Asuransi Pengiriman Barang

Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Pengangkutan Barang

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa apa khabar? Kegiatan distribusi atau pengangkutan barang merupakan salah satu mata rantai kegiatan ekonomi yang tidak bisa ditinggalkan. Hampir semua jenis perdagangan pasti melewati tahap ini, karena kalau tidak tentunya barang produksi tidak akan bisa dikonsumsi oleh pelanggan.

Nilai barang produksi tersebut tentunya sangat tinggi dan tentunya diharapkan bisa tiba ditempat pembeli dengan keadaan baik, tanpa kurang apapun, dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tapi terkadang tanpa kita sadari bahwa ketika barang keluar dari gudang produksi, atau terlepas dari tangan penjual atau produsen untuk dikirimkan, pada saat itu pula kita tidak bisa menjaga barang tersebut dengan lebih seksama. Karena tahap itu kita serahkan pada ekspedisi pengangkutan barang. Kita hanya berharap cemas semoga tidak terjadi masalah dalam pengiriman. Padahal risiko kecelakaan ketika pengiriman barang begitu besar.

Misalkan saja ketika pengangkutan mobil dengan menggunakan kapal, dan kapal tersebut mengalami kecelakaan dan terguling, terbakar, atau menabrak kapal lain dan menyebabkan mobil-mobil yang diangkut rusak berat. Berapa ratus juta kerugian kita sebagai pemilik barang? Atau berapa ratus juta yang harus diganti rugi oleh pemilik perusahaan ekspedisi? Atau berapa ratus juta yang harus diganti rugi oleh kru kapal tersebut? Kasihan bukan jika penggantian kerugian ini ditimpakan kepada kru kapal tersebut.

Oleh karena itu, asuransi pengangkutan barang itu wajib hukumnya dalam proses distribusi barang. Sebagai pemilik barang, pemilik ekspedisi, atau pengemudi truk tentunya lebih tenang ketika proses distribusi.

Perlu bagi kami informasikan bahwa asuransi pengangkutan barang memiliki beberapa perlindungan yang itu kadang membuat kita orang awam bingung dalam menerjemahkan polis asuransi.

Ada beberapa hal dasar yang perlu kita ketahui sebelum menggunakan asuransi pengangkutan barang.

Tanggung Jawab Kapal vs Asuransi

Berapa besar harapan Anda untuk mendapatkan penggantian jika kiriman Anda hilang atau rusak? Ada dua pihak yang bisa diharapkan, pertama pihak pemilik kapal dan kedua pihak asuransi pengangkutan. Perbedaan antara pembayaran Tanggung Jawab  operator kapal dan jaminan  asuransi Pengangkutan semua risiko mungkin akan mengejutkan Anda. Memahami perbedaan kritis ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk menghilangkan risiko rantai pasokan organisasi Anda.

Apa itu tanggung jawab pengangkut?

Ketika barang dalam perjalanan hilang atau rusak, pemilik barang berhak untuk mengajukan klaim untuk menuntut ganti rugi berupa uang dari pengangkut. Namun, pengangkut diharuskan membayar hanya jika mereka terbukti bertanggung jawab atas kerugian tersebut. Jumlah tanggung jawab pengangkut terbatas pada perhitungan berdasarkan berat atau satuan pengiriman barang kiriman, bukan nilai barang yang sebenarnya.

Apa itu Asuransi Pengangkutan All Risks?

Asuransi “All Risks” adalah bentuk pertanggungan terluas dan terlengkap untuk Pengangkutan. Jaminan  All-Risk menjamin barang dagangan terhadap risiko kehilangan fisik atau kerusakan dari penyebab eksternal, tunduk pada syarat, ketentuan, dan pengecualian polis. Pengangkutan diasuransikan berdasarkan nilainya tanpa memperhatikan berat atau jumlah barang, dan dapat diterapkan untuk pertanggungan door-to-door.

