Asuransi Pertambangan

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Asuransi Pertambangan

LIga Asuransi – Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan, dan penjualan bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas).

Di Tanah Air, terdapat sejumlah jenis hasil tambang yang telah banyak ditambang di negara Indonesia. Barang tambang ini tersebar pada beberapa lokasi di wilayah tanah air.

Satu kekayaan tambang utama yang ada di Indonesia adalah minyak bumi. Dapat dikatakan bahwa minyak bumi ini memegang peran yang sangat besar dalam pemanfaatannya. Sehingga tambang minyak bumi ini memiliki nilai yang sangat ekonomis.

Di Indonesia, tambang minyak bumi dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, dan juga Papua. Sebut saja seperti di daerah Riau, Muara Enim, Wonokromo, Blok Cepu di Cilacap, serta ada di Tarakan, dan beberapa wilayah lainnya.

Tambang kedua yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia adalah batu bara. Batu bara juga menjadi satu tambang yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Batu bara ini diolah untuk menciptakan energi listrik dan juga panas. Bahkan, dalam pengoperasian pembangkit listrik, batu bara sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk pengoperasian pembangkit listrik. Seperti halnya minyak bumi, tambang batu bara juga banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia dari sisi Timur ke Barat.

Selain itu terdapat pula tambang timah dan emas yang menjadi sorotan kekayaan alam Indonesia.

Melihat persebarannya yang begitu luas ini, tentunya pertambangan merupakan salah satu kegiatan penting bagi nilai tambah perekonomian di negara ini.

Dikutip dari trustedchoice.com , menambang kekayaan bumi memasok dunia dengan bahan bakar dan logam mulia yang dibutuhkan untuk mempertahankan gaya hidup kita. Baik perusahaan Anda bergerak dalam pertambangan permukaan atau pertambangan bawah tanah, Anda perlu memastikan bahwa Anda terlindungi dengan baik dengan polis asuransi pertambangan yang sesuai. Dengan begitu, jika salah satu dari banyak risiko yang melekat dalam industri ini mengakibatkan kerugian atau kerusakan, perusahaan Anda akan mampu mengatasi dampak finansial dan terus menghasilkan keuntungan.

Sistem Klasifikasi Industri Amerika Nasional (NAICS) mengklasifikasikan semua bisnis A.S. ke dalam sektor dan subsektor tertentu. Ini dilakukan terutama untuk tujuan mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi.

NAICS saat ini mengklasifikasikan 34.521 perusahaan Amerika sebagai milik sektor pertambangan. Ini termasuk jenis bisnis berikut:

  1. Penambangan Mineral dan Logam Mulia, meliputi:
    • Besi, Emas, Perak, Timbal, Seng, Tembaga, atau Bijih Nikel
    • Bijih Uranium-Radium-Vanadium
    • Batuan Fosfat
    • Potash, Soda dan Borate
  2. Ekstraksi Minyak Mentah dan Gas Alam
  3. Ekstraksi Cairan Gas Alam
  4. Pengeboran Sumur Minyak dan Gas
  5. Penambangan Permukaan untuk:
    • Batubara Bitumen
    • Batubara muda
  6. Penambangan Bawah Tanah untuk:
    • Batu Bara Bitumen dan Antrasit
    • Batu Dimensi
    • Konstruksi Pasir dan Kerikil
    • Industri pasir
    • Kaolin dan Ball Clay
  7. Penambangan dan Penggalian:
    • Batu Dimensi
    • Batu Kapur Hancur dan Pecah
    • Granit Hancur dan Rusak
  8. Kegiatan Penunjang untuk:
    • Pertambangan batubara
    • Penambangan Logam
    • Penambangan Mineral Bukan Logam
    • Operasi Minyak dan Gas

Asuransi pertambangan adalah bentuk khusus dari asuransi bisnis. Ini menyediakan semua jenis dan opsi pertanggungan yang mungkin Anda perlukan untuk memastikan perusahaan pertambangan Anda dengan benar dari bahaya industri. Seperti kebanyakan polis asuransi bisnis, ini mencakup pertanggungan kewajiban, properti dan pendapatan sehingga Anda dapat fokus pada apa yang penting.

Baca Juga :   Mengapa Pabrik Obat dan Perusahaan Farmasi Membutuhkan Asuransi Terbaik?

