memungkinkan dunia yang netral karbon.

 “Transisi energi sedang terjadi, dan kami menyadari peran penting hidrogen dalam campuran energi kami. Kami telah mengerahkan lebih dari 2.000 sel bahan bakar dan 600 elektroliser di seluruh dunia dan sedang menjajaki alternatif hidrogen lainnya termasuk mesin pembakaran internal berbahan bakar hidrogen, seiring kami terus mempercepat dan memanfaatkan potensi hidrogen yang kuat,” ungkapnya.

Sumber: https://www.equipmentindonesia.com/chevron-cummins-umumkan-kolaborasi-strategis-kembangkan-mesin-bertenaga-hidrogen/

 

Artikel ini disajikan oleh perusahaan broker asuransi yang memiliki keahlian dibidang manajemen risiko di industri konstruksi dan alat berat, L&G Insurance Broker.

Hubungi L&G sekarang  juga!

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Kenapa Broker Asuransi sering juga disebut sebagai Advocate asuransi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top