Contoh Tanggung Jawab  vs Asuransi

Dengan Tanggung Jawab  operator yang standar saja, jumlah maksimum yang akan dibayar oleh operator terbatas pada jumlah yang sudah ditentukan sesuai dengan konvensi internasional, dasarnya dihitung berdasarkan berat . Dengan asuransi Pengangkutan all-risk, pengiriman ditanggung seluruhnya, apa pun modenya.

Bahkan jika perusahaan pengangkut bersalah karena merusak kiriman, barang mungkin tidak sepenuhnya dilindungi pada nilai komersialnya. Asuransi Pengangkutan All-Risk memastikan bisnis Anda terlindungi dari kerusakan atau kerugian yang tidak terduga.

Apa itu Asuransi Pengangkutan Barang  Semua Risiko?

“Apakah Anda membaca cetakan kecilnya?” Mengirim kargo Anda ke Pengangkutan tanpa asuransi berarti Anda menyerahkan nasib barang Anda di tangan raksasa yang lembut apa pun (yang kami inginkan) menanganinya. Dan dengan pengiriman internasional, kargo Anda kemungkinan besar terpental di antara beberapa proses penangan. Ada beberapa cara Anda untuk dapat melindungi kargo Anda seperti memblokir dan menguatkan atau mengirim FTL atau FCL, tetapi tidak ada yang akan melindungi barang Anda dari kerusakan lebih baik daripada asuransi Pengangkutan semua risiko.

Asuransi Pengangkutan Barang  Semua Risiko

Seperti namanya, asuransi Pengangkutan semua risiko adalah asuransi kargo yang mencakup setiap dan semua kasus pencurian, kehilangan, atau kerusakan pada kargo Anda. Polis asuransi mencakup semua dan mencakup kasus pencurian, kehilangan, atau kerusakan berikut:

  • Terdampar
  • Tenggelamnya
  • Pembakaran
  • Tabrakan
  • Kesalahan manajemen kapal
  • Meledaknya boiler
  • Cacat laten di lambung
  • Ledakan
  • Kerusakan air
  • Cuaca buruk
  • Mengirim keringat
  • Kondensasi
  • Penyimpanan yang tidak benar oleh operator
  • Pencurian atau perampokan
  • Tidak terkirim
  • Kebocoran atau kerusakan

Asuransi Pengangkutan semua risiko akan melindungi Anda dari semua skenario di atas. Namun, ingat bahwa itu tidak akan mencakup sifat buruk yang melekat (kerusakan yang disengaja), masalah produk alami (pembusukan, perkecambahan, kemasan yang salah), atau pemogokan, kerusuhan, dan perang saudara (semoga Anda tidak perlu khawatir tentang itu.)

Baca Juga :   5 Trend Logistik di tahun For 2021 yang perlu Anda Ketahui

Dalam hal melindungi kargo Anda, yaitu! Seringkali, orang akan berasumsi bahwa pengemasan, pemblokiran dan penyangga yang tepat, dan langkah-langkah keamanan ekstra dapat mencegah mereka membutuhkan asuransi cargo.

Lagi pula, jika Anda membuat barang Anda tahan kerusakan, Anda tidak perlu asuransi, bukan? Sayangnya, terlepas dari upaya Anda untuk mengamankan kargo Anda, masih ada beberapa kasus di mana faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan kargo Anda.

Faktor Tak Terkendali

Blocking and bracing, packaging, bubble wrap, koran, packing kacang, t-shirt lama, lakban – ada banyak cara untuk melindungi kargo Anda dari gemeretak atau pecah. Tetapi bagaimana dengan faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah kargo terlepas dari persiapan Anda? Berikut adalah beberapa situasi yang harus diperhatikan, yang semuanya merupakan bukti fakta bahwa membeli asuransi Pengangkutan semua risiko untuk menutupi potensi kerugian atau kerusakan Anda adalah demi kepentingan terbaik Anda:

General Average Law

General Average  Law  Umum adalah masalah besar. Pada dasarnya, seorang kapten kapal Pengangkutan diizinkan untuk secara sukarela mengorbankan kargo apa pun ke Pengangkutan untuk menyelamatkan kapal dalam situasi ekstrem. Alasannya dapat bervariasi antara cuaca buruk, kandas, kebakaran di dalam pesawat, kerusakan mesin, dan banyak situasi lainnya. Kapten dapat membuang kontainer ke Pengangkutan untuk menyelamatkan kapal, dan dalam hal ini, Anda akan bertanggung jawab untuk beberapa hal.