Asuransi pertambangan juga memberi bisnis pertambangan beberapa opsi pertanggungan yang unik untuk jenis industri ini. Kadang-kadang, pertanggungan ini bisa menjadi sangat kompleks, jadi Anda akan mendapatkan keuntungan jika duduk bersama agen asuransi independen yang dapat membantu Anda menilai kebutuhan pertanggungan dan menemukan polis dengan harga bersaing yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Perusahaan di Industri Pertambangan Memiliki Kebutuhan Asuransi yang Unik

Salah satu risiko terbesar yang dihadapi oleh perusahaan di industri pertambangan berkaitan dengan tuntutan hukum pertanggungjawaban terhadap perusahaan tersebut. Ada beberapa jenis perlindungan kewajiban yang tersedia dengan polis asuransi bisnis pertambangan. Beberapa jenis yang mungkin sangat ingin Anda pertimbangkan meliputi:

Polusi dan pertanggungjawaban lingkungan: Penambangan bisa menjadi operasi yang berantakan dan meskipun tindakan pencegahan diambil, terkadang pekerjaan Anda mengakibatkan kerusakan lingkungan. Asuransi ini akan memberikan pertanggungan untuk biaya pertahanan hukum dan pembersihan hazmat dari polusi yang terkait dengan tangki penyimpanan bahan bakar dan bahan kimia, kolam sedimen, fasilitas filtrasi, proyek reklamasi, dan situs brownfield.

Cakupan tanggung jawab otomatis komersial: Perusahaan pertambangan sering menggunakan kendaraan untuk mengangkut kru ke dan dari lokasi kerja dan untuk membawa material yang ditambang. Jenis asuransi ini dapat memberikan pertanggungan tanggung jawab untuk seluruh armada kendaraan milik perusahaan Anda mulai dari mobil hingga bus kru hingga trailer traktor.

Pertanggungan tanggung jawab asing dan multinasional: Jika Anda terlibat dalam operasi pengeboran atau penambangan di luar Amerika Serikat, pertanggungan ini mungkin diperlukan untuk melindungi Anda dari kemungkinan tuntutan hukum pertanggungjawaban saat melakukan bisnis di wilayah asing.

Selain itu, peralatan dan mesin yang digunakan dalam industri pertambangan bisa jadi sangat mahal, jadi penting bahwa properti itu tercakup dalam polis asuransi bisnis Anda. Selain asuransi properti umum, Anda mungkin ingin berinvestasi di:

Boiler dan mesin: Ini memberikan perlindungan untuk mesin mahal yang digunakan oleh industri pertambangan. Ini memberikan cakupan untuk hal-hal seperti inspeksi boiler rutin, inspeksi dan pengujian sistem sprinkler, perbaikan dan penggantian jika terjadi kerusakan pada pemrosesan dan peralatan bergerak serta penahanan terkompresi untuk pemanasan dan pemrosesan.

Perlindungan asuransi kargo: Ini dirancang untuk mengasuransikan peralatan, bijih, dan bahan lainnya saat diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Cakupan ini berlaku baik properti diangkut dengan truk milik bisnis Anda sendiri atau oleh operator sewaan.

Ini bukanlah satu-satunya pilihan asuransi yang perlu Anda pertimbangkan. Ada beberapa cara berbeda untuk melindungi masa depan perusahaan Anda jika terjadi bencana seperti tambang yang runtuh. Merupakan kepentingan terbaik Anda untuk meninjau banyak pilihan Anda dengan profesional asuransi sehingga Anda tidak mengabaikan pertanggungan penting dan tidak membeli pertanggungan yang tidak Anda butuhkan.

Temukan Polis Asuransi Pertambangan yang Memberikan Perlindungan yang Anda Butuhkan

Memahami berbagai opsi cakupan Anda bisa jadi rumit. Anda mungkin menemukan keuntungan untuk mendiskusikan risiko dan aset Anda dengan agen asuransi independen di jaringan Pilihan Tepercaya sebelum memilih polis asuransi pertambangan. Agen-agen ini bebas untuk bekerja dengan beberapa penyedia asuransi yang berbeda karena mereka membantu Anda menemukan dan membandingkan polis yang sesuai untuk bisnis Anda.

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Risk Broker Asuransi – a Smart Broker Insurance.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top