Pertama, Anda akan bertanggung jawab atas barang Anda sendiri. Jika mereka tidak diasuransikan, Anda SOL – “Kapal Kurang Beruntung” (itu yang terakhir, kami berjanji.) Kedua, Anda juga akan bertanggung jawab untuk membayar proporsi yang sama yang didistribusikan di antara semua pengirim dengan kontainer di kapal nilai semua kargo di kapal. Dengan kata lain, dalam kasus General Average Claim, menjumlahkan biaya semua kargo yang dikorbankan secara sukarela dan mendistribusikan biaya ini secara merata yang harus dibayar oleh semua pihak dengan kargo yang ada di kapal. Jika Anda tidak memiliki asuransi Pengangkutan semua risiko, Anda pada akhirnya akan membayar kargo Anda sendiri yang hilang serta proporsi Anda dari Klaim Rata-Rata Umum.

Pencurian dan Pembajakan

Pencurian dan pembajakan masih terjadi bahkan lebih sering dari yang Anda kira. Pada tahun 2011 saja, 439 serangan bajak Pengangkutan terjadi dengan 45 kapal dagang dibajak.

Tidak ada yang mengira pencurian kargo akan terjadi pada mereka. Asuransi Pengangkutan semua risiko melindungi terhadap semua kehilangan kargo yang mencakup pembajakan dan pencurian. Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi pada barang Anda saat dalam perjalanan, Anda dapat melindungi diri dari berbagai peristiwa negatif di Pengangkutan.

Badai dalam Pelayaran

Pengangkutan adalah tempat yang menakutkan, terutama saat badai menerjang. Dan itu sangat sering terjadi. Meskipun kapal Pengangkutan berukuran besar dan dapat menghadapi banyak badai, ada beberapa kasus badai besar yang melemparkan kontainer ke Pengangkutan. Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kontainer Anda dari badai Pengangkutan besar selain membeli asuransi Pengangkutan semua risiko.

Apa yang Harus Anda Lakukan Tentang Asuransi Cargo

. Untungnya, Anda tidak perlu menunggu kejadian mengerikan itu terjadi pada Anda. Asuransi Pengangkutan semua risiko akan membuat Anda mendapat dukungan finansial jika terjadi kehilangan, pencurian, atau kerusakan pada barang-barang Anda. Dan tidak terlalu mahal untuk memastikan barang Anda.

Jika Anda pernah mengalami pengalaman buruk karena tidak mengasuransikan kargo Anda di masa lalu, kami siap untuk mendiskusikan dengan Anda tentang pilihan Anda untuk bergerak maju.

Asuransi Pengangkutan semua risiko dapat menjauhkan Anda dari hampir semua masalah yang mungkin dihadapi kargo Anda selama perjalanannya.

Untuk Asuransi Pengiriman Barang Selalu Gunakan Jasa Broker Asuransi

Dari keterangan diatas tampak jelas bahwa resiko pengiriman barang  tinggi dan mengasuransikan pengiriman barang itu “wajib” jika Anda tidak ingin rugi karena barang Anda hilang dan rusak dalam perjalanan.

Tapi sayangnya untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik tidak mudah. Diperlukan pengetahuan, pengalaman dan hubungan yang luas di dalam dunia asuransi.

Cara terbaik adalah dengan selalu menggunakan jasa perusahaan broker asuransiBroker asuransi adalah ahli asuransi yang berada di pihak Anda. Mereka merancang jaminan asuransi, menegosiasikan ke beberapa perusahaan asuransi dan membantu Anda jika terjadi klaim.

Salah satu perusahaan broker asuransi yang terkemuka dan berpengalaman untuk asuransi pengiriman adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

Sumber: https://lngrisk.co.id/bedah_polis_category/marine-cargo-insurance/

MENCARI PRODUK ASURANSI? HